TMCBLOG.com – Kawasaki Secara Global akhirnya resmi mengumumkan perilisan sepeda motor listrik. Sebelum ini, Kawasaki telah mengumumkan status pengembangan sepeda motor listrik di EICMA dan pengarahan kebijakan bisnis sepeda motor, namun pada tanggal 14 September 2023 kemarin Kawasaki mengumumkan peluncuran dua model sepeda motor listrik pertamanya untuk beberapa Negara : Kawasaki Ninja e-1 dan Kawasaki Z e-1

elain itu, Kawasaki telah mengumumkan bahwa persiapan sedang dilakukan untuk pengenalan di negara negara Yang ditetukan seperti di eropa dan detail seperti tanggal rilis , harga, dan spesifikasi akan segera diumumkan.

Dua model telah dirilis, dan nama modelnya adalah Ninja e-1 dan Z e-1. Ninja e-1 merupakan model full cowl dengan corak yang mirip dengan Ninja 250/400, dan Z e-1 merupakan model Street/ Naked Bike dengan corak yang mirip dengan Z250/400. Kedua sepeda motor Listrik tersebut diproduksi untuk memenuhi / setara dengan kelas 125cc.

Baik Ninja e-1 maupun Z e-1 merupakan model EV yang menggunakan motor listrik dan tidak memiliki mesin pembakaran internal (ICE) . Dua baterai dipasang secara paralel, keluaran Power yang terukur adalah sekitar 5kw (6,8ps) / 2,800rpm, keluaran Power maksimum 9kw (12,2ps) / 2,600-4,000rpm, torsi maksimum 40,5N・m (4,1kgf・m) / 0-1.600rpm.

Pada kedua Model ini akan ada dua mode berkendara: mode jalan raya dan mode eco, dan kecepatan tertinggi adalah mode jalan raya untuk Ninja e-1: 88 km/jam, Ze-1: 85 km/jam. Lumayan Banget lah dan mode eco untuk Ninja e-1: 64km/ jam・Z e-1: 62km/jam.

Yang menarik adalah eBoost. Sistem ini dapat diaktifkan dengan sakelar di stang kanan, sehingga meningkatkan performa tenaga. Ia memiliki output maksimum 9kw (12.2ps) dan kecepatan tertinggi 99km/jam. Ini juga memiliki mode berjalan(walk). Mode ini bergerak dengan kecepatan orang berjalan, namun selain bergerak maju juga otomatis bergerak mundur yang akan berguna di tempat parkir sempit atau di lereng. Sedangkan untuk drivetrainnya, tidak perlu mengganti gigi tanpa kopling.

Itu dapat diisi dengan baterai terpasang atau dilepas. Jika Anda ingin mengisi baterai saat terpasang, gunakan soket yang dipasang di bawah jok. Rencananya akan mulai dijual di Eropa pada bulan Oktober. Ada kemungkinan juga akan segera dijual di Indonesia tahun tahun mendatang ya ?

Taufik of BUitenZorg | @tmcblog

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here