TMCBLOG.com – Memang sih, Konsep Ban Yang disuplai Michelin makin kesini memang masih absurt dan bahkan banyak menunjukan ketidak sesuaian dengan kebiasaan Patern Standar, natural dan basik dari sosok Ban dan Karet. Dalam Banyak kasus MotoGP semenjak Michelin pegang status sebagai Penyuplai tunggal Ban, Sulit Untuk Bisa menjelaskan Bagaimana Bisa ban Soft bisa lebih durable dari ban Medium . . Itu baru satu kasus mengenai Soal Inkonssistensi Kualitas  . . Selain itu Michelin banyak dituduh bermain dalam teori konspirasi untuk memperlancar performa pembalap Tertentu . .

Salah satunya teori konspirasi yang muncul adalah ketika performa Jorge Martín yang hilang akibat ban pada balapan kedua terakhir tahun ini, yang membuatnya makin jauh dari Bagnaia dalam perebutan gelar di putaran terakhir. Menanggapi beberapa rumor yang muncul di jejaring sosial, Piero taramasso yang bertanggung Jawab dan berlaku sebagai Juru Bicara Michelin dengan tegas membantah semuanya dan memberikan penjelasannya ke Jurnalis Gazzetta dello Sport, Paolo Ianieri.

“Memang benar bahwa musim yang tenang berakhir dengan penuh kegelisahan. Saya yakin banyak faktor yang berkontribusi: stres dalam perebutan gelar, pasar pembalap yang terbuka, regulasi tekanan ban, diperkenalkannya Sprint yang menambah beban ketegangan. Kemudian, di Qatar, performa Jorge yang tidak sesuai ekspektasi menimbulkan kontroversi dan diskusi.”

Tanya : Bagnaia juga mengisyaratkan masalah serupa di Sprint. Apakah ada masalah dengan ban Jorge (Martin) ?

Pierro : “Kami melakukan analisa terhadap mesin tempat pembuatannya, mengecek kualitas dan proses pengangkutannya, sejarah karetnya, apakah sudah dipanaskan atau tidak: tidak ada masalah manufaktur atau kualitas. Itu yang pasti. Ban yang tidak ada masalah. 

” Ban Tidak bagus pada lap pemanasan dan sudah sejak lap pertama membuat Anda menjadi lebih lambat sedetik. 6-7 lap pertama lumayan, di lap ke-4 dan ke-7 dia mencatatkan waktu yang sama dengan Bagnaia. Dia gagal pada start, tapi memulihkan tiga-empat posisi: jika ban tidak berfungsi, Anda tidak bisa melakukannya. Sisanya adalah faktor balapan yang menyebabkan kerusakan pada ban belakang, dan kemudian ban depan, pada akhirnya menyebabkan dia mencatatkan waktu satu detik lebih lambat”.

Tanya : Di Barcelona, ​​​​Bagnaia mengeluhkan masalah yang sama: sekembalinya ke garasi, teknisi Michelin, melihat ban yang mengkilat, menyadari ada yang tidak beres.

“Kami tidak melihat apa pun dari pertukaran data dengan Ducati. Kami cukup beruntung memiliki data semua orang, tidak ada yang abnormal atau besar.”

Tanya : Seringkali kita mendengar pebalap mengeluh tentang kinerja ban mereka yang tidak konsisten. Apakah ada masalah kendali mutu?

“Itu tidak benar. Saya mengundang semua orang, pembalap, teknisi, jurnalis, untuk datang ke Prancis dan melihat di mana dan bagaimana kami memproduksinya. Kami melakukan upaya besar untuk memiliki kontrol kualitas yang maksimal dan memastikan ban berfungsi. Kami tidak menginvestasikan jutaan untuk dituduh. Harga kami lebih mahal, tapi kualitas Michelin lebih unggul dari pesaingnya.”

Tanya : Berapa banyak yang Anda investasikan per tahun?

Pierro “Puluhan juta. Kami berusaha memproduksi ban yang sempurna, meski dalam proses industri bisa terjadi dispersi. Tapi yang bisa Anda evaluasi dalam 1-2 persepuluh, margin yang masuk dalam toleransi yang sangat sempit. Itu adalah ban yang digunakan secara ekstrim, bukan yang digunaknan di jalan raya yang bila dipompa pada tekanan 1,7 atau 2,2 bar akan bekerja dengan cara yang sama.

