Friday, 22 November 2024

Honda ( HRC ) : Ducati memanipulasi Kebenaran [ Guest Blog Manuel Pecino ]

460x110-indent-now

GP16-1

“Mengapa tidak ada yang menulis kebenaran tentang alasan pelarangan winglet tahun depan?” tanya Shuhei Nakamoto, HRC vice president beberapa hari lalu kepada saya ( manuel ) di paddock Aragon GP . . . Kebenaran? Apa yang sebenarnya terjadi ? Saya sadar bahwa saya telah menulis, bahwa winglet telah dilarang mulai tahun 2017 melalui keputusan yang dibuat oleh Komisi GP setelah kurangnya konsensus dalam asosiasi pabrikan motor (MSMA) tentang bagaimana mengatur pelengkap aerodinamis , jadi apa maksud nakamoto ?. . . wah makin menarik nih . . cekidot  . . .

440x100_tirei

 MBtech - TMC sep16


Tulisan Manuel Pecino di bawah akan menjelaskan runutan peristiwanya, mungkin agak sulit dicerna . ..  tmcblog aja baca 2 kali baru ngerti, dan yang dibaca itu bahasa inggris lagi 😀 . . namun pada dasarnya gini. Nakamoto sebagai wakil HRC mau mengklarifikasi bahwa sebenarnya ia keberatan bahwa Honda terlihat dimata publik saat ini bagaikan penyebab winglet itu di haramkan untuk MotoGP 2017. Nakamoto di cerita manuel pecino bawah menceritakan bahwa sebenarnya sebelum winglet di putuskan untuk dilarang, MSMA sudah mengusahakan cara agar winglet tidak di larang

Usaha MSMA untuk mencari jalan keluar adalah dengan membuat semacam riset kepada semua pabrikan pabrikan mengenai ukuran, dimensi, bahan dan bentuk winglet apa yang tetap menghasilkan fungsi aerodinamika yang diinginkan namun lebih aman. namun Dalam cerita nya Nakamoto-san mengatakan bahwa dalam perjalannnya Ducati Hanya bilang tidak tidak dan tidak. dan mengatakan bahwa winglet haruslah seuai dengan kemauan Ducati Dan akhirnnya usaha jalan tengah in tidak memenuhi konsesus alias dead end . . . sehingga akhirnnya bukan musyawarah lagi yang diperoleh namun langsung Voting sampai akhirnnya diperoleh keputusan akhir Winglet dan winglet like Fairing di larang mulai 2017


nah mari kita sekarang baca lebih mendetail cerita dari manuel pecino

winglets-ian2

“Ya, itu benar ( bahwa Winglet dilarang karena konsensus), tapi kesan telah ditinggalkan adalah winglet telah dilarang karena Honda menentang winglet, dan itu tidak benar. Jika tidak akan ada winglet tahun depan itu karena itulah yang diinginkan Ducati,” klaim Nakamoto-san, yang juga menuduh Ducati memanipulasi kenyataan. Diskusi MSMA pun dimulai yang diawali kecaman FIM tentang winglet yang melekat pada fairing MotoGP sebagai hal yang  berbahaya, Kecaman FIM ini di awali setelah melihat gambar wingletAndrea Iannone yang mengenai bagian belakang dari Marc Márquez  MotoGP Argentina 2016.

“Saya pergi Pit Box Ducati untuk memverifikasi kekakuan dari  spoiler ( winglet) “ jelas Loris Capirossi, perwakilan pebalap di badan yang bernama Race direction . “Dan memang, tidak mungkin untuk mematahkan winglet tersebut . Ini berarti bahwa jika ada kontak, itu bisa membahayakan. Mereka (winglet)  mungkin tidak dilarang segera, tetapi harus sesuatu untuk dibicarakan di masa depan. Dalam tabrakan mereka bisa berbahaya. “

Penyataan Loris di atas adalah detonator untuk pelarangan tersebut, ditanbah lagi beberapa keluhan pebalap mengenai turbulensi yang sepeda motor dilengkapi dengan deflektor menghasilkan, yang membuat sepeda terlalu lebar untuk diikuti ( slip streaming) , baik pada track lurus ( straight) dan tikungan cepat ( fast corner ) . “Ada orang yang menyukai winglet dan ada yang tidak, tapi bagi saya, Motor terbaik adalah yang tidak memakai winglet (wingless) . Jika part aerodinamika ( winglet) makin komplek, akan lebih sulit untuk mengikuti pengendara lain dan lebih sulit untuk menyalip,   kata Marc Márquez … Dan FIM merespons ini .

