TMCBLOG.com – Yamaha MotoGP hadir di trek Lusail – Qatar dengan beberapa update part part baru yang harus dicoba oleh ketiga pembalapnya – termasuk Cal Crutchlow sang test rider. Ada knalpot panjang dan juga aero baru dua tingat yang kembali terlihat semenjak dulu pernah diuji di trek Valencia. Namun walaupun pernah terlihat pada sesi pengujian terdahulu, pada dasarnya jika dilihat secara detil, tetap berbeda sob. Jika ini yang menjadi spesifikasi motor yang akhirnya digunakan Yamaha pada awal musim 2024, tentu sangat berbeda dengan yang pernah kita lihat sebelumnya. Mari selami perubahan baru yang dibawa Yamaha ke Lusail.

Pertama, knalpot baru. Knalpot ini mungkin terlihat familiar karena sempat terlihat semenjak 2023, namun ini bukanlah part lama yang dicoba lagi dari sebelumnya. Yamaha memang mencoba knalpot yang lebih panjang seperti ini pada Tes Misano 2020 namun yang diuji saat itu sedikit berbeda.

Baru-baru ini kita melihat Yamaha sering menguji knalpot yang memiliki dimensi panjang, dengan tujuan knalpot tersebut untuk mengetahui model pita power band mana yang terbaik bagi M1. Namun, para pengendara sering kali selalu kembali ke knalpot biasa karena mereka merasa bahwa mereka tidak dapat mendengar suara motor dengan baik jika knalpot tersebut terpasang dan hal tersebut membuat sulit untuk mengetahui secara pasti apa yang sedang terjadi.

Knalpot panjang yang baru ini memiliki gaya ‘megafon’ yang sama dengan yang kita lihat di Tes Misano 2020, tapi tidak terlalu berlebihan. Quartararo berkomentar bahwa knalpot ini bertujuan untuk membuat tenaga lebih halus. Namun perlu untuk mengetahui dari feedback pembalap apakah suara knalpot ini cukup keras untuk memberikan semua masukan audio dan perasaan yang dibutuhkan pembalap.

Berikutnya, sayap stegosaurus terbaru. Kita telah melihat Yamaha menguji sayap belakang berbentuk persegi layalnya gawang sepakbola sepanjang tahun ini, tetapi tetiba di Lusail mereka memiliki pengaturan sayap buritan model dino baru dengan tiga sayap individu di kedua sisinya. Tahun lalu kita melihat mereka menggunakan sayap stego, tetapi spesifikasi khusus itu hanya memiliki dua sayap di kedua sisi buritan yang sekarang fix berdimensi besar dengan sinyalemen berisi mass-damper.

Salah satu perubahan kecil yang dibawa Yamaha ke Lusail adalah menambahkan ventilasi pembuangan udara kecil untuk udara panas yang berasal dari mesin yang terperangkap di belakang radiator. Ventilasi pembuangan ini berada tepat di belakang saluran knalpot. Di Sepang, ventilasi pembuangan ini tidak ada sehingga mungkin saja Yamaha melihat dari data bahwa mereka mungkin memiliki terlalu banyak panas dibandingkan dengan apa yang mereka inginkan di area ini. – @tmcblog

 

 

9 COMMENTS

  1. Gak nyoba knalpot bercabangnya gsx aja?,siapa Tau cocok
    Karena mesin v selalu punya 2 lubang pembuangan akhir,inline mungkin jg harus gitu muehehe

  2. Melihat pergerakan pengembangan Honda yg semasif itu. Terlepas dari budget atau hasil tes, terlihat ada perubahan prinsip dan cara kerjanya.
    Lalu lihat Yamaha yg seperti hny optimalisasi setup dari motor lama. Sepertinya ini tahun terakhir Fabio di Yamaha…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here