TMCBLOG.com – Selesai sudah sesi test WorldSBK 2023 yang berlangsung selama dua hari di Circuito de Jerez – Angel Nieto. Kesimpulan akhirnya adalah Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha WorldSBK) mencatatkan waktu lap tercepat 1:38,269. Pembalap Turki ini menorehkan laptime yang hanya sedikit lebih lambat dari rekor laptime Jerez ini di atas ban SCQ Pirelli.

Toprak Razgatlioglu

Toprak memang gagal untuk menorehkan ambisinya yang ia sebutkan di hari pertama yakni bisa tembus laptime di bawah 1:38,000. Seperti pada hari 1, Toprak memiliki misi utama dalam total 61 lapnya pada sesi pengujian kali ini untuk meningkatkan akselerasi keluar dari tikungan.

“Kecelakaan yang sangat besar pagi ini tapi saya sangat beruntung, hanya sedikit sakit di kaki kiri saya tapi sekarang perasaan itu menjadi lebih baik. Kami coba meningkatkan R1 saya, dengan akselerasi yang baik dan cengkeraman yang baik – saya mencoba hari ini untuk rekor 1:37, tetapi saya tidak melihatnya!”

“Kami menggunakan ban tipe Q hari ini dan saya melihat laptime terbaik, 1’38.2. Secara umum, pengujian yang bagus untuk saya – di Portimão kami perlu mencoba beberapa setup lagi karena kami senang tetapi kami juga tidak berhenti. Kami hanya mencoba untuk terus membuat segalanya lebih baik – terima kasih kepada tim saya, setiap hari mereka bekerja dan sekarang kami mulai melihat bagaimana level motornya dan saya sangat senang.”

Jonathan Rea

Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK) menempatkan ZX-10RR-nya di posisi kedua pada hari ke-2 setelah ia mencetak 1:38,352 detik pada jam terakhir tes atau hanya 0,083 detik dari laptime Toprak.

Alvaro Bautista

Aruba.it Racing Ducati team, terus bekerja mencari setup terbaik pada mesin Panigale V4 R 2023 dan hasilnya menempatkan masing-masing pembalapnya di posisi ketiga dan keempat dengan Alvaro Bautista dan Michael Ruben Rinaldi. Bautista menorehkan 1:38,449 detik. Secara umum Ducati menampilkan knalpot Akrapovic dengan desain baru dan winglet depan yang direvisi mengacu pada versi produksi masal Panigale V4 R terbaru. Torehan mengagumkan dari motor baru adalah topspeednya yang sangat tinggi, tembus 279,4 km/jam dan jadi catatan top speed tertinggi pada hari itu.

Iker Lecuona

Tim Honda HRC memiliki satu pembalap di dalam sepuluh besar dengan Iker Lecuona di tempat kesembilan, menyelesaikan 68 lap dalam perjalanannya ke posisi sepuluh besar saat ia mencatat waktu 1:39,337 detik. Loris Baz (Bonovo Action BMW) memimpin pembalap BMW pada hari ke-2 saat ia menempati posisi ke-11 dengan 1:39,517 detik.

Dominique Aegerter

Setelah penampilan yang kuat pada hari pertama, tiga rookie WorldSBK menyelesaikan tes dalam sepuluh besar pada hari ke-2. Dominique Aegerter (Tim GYTR GRT Yamaha WorldSBK) tercepat keenam setelah membukukan waktu 1:39,193 detik menggunakan ban SCQ dan menjadi pembalap rookie tercepat di hari ke-2.

Danilo Petrucci

Danilo Petrucci (Barni Spark Racing Team) sekali lagi masuk sepuluh besar, menempati posisi kedelapan setelah membukukan waktu 1:39,311 detik di hari kedua.

Remy Gardner

Rekan setim aegerter di tim GRT Yamaha yakni Remy Gardner, sanggup menempati posisi kesepuluh sesi test. Tetapi dengan jarak tiga persepuluh detik lebih lambat dari Aegerter pada akhir hari 2.

28 COMMENTS

  1. kayanya Rea musti nyesel perpanjang kontrak Kawasaki bukannya ke Ducati ato minimal ke Yamaha. itu ZX10RR kaya ga ada perubahan berarti. dari pabrikan kaya ogah2an ngeluarin superbike ekstrim cuma sesumbar doang, dari penyelenggara jg sengaja ngenerf mesin yg sebenernya utk ukuran Ducati dan 2 pabrikan Japon laen tergolong loyo. ngeliat rider2 Ducati wsbk dibandingin ama rider Kawasaki bahkan si bangkotan Sykes, kaya ngeliat RC212V ngelawan motor CRT. jomplang bgt anjeeerrrr. emg sih utk ukuran Rea kayanya lebih mending mikir dana pengsiun ketimbang ambisi naek motor yg lebih bagusan dikit. toh gelar udh sulit dikejar ampe beberapa generasi kedepan, umur jg udh musti mikir gimana caranya pensiun dgn maap2 kata tubuh yg sehat. dan kayanya yg may ngebayar mahal Rea cuma KRT.