Sebagai pihak yang bertanggung jawab untuk regulasi teknis kejuaraan ini, MSMA hadir untuk menemukan cara lain untuk menghindari pelarangan winglet tersebut. Pada saat itu, itu jelas pabrikan Ducati yang paling berkomitmen untuk winglet, dan terlihat Ducati seperti terbawa perasaan bahwa mereka diserang. “Dari Ducati, kita jelas terdepan dalam hal streamline motor, dan yang kita rasakan adalah bahwa mereka mencari cara untuk menghukum kita dengan argumen konyol tentang keselamatan ”

Ducati-Desmosedici-2016-025

“Selain itu bagi kami, winglet membuat sepedamotor lebih aman karena mereka menjaga traksi roda depan di permukaan track, yang berdampak pada kendali motor. Sejak pemakaian winglet di motor kami kami, ada beberapa insiden antara pengendara namun tidak ada yang memiliki atau pernah mengeluh tentang konsekuensi negatif. ‘Keselamatan’ hanyalah alasan untuk menghukum kami. “

Dalam Diskusi MSMA itu diusulkan bahwa setiap produsen melakukan tes sendiri dari winglet dan menghasilkan laporan berikutnya dengan kesimpulan yang dicapai . ..  hal ini dilakukan oleh pabrikan. Pabrikan merilis studi yang dilakukan yang dilakukan selama lebih dari satu bulan. Honda memproduksi sendiri, winglet seperti yang dilakukan Yamaha dan Suzuki. Dalam proses studinya Pabrikan menganalisis bentuk winglet yang tidak agresif ( agar aman)  dan Juga aspek kelenturan plus bahan dari winglet sehingga aman untuk kemungkinan insiden kontak dengan pebalap.

“Tapi Ducati mengatakan tidak untuk semuanya,” keluh Nakamoto. cuma ada tidak, tidak, dan Tidak . Semua pabrikan Jepang setuju dan Aprilia dalam beberapa hal memang juga, tapi Ducati tidak ingin membahas masalah itu ( mengenai studi bentuk, dan bahan winglet agar aman) . ( Pokonya) Ikuti cara mereka atau tidak “ … begitu Kata Nakamoto-san

Undang-undang mengharuskan kebulatan suara dalam peraturan teknis, dan hal tersebut tidak terjadi di diskusi MSMA. Awalnya Aprilia ada di pihak Ducati, Namun mereka telah sepakat untuk berada di sisi mayoritas ( besama Pabrikan jepang)  saat terjadinya voting. Jadi blokade pelarangan winglet ini, dipimpin oleh Komisi GP terdiri dari perwakilan dari IRTA, FIM, MSMA, dan Dorna, ditambah hak suara dari Carmelo Ezpeleta, Mereka ini lah yang membuat keputusan pelarangan dari winglet.

“Ketidakstabilan winglet sulit untuk dibuktikan. adalah tidak mungkin untuk mengatakan apakah winglet itu aman atau tidak, tapi bila kita ragu, akan lebih baik tidak menunggu seseorang terluka dan kemudian mengeluh,” Nakamoto-san mengatakan dengan intensitas suara tinggi  . “Dilarangnya winglet mulai 2017 semata-mata karena Ducati. Mereka berbalik mengatakan bahwa Honda berada di balik larangan ini, ( Ducati mengatakan) bahwa kita ( Honda ) telah memimpin kampanye melawan winglet untuk menghukum dugaan keuntungan aerodinamis Ducati, dan hal ini hanya kebohongan.”

