TMCBLOG.com – Beberapa waktu lalu Ducati secara cukup mengejutkan mengungkapkan bahwa mereka telah bekerja selama dua tahun untuk mengembangkan sebuah prototipe dan motor ini rencananya akan memulai debutnya musim depan di Kejuaraan Motocross Italia. Proyek pengembangan entitas motor yang benar-benar baru bagi Ducati yang berjalan selama beberapa tahun ini akan melengkapi line-up mesin produsi Ducati dari disiplin balap off-road yang secara bertahap akan menjadi bagian dari keluarga Ducati sebagai brand yang kental dengan motorsport. Kali ini, TMCBlog akan mencoba membahas mengenai motocross terbaru yang secara sedikit demi sedikit dibocorkan oleh Ducati dalam unggahan media sosial mereka.

Senjata rahasia Ducati, yang diperkirakan akan menjadi special engine 450cc silinder tunggal yang benar-benar baru, sejauh ini telah berhasil dijaga oleh Ducati dari kebocoran info eksternal, yes karena kita semua mengetahui tentang proyek ini secara resmi dari Ducati saja.

Dan tidak lama ini, mereka meluncurkan video teaser dari motor special engine yang sedang beraksi dengan dua pembalap di atas mesin ini yang mereka berdua adalah sang Juara Italia 8 kali – Alessandro Lupino, dan juga sang Juara Dunia MX 9 kali – Antonio Cairoli.

Sepertinya kita akan segera melihat motor yang sangat dinanti-nantikan ini dengan segala kemewahan serta kecanggihannya selayaknya mesin buatan pabrikan Eropa dalam waktu yang relatif dekat, mengingat sebentar lagi sudah pergantian tahun dan akan menyambut musim kompetisi 2024.

Ducati telah mengisyaratkan peluncuran besar-besaran pada tanggal 21-23 Januari dalam acara ‘Campioni in Pista’ di mana tim motorcross pabrikan ini akan hadir di sana. Media Italia mengonfirmasi bahwa motor baru ini juga akan dibuka selubungnya pada acara tersebut. Kita tunggu saja sob.

Masih sedikit info yang diketahui tentang mesin motocross special engine terbaru Ducati ini, namun Ducati mengungkapkan bahwa motor ini akan memiliki “kurva delivery tenaga mesin yang sangat luas.”

Mereka melanjutkan dengan mengatakan bahwa hal ini akan terjadi berkat penggunaan sistem katup Desmodromic, yang digunakan pada semua motor sport mereka, termasuk di mesin motor MotoGP. “Kami tidak sabar untuk melihat Desmo dengan segala potensinya di atas trek,” ungkap Ducati corse.

Terlihat dari video teaser tersebut, sasis yang digunakan adalah model perimeter alumunium frame dengan mesin yang system starternya menggunakan dinamo elektrik, kemudian terlihat di handlebar sebelah kiri kehadiran master silinder kopling yang mengindikasikan bahwa motor ini memakai sistem kopling hidrolis. Ducati dry clutch? Sepertinya gak sob karena ini mesin off road yang lekat dengan kotoran/krikil/pasir/tanah/lumpur.

Asumsi dari TMCBlog bahwa sistem pengereman bawaan pabriknya akan menggunakan merk Brembo dan suspense lengkap dari Ohlins di depan dan belakang. Mengingat Triumph TF250X juga mengadopsi brand premium tersebut pada special engine mereka. Motocross 450cc silinder jomblo, transmisi 6-speed dengan 4 buah katup sistem Desmodromic bakalan jadi mesin yang beringas sih ini. Dengan motor ini, tentu ajang bergengsi MXGP adalah target Ducati Corse selanjutnya setelah mereka tampilkan performa yang menawan di MotoGP saat ini. @tmcblog

12 COMMENTS

    • Kayanya ducati udah meninggalkan sasis itu di dunia motorsport mereka. Lebih ralistis pake alumunium twinspar, bisa lebih mudah di adjust buat segala macam trek. Ciri khas mereka sekarang lebih ke katup desmodromic nya. Penisirin kaya apa desmo dipake di balapan garuk tanah

  1. PR pertama Paolo Kyabatti adalah membajak salah satu dari Jorge Prado/Jeffrey Herlings/Tim Gajser karena yg juara itu-itu mulu. Sambil berharap pada nama baru Adamo ato siapa dari mx2

  2. Downsize hypermotard 698 kyknya nih. Seperrtinya 450 jd size terkecil ducati gak ngikut hd&mv yg ngambik mocin. Bakalan jadi scrambler juga nih asik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here