Namun ban Yang dbuat dengan tingkat teknologi tertinggi yang tahan terhadap suhu 150° dan 350 km/jam.  Mereka seperti karet gelang, bergantung pada bagaimana tekanan merespons: tetapi respons yang berbeda dari 1-2 persepuluh bukan berarti itu salah.”

Tanya : Tekanan terus meningkat, pilot meminta batas yang lebih rendah.

“Itu perlu demi keselamatan. Di bawah tekanan minimal, ban akan lebih lentur dan Anda berisiko merusak konstruksinya. Aturan itu ada di semua kejuaraan. Saya tidak mengatakan itu mudah untuk dipatuhi, tapi sekarang teknisi tahu cara memeriksa nilai, margin apa yang harus diambil.  Dalam tujuh balapan pertama tidak ada pelanggaran.”

Tanya : Namun, dalam beberapa terakhir, beberapa.

“Karena mereka mengambil risiko lebih besar. Mengetahui bahwa saat pertama kali mereka mendapat peringatan, mereka mengambil tindakan liar. Jika mereka selalu ingin menghormati nilai-nilai, mereka bisa melakukannya.”

Tanya : Akankah ada yang berubah di tahun 2024?

“Kami bicara dengan Dorna, Fim, dan IRTA, kami tidak membuat regulasi. Kami selalu bisa berkembang.”

Tanya : Apakah Anda akan menurunkan batas minimum?

“Tidak. Kami selalu mendengarkan para pembalap, tapi kami harus mendasarkan diri pada data terkini. Kami menggunakan model ban ini pada 2,0 bar, kami turun menjadi 1,9, hari ini di 8-9 sirkuit kami berada di 1,85, yang kemudian menjadi 1,82 karena dengan toleransi 0,03 sensor. Mereka menganggapnya nilai tinggi, bukan itu masalahnya. Tapi kalau kita bisa memenuhinya, kita akan melakukannya.”

Tanya : Kontrak Anda akan berakhir pada akhir tahun 2026. Apakah Anda akan memperbaruinya?

“Saya kira begitu. Kami bekerja dengan baik dengan Dorna dan tim, meskipun ada “skandal” media.

Tanya : Apakah kritik mengganggu Anda?

“Sangat. Saya tahu upaya apa yang kami lakukan. Seringkali kritik tidak berdasar, Anda mendengar konspirasi, ban jelek diberikan dengan sengaja… tidak masuk akal. Menyalahkan ban adalah alasan yang paling mudah. ​​​​Tapi saya menyesal tidak ada yang memperhatikan 36 rekor, atau seperti di Indonesia, Qatar dan Valencia, di aspal baru, spesifikasinya sesuai target. Hasil bagus, hanya sedikit yang melihatnya.”

19 COMMENTS

  1. rekor laptime yang selalu disobek-sobek tiap tahunnya mestinya bisa jadi portfolio presentasi michelin. tapi emang kadang inkonsistensi performa ban itu muncul di saat yang kurang tepat.

  2. Dari pas dovi vs markus, dovi pake ban belakang soft dan markus pake ban hard. Terus yg awet malah ban dovi itu juga udah aneh wkwk
    Normalnya kan kaya martin di philp island itu ban wkwk

    • Gmn gak awet,dovi bawanya smooth ketolong motor superior,marquez cepet hbs walau hard karena terus memaksa karena motornya lebih inferior,,gampangnya gini ente pake harian motor bawa agresif sama bawa ya g tenang liat habisnya duluan mana,pasti yg agresif duluan habis

  3. Banyak yang ditutupi micelin dengan bahasa ilmiah.mungkin di kondisikan dorna agar kualitas ban gak sama,biar banyak drama.peco lowside di barcelna dan martin di sprint qatar sudah sangat jelas membuktikan.mungkin ada sedikit error dari ridernya tapi mestinya nggak seektrem itu efeknya.apalagi kalo peco di barclna lagi on fire nggak banyak presure dan di awal musim racenya.juga nggak strugle.tiba2 lowside.martin selama sprint oke2 aja sebem2nya. tiba2 spining di qatar.bisa jadi human error bisa jadi ban error.

  4. soft ya soft, bukan malah soft jadi kaya hard
    dipegang BS ora ono kejadian kaya gini..hard ya keras awet susah panas,soft ya lembek gampang panas ga awet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here