TMCBLOG.com – Setelah kemarin kita bisa melihat TVS X hadir sebagai skuter listrik kedua TVS yang sepertinya cukup menarik untuk disimak karena menghadirkan performa yang lumayan, TVS Motor Company, salah satu pabrikan sepeda motor ternama di India, baru-baru ini mengunggah ke media sosial dan mengunggah teaser sepeda motor barunya yang akan dirilis tanggal 6 September 2023 nanti di satu tempat rahasia yang jikalau TMCBlog tracing kodenya, berada di satu tempat di Thailand! Melalui akun Instagram TVS Apache Series, sebuah video yang memperlihatkan proses desain sebuah sepeda motor sudah diposting.

Dengan bagian ekor yang berkontur, jok model terpisah yang berundak, dan gaya yang tampaknya sangat sporty, motor ini tiba-tiba menjadi hidup, dengan seorang pengendara yang mengenakan perlengkapan hitam dengan cepat melirik ke arah kamera sebelum gambar berubah menjadi slide bertuliskan “Restless To Play?” Rumor dari beberapa media publikasi sepeda motor di India memperkirakan teaser ini akan ada hubungannya dengan update dari TVS Apache RR 310 sebagai satu-satunya model produk TVS di segmen motor sport entry-level premium dari merek tersebut. Versi Street Fighter TVS RTR 310, diperkirakan akan segera diluncurkan.

Salah satu hadiah terbesar dari video teaser tersebut adalah bagian ekor motor barunya, yang jelas terlihat modern dan sporty dari segi gaya. Sadel pemboncengnya ditingkatkan dan ekornya berbentuk lancip, memberikan tampilan seperti motor sport. Meski begitu, RTR 310 dirancang untuk menjadi naked bike yang memiliki karakter lebih fungsional dibandingkan saudaranya yang berfairing penuh yakni RR 310.

Penambahan RTR 310 ke jajaran motor premium TVS sangat masuk akal dan cukup inline dengan line-up ‘saudaranya’ yakni BMW G 310 series. Seperti kita ketahui bahwa motor seri itu juga dikembangkan oleh TVS, sehingga RTR 310 diperkirakan akan memiliki beberapa kesamaan dengan motor naked BMW G 310 R. Namun kalau melihat foto dari video teaser, headlampnya saja berbeda dan TVS Apache RTR 310 berpotensi lebih tajam dari BMW G 310R lho.

Jika TVS Apache RTR 310 memenuhi ekspektasi sebagai ‘mirror’ dari BMW G 310 R maka menurut TMCBlog, TVS RTR 310 akan menggunakan rangka yang ringan, serta parts parts premium seperti suspensi up-side down, monoshock yang dapat memiliki setingan pre-load, dan rem cakram depan dan belakang yang dilengkapi ABS. Performanya kemungkinan besar akan datang dari mesin satu silinder 313cc, berpendingin cairan, injeksi bahan bakar, dengan output 33 hp dan torsi 19 Lb.ft.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

18 COMMENTS

    • tapi kalo diliat yg 300 cc itu emang ga sampe 100 an jt bukannya ya aturan?
      ninja 300 dulu juga barunya 80jt itu mereka masih bisa untung kan?

      g310 & duke/rc390 itu keliatannya lebih berat di brand image.

      trus ada itu mocin mocin 300-400 cc an yg harga awal masuk 80an giliran udah aga booming jadi 100an lupa apa nama motornya.

  1. Kata orang sini motor indihe berat² isinya besi semua, sukanya motor yang ringan pake plat kaleng kerupuk di satuin jadi rangka canggih lan mutakhir….
    Motor indihe jika sudah bosen bisa di kiloin , klo yang plat kaleng palingan di kubur takut kena beset wkwk

    • apaan sih, ga suka motor berat besi semua ala indihe, bukan berarti maunya yg tipis serapuh kaleng kerupuk

      itu motor motor honda cbu thai, apakah overweight ? ga juga kan
      tapi apakah hobi ambrol ? ga juga kan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here