“Juga tidak benar apa yang mereka katakan bahwa hal ini (pelarangan winglet) menjadi Penghenti dalam pengembangan sepeda motor masa depan. Atau anda tahu adakah motor jalanan ducati  yang menggunakan sayap? Selain itu, Ducati jugalah yang meminta 22 liter bbm ketika kami menggunakan 20 liter, serta software ECU standar, konsumsi bahan bakar dan manajemen elektronik -. kedua hal ini berdampak pada motor ketika mereka mencapai konsumen “!

suppo

Honda juga mengeluh tentang bagaimana Ducati mengelola kompetisi sejak kedatangan Gigi Dall’Igna ke departemen balap merek asal Bologna ini . “Sudah jelas bahwa untuk mengkompensasi perbedaan dalam sumberdaya dari pabrikan Jepang, Ducati harus berani mengambil keputusan berisiko dan jalan yang belum dijelajahi, tapi sejak kedatangan Gigi, semangat dengan mana mereka bekerja berbeda.” Orang yang berbicara ini adalah Livio Suppo ( HRC Communication director – dulu Ducati Corse )

Livio Suppo membandingkan perbedaan dalam cara kerja antara Ducati sekarang dengan Ducati di bawah pimpinan Filippo Preziosi saat menjabat pimpinan reparto Corse. Suppo tahu departemen ini dengan baik, karena ia bersama Ducati saat itu. “Menjadi sebuah pabrik kecil dengan sumber daya terbatas dibandingkan dengan pabrikan Jepang, sudah jelas bahwa Ducati harus menjelajahi jalan yang berbeda, untuk mencoba alternatif. Filippo melakukannya, ia mengambil keputusan berisiko ketika memilih untuk menggunakan Bridgestone ketika orang lain menggunakan Michelin, seperti ia juga mempertaruhkan banyak hal saat membuat mesin 800cc ultra-kuat yang sulit untuk dibawa dalam frame, namun berhasil memenangkan Kejuaraan Dunia dengan Casey Stoner. ini pertaruhan, ini adalah mengeksplorasi cara-cara alternatif! tapi sejak tiba Dall’Igna, berbeda . Gigi selalu mencari lubang dalam aturan dan bagaimana  mengambil keuntungan dari itu. “

panassssss

Manuel Pecino

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

74 COMMENTS

  1. beda bahasa, beda cara bertutur…
    mesti lbh bnyk untuk luangkan waktu pemilihan kata translasi yg pas dgn bahasa indonesia…
    tetap semangat om taufik…

  2. heee… yg jelas.. aturan ecu . bengsin… telah merontokkan team pabrikan honda dan yamaha… karna pengin semua kompetitip…tapi kenyataannya ..heeee….

  3. panass… motor lebih cantik tanpa sayap, ….. legenda
    pertamax7.com/2016/10/04/mungkin-suzuki-gsx-r150-mirip-dengan-suzuki-gsx-r250-atau-suzuki-gsx-250r/

    • Tulisan Manuel Pecino di bawah akan menjelaskan runutan peristiwanya, mungkin agak sulit dicerna . .. tmcblog aja baca 2 kali baru ngerti, dan yang dibaca itu bahasa inggris lagi 😀 . . namun pada dasarnya gini. Nakamoto sebagai wakil HRC mau mengklarifikasi bahwa sebenarnya ia keberatan bahwa Honda terlihat dimata publik saat ini bagaikan penyebab winglet itu di haramkan untuk MotoGP 2017. Nakamoto di cerita manuel pecino bawah menceritakan bahwa sebenarnya sebelum winglet di putuskan untuk dilarang, MSMA sudah mengusahakan cara agar winglet tidak di larang

      Usaha MSMA untuk mencari jalan keluar adalah dengan membuat semacam riset kepada semua pabrikan pabrikan mengenai ukuran, dimensi, bahan dan bentuk winglet apa yang tetap menghasilkan fungsi aerodinamika yang diinginkan namun lebih aman. namun Dalam cerita nya Nakamoto-san mengatakan bahwa dalam perjalannnya Ducati Hanya bilang tidak tidak dan tidak. dan mengatakan bahwa winglet haruslah seuai dengan kemauan Ducati Dan akhirnnya usaha jalan tengah in tidak memenuhi konsesus alias dead end . . . sehingga akhirnnya bukan musyawarah lagi yang diperoleh namun langsung Voting sampai akhirnnya diperoleh keputusan akhir Winglet dan winglet like Fairing di larang mu

    • Tulisan Manuel Pecino di bawah akan menjelaskan runutan peristiwanya, mungkin agak sulit dicerna . .. tmcblog aja baca 2 kali baru ngerti, dan yang dibaca itu bahasa inggris lagi 😀 . . namun pada dasarnya gini. Nakamoto sebagai wakil HRC mau mengklarifikasi bahwa sebenarnya ia keberatan bahwa Honda terlihat dimata publik saat ini bagaikan penyebab winglet itu di haramkan untuk MotoGP 2017. Nakamoto di cerita manuel pecino bawah menceritakan bahwa sebenarnya sebelum winglet di putuskan untuk dilarang, MSMA sudah mengusahakan cara agar winglet tidak di larang