    • Kasihan sih, tujuannya buat ngejar gelar ke 7, tapi Kawak kek mikir2 mau buat motor baru lagi, karena ditakutkan langsung kena nerf lagi, sedangkan Ducati bikin motor baru tiba2 dan harganya dinaikin malah dibolehin sama panitia dan homologasi malah ikutan berubah harganya. Bener2 pengen ngancurin pabrikan Jepang kalo gini, Pabrikan jepang terlalu hati2 gak pengen terlalu jor-joran karena takut kalo inovasinya malah gak disetujui panitia.

      • Kawasaki ama Rea sama2 cari aman gw rasa. Kawasaki cari aman dgn ga buru2 rilis motor baru yg belon tentu lebih kenceng tapi kalo kenceng bisa auto cut rpm, Rea jg cari aman di umur dia kayanya udh mikir resiko gagal adaptasi motor baru jg resiko ga menikmati pundi2 merjuangin motor loyo buat jadi papan atas. kalo ada yg nulis artikel daftar gaji sembalap wsbk gw yakin nama Rea ada di tabel paling atas.

        • yaelah,.. pake itu aja masih nempel sama yg terdepan..
          stress saat balap kan nanti akan beda situasi..
          yakin lah Rea mah masih bejaban…
          sambil nyantai pabrikannya juga masih nunggu kepastian regulasi saat ini dan selanjutnya.
          bener kalian semua, ngapain bikin baju baru kalo ujung2nya disuruh potong kerah lah, potong lengan lah, desain gak bagus dan lah lah lainnya…

  2. Sam Lowes pake R1 stk aka standar, yg notabene rider moto2 dan mantan juara dunia wss timenya masih dibawah Bulega yg sesama pake superbike lite standar aka supersport nexgen. emg sih lebih dipengaruhi suspensi jg krn nexgen kasar kata cuma boleh ganti knalpot ama rubah suspensi. kaya komen gw taon2 lalu, itu Ducati V2 kalo dituning to the max sebenernya jg bejaban di wsbk minimal papan tengah, kalo pake regulasi lama malah bisa lebih maju lg. Ducati anjir bener sengaja homolobasiin motor yg mereka sendiri pasarin sbg superbike alternatif ke kejuaraan wss, padahal mereka jg sebenernya punya spek supersport beneran bahkan mereka namain Ducati Supersport. di dealer mereka sebut V2 superbike adenya V4 series, utk yg mau spek setara supersport mereka kasih tipe Ducati Supersport, giliran naek sirkuit V2 yg mereka anggep supersport. ntar jangan2 begitu wss300 udh nark jadi supertwin mereka baru homolobasiin Ducati Supersport sbg supertwin. demen bgt maenin regulasi🙃🙃🙃🙃🙃

    • Keknya emang dari dulu, yang doyan rubah regulasi dan doyan pake cc offside, deh. Ya, gak kaget kalo jurdun paling banyak ducati.

    • nah makanya kan. Perasaan ada duketek superport kemaren deh

      btw itu samasama mesin Vi eh El twin terus bedanya apaan ya ? spek doang ?

      • beda semuanya. rangka, mesin, body, output tenaga, bobot, material daleman. krn pada hakekatnya Ducati V2 adl Ducati 959 yg dibajuin pake baju mirip V4. sementara 959 sendiri basicnya ya Panigale 1299 dgn mesin kecil, kasar kata 959 itu ya Panigale 1299 yg dipakein mesin 955cc. so sedari awal tanpa trik marketing dealer merekapun emg Ducati V2 sejatinya adalah superbike lite. sementara Ducati Supersport emg ‘kasta’ dibawah V2, krn tujuan Ducati jualan itu motor ya buat ngisi kekosongan market yg ditinggalin Ducati aka market Supersport yg dulu pernah diisi 748,749,848.

        • ohh beda ya, saya kira duketet supersport itu ya mesin 950 (sebelom diboreup ampe bosen kaya gl series ampe mau bikin mesin 1399 kemarin toh ?) jadulnya duketek yang didongret tapi dikasi baju baru.

          Ya memang nyebelin sih. kemarin aja pas bikin si supertsport itu saya aja dah kesel itu mau dipake ngakalin regulasi gimana, itu motor juga kaga kedengeran di Indo kan ya ?

    • maunya dorno kan biar gak jepun lagi jepun lagi. padahal yg kluarin dana banyak tuh duc. biar seimbang jurdun. meski jepun bakal meradang

  3. Sepeninggal Aegerter ke wsbk, team wss Yamaha 600cc kocar-kacir melawan cc yg lebih besar.
    akankah ancaman cabut dari wss akan terbukti ? we’ll see

  4. melihat dari data statistik beneran bisa bersaing ini mah, jadi ga cuman 3 rider itu terus. Dominique oke juga, we’ll see

  5. satu hal beda topspeed 10km itu sangat besar buat duc ya. regulasi sllu condong ke duc ,ya seh krn bru sekali urop jurdun stlh jepun berkali kali. reg jg nyesuain harga motor. Toprak dan rea kyknya kembali akan overlimit tiap balapan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here