TMCBLOG.com – MotoGP baru saja merilis secara resmi Catatan Statistik Jumlah Crash/ Fall Yang hadir di sepanjang Musim 2023 yang lalu. Dengan perubahan Format race weekend, Jumlah Crash di 2023 terjadi sebanyak 1.009 Kali di tiga kelas ( MotoGP, Moto2 dan Moto3 ) dan secara umum turun hampir 100 kejadian dibandingkan Musim sebelumnya 2022. Crash terbanyak sepanjang 14 tahun terakhir terjadi Di Musim 2017 dengan jumlah 1.126 kejadian.

Namun Jika Jumlah Crash race weekend total secara umum turun dbandingkan Tahun lalu, Jika di-Break-down per kelas, Maka kelas MotoGP di Musim 2023 yang lalu mencatatakan 358 Kejadian Crash yang merupakan Catatan Jumlah Crash terbanyak sepanjang 14 Tahun/ musim terakhir kejuaraan dunia ini dihelat .

Yang Juga Cukup Menarik adalah Sesi dimana Crash banyak terjadi untuk ketiga Kelas adalah pada sesi Jumat Sore dengan namanya masing masing disetiap kelas.

Untuk MotoGP Sendiri setelah Sesi Jumat Sore, Sesi Balapan Sprint Menjadi Sesi kedua dengan Jumlah Crash terbanyak. Sementara Untuk sesi Balapan sendiri, Kelas Moto2 mencatatkan Jumlah kejadian paling banyak dengan 117 kejadian disusul Moto3 dan MotoGP

MotoGP Prancis di Le Mans terkenal dengan gelaran dengan Jumlah Penonton paling banyak. Namun entah ada korelasinya atau tidak, Jumlah Crash terbanyak Pun terjadi di Seri Le Mans Untuk 2023 kemarin disusul dengan India dengan Jumlah angka Yang sama.

Sementara Bicara mengenai pembalap Lintas kelas Paling Banyak Crash di Musim 2023 adalah Marc Marquez dengan 29 Crash disusul dengan team matenya Joan Mir dengan 24 Crash. Keduanya membuat Repsol Honda menjadi team Paling Banyak Mengemas Crash dengan 53 Crash di Musim 2023. Di Moto2 ada Aron Canet dengan 24 Kali Crash dan Di Moto3 ada David Alonso dengan 23 kali Crash@tmcblog

10 COMMENTS

  1. MM93 berada dideretan top ranking pada jumlah kemenangan, podium, pole position, TETAPI juga sekaligus berada pada deretan top ranking pembalap dengan jumlah crash/ ndlosor terbanyak.

    Kharakter balap MM93 sudah jelas terbaca dari data statistik tersebut…

  2. Saya nunggu marc marquez bikin statistik baru di atas ducati,
    Data apapun itu akan sangat menarik ketika di compare dengan data marc selama di atas honda

  3. Semenjak gosip markus pindah ke ducato terlihat dia jarang crash dan lebih berhati hati, cuma pas di motegi aja dia kelihatan bener bener push tapi sayang red flag

    • faktornya banyak

      1. Besok pindah pabrik, kudu jaga total gausa ngotot, kaya yg Rins lakuin (bukan mengesampingkan rasa sakit Rins ya, disclaimer dulu lol)
      3. Next kontrak plannya cuma 1 taon, hatihati
      2. Motor yang sekarang yaudalaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here