      Usaha MSMA untuk mencari jalan keluar adalah dengan membuat semacam riset kepada semua pabrikan pabrikan mengenai ukuran, dimensi, bahan dan bentuk winglet apa yang tetap menghasilkan fungsi aerodinamika yang diinginkan namun lebih aman. namun Dalam cerita nya Nakamoto-san mengatakan bahwa dalam perjalannnya Ducati Hanya bilang tidak tidak dan tidak. dan mengatakan bahwa winglet haruslah seuai dengan kemauan Ducati Dan akhirnnya usaha jalan tengah in tidak memenuhi konsesus alias dead end . . . sehingga akhirnnya bukan musyawarah lagi yang diperoleh namun langsung Voting sampai akhirnnya diperoleh keputusan akhir Winglet dan winglet like Fairing di larang mu

  4. emang ducati ini seperti disuapin sama dorna. mulai dari diperbolehkannya masuk tim open class, pengembangan mesin, bbm dan ban. gagal juga juara seri.
    sampe akhirnya ada aturan kalo ducati podium atau juara, keistimewaan ducati di hapus sama dorna. masih gak juara juga.
    sampe akhirnya diberlakukan ecu dan software magneti marelli biar ducati juara dan memutus dominasi yamaha dan honda sampe akhirnya berhasil juara juga lewat iannone.
    udah pake ecu dan software magneti marelli yang identik sama ducati tetep aja yamaha sama honda mendominasi.
    terus kalo penyakit honda tahun depan udah ketemu, marquez makin nyatu sama motor.
    ducati mau minta apalagi ke dorna ?? buat mutus dominasi honda.

    • sekedar meluruskan bro, ecu & software itu sebenarnya ditawarkan ke honda &yamaha juga utk pngembangannya tp mereka menolak takut teknonya diambil krna lebih canggih.

  5. Berarti si gigi itu cerdik. Dia datang membawa misi agar Ducati bisa menang. Cara apapun sah, termasuk mencari celah regulasi. Nah kalau sudah begini tinggal main pintar-pintaran antara pabrikan sama FIM selaku regulator.
    Yang penting harapan saya MotoGP jangan jadi seperti F1. Akibat celah regulasi satu tim bisa mendominasi sampai 4 tahun.

  6. Beberapa saya rasa ada yg lost in translation, kalau memungkinkan artikel asli dari omongan Manuel Pecino juga dimuat. Eh tapi kalau bahasa Italia ya sama aja gak mudeng ding hahahaha. Btw Ditunggu artikel2 yg lain wak, kudos

  7. Hal2 seperti ini bikin MotoGP makin seru padahal nonton balapannya aja udah deg degan (plg gak tahun ini). Harapannya Dorna dkk bisa bijak meregulasi MotoGP untuk tahun2 berikutnya biar lebih kompetitif. Jangan kayak F1 bosenin banget

    • Hahahah fbh ngatai fbh sendiri
      Kagak usah nyamar nyamar lah bro. Mau ngadu domba siapa?seneng gitu kalo ada yg kepancing?
      Jelas jelas isi artikel sama statement ente itu bertolak belakang banget n gx wajar kecuali ente itu si fbh yg nyamar jadi fb lain mau manas manasin fb ente sendiri biar seolah olah fb lain tu pekok dsb

    • @hilrock..gak secanggih itu kyknya pemikirannya…dia itu emang gk baca artikelnya ato emang prosesornya kurang kenceng ato RAM nya kurang gede…jd gagal paham…

    • Tulisan Manuel Pecino di bawah akan menjelaskan runutan peristiwanya, mungkin agak sulit dicerna . .. tmcblog aja baca 2 kali baru ngerti, dan yang dibaca itu bahasa inggris lagi 😀 . . namun pada dasarnya gini. Nakamoto sebagai wakil HRC mau mengklarifikasi bahwa sebenarnya ia keberatan bahwa Honda terlihat dimata publik saat ini bagaikan penyebab winglet itu di haramkan untuk MotoGP 2017. Nakamoto di cerita manuel pecino bawah menceritakan bahwa sebenarnya sebelum winglet di putuskan untuk dilarang, MSMA sudah mengusahakan cara agar winglet tidak di larang

      Usaha MSMA untuk mencari jalan keluar adalah dengan membuat semacam riset kepada semua pabrikan pabrikan mengenai ukuran, dimensi, bahan dan bentuk winglet apa yang tetap menghasilkan fungsi aerodinamika yang diinginkan namun lebih aman. namun Dalam cerita nya Nakamoto-san mengatakan bahwa dalam perjalannnya Ducati Hanya bilang tidak tidak dan tidak. dan mengatakan bahwa winglet haruslah seuai dengan kemauan Ducati Dan akhirnnya usaha jalan tengah in tidak memenuhi konsesus alias dead end . . . sehingga akhirnnya bukan musyawarah lagi yang diperoleh namun langsung Voting sampai akhirnnya diperoleh keputusan akhir Winglet dan winglet like Fairing di larang mu

  8. Berulang-ulang dan perlahan-lahan ane membaca artikel wak haji agar paham..

    Akhirnya tetap aja mumet..
    Wkwkwkwkwkwk
    Susah emang bahasa terjemahan ini :mrgreen:

    • Tulisan Manuel Pecino di bawah akan menjelaskan runutan peristiwanya, mungkin agak sulit dicerna . .. tmcblog aja baca 2 kali baru ngerti, dan yang dibaca itu bahasa inggris lagi 😀 . . namun pada dasarnya gini. Nakamoto sebagai wakil HRC mau mengklarifikasi bahwa sebenarnya ia keberatan bahwa Honda terlihat dimata publik saat ini bagaikan penyebab winglet itu di haramkan untuk MotoGP 2017. Nakamoto di cerita manuel pecino bawah menceritakan bahwa sebenarnya sebelum winglet di putuskan untuk dilarang, MSMA sudah mengusahakan cara agar winglet tidak di larang

      Usaha MSMA untuk mencari jalan keluar adalah dengan membuat semacam riset kepada semua pabrikan pabrikan mengenai ukuran, dimensi, bahan dan bentuk winglet apa yang tetap menghasilkan fungsi aerodinamika yang diinginkan namun lebih aman. namun Dalam cerita nya Nakamoto-san mengatakan bahwa dalam perjalannnya Ducati Hanya bilang tidak tidak dan tidak. dan mengatakan bahwa winglet haruslah seuai dengan kemauan Ducati Dan akhirnnya usaha jalan tengah in tidak memenuhi konsesus alias dead end . . . sehingga akhirnnya bukan musyawarah lagi yang diperoleh namun langsung Voting sampai akhirnnya diperoleh keputusan akhir Winglet dan winglet like Fairing di larang mu

  9. Maaf mas taufik, terkadang ira sunting lg bhsnya,
    Tanpa mengurangi inti yg d maksud..pd komunitas temen fb ira..Utk ank2 pemula yg br tau ttg motogp..maklum soal yg kyk2 gini mrk krg NGEH !! ?
    tq met sore ?

  10. yailaaah kok padqa kesusahan sih….udah jelas2 kaya gtu…gw sih nangkep yah…maksudnya dalam inti tulisan ini…cmn bahasa kalo gak pas yah tinggal ente2 aja merubah dalam hati ente…

    jangan males lah!….disuapin molo…dipake tu pemberian tuhan…

  11. Satu kalimat saja komentar ira mas taufik ttg hal ini ;
    Apa perlu uang dan pengaruh yg berbicara ?? #hrc.
    ???

  12. Owh gitu toh behind the screen pelarangan winglet……karena ducati pengen winglet seperti yang mereka mau tanpa ada kompromi dengan ide ide dari team lain tentang winglet biar jadi aturan resmi…..

