TMCBLOG.com Seperti Kita ketahui bahwa Moto3 adalah Battle Ground Honda dan KTM dan di Tahun 2024 ini KTM ( dan Juga Honda) hadir dengan pembaruan Yang lumayan signifikan  selepas regulasi pembekuan development motor akibat COVID yang diharuskan pada tahun tahun lalu. Namun dibanding Honda, KTM tampak lebih All Out menghadirkan Perubahan pada mesin perang mereka di kelas Ini . . Berikut ini adalah beberapa detail RC4 Yang sempat dihadirkan MotoGP.com

Salah satu perubahan yang mudah terlihat adalah knalpot. Mereka masih menggunakan Model knalpot twin yang bentuknya sangat mirip dengan tahun lalu namun berdimensi sedikit lebih panjang dari sebelumnya. Salah satu komentar dari pembalap adalah bahwa KTM Moto3 2024 benar-benar mampu melaju dengan baik, tampaknya knalpot baru yang dipadukan dengan mesin baru telah memberikan motor ini sedikit lebih banyak tenaga dan torsi dibandingkan sebelumnya.

Lengan ayunnya juga baru dan dilengkapi bagian berlubang di tengahnya yang dilapisi serat karbon oleh KTM. diperkirakan Penutup karbon tersebut bukanlah sesuatu yang struktural atau memiliki fungsi teknis tertentu. Kehadirannya hanya untuk mengisi dan membuatnya lebih mudah untuk menyesuaikan logo sponsor. Dipilih karbon karena tidak akan mempengaruhi bobot secara signifikan.

Menurut Informasi Sasis KTM RC4 Moto3 2024 juga diperbarui dan sasis tersebut adalah teralis baja tradisional yang kita lihat digunakan KTM di semua proyek balap mereka kecuali kelas utama di MotoGP, di mana mereka menggunakan rangka/sasis  serat karbon.

Satu hal yang menarik lain adalah fairingnya karena memiliki bentuk yang agak mirip dengan bentuk ground effect side fairing di kelas MotoGP. Jika hal ini berkaitan dengan menghasilkan ground effect di tikungan. Jika benar fungsinya itu, maka hal ini masuk akal karena motor Moto3 adalah mesin kecepatan menikung sehingga cengkeraman pada tepi ban yang diperkuat Oleh Dornforce Ground effect adalah suatu yang diperlukan.

Ada pula bentuk spatbor depan yang seolah menyatu dengan bentuk fairing samping dimana kita bisa lihat hadir kembungan yang menyisakan satu lubang di bagian depan.

Pada bagian depan KTM terdapat divot/ ‘ndelesep’ kecil pada bagian muka fairing depan. Dengan Detail ini, Diperkirakan KTM telah menemukan Solusi baruuntuk meningkatkan aliran udara di bagian atas sepeda motor. Jika Anda hanya memiliki 65 tenaga kuda atau lebih, efisiensi aerodinamis dalam garis lurus sangat penting untuk kecepatan tertinggi. Sinyaleen kedua adalah KTM mencoba bermain main dengan Donforce di bagian depan juga.

Berikut beberapa detail kerennya. Ini memberi Anda gambaran bagus tentang betapa tipisnya sasis dan juga tampilan bagus pada shock belakang WP KTM yang terletak di tengah lengan ayun.

Sampai dua Seri pertama, KTM Group yang menggelontorkan sekitar 4 nama Brand ( KTM, GasGas, Husqvarna dan CFMoto ) untuk meggunakna mesin mereka terlihat cukup menguasai Championship semetara. – @tmcblog

 

12 COMMENTS

  1. Penasaran dari segi selain Fairing, Sassis, Mesin, dan Suspensi apakah CF Moto, GasGas, dan Husqvarna punya divisi sendiri, ya? Karena kalo di AMA Supercross, meski Mesin, Sassis, dan Suspensi pake sama dengan KTM, tapi Husqvarna dan GasGas ada embel2 factory racing dan bisa ngembangin part lain selain 3 part utama itu, bahkan fairingnya bisa beda.

  2. Salah satu pabrikan yang bertanggungjawab bahkan dari kelas pembibitan. Saluttt.

    Dimana yg lain pada kabur, maunya nunggu di kelas utama doang

  3. kalo Honda NSF ada info update kah pak haji?
    soalnya liat kemarin di losail sama portimao ada beberapa honda yang masih bisa nandingin KTM.

  4. Pabrikan Europe satu ini membara sekali ya pengembangan motornya, gak di MotoGP gak di kelas bawah. Pabrikan Japanese cup malah terlihat stagnan.

    • Beda kultur. Konon, budaya jepang masih sangat ketimuran, senioritas dan rasa tidak enakan sangat tinggi.

      Itulah kenapa perkembangan teknologi mereka lambat laun tersalip korsel dan china, yang budayanya sudah sangat money oriented.

  5. Knalpot rc4 2020 mlh lbh panjang Wak.. perkembangan teknologi rc4 ini sejalan dgn kakaknya rc16 yg cuma diambil 1 silinder buat adiknya, makin rc16 kencang adiknya ikut kencang
    Tp ga brlaku buat kakak adik rcv n nsf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here