TMCBLOG.com – Seperti kita ketahui beberapa hari yang lalu di Mugello, Honda dan Yamaha sibuk menguji dan mengkonfirasi paket paket baru yang rencananya akan mereka gunakan Untuk meningkatkan Performa M1 dan RC213V jelang rehat tengah Musim MotoGP 2024. Yamaha sudah mengkonfirmasi bahwa Quartararo dan Rins akan gunakan Aerobody baru di Catalunya, Dan Ternyata Honda PUn demikian . . HRC Juga Berencana Homologasikan Aerobody kedua dan akan coba digunakan Mulai sesi latihan Jumat ini di Catalunya.

Hal ini tidak secara resmi diutarakan Oleh HRC, Namun Oleh Pembalapnya Johann Zarco Pada hari kamis di Media Scrum Catalunya. “Hal tersulit untuk mendapatkan aero yang memperoleh hasil bagus di Mugello ini adalah mempersiapkan banyak fairing, mengecat semuanya, hanya dalam satu pekan ” Kalimat Zarco ini memberikan Kode tak langsung bahwa fairing baru yang menghadirkan beberapa update tersebut akan Mulai digunakan di Catalunya.

“Maksud saya, tidak direncanakan untuk mendapatkan hasil sebaik ini di Mugello. Jadi mereka melakukan yang terbaik untuk mengambil beberapa langkah [siap untuk] di sini, tetapi mereka masih berusaha untuk mencoba melakukannya pada hari Jumat.

“Saya senang merasakan beberapa perbedaan. Saya membuat motor saya menikung lebih baik. Sungguh itulah perasaan saya dan dengan semua analisis yang mereka lakukan terhadap data setelah tes, mereka dapat mengonfirmasinya.

Jadi ini berjalan ke arah yang positif. Itu adalah satu hal yang saya pikir mereka dapat homologasi dan kemudian melihat lebih baik (Part ini bekerja) untuk sisa musim ini. Saya penasaran untuk melihat apakah perbedaan yang kami dapatkan ini akan sangat membantu dalam balapan di sini.”

Secara Umum jika melihat aero fairing baru yang digunakan Zarco di Mugello secara umum mirip seperti yang pernah mereka coba di Tes Jerez dimana menghadirkan side Fairing baru yang mengkombinasikan solusi tunnel difusser ( downwash-duct ) dan detail ground effect Plus menghadirkan detail sidepod berbeda.

Pada tes Mugello, Detail di Side Fairing ini terlihat dikombinasikan menggunakan front fairing dan area Winglet Buritan baru tanpa detail stegosaurus. . . Kita harus menunggu sampai FP1 hari ini  untuk melihat apakah jadi Zarco menggunakan Aero-body baru ini.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

12 COMMENTS

  1. ini lebih banyak bicara lik Jarwo soal teknis dibanding si Yoan yg udah lebih lama.. atau emang pengalaman make banyak motor merk berbeda jdnya lebih berasa feel perbedaannya..

    • Engga. Daripada Zarco pengalaman berbagai merk, lebih ke Zarco emang rada jago dan ada bakat developer sikit. Di ducati dia yg lab berjalan nya toh, pun masi bisa cepet berapa kali di ducati

  2. tidak mnyangka bahwa hasilnya akan sebagus itu, katanya zarko tntang aerofairingnya.. lagi bejo nih HRC..

  3. Gak bakal di pakai di catalunya. (Gak pakai homologasi baru) terlalu prematur.

    Walaupun sama2 tipe sirkuit following.
    Karna masih jelek management aeronya..
    Emang insinyur aeronya barunya cuma bisa copas aja nih.

    Paling hanya zarco yg bisa kedepan.. walapun gak finish di balapan tp latihan dan qualifikasi jadi honda tercepat..

    Tp Quartararo bisa jadi di 5 besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here