Royal Enfield Sedang Mempersiapkan Motor Bermesin 250cc

TMCBLOG.com – Saat ini Royal Enfield yang kita kenal memiliki mesin berkapasitas terendah 350cc. Masalahnya dengan motor bermesin di atas 250cc di Indonesia adalah kena PPnBM, yang menyebabkan harga jualnya sangat tinggi. Beda kiranya jika kapasitas mesinnya 249cc ke bawah, nominal pajaknya lebih rendah/murah yang bisa menyebabkan harga jual jadi lebih terjangkau bagi kebanyakan calon konsumen. Nah, kabarnya Royal Enfield saat ini sedang mempersiapkan motor bermesin 250cc.

Terlihat Royal Enfield mencoba memperluas daya tariknya dan membuat mereknya lebih mudah diakses daripada sebelumnya, baik dari segi harga maupun ukuran fisik. Sekarang tampaknya perusahaan ingin menggandakan pendekatan itu dan kami telah mengungkap informasi tentang perusahaan yang tengah mengerjakan platform mesin 250cc baru untuk model-model masa depannya.

Platform calon mesin 250cc telah dipertimbangkan selama beberapa tahun di Royal Enfield tetapi baru saja mendapat lampu hijau. Dengan nama kode internal platform V, motor 250cc ini kemungkinan akan memiliki arsitektur yang sederhana dan lugas untuk menjaga biaya tetap terkendali. Dengan demikian, kita dapat bertaruh dengan aman dan mengatakan bahwa secara teknologi motor ini mungkin akan menggunakan mesin berpendingin udara dari pada berpendingin cairan.

Lini model baru ini telah mendapat lampu hijau untuk membuat merek Royal Enfield lebih mudah diakses, terutama karena harga telah meningkat secara menyeluruh sejak Regulasi emisi kian Ketat dimana mana. Secara efektif, platform 250cc ini akan menghasilkan sepeda motor yang akan menarik minat audiens yang lebih muda yang ingin masuk ke merek Royal Enfield dengan harga yang lebih rendah.

Secara historis, ada Royal Enfield pernah memiliki varian 250cc di line up produknya dengan sepeda motor seperti Clipper (dibuat pada tahun ‘5-an – ’60-an) dan Continental GT 250 asli ’65. Oh iya, motor baru 250 cc ini rencananya akan dirilis di sekitar tahun 2026 atau 2027. – @tmcblog

8 COMMENTS

  1. Bila RE mau menggunakan mesin 350 cc nya sebagai basis produksi untuk kelas 250 cc, mungkin ada baiknya:
    1. peningkatan kompresi
    2. penambahan oil cooler
    3. klep semula 2 menjadi 4 klep

    Pertimbangannya adalah karena dengan mesin 350 cc saja output power dirasa tidak terlalu tinggi, maka butuh peningkatan pada sisi mesin.

    • Ya wajar sih, genre motor ini cenderung cruiser, ga peduli dgn power tapi ke torsi, klep 2 cukup karena kemudahan dalam perawatan, ga selalu klep lebih banyak lebih baik, 2 klep juga bisa menjadi lebih baik dri 4 klep kalo arsitekturnya bagus

      • Itu mesin RE 350 cc cuma 17 HP lo
        Makanya saya memberikan insight seperti diatas

        Torsi penting, tapi HP juga penting

        Mungkin buat perbandingan yang paling mudah adalah mesin Ronin 225 vs KLX 230
        satunya 66 x 66 mm SOHC 4 valve, satunya 67 x 66 mm SOHC 2 valve
        kompresi 10 dan kompresi 9
        Oil cooled vs air cooled

        tenaga mirip tapi torsi keduanya jauh
        Makanya RE harus benar-benar riset untuk mesin 250 cc nya karena lawan mereka sudah settle di pasar ini

  2. Menarik nih jd ada opsi yg beragam, yg jadi acuan secara power to weight dan dimensi bisa tengok estrella 250 sih sebenarnya

  3. Menarik, cuma RE terkenal sebagai pabrikan dengan motor yang mesinnya tidak powerful. Kalau mau main di kelas 250, yaa kalau bisa ditingkatkan outputnya, biar gak boyo banget, yaa minimal bersaing dengan pabrikan Jepang lah kayak W250

  4. Enfield ini entah beruntung krn ketolong warisan nama besarnya atau pas timingnya buat rilis produk2nya
    Seri 650 bisa laris manis gitu pdhl W650 nya Kawasaki kyknya dulu gak sehype gn penerimaan pasarnya sampai malah dia naik kelas
    Seri 350 jg gak jual teknologi bisa dibilang tp ya tetep laku bgt
    Seri adventurenya juga bisa dibilang dia gak high tech dan desain bisa dibilang jelek (imho) tapi banyak juga yg pakai di indo

    • Loe nya aja selera beda, kasih pandangan menurut POV loe kagak usah bawa bawa jelek…bisa jadi selera loe yang norak

Comments are closed.

TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP