TMCBLOG.com – Selama ini kita mengenal yang namanya CB400 yang selalu bersanding dengan kosakata Super Four dan V-Tec sebagai mesin bertenaga 53 hp yang memiliki basis desain yang agak agak retro vintage . . Menggunakan sasis diamond-turbular dan di 2022 yang lalu motor ini sudah mencapai ke edisi final untuk selanjutnya tidak akan diproduksi lagi oleh Honda Motor.

Namun bukan artinya CB400 akan hilang karena via Young Machine terendus rencana Honda untuk melakukan rejuvenasi (peremajaan) CB400R sebagai ‘turunan’ dari motor bermesin 650cc, CB650R Neo Sport Cafe yang basis mesinnya mirip dengan mesin CBR650 milik TMCBlog di rumah.

Ya, hal ini juga ditengarai sebagai rencana Honda untuk menghadang potensi rivalnya – Kawasaki – yang mungkin saja merilis Z400 ataupun Z400RS dengan basis mesin dari ZX-4R yang baru saja dirilis. Dan bahkan untuk ZX-4R sendiri Honda dikabarkan sudah siap untuk menandingi dengan CBR400RR yang menggunakan basis mesin yang sama dengan CB400R nanti. Wihh seru nih kelas 400cc, namun patut dicermati dengan bijak bahwa semua ini masih dalam skala spekulasi!

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

Sumber YM

13 COMMENTS

  1. sepertinya kelas 400 cc akan jadi pasar yg mulai panas bagi semua pabrikan r2, disamping EV bike yg masih mencari solusi-solusi yg lebih masuk akal untuk pasar asia (value for money yg mendekati ICE bike), misal sistem perpajakan di sini ada perubahan untuk r2 under 500 cc, bakal lebih rame

  2. Yah masa bakti si superfour bakal berakhir,diganti turunan mesin 650 yg bisa dibilang lebih lemah syahwat

    Salah satu motor impian yg belum dan mungkin tidak bisa tercapai 😢

  3. Tuh kan bner kelas 400cc bakal balik booming lagi, sejarah terulang lagi… tapi apakah efek nya kali ini bakal sama atau bakal ada perubahan baru lain nya ?

  4. Basis si 650 nya aja bukan, maaf, mesin kenceng. Pun sengebetnya honda mau si 650 ini ngegantiin cbr600rr pas vakum, cuma mentok ga sampe 100hp cmiiw.

    Terus diturunin buat adu otot sama zx4rr yg performancenya segitu kuat, potensinya bakal seberapa iya ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here