TMCBlog.com – Selain duo Alex Marquez – Di Gianantonio, Perilisan Team Gresini Racing kemarin juga mengenalkan dua pembalapnya yang akan membalap di MotoE dimana pada musim 2023 menjalankan debut level World Champion untuk pertama kali. Perilisan team MotoE gresini ini juga dihadiri langsung Direktur Ducati Corse Gigi Dall’igna. Nah selain status baru, MotoE juga menggunakan motor baru yakni Ducati V21L. Gresini Racing memperkenalkan untuk pertama kalinya motor ini dalam tampilan livery dan grafis balap.

Gigi Dall’Igna dalam kesempatan pertama berbicara mengenai V21L mengatakan “ini adalah langkah pertama dalam elektrifikasi sepeda motor di Ducati. Kedepannya akan diproduksi motor listrik jalanan sebagai hasil dari kejuaraan ini dimana tahun ini akan ada monobrand Ducatiā€.

Bersamaan dengan motornya, data tertentu yang sudah kita ketahui tentang V21L juga dihadirkan. Misalnya bobot totalnya 225 kilogram, artinya lebih rendah 12 kilogram dari syarat minimum yang diberlakukan Dorna dan FIM untuk sebuah sepeda motor yang mampu menyelesaikan lintasan balap.

Baterai memiliki kapasitas 18 kWh, beroperasi pada 800 volt, berat total 110 kilogram yang dibangun dari 1.152 sel baterai berbentuk silinder tipe ‘21700’. Motor listriknya sendiriĀ  dikembangkan oleh perusahaan di luar Ducati dipasang di bawah baterai dan mampu menawarkan tenaga 150 hp dan torsi 140 Nm yang ditransfer ke roda belakang tanpa transmisi. Dengan power segini dapat melambungkan V21L hingga kecepatan maksimum 275 km/jam.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

23 COMMENTS

  1. kira2 siapa supplier motor listriknya yah ??
    dan meskipun bukan seorang penggemar balapan EV, tapi menarik menantikan perkembangannya

  2. motor balap itu seharusnya ya kayak gini,fairing kagak cingkrang,gak ada cantelan kresek indoapril,buntut clean lancip kayak lebah,lengan ayun gak ada serokan

  3. sayang bet .. ga kembangin sistem transmisi manual sekalian, biar seru ada yg salah2 oper gigi.. tpi mungkin nambah berat kali ya.. jadi berasa balapan matic pake pairing.. nunduk2.. ngiing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.