TMCBLOG.com – Mengecilnya porsi dan dimensi logo brand Repsol pada body/fairing Honda RC213V tunggangan Joan Mir dan Luca Marini di MotoGP tahun ini sudah mengartikan ada andil dan kolaborasi yang lebih berkurang dari perusahaan energi asal Spanyol ini di musim kompetisi 2024 dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya. Dan untuk 2025 nanti bahkan akan lebih ‘parah’ dimana diperkirakan Repsol akan mengakhiri kolaborasi dengan Honda setelah 30 tahun bersama di premiere class Grand Prix.

Info rmasiini mengemuka dari Motorsport Spanyol pasca gelaran MotoGP Catalunya dan sebelum race weekend Mugello bahwa Repsol berpotensi mengakhiri kolaborasi 30 tahun dengan Honda/HRC pada akhir musim 2024 ini. Salah satu hubungan kolaborasi dan kerjasama finansial – teknis terpanjang dalam sejarah kejuaraan dan telah menghasilkan 15 gelar kejuaraan dunia, 183 kemenangan balapan seri dan 455 podium.

Mengenai semakin kecilnya dimensi logo Repsol di HRC tahun ini adalah dikarenakan pasca kepergian Marc Márquez pada akhir tahun 2023, perusahaan energi yang telah memperbarui kerjasama dengan HRC tahun yang sama hingga akhir tahun 2024 dengan formula 1+1, memberlakukan klausul dalam kontrak untuk mengurangi kontribusi finansialnya dan, sebagai akibatnya dimensi dan proporsi fisik decal logo Repsol pun berkurang di RC213V.

Menurut Motorsport ada sedikit perbedaan pendekatan antara HRC dan Repsol yang dimana sampai sepertiga pertama musim ini keduanya belum bergerak untuk memperpanjang kemitraan mereka lagi. Repsol ingin fokus pada penyebaran bahan bakar non-fosil yang lebih luas di MotoGP pada masa yang akan datang.

Tahun 2024 ini, MotoGP mewajibkan penggunaan 40% bensin non-fosil untuk tim kelas premier, persentase yang harus mencapai 100% pada tahun pertama perubahan regulasi teknis tahun 2027. Dan melihat hal ini Repsol ingin menjadi bagian perubahan ini secara global, tidak berfokus pada satu tim. Mungkin nanti Repsol akan jadi pemasok tunggal di satu material yang digunakan di kelas primer ini. – @tmcblog

30 COMMENTS

  1. Kira kira sponsor Honda tahun depan apa ya?
    Mungkin idemitsu naik kelas jadi sponsor utama factory team ?

  2. Kalpanax berpotensi besar masuk sebagai pengganti repsol. Secara warna korporatnya sama. Orange, putih, merah.

    Jadi nanti nama timnya Kalpanax Honda.

    • Bisa jadi bro..ditambah logo One Heart lah Bro..
      Bisa lah menjadi tulang punggung HRC mengingat sebagai market leader.

  3. Selama gak ada peningkatan ya sepi sponsor kayak tim WSBK nya

    Tinggal tim Cecchinello nih bisa ga meyakinkan untuk bertahan 2 sponsor lubrikan besar di timnya

  4. Kejadian yang sama ketika Rossi meninggalkan Yahaha, fairing M1 jadi kosong gak ada sponsor, cuma diisi decal doang…

    • @Qwerty : “Ngondah harus bekerja keras untuk cari duit…..”

      Bukannya selama ini sudah jadi Market Leader ya ?

  5. Eh tiba2 malah gabung ke Gresini, Marc bisa dapat GP25 dan mungkin Alex kebagian GP24 “Spec A” kayak kasus Quartarato dan Morbidelli dulu.
    Walaupun mungkin porsinya kayak di Honda musim ini.

  6. apakah nanti honda cbr150r, cbr250rr, dan sonic tidak ada lagi “repsol edition”?? hmm mari kita saksikan bersama…

  7. Neuromacyl bisa masuk nih jadi sponsor utama, cocok kan untuk meredakan sakit otot ketika ridernya crash karena bawa rcv wkwkkwkw

    Sambil sedih ketik ini karena honda x repsol itu udah legend banget.. sekarang bener2 miris..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here