TMCBLOG.com – Ide sepeda motor lipat ( Folding Motorcycle) yang dapat dikemas dalam bentuk seukuran koper telah ada sejak Honda menghadirkan Varian Motocompo . Namun Sekarang perusahaan Jepang lainnya, bernama Icoma, bermunculan dengan mesin serupa bernama Tatamel.

Pemenang penghargaan pada acara CES tahun ini di Las Vegas, Tatamel pada dasarnya berupaya menghadirkan pandangan modern dari ide Motocompo, menggunakan fleksibilitas yang ditawarkan oleh powertrain motor listrik untuk melipat sepeda motor ini bahkan lebih kecil daripada Motocompo.

Sama seperti Motocompo, motor ini ditujukan untuk perjalanan jarak pendek dan penggunaan dalam kota, dengan jangkauan dan performa yang relatif terbatas tetapi menggunakan desain yang ringan dan cukup kompak untuk dikemas dengan mudah ke dalam mobil. Saat ini Icoma Tatamel masih berupa konsep, rencananya akan diluncurkan dalam bentuk varian produksi massal pada akhir tahun 2023 ini.

Icoma tatamel Didukung oleh baterai lithium iron phosphate 51.2V, 12Ah yang menggerakkan motor listrik dengan daya 600W (0,8 hp) tetapi dengan output maksimum 2kW (2,7 hp) untuk waktu yang singkat. Dengan Meisn ini  Top Speednya sekitar 40 km/jam dengan jangkauan sekitar 30 km per pengisian daya dimana pengisian penuh hanya membutuhkan waktu tiga jam dari stopkontak dinding standa. Di masa depan, Icoma berencana untuk menawarkan paket baterai yang diperpanjang hingga 29Ah sehingga Jangkauannya bisa lebih dari dua kali lipat jangkauan Tatamel saat ini.

Saat Dibuka, Icoma tatamel memiliki dimensi panjang 123 cm, lebar 65 cm, dan tinggi 100cm. Tetapi roda, palang, dan pijakan kaki semuanya dapat dilipat, menciptakan bentuk seperti tas kerjadengan dimensi panjang 69cm, tinggi 88,6 cm, dan lebarnya hanya 26 cm.  Saat dilipat, sepasang roda bergaya skateboard di bagian belakang membuatnya mudah untuk dipindahkan.

Tatamel memiliki ukuran Roda depan 10 inci yang digantung pada garpu konvensional dan monoshock untuk roda belakang mungil berukuran 6,5 inci. Struktur utamanya adalah aluminium, dengan panel eksternal cetak 3D yang dapat diganti ganti untuk mengubah tampilan. Tatamel memiliki Bobot  50 kg yang siap untuk dikendarai, beban maksimum yang direkomendasikan untuk sepeda ini adalah dua kali lipat dari bobot motor.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

4 COMMENTS

  1. wadaw ane yg bobot agak manusia beruang masih bisa naikin lah ya,unyu tuh daripada Segway atau wheel wheel apa itu yg naikinnya harus berdiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.