Saturday, 28 September 2024

BAUTISTA Segel gelar JUARA DUNIA WorldSBK 2023 di Race 1 Jerez!!

TMCBLOG.com – Mengawali Race 1 dari posisi start terdepan, Alvaro Bautista tampil tak terbendung selepas start langsung ngacir di depan Lowes dan Rea. Awal jalannya Race 1 ini berlangsung seru dengan banyak aksi overtaking, namun tidak ada pembalap yang bisa membendung performa Alvaro Bautista sejak lampu start padam hingga bendera kotak-kotak berkibar di akhir race 1 WorldSBK Jerez 2023. Bautista pun berhasil menyegel gelar Juara Dunia WSBK 2023, juara dunia back to back!

Dengan hitung-hitungan poin klasemen yang ada menjelang Race 1 Jerez Sabtu ini memang Bautista hanya perlu finish di posisi ke 14 atau lebih tinggi untuk meraih gelarnya di musim 2023 ini, tentu ini perkara yang cukup mudah bagi Bautista di atas Ducati Panigale V4R-nya musim ini selama ia tidak terjatuh seperti di Aragon beberapa pekan silam.

Toprak dan Rea tampil juga garang di belakang Bautista, teruntuk Toprak yang menjalani kualifikasi Superpole dengan kurang baik dan start dari posisi 7, pada lap 2 dia sanggup merangsek ke posisi 2 menempel Bautista dan mengasapi Alex Lowes dan Rea dengan manuver ciamik di turn 9.

Lap 4 Remy Gardner mengalami crash setelah menyenggol ban belakang Bassani. Aegerter yang start dari posisi 2 mengalami nasib sial karena kendala teknis. Lap 5 Toprak terus menghantui Bautista dengan catatan waktu yang lebih cepat rata-rata 0.2 detik dari Bautista dan terus menempel ban belakang Bautista sepanjang putaran. Terlihat sekali kombinasi Toprak dan Yamaha R1 unggul di braking point sektor 2 dan 3 sirkuit Jerez, sedangkan Bautista bisa enteng ngacir di tikungan cepat Jerez pada sektor terakhir.

Bautista dan Toprak seperti berada di dunia mereka sendiri, leading sejauh 4 detik bersih di depan grup kedua yang diisi Rea – Lowes – Locatelli yang tampil cukup ketat dengan gap yang agak rapat tapi juga tidak menjauh antara ketiganya. Lalu di grup ketiga yang ramai juga berlangsung seru dengan Oettl – Petrucci – Bassani – Rinaldi – Gerloff yang saling tempel seperti menunggu satu dan lainnya membuat kesalahan kecil untuk dimanfaatkan. Dan benar saja pada lap 9 akhirnya Gerloff harus merelakan posisi 10-nya akibat terjatuh lowside di turn 6.

Lap 10 Toprak semakin menjauh mundur dari pimpinan race – Bautista dengan selisih gap 0.9 detik, Toprak pun seakan tidak ada kuasa mengimbangi performa Bautista di atas mesin Panigale V4R yang terlihat tampil tanpa beban di seri finale musim 2023 ini. Justru keseruan terjadi di grup kedua, Locatelli terus menajamkan waktunya dan semakin mendekati Lowes, bersiap menyerang Lowes di sepanjang lap 11. Dan akhirnya pada akhair lap 12 Locatelli berhasil overtaking Lowes di tikungan terakhir dan langsung memburu posisi 3 dari tangan Rea.

Duel calon rekan setim WorldSBK 2024 pun terjadi, Locatelli terus menyerang Rea dan berhasil kembali mengambil alih posisi pembalap Kawasaki di tikungan terakhir – Jorge Lorenzo Corner – pada akhir lap 13. Locatelli memang terlihat on fire dengan catatan waktunya yang konsisten 0.4 – 0.5 detik lebih kencang dari duo pembalap Kawasaki Racing Team di Jerez ini. Wah ini sih kudu upgrade spek motor gede-gedean, hallo Kawasaki?!!!

Memasuki lap 14 Bassani crash akibat disenggol oleh Rinaldi sedangkan situasi di barisan depan, jarak Bautista sudah sekebon di depan Toprak, 3,5 detik dan jarak Toprak ke Locatelli sejauh 4 detik koma besar. Super nyaman Bautista menuju gelar Juara Dunia keduanya berturut-turut dengan Ducati. Lowes semakin melorot laptimenya dan ia diburu oleh Oettl dan Petrucci untuk berebut posisi 5.

Rinaldi pun diberikan hukuman long lap akibat senggolannya dengan Bassani di turn 9 pada lap sebelumnya dan sukses menjalani LLP tanpa penurunan posisi karena jarak pembalap di posisi 9 cukup jauh. Keseruan praktis hanya terjadi di grup ketiga antara Petrucci dengan Oettl yang saling tempel berebut posisi 5 sekaligus untuk tempat pembalap independen terbaik di Race 1 ini.

