TMCBLOG.com – Baru baru ini Honda kembali menghidupkan kembali konsep skuter folding Motocompo yang memiliki ukuran mirip koper dari tahun 80-an dengan model kendaraan listrik baru yang disebut Motocompacto. Belum secara resmi masuk ke Indonesia, namun sebagai solusi transportasi pribadi perkotaan, Motocompacto akan dijual secara online di web Motocompacto.Honda.com atau dijual secara bundling di dealer mobil Honda.

Seperti juga Motocompo zaman dulu, Motocompacto memiliki desain kompak dan memperoleh fitur dapat dilipat. Berukuran hanya berdimensi 74 x 52,5 x 9,4 cm saat dilipat penuh dengan berat 18,7 kg. Dengan dimensi dan bobot ini Motocompacto dapat dengan mudah disimpan di bagasi mobil atau bahkan dibawa ke angkutan umum.

Dengan baterai berkapasitas 6,8 Ah, Honda mengklaim jangkauan Motocompacto bisa sampai 19 km dan dapat terisi penuh dalam 3,5 jam menggunakan listrik AC 110V. Kalau 220V? Belum ada datanya nih.

Motocompacto menawarkan kinerja yang sangat sederhana, dengan motor listrik di hub roda depan model magnet permanen 490W yang mengklaim output torsi maksimum11,8 lb-ft., dengan kecepatan tertinggi yang diklaim 24 km/jam.

Sebagai perbandingan, Motocompo asli, diproduksi dari tahun 1981 hingga 1983, ditenagai oleh mesin dua tak 49cc yang diklaim menghasilkan tenaga 2,5 hp pada 5.000 rpm dan 2,7 lb-ft. Saat itu Motocompo memiliki berat 45 kg dengan tangki bbm penuh 2,2 liter, lebih dari dua kali berat Motocompacto.

Motocompacto memiliki kursi jok tunggal, pijakan kaki yang dapat dilipat, layar dashboard LED, dan pegangan yang nyaman untuk membawanya kemana-mana. Aplikasi seluler yang menyertainya memungkinkan pengendara menyesuaikan pengaturan Motocompacto seperti pencahayaan dan mode berkendara melalui koneksi Bluetooth. Di Amerika, Honda Motocompacto akan tersedia untuk dibeli mulai bulan November seharga $995 (15 jutaan Rupiah), bersama dengan sejumlah aksesoris. – @tmcblog

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here