    Hmmmm…..modaro koe dukacrot

    • Tulisan Manuel Pecino di bawah akan menjelaskan runutan peristiwanya, mungkin agak sulit dicerna . .. tmcblog aja baca 2 kali baru ngerti, dan yang dibaca itu bahasa inggris lagi 😀 . . namun pada dasarnya gini. Nakamoto sebagai wakil HRC mau mengklarifikasi bahwa sebenarnya ia keberatan bahwa Honda terlihat dimata publik saat ini bagaikan penyebab winglet itu di haramkan untuk MotoGP 2017. Nakamoto di cerita manuel pecino bawah menceritakan bahwa sebenarnya sebelum winglet di putuskan untuk dilarang, MSMA sudah mengusahakan cara agar winglet tidak di larang

      Usaha MSMA untuk mencari jalan keluar adalah dengan membuat semacam riset kepada semua pabrikan pabrikan mengenai ukuran, dimensi, bahan dan bentuk winglet apa yang tetap menghasilkan fungsi aerodinamika yang diinginkan namun lebih aman. namun Dalam cerita nya Nakamoto-san mengatakan bahwa dalam perjalannnya Ducati Hanya bilang tidak tidak dan tidak. dan mengatakan bahwa winglet haruslah seuai dengan kemauan Ducati Dan akhirnnya usaha jalan tengah in tidak memenuhi konsesus alias dead end . . . sehingga akhirnnya bukan musyawarah lagi yang diperoleh namun langsung Voting sampai akhirnnya diperoleh keputusan akhir Winglet dan winglet like Fairing di larang mu

  13. Mungkin lebih baik kalo ada english versionnya wak..
    Di sertakan juga atau dimuat di ringpiston atau motorpacu. Versi aslinya mungkin lbh mudah dicerna.
    Tp kesimpulannya sih ducati maunya yg pertama, kalo winglet distandarisasi, mungkin dia akhirnya kalah dengan honda yamaha. Dia ga mau karna riset wingletnya lebih maju dari yg lain, kalo distandarisasi, berarti akan melangkah mundur.
    Tapi di sisi lain seperti ecu, dimana ducati dibelakang, ducati meminta untuk distandarisasi biar seragam. Ecu yg dibangun bersama2 supaya ducati juga tahu apa saja yg diinput pabrikan lain.
    Maklum lah, ducati jg mau juara

    • Yang jadi masalah kalo nggak ngikut divoting di MSMA kalah juga. mungkin riset ducati lebih maju, tapi kalo Riset bareng pabrikan lain untuk mencari kesesuaian kan bisa juga malah lebih maju. Gak malah mundur.

    • Ducati riset winglet duluan.. kalo kerjasama, nurutku akan jadi kemunduran bagi ducati.
      Jadi dia mending ga usah ada winglet sekalian daripada ada pembatasan.
      Mungkin audi banyak manfaatin fasilitas aerodinamiknya audi buat riset winglet

  14. Kalo membacanya dipahami dengan baik harusnya tidak ada hujat menghujat HRC, jelas bahwa pelarangan winglet adalah keputusan semua (kec Ducati) bukan keinginan HRC doang. Entahlah kenapa yang diangkat malah HRC vs Ducati di sini.

    • Kenapa bisa HRC vs Ducati itu sdah jelas kok, cz ducati yg lebih dulu mengtakan klo pelarangan winglet dipelopori olah honda, makanya honda memberikan klarifikasinya seperti apa prosesnya kok jadi ga boleh pake winglet. Klo semisal ducati ngomongnya yamaha yg memelopori pelarangan winglet pasti jadi Yamaha vs Ducati… giti aja kok bingung

  15. Ngoahaha kasian atas ane, baca yang sudah diterjemahkan saja masih megap-megap gimana baca versi englishnya??? Kebanyakan makan tiwul sih ?

  16. jadi yg kmaren2 itu semua pabrikan pada riset winglet sendiri2 untuk bisa di aplikasikan tahun depan mengenai bentuk winglet, bahan winglet, ukuran winglet yang aman.

    tapi pihak Ducati tetep gak terima dan gak mau kerjasama akhirnya malah winglet bener2 dilarang musim depan.

    tapi pihak Ducati malah berkesan memutar balikkan fakta seakan2 pihak Honda yang paling lantang menyuarakan pelarangan winglet.

  17. Saya nangkep inti artikelnya Wak Haji juga gitu gan..
    tapi kok yah masih ada aja yang mengatakan HRC ini lah itu lah..
    😀 😀 😀
    Gak baca artikelnya atau memang anti Honda?
    entahlah.. 😀 😀 😀

    *saya bukan FBH

  18. 29. ira satryana – October 4, 2016

    Satu kalimat saja komentar ira mas taufik ttg hal ini ;
    Apa perlu uang dan pengaruh yg berbicara ?? #hrc.
    ???

