TMCBLOG.com – Marc Marquez sudah menyatakan bahwa ia tak akan memberikan komunikasi dalam hal apapun mengenai rencana masa depan 2024-nya selama gelaran Motegi pada akhir pekan ini. Gelaran kandang Honda dan Yamaha yang seharusnya memang menempatkan segala hormat kepada Sang Tuan Rumah untuk semua busshido-nya. Marc cukup smart untuk tidak merusak momen ini tentunya . . Namun kasak-kusuk di belakang layar menjelang GP Motegi, kembali hadir satu skenario menarik yakni Honda bisa jadi merestui Marc Marquez untuk ‘dipinjamkan’ ke Gresini Racing. Yes diksi ‘dipinjamkan’ ini mungkin kurang lebih mirip seperti model tranfer peminjaman pemain sepak bola antar klub Eropa.

Skenario ini disuarakan oleh publikasi AS dimana jurnalis Mela Chercoles menuliskan bahwa bisa jadi proses perpindahan Marc Marquez ke Gresini Racing akan mengunakan klausul yang ‘bersayap’ . . Yes, bersayap.

Marc Marquez masih memiliki kontrak yang berlaku untuk musim 2024 dengan HRC, tapi HRC bisa memindahkan pembalapnya ke Gresini Racing di MotoGP tanpa penalti sebagai imbalan karena dia memiliki opsi untuk kembali ke barisan HRC pada tahun 2025. Tentu saja, untuk kembalinya dia. Pabrikan Jepang seharusnya bisa kembali membuat sepeda motor yang kompetitif, tidak seperti prototipe Repsol Honda musim ini yang sementara ini hanya berhasil dengan baik di seri Texas dan India.

Akhir pekan ini semuanya menurut AS harus diklarifikasi dengan memanfaatkan gelaran di GP Jepang, rumah bagi Honda, dan karena mudah dipahami, pergerakan eksplosif ini memiliki banyak hal yang harus diikat dan dibicarakan dalam kondisi tertutup.

Namun menarik jika ini benar adanya, peminjaman Marc kepada Gresini selama semusim yang jika memang akan berakhir dimana Marc akan kembali membalap di Repsol Honda 2025 tentu akan banyak membawa serta pengetahuan teknis mendalam mengenai Ducati Desmosedici GP, dan jika ini benar, apakah Ducati tidak aware akan hal ini? Wadooh kenapa jadi teori konspirasi begini yaa?

Terlepas dari pembicaraan mengenai potensi model peminjaman pembalap atau mungkin apakah nanti akan menjadi permanen statusnya Marc di Gresini, awalnya kita pernah berbicara mengenai teori bagaimana Gresini bisa nyamain gaji yang dibayar HRC ke Marc jika benar abang dari Alex Marquez ini pindah ke Gresini. Jawabannya ternyata berkembang jadi beberapa skenario . .

  • Yang pertama adalah; mungkin Marc sudah tidak idealis lagi, Ia sudah tak mematok begitu tinggi gajinya.
  • Yang kedua adalah; para sponsor yang saat ini sudah nempel bersama Marc mungkin sanggup ‘nutupin’ semua pengeluaran ini, jadi Gresini tinggal terima beres dan pada dasarnya nggak membayar apapun kecuali menyiapkan slot buat Marc.
  • Yang ketiga adalah; teori Ada Gula Ada Semut . . Bukan juga berarti Marc yang memang punya logo semut loh yaa. Namun berarti bahwa kedatangan Marc ke Gresini bagaikan gula yang diletakkan di satu tempat baru yang mengundang calon semut semut (dikabarkan semut besar) yang berpotensi hadir sebagai sponsor.

Yes, rumornya memang brand berskala besar dan internasional asal Indonesia akan bersedia nempel ke Gresini Racing yang saat ini masih belum memiliki sponsor utama dan bahkan di kalangan netizen, nama ‘semut besar’ ini malah digadangkan adalah brand perusahaaan ‘Plat Merah’ yang awalnya kita sama-sama prediksi akan merapat ke VR46Β  Racing dan yang artinya memalingkan bidikan ke Gresini gegara ada ‘gula’ ini. Wahhh asal jangan jadi lanjutan kisah ‘Clash of 2015’ . .

Bicara soal potensi ‘semut besar’, jangankan yang besar, yang kecil-kecil saja ada beberapa potensi tak kalah excitingnya melihat calon kejadian yang berpotensi akan menjadi Transfer Of The Year kedua setelah perpindahan Valentino Rossi dari Honda ke Yamaha 22 tahun silam. Semenjak beberapa bulan yang lalu TMCBlog mendengar bisikan bahwa beberapa perusahaan asal Indonesia yang saat ini sudah menempel di body Desmosedici GP tim Gresini sudah siap memperpanjang kontrak sponsorship Multi-Tahun jika Marc Marquez konfirmasi berlabuh ke Gresini Racing. Wiiihhih Ada Gula ada Semut . . ! !

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

34 COMMENTS

  1. Jika benar ke gresini, mungkin bisa jadi benar teori marc yg pengen ngalahin pencapaian simbah apapun gimanapun caranya. Lets see…

    • Ini teori semprul.. yg bener berjuang demi sendiri, klo yg lain adalah bonus.. mbah legend mah masa lalu.

      Rossi muda jg lawan ducati cup.. pke M1 dlu jg bakal mencret,, skrng faktor pembalap cmn 20%, kecuali sayap ma holeshot & ride hight device di ilangin.. maka kekuatan ducati baru akan berkurang, ini diluar ecu inhouse ma ban

  2. Lah kmrenkmren saya akhirnya berani ngetik di kolom komen kalau bakal ada skenario beginian. Konteksnya bercanda, ternyata ada beneran πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

  3. Bisa bisa disunat ke grade B entar sama Ciabatti spek pinjaman gp23 nya buat menanggulangi kebocoran informasi

    entah girbok supernya,kayak jaman Bautista masih di Aspar dulu yg ternyata speknya cukup jomplang dgn spek pabrikan

  4. sbnernya kl pngumumannya marc bakal stay di HRC maka motegi jd venue yg pas.. tp kl pengumumannya dia bakal cabut ke tim lain ya gk pas krn dia pnya kontrak setaun lg.. dn sprtinya penggunaan kata dipinjamkan ke tim Gresini kurang pas.. krn seharusnya jk jadi pindah tim maka kontraknya udh terminate alias habis brdasar kesepakatan.. dn smoga marc bersedia bayar pinalti saja, drpada pk klausul ntar balik lg ke HRC.. krn kl ad klausul gt kyaknya kok g respek bnget antar pihak2 yg terlibat, kayak misi spionase saja.. mnding klpun balik lg k HRC itu trjadi secara alamiah saja..

  5. Bagi saya,ini justru jelek buat honda.
    Honda tahun2 ini jelek,salah satu sebabnya adalah karena saat pembuatan motor,MM tidak ikut serta/karena cidera.
    Apalagi ini MM dipinjamkan/mengendarai motor lain,dan tahun berikutnya,mengendarai honda yang dirancang tanpa melibatkannya.

  6. Analisa yang tajam-setajam silet ala Wak Haji πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘
    Analisa yang _DEWASA_ dalam bertutur bahasa πŸ‘πŸ‘πŸ‘ πŸ‘

  7. motogp sekarang memang udah jadi “F1 roda dua”

    part aero makin gila βœ“
    semangat para insinyur nge-cheat regulasi βœ“
    drama luar track lebih seru dari balapannya βœ“

    apa boleh buat, ngikuti perubahan zaman, hal hal yang gak bawa cuan memang akan ditinggal 🀭

  8. apa boleh analisanya setajam ini wak haji ???
    apalagi perusahaan plat merah itu, hmmm..
    masalahnya kalau mm93 cuma dipinjam 1 tahun, sponsor gede pun mikir2 untuk deal multiyear dengan nilai lebih besar dari sekarang, kecuali kalau dealnya 2 tahun dengan opsi perpanjangan 1 tahun kayaknya sponsor plat merah lebih mudah buat deal dengan gresini

  9. Pembalap pinjaman gmn tuh? Ini kan motogp bukan sepakbola. Kalo sepakbola pemain pindah mrka tidak bawa apapun slain info tim lawas. Tp motogp umumnya brka bawa mekanik/bahkan tim khusus mreka , ntah penasehat dll. Apa iya marc lepas ke ducati g bawa 1pun mekanik? Trus balik ke honda apa sudah bener pengembangan honda tanpa marc? Hnya di tangan mir ,zarco dan nangkagami? Tp smua masih punya banyak potensi & posibility yg macam2 sih

  10. Pol espargaro juga dipinjamkan ke HRC makelarnya Puig, untuk me-reset rc213v original πŸ˜‚β€οΈ

    Setelahnya balik kucing ke KTM dengan statusnya Pebalap CEO 😬✌🏻

  11. Dengan idealisme nya MM, tidak mungkin lah teori ini terjadi. Dia ke gresini, menang, dan akan pindah ke teamΒ² lainnya, bukan ke honda

  12. kalau ternyata 2025 ondha kompetitif karena kepergian marqk, kesimpulannya? pabrikannya mencari jalan sulit, ridernya mencari jalan mudah

  13. berita yang berkembang teori,teori,teori….prakteknya belum punya alatnya.
    besok teorinya beda lagi marc dan hrc deal kontrak di perpanjang 4 tahun lagi wkwk

  14. ini udah kayak nyari bacawapres, kagak kelar-kelar. wkwkwk…
    semua masih cair sebelum daftar ke ka pe u.
    semua masih cair sebelum ada kontrak ke tim apapun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here