Dan setelah 20 lap berlangsung Alvaro Bautista memenangkan Race 1 WorldSBK Jerez  sekaligus meraih gelar juara dunianya yang kedua secara beruntun di musim 2023 ini.Toprak finish posisi 2 dan podium ketiga ditutup oleh pembalap Yamaha lainnya Andrea Locatelli, tempat ke 4 ditempati oleh Rea dan tempat ke 5 berhasil diraih Petrucci dari tangan Oettl pada lap terakhir sekaligus sebagai pembalap independen terbaik pada Race 1. @tmcblog

Hasil Race 1 WorldSBK Jerez 2023

POS RIDER TEAM GAP TIME
1 Alvaro Bautista Aruba.It Racing Ducati
2 Toprak Razgatlioglu Pata Yamaha Prometeon WorldSBK 1.195
3 Andrea Locatelli Pata Yamaha Prometeon WorldSBK 9.071
4 Jonathan Rea Kawasaki Racing Team WorldSBK 10.065
5 Danilo Petrucci Barni Spark Racing Team 10.661
6 Philipp Oettl GoEleven Ducati 11.538
7 Alex Lowes Kawasaki Racing Team WorldSBK 12.152
8 Michael Ruben Rinaldi Aruba.It Racing Ducati 18.148
9 Iker Lecuona Team HRC WorldSBK 20.639
10 Xavi Vierge Team HRC WorldSBK 23.671
11 Tito Rabat Puccetti Kawasaki 24.827
12 Lorenzo Baldassarri GMT94 Yamaha 27.061
13 Loris Baz Bonovo Action BMW 39.299
14 Garrett Gerloff Bonovo Action BMW 39.983
15 Hafizh Syahrin PETRONAS MIE Racing HONDA Racing 56.614
16 Oliver Konig Orelac Racing Kawasaki 56.658
17 Leandro Mercado PETRONAS MIE Racing HONDA Racing 58.075
18 Dominique Aegerter GYTR GRT Yamaha WorldSBK Team 58.924
19 Florian Alt Team HRC 1’07.338
RET Axel Bassani Motocorsa Ducati 7 Laps
RET Gabriele Ruiu Bmax Racing BWM 8 Laps
RET Michael Van Der Mark ROKIT BMW Motorrad WorldSBK Team 11Laps
RET Scott Redding ROKIT BMW Motorrad WorldSBK Team 13 Laps
RET Remy Gardner GYTR GRT Yamaha WorldSBK Team 17 Laps

 

10 COMMENTS

  1. Boring race, untung ada bbrp aksi overtake yg menghibur,,
    Btw, selamat buat Bautista, ga sabar nunggu wildcard doi di Sepang nanti,
    Toprak anti klimaks nih, padahal bbrp kali bisa nempel tapi ujung2nya mundur teratur,
    Locatelli malah gacor, overtake nya mantep pula ke duo KRT,
    Rinaldi sama Bassani bagusnya lanjut ke ring tinju 🤣🤣

  2. petruci bagus bener ya manajemen ban nya apalagi ban belakang
    badan juga besar
    beberapa race memang selalu maju dia dari urutan belakang

  3. Puig mana Puig.. kenapa elu kagak ngambil Toprak aja.. dia punya skill diatas rata2.. dan yakin dia tipe rider yg mudah beradaptasi..

    • Tapi no offense, Toprac cuma spek rider satelit motogp ga bakal sanggup jadi developer rider motogp. Di wsbk yg variabel pengembangan lebih dikit aje dia kaga bisa ngembangin itu R1 padahal Yamaha Jepang ibarat kata lu minta apa mereka bakal bikinin. Masih ada tuh berita gimana Toprac gabisa eksplor R1 pengembangan baru ampe sesumbar enakan R1 lama, padahal harusnya dia yg kasih masukan bukan terima jadi. Rider yg maunya terima jadi cuma cocok naek Desmosedici taon lama, kaga bakal ngeklop naek motor yg musti didevelop mgkin ini jg alesan kuat knp Yamaha setengah ati ngasih dia tes M1 apalagi wildcard motogp. Kondisi Toprac – Yamaha berkebalikan ama Rea – Kawasaki. Yamaha wsbk nunggu feedback Toprac, dia minta apa bakal dibikinin. Sementara Rea banyak minta tp Kawasaki malah cuma ngasih motor dan part yg sama dr 2021. Mangkanye udh tepat Yamaha gaet Rea, itu R1 bakal dipoles pake feedback Rea bakal balik jd motor juara lg. Ibarat kata R1 skrg sama aje ama R1 2021 krn Toprac kaga sanggup develop, dia maunya ama bisanya minta motor jadi. 2024 ada kans performa Yamaha naek baik dari aksel maupun handling. Contohnya ZX10R dah, itu rangka ama mesin basis 2011 tp bisa selincah superbike modern yg motornya kecil padahal Kawasaki masih make sasis model lama yg segede gaban, jg mesin biarpun dinerf abis2an tp arah development bener akhirnya teteup bikin Rea jurdun, sebelon kedatengan R1 baru Toprac di 2021 ama motor yg dimanja regubasi tentunya.

      • Bukannya R1 juga udah limit ya oprekan nya. Mau di develop lebih kenceng ya musti ngikutin langkah ducati, bikin motor baru yg overspecs

        • Kalo ngeliat gimana Toprac bawa itu R1, keliatan kok R1 belon mentok. Pinjem istilah bule yg maen 2 tak cuma butuh fine tuning doang ato bahasa mekanik dimari ‘setel angin’. Masih byk area yg bisa dimaenin, dan seperti yg gua jelasin Yamaha mau dan bisa dengerin feedback, ga kaya Kawasaki. Itu yg bikin Kawasaki mangkin terpuruk 2023 ini. Toprac masih bisa nempel Batistuta, dan semua rider satelit ada di papan tengah, jd secara performa motor yg paling mendekati performa Ducati ya Yamaha, Toprac aje yg terlalu fokus hard braking ama ngeluhin akselerasi, tapi kaga mau eksplor di area laen. Corner speed contohnya, kaya Kawasaki ama Rea. Ruginya Toprac dia nurutin ego keluar dari Yamaha hanya demi motor yg rev limitnya tertinggi setelah Ducati, padahal taon dpn rev limit udh dilonggarin. Ibarat kata lari ke BMW demi rev limit dan beresiko kehilangan motor dgn handling ajib ternyata regulasi rev limit direvisi, kan kocak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP