TMCBLOG.com – Sudah hampir dua tahun sejak Suzuki mengumumkan pensiun dari balap motor internasional, termasuk MotoGP, namun khusus untuk 2024 ini minimal pada akhirnya tetap bertahan di FIM World Endurance Championship lebih tepatnya di ajang balap ketahanan Suzuka 8H yang berlangsung beberapa bulan lagi.

Sebuah kelompok yang sebagian besar terdiri dari karyawan Suzuki berkumpul untuk membentuk tim Suzuki CN Challenge. Bersama Yoshimura Jepang. Tim ini akan berpartisipasi dengan sepeda motor di Suzuka 8 Hours 2024 Juli mendatang dalam kategori eksperimental. Sepeda motor ini adalah GSX-R1000R dan akan menggunakan “40% bahan bakar berbasis bio yang berkelanjutan” dari ELF. Secara umum mirip seperti yang digunakan MotoGP saat ini.

Seperti semua suku cadang lain yang digunakan di ajang FIM, bahan bakar ini sebenarnya telah disertifikasi oleh FIM. Namun karena bahan bakar ini bukan yang resmi dipakai di kelas ini, maka Suzuki hanya bisa mendaftarkan GSX-R1000R di kelas eksperimen. Menurut Tim Suzuki CN Challenge, bahan bakar yang akan digunakan adalah Elf Moto R40, terdiri dari “40% bahan asal biologi”, tanpa menyebutkan dari mana bahan tersebut berasal.

Dalam pengumuman resminya, Tim Suzuki CN Challenge mencantumkan elemen berkelanjutan pada mesinnya. Tentu saja bahan bakarnya berasal dari Elf. Ada juga knalpot Yoshimura Jepang, ban balap Bridgestone yang menggunakan bahan daur ulang dan dapat didaur ulang, serta Bio-oli motor Motul.

SelainĀ  itu yang juga perlu diperhatikan adalah fairing serat karbon daur ulang JHI, spatbor komposit serat rami, cakram rem baja yang tidak diberi perlakuan panas, dan kampas rem rendah debu dari Sunstar, serta aki sepeda motor LFP (Lithium Ferrous Phosphate) dan aki garasi dari ELIIY Power.

10 COMMENTS

  1. Suzuki vrindafan bikin brand awarness jd merosot, tapi salut lah karyawannya mau bikin terobosan dan d approve sama suzukinya juga

  2. Note: Kelas Eksperimental tidak mengikuti aturan teknis baku FIM Endurance World Championship dan hasil balap pesertanya tidak akan berpengaruh ke klasemen Kejuaraan.

  3. Sebaiknya suzuki di beli saja sma pengusaha lokal kita…jadi design di kita mesin dan inovasi teknologinya ttep suzuki…ayo dong para yg ngaku sultan m crazy rich…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here