TMCBLOG.com – Konsorsium Sepeda Motor Baterai Swappable (Swappable Batteries Motorcycle Consortium – SBMC) telah mengerjakan proyek besar sejak tahun 2021, dan mereka baru saja mencapai tonggak sejarah baru dengan berhasil membuat prototipe – model untuk baterai yang dapat ditukar yang diperuntukan bagi sepeda motor listrik. Ini adalah sebuah kemajuan besar karena dapat membuat penggunaan sepeda motor listrik menjadi lebih mudah.

Belum ada Spesifikasi teknis yang dijabarkan Oleh SBMC, namun Mengenai bentuknya bisa sobat Lihat pada Gambar di Artikel ini, berbentuk persegi panjang dengan pegangan di bagian atasnya plus juga standarisasi Konektor listrik dari baterai ke Sepeda motor

Pada 3 November 2023, SBMC memiliki 32 perusahaan anggota di antara jajarannya. Ini mencakup empat anggota inti: Honda, Piaggio Group, Yamaha, dan Forsee Power. Ini juga mencakup anggota tetap sebagai berikut: Ampace, CFMoto, Dell’Orto, Greenway, Hyba, Infineon, ITRI, Kawasaki, Keeway, KTM, Kymco, LG Energy Solution, Mitsuba, NIU, Polaris, Quantum Volts, Samsung SDI, Segway- Ninebot, Sinbon, Smobery, Sumitomo Electric, Suzuki, Swobbee, Triumph, VeNetWork SpA, Vitesco Technologies, Voltaira, dan Yamaichi Electronics.

Selain itu, SBMC secara aktif terlibat dalam diskusi dengan badan standardisasi Eropa dan internasional mengenai baterai roda dua yang dapat ditukar. Seiring berkembangnya industri ini, topik keamanan siber dan perlindungan data juga akan menjadi aspek penting dalam diskusi ini. SBMC akan berpartisipasi dalam EICMA 2023. – @tmcblog

16 COMMENTS

  1. kalau bisa dibongkar bakal dinakali. kalau tidak bisa, mudah jadi sampah mahal begitu rusak dikit..
    entah konsep battery sewa gini apakah aman di Indonesia

  2. katanya sekarang udah ada kasus pengguna molis yang kebagian sial pas tuker batre, dapet batre yang udah ngedrop. hal gini harus jadi concern penyedia layanannya nanti, battery healthnya harus diperhatikan. bayar full tapi kapasitas batre ga sesuai, ngerugiin konsumen, yg lebih parah kalo tiba2 bikin molis mati pas di jalur cepat/tengah.

  3. Kendaraan listrik adalah kendaraan masa depan tapi kendaraan BEV (battery electric vehicle) bukanlah kendaraan masa depan.

  4. Bahan bakar air !!!!!!

    Melimpah ruah, belom di riset kah ?

    EV itu jangka panjang polusinya lebih gilani daripada Minyak Bumi.

    😭😭😭 lebih baik hybrid. Buat start up pakai minyak bumi, untuk bahan bakar utama pakai yang lain misal ethanol. 😭😭

  5. indonesia gak usah ikut²an , bikin bahan bakar dari minyak sawit yang saat ini sdh berjalan. riset terus dan kembangkan agar lebih baik kualitasnya dan harganya murah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here