    ====================

    kayanya arah artikel wak haji bukan kesitu deh bray….jangan2 situ mo nyadur dan ngedit ke arah situ….

  19. 36. Kartelisasi – October 4, 2016

    Ngoahaha kasian atas ane, baca yang sudah diterjemahkan saja masih megap-megap gimana baca versi englishnya??? Kebanyakan makan tiwul sih ?

    ===========
    sbnernya tiwul itu gak jelek2 amat bray….enak dan pasti ada gizinya….mungkin yah…mungkin kebnyakan nonton sinetron kali….hehehe, jadi males baca

  20. busyet wak haji sampe jawab komentar satu2….bisa jadi artikel lagi……

    ati2 yang gagal paham….

    mo yang simple baca komen rick throne

  21. intinya ducati keras kepala maunya pake winglet yang ducati mau….padahal semua pabrikan mau pake winglet tapi dengan spesifikasi dan ukuran yang dimusyawarahkan oleh semua pabrikan agar tetap aman dipake….daripada repot2 karna ducati kekeh dengan pendapatnya sendiri mungkin lebih baik winglet tidak di ijinkan dipake sama sekali….mungkin begitu ya wak?…hehe..maap kalo sotoy

  22. Sudah kuduga, mekanik ducati kalah cedas soal bangun mesin balap…mreka merasa tertinggal dari pabrikan jepang…daru suzuki pun mreka merasa makin tertekan…itulah pebedaan filosofi motor jepang dan ngeropah…motor jepang dibangun pake teknologi baru unsur seni…ngeropah bikin motor seni dulu baru teknologi…
    Dan WTF aturan macam apa seluruh winglet harus ikut gaya ducati? Fak

  23. Yg ane tangkep wak.. Seluruh pavrikan disuruh riset tapi ducati ngotot.. Istilah kata mah “klo winglet yaa harus kaya punya gue ngapain riset2 lagi, ikutin cara gue” nah ini yg ga disetujui team yg laen krn punya potensi bahaya.

    Nakamoto bijak juga.. Ga perlu nunggu celaka klo emg ragu dan ga 100% aman mending kaga usah pake winglet..

    Bener ga sii wak??

  24. hmm moto gp ajang kebolehan suatu pabrikan pengembangan menurut pabrikan jepang mank ada yah produk massal pake winglet panjang lebar gitu??coba seandainya aturan kapasitas tangki pengembangan ecu dll menurut nakamoto, w yakin ducati jadi ampas tuh…ducati pake winglet emang karakternya z mw standing trz tuh motor kenapa ga ngembangin sasis fairing z?kurang canggih gt?intinya nakamoto dkk meminta agar winglet itu aman dari bahan ukuran dll tetapi pihak ducati tidak mw karna sudah nyaman sm yg winglet skrg…”mungkin sih mwnya winglet pesawat hehe joke”

  25. saya lebih prefer disertakan link atau bentuk artikel asli, jadi kalau ada perbedaan makna dan penekanan jadi ketahuan maksudnya.
    masukan aja wak, terus terang hasil translasi ini kurang mudah dimengerti wak. hatur nuhun.

  26. Seberapa baiknya winglet ducati gp 16 tetap saja baru bisa mencapai podium tertinggi motogp era 1000cc satu kali. Jadi saya rasa tak perlu di bahas tetang winglet sudah jelas jika dengan menggunakan winglet motor menjadi kaku saat straight dan memasuki tikungan ada kemungkinan motor melebar. terlalu besar tekanan di roda depan sehingga motor kurang fleksibel namun bisa di akali dengan mengembangkan setingan elektronik. Namun keputusan akhir saya (berdasarkan masukan fans motogp) penggunaan winglet jelas berbahaya bagi pembalap karena bisa merusak dan mengoyak wearpack dan berpengaruh terhadap keselamatan pembalap seperti tabrakan keras dari belakang hingga mengenai samping badan pembalap. Ini jelas sangat berbahaya jangan hanya memikirkan faktor kecepatan saja namun juga harus mengutamakan faktor keselamatan pengendara saya kira begitu. Jadi tidak usah di perdebatkan lagi cukup sudah.

  27. Kali ini saya angkat jempol dan mau komen di warung Om Topik,..
    keren tulisannya.. sampe sales2 Jepang ikut terbawa arus komen dengan konteks tulisan om Topik…
    Mantap Om,….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP