Wednesday, 27 November 2024

Yamaha YMJET-FI . . . Apaan sih ini? [with Video]

Bro sekalian, dari Judul sudah jelas banget bahwa Dalam Acara Workshop Injeksi Warung Yamaha Kemarin bahwa Yamaha sudah memulai Kampanye pengenalam Product Knowledge tentang Sistem Injeksi Yamaha Yang bernama YMJET-Fi. Sistem Injeksi ini cukup berbeda dengan Sistem Injeksi yang di benamkan di Yamaha V-Ixion. Apa Aja Bedanya Bro . . . Okeh kita mulai bersama ya . . .

🙄 Ada dua jalur aliran Udara

Karakteristik Pertama adalah Sistem ini punya dua Jalur air intake (jalur udara) Bro bisa lihat di Gambar atas bahwa Udara Yang akan digunakan untuk pembakaran memiliki dua passage atau dua Jalur Yakni . . . Main Intake Passage dan Air Assist Pasage. Lho pake dua dua segala . . . emang apa sih Fungsinya bro? jadi gini Air Assist passage digunakan saat motor berada dalam keadaan Iddle atau rpm rendah atau saat Pelintiran Gas ditutup.Tujuannya apa? Biar pembakaran saat Iddle nggak terlalu hambur hambur alias boros . . . So Misinya adalah . . . EFESIENSI BAHAN BAKAR !!

🙄 di Intake manifold ada dua Klep

Lha Koq Motor tau aje sat mesin Iddle? Nah kalo itu tugasnya sensor dah . .. Yang pasti Saat Iddle atau rpm rendah udara masuk ke ruang bakar nggak liwat main passage tapi jalur lain yang lebih kecil. Lha gimana caranya udara nggak masuk ke Main passage . . . Nah ini adalah penjelasan dari Karakteristik ke dua yakni Sistem ini memiliki dua klep Throttle yakni Upstream dan Downstream Throttle Valve . . . nggak mudeng juga? silahkan simak Video berikut ini 😀

[youtube=http://www.youtube.com/watch?feature=player_detailpage&v=TLfjpUA2ZJU]

Saat rpm rendah, Klep DownStream nutup, Klep Upstream tetep kebuka sehingga udara masuk Via Air Assist Pasage. Nah baru deh saat gas dibetot, udara masuk Via Main Air Intake Passage karena Klep downstream kebuka . . . Wah  . . . sistem tahu kapan saat betot gas menghasilkan performa tinggi dan sistem tau kapan kudu harus hemat bahan bakar . . . smart !!

🙄 beda hasil semprotan antara Injeksi biasa dan YMJET-FI

tunggu dulu belom selesai . . . di sistem yamaha M-Jet Fi ini sistem dan pola penyemprotan bahan bakar oleh Injector pun berbeda dengan V-Ixion ataupun sistem Injeksi konvensional lainnya . . . Jika sistem Injeksi Konvensional semprotan bbm dari Injector serupa dengan rintik rintik hujan . . . namuan di sistem Yamaha Jet Fi . . . hasil semprotannya lebih seperti asap dengan tingkat atomisasi lebih kecil. Bentuk sebarannya tidak satu dimensi namun lebih berupa swirl atau turbulensi . . . Nah usaha men-swirl kan semprotan bbm di ruang bakar ini sebenarnya nggak terlalu asing. Di Sistem Karburator Suzuki kita pernah tau namanya Sistem TSCC atau twin swirl Combuston Chamber dan sistem serupa juga ditemukan di sistem pengabutan nya motor Bajaj yakni DTS-SI

🙄 Injector langsung mencorong menuju ke ruang bakar

Lha emang kelebihan adanya twin Swirl apaan sih? Atomisasi hasil Pengabutan Udara-BBM lebih kecil (lebih berukuran mikro) . . . sehingga pembakaran bisa lebih sempurna dan emisi lebih baik !! mantabb . ..  .  Gimana Bisa begini? Yup bisa bro lihat . ..  itu arah semprotan Injector langsung menuju ke ruang bakar, berbeda dengan beberapa sistem injeksi konvensional yang berada di saluran Intake.

Kenapa sih Yamaha butuh sistem kayak beginian . . . Pak Eko Prabowo GM Promosi Menjelaskan satu alasan Utamanya yakni . . . Yamaha Pnya DNA Mindset Performa yang Kuat, so bagaimana bisa menghasilkan suatu Motor yang bisa efesien sehingga Ramah Lingkungan secara emisi namun Secara Performa tetep Jago  . . . nahhh YMJet-FI salah satu Solusinya . . . Gak kebayang V-Ixion yang segitu iritnya kalo pake sistem Injeksi YMJET-Fi :mrgreen: dan disinyalir sistem ini akan diaplikasikan ke Produk barunya yamaha . . . hmmm Mio J kayaknya ya? xixixixixi * kabooor

silahkan dikomentari dan semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

228 COMMENTS

  1. @10. hi hi hi
    yang pasti yamaha meng klaim sudah siap dengan 3 jenis perawatan terhadap mesin Injeksi mas bro . . .kita bahas berikutnya ya 😀

  2. yeah pas.. upgrade vixion 2012. New V-Ixion (bukan facelift lagi) tapi memakai ymjet-fi (tenaga meningkat sedikit, namun lebih irit lagi) dan aplikasi rear disk brake.. mantap deh hasilnya

    ups jgn lupa bannya jgn cungkring2 :p

  3. klo diliat2 sistem idlenya mah sama aja dgn vixion sekarang, saat valve nutup udara masuk keatas TB lewatin screw langsam itu, makanya bisa distel lagsam dari udara yg masuk kesana..

    bedanya mungkin di saat RPM ” mungkin ” 6000 kebawah valve downstreemnya belum kebuka , setelah 6000 rpm keatas baru ke buka, mirip super kips di ninja kyknya..:D

    sistem pengkabutannya bagus, mirip gas, cuman resiko nya tinggi tuch, secara lubang2 injectornya pasti tambah halus, dari sekarang, riskan untuk tersumbat, palagi ini motor2 premium apa nggak gampang mampet tuch injectornya..?

    posisinya yg langsung ke mesin itu bagus, lebih efisient

    ada fitur auto corection gas buang nggak kang haji..? atau sensor O2 nya..?

    TQ

    • sensor o2ny ada om…
      kalo masalah injector tu masalah gampang om,skrgkn dbengkel resmi udah ada injector cleaner,jd tiap 15.000 km rajinlah cuci injector dan throttle bodynya….oke bro

  4. WOW YMJET-FI…
    yah semoga aja harga nya mio-J yg akan brojol nanti gak nggilani harga nya…soal fitur dan bentuk dh dapat tinggal nuggu harga nya aja nih nanti, klo harga nya bagus siap utk meminang klo gak bagus harganya buang jauh2 hasrat utk meminang…

  5. sip,, makin canggih aja teknologinya,, yg jadi pertanyaan adalah selalu tak lain tak bukan.. msh rela minum premium,, ato kudu harus pertamax,, atau bisa kedua2nya?? Yang pasti semakin kecil ukuran partikel bensinnya makin bagus dan efisien pembakarannya.. #sokngertifisika :mrgreen:

  6. artikel yg sangat2 informatif,,,,,biar ga gagap ma injeksi,,

    ==============================================

    Betul, Artikelnya nambah Pengetahuan tentang Injeksi..

    • PGM FI udah generasi ke 4 lagi…
      Sensor o2,sensor gas buang di knalpot,sensor kevakuman intake manipol,,sensor temperatur mesin….
      Denger2 mau kluar generasi ke 5,
      sensor “knocking” untuk memperkaya “subsidi”bahan bakar kalo ada pembakaran dini(kaya mobil)
      Kalo ini dipertanyakan,ruang bakar kecil gitrhu sensornya gimana?
      APa kuad nahan tekanan pembakaran?
      🙂
      CMIIW-AKu hanya manusia biasa yang bisa melakukukan kesalahan dan belajar untuk menjadi lebih baik

  7. Teknologi Yamaha mantap2, bikin fairing tahan oblak, bikin tangki tahan bocor, bikin rantai anti brisik, sekarang bikin injeksi canggih super irit tenaga joss, beginilah seharusnya yg musti dibrojolin bukan hanya gonta ganti baju, siap2 ada pabrikan latah siap ngekor hehehehe

  8. YMJet-F salah satu solusinya. Motor ramah lingkungan memang kita tunggu karena kendaraan bermotor adalah salah satu penyumbang terbesar terhadap polusi udara . Bila tidak di tekan maka akan semakin berbahaya lingkungan kita. Dengan YMJet-F mungkin sanagat tepat untuk di pakai.

  9. ======================================================
    quote :
    Gimana Bisa begini? Yup bisa bro lihat . .. itu arah semprotan Injector langsung menuju ke ruang bakar, berbeda dengan beberapa sistem injeksi konvensional yang berada di saluran Intake.
    ======================================================

    Yakin udah direct injection pak Haji taufik ?????????????????????
    Kejauhan kalee buat diaplikasi di motor…

  10. ================================================
    quote :
    Gimana Bisa begini? Yup bisa bro lihat . .. itu arah semprotan Injector langsung menuju ke ruang bakar, berbeda dengan beberapa sistem injeksi konvensional yang berada di saluran Intake.
    =====================================================

    yakin udah direct injection pak haji taufik ???????????
    kejauhan kaleee lompatan teknologinya buat motor..

  11. ======================================================
    quote :
    Gimana Bisa begini? Yup bisa bro lihat . .. itu arah semprotan Injector langsung menuju ke ruang bakar, berbeda dengan beberapa sistem injeksi konvensional yang berada di saluran Intake.
    ======================================================

    yakin udah direct injection nih pak haji taufik ????????????
    kejauhan kaleee teknologinya buat motor

  12. 1.sistem idlenya sama kyk vixion skrang, cuman saluran udaranya didalam TB ngak terpisah gitu

    2. perbedaan skrang klo RPM tinggi mungkin 7000rpm baru kebuka downstream valvenya, jadi mungkin mirip2 super kips ninja kali yach..:D

    3. kelebihan pengkabutannya lebih sempurna seperti gas, jadi mudah di bakar.

    4. pengkabutan yg bentuk swir, memberkan efect lebih ke power dan torsi..

    5. kekurangannya, injector lubangnya sangat halus, apa ini ngak masalah untuk motor yg nenggak premium, secara ini motor buat level2 bawah..apa ngak cepet mampet tuh injectornya..?

    6. penempatan injector lebih dekat ke mesin, lebih efisien.

    7. apa kah ada auto koreksi ecu, seperti menaruh sensor o2..?sehngga klo kelebihan dan kekurangan dibaca sensor dan langsung di umpan kan ke ECU untk di stel ulang secara otomatis

    TQ

  13. wahhh,, mau dong punya motor ky gini injeksi nya..
    btw sistem injeksi cbr 150 gmn tuh mas?
    secanggih vixion? ato lebih canggih ato kurang?
    gmn dengan produk2 honda lain nya?
    hehe,, kudu bersaing neh antara 2 pabrikan,,
    biar konsumen di untungkan.. 😀
    yg lebih penting lagi ramah lingkungan..

  14. @virus emang belum
    tapi cbr 250R, cbr 150R, dan supra x pgmfi udah injeksi stage 3 cloose loop, sdng yamaha masih open loop. So ? Canggih mana ?

  15. waahhhh lebih hebat yah, pertama buat new mio series (Mio, XEON, dan SOUL) dan kedua buat new vixion dan Next Scorpio (moga2 aja R15 V2 versi injection terbaru yg brojol) buat indonesia….

  16. Yang paling penting adalah kapan akan diluncurkannya? Dan bukti bahwa teknologi baru yamaha emang benar2 irit n ramah lingkungan.

  17. bro taufik kalo pakeknya injeksi langsung berarti kan ga perlu intake lg ya?
    trrus berarti apa mungkin ga perlu klep masuk lagi,,hanya ada klep buang ? sori klo prtanyaan ane ga bebobot 😀

  18. Semoga ke depan juga bisa bikin rangka yg tahan KARAT, mono shock tahan AMBLESSS komstir tahan OBLAK,dan segitiga tahan PATAH!! performa oke kalo kurang safety ya kelau aje..
    Berlaku juga untuk pabrikan lain terutama si tangki ngowosss…

  19. Teknologi Yamaha mantap2, bikin fairing tahan oblak, bikin tangki tahan bocor, bikin rantai anti brisik, sekarang bikin injeksi canggih super irit tenaga joss, beginilah seharusnya yg musti dibrojolin bukan hanya gonta ganti baju, siap2 ada pabrikan latah siap ngekor hehehehe
    ———————————————————————————————
    Juga bikin starter yang anti bletak mestinya.

  20. open loop dan close loop itu tergantung penggunaan juga sich, klo untuk race atau balapan malah bagus yg open loop, karena bisa settingan basah, untuk bisa teriak di RPM tinggi, malah banyak CBR2 untuk race sensor o2 nya di copot untuk bisa disetting basah, soale klo race disetting kering, bakal jebol tuch mesin..:D

    klo close loop lebih bagus utnuk harian, tanpa oprek, lebih hemat, dan irit karena sensor o2 dengan sendiri menseting kecrotan bensin klo dideteksi basah atau terlalu kering..

    CMIIW

  21. si dendy nge BC mulu komennya.. disinyalir kehadiran YMJET─FI membuat mas dendeng jadi galau.. takut jualannya nggak memenuhi target..
    rajin bagi2 brosur kreditan montor ke orang lewat yah, pasti target nyalesnya terpenuhi

  22. PGM-FI supra helm in / spacy lebih hemat hingga 17%

    YMJET-FI yamaha lebih irit 30% lebih,

    apa betul seperti itu? ayo ayo ditest, menunggu mio injeksi, test spacy dulu

  23. Waah semakin bertambah nih pabrikan yang menggunakan teknologi Injeksi..
    Semoga aja di Tahun 2012, semua motor sudah memenuhi standar aturan pemerintah yang baru terkait emisi…

  24. Ane demen yg kaya gini.. pabrikan sudah mulai bersaing untuk menjadi yg terefisien dan ramah lingkungan… bukan bersaing untuk jd plg gesit, paling powerfull, paling ngebut dll… udah gak jaman…

  25. pabrikan waras memikirkan lingkungan, bukan kaya kawasaki yang masih aja jualan motor 2 tak yang berisik dan polutan itu…cuma mentingin untung doang…..

  26. Betewe… Sistem injeksi baru ini masih toleransi ga ma BB yg beroktan rendah (ron 88).. Hal sperti ini harus jd bahan pertimbangan jg karena segment ini akan menyusur mid end jd harus bs diterima oleh masyarakat..
    Transisi dari karbu ke injeksi harusnya bs mengoptimalkan kinerja mesin, lebih irit, namun dgn pemakaian jenis bbm yg sama.. Itu baru bs diterima masyarakät..

  27. Tapi saluut bwt Yamaha atas Inovasi tiada henti… Eeh “Inovasi tiada henti” kayak jargon tetangga yach..!?!? Kemana ya sekarang yg punyanya.. Nyaris tak terdengar..

  28. penggemar ninja
    pada Desember
    23, 2011 pukul 2:24
    pm berkata:
    open loop dan close loop itu
    tergantung penggunaan juga
    sich, klo untuk race atau balapan
    malah bagus yg open loop,
    karena bisa settingan basah,
    untuk bisa teriak di RPM tinggi,
    malah banyak CBR2 untuk race
    sensor o2 nya di copot untuk
    bisa disetting basah, soale klo
    race disetting kering, bakal jebol
    tuch mesin..:D

    ========================

    justru untuk race close loop jadi pilihan. Emang ribet banyak sensor tapi hasilnya lbh prestisi. Gak perlu ah pake copot sensor O2. Setahu gue sih kalau ngatur Afr bensin ya pake piggy back atau juice box gitu. Lagipula O2 fungsinya cuma mengatur jumlah udara sama kadar oksigen agar pas sesuai campuran bensin. Memang gak terlalu maksimal tapi bisa di tipu pake piggy back.

  29. Lagipula kalau lo bilang open loop pas buat harian, cek motogp, moge dll Injeksinya rata2 close loop. Wong modif mobil juga lbh enak close loop kok. Lihat aja open loop Vixion punya bro Vr 46 yg udah bore up, cam racing, porting plus2 cuma naik 3 hp dari Std yg 14 hp. Tapi CBR 250R yg di modif bro tommy dari ngayun modal knalpot, piggyback, perkopling dan koil racing tembus 5 hp

  30. akhirnya terbukti 😀 ..bener2 hebat strategy ahm bisa mengendalikan lawan menjadi bala tentaranya …wkwkwk…good job yamaha…thank you , kita tinggal panen ….master of strategic Astra lu lawan , biar kata pemain asing jepang lu lebih banyak ngak bakal ngefek. :mrgreen:

  31. buat pemerintah.. jangan cuma nekan produsen motor utk berlomba lomba terapin injeksi di motor..
    tapi perhatikan dong distribusi BBM semacam pertamax di daerah2..
    yah paling tidak di tiap2 ibukota provinsi ada laah..
    masa di ambon sampai skrg blm ada pertamax..
    pengguna vixi dan motor berkompresi tinggi disini, harus terpaksa minum premium..
    tolong diperhatikan..

  32. YMJET-FI ini kebal ga sama BBM kismin aka premium?

    ingat spyshoot mio injeksi dipake mbak mbak belanja dipasar buah pake sendal jepit?? disinyalir tu produk memang sedang diuji sesuai kondisi riil dilapangan, utk kedepannya, tau dah hahahahaha

  33. Bener bener artikel pencerdasan otomotif
    Komen para pengunjung nya ikut cerdas cerdas
    Kecuali komen-komen yg berbau marketing

  34. DUNIA MENCATAT YG BIKIN MOTOR INJEKSI PERTAMA DI INDONESIA ADALAH HONDA.
    YG NGAKUNYA SEMAKIN DI DEPAN CUMA BISANYA IKUT2AN DOANK 😆

  35. @ancok, sama ya kayak sampeyan kalo lg ada artikel tentang honda juga cuma jadi ajang bc sampeyan di artikel tsb.. setuju? :mrgreen:

  36. Yah lu cok2… Injeksi yamaha itu masih step dasar cok. Belum canggih. Memang close loop itu di buat modif lbh prestisi kok. Gak cuma cbr 250R, cbr 150R injeksi naik 1,5 hp dan belum piggy back. Kalau dah piggyback gimana ?

  37. @Dendy
    close loop itu ngejar Euro 3.. karena gas buang dicek takutnya telalu basah sehingga tidak ramah lingkungan.. jadi auto tune 😀

  38. Yah lu cok2… Injeksi yamaha itu
    masih step 2 cok. Belum
    canggih. Memang close loop itu
    di buat modif lbh prestisi kok.
    Gak cuma cbr 250R, cbr 150R
    injeksi naik 1,5 hp dan belum
    piggy back. Kalau dah piggyback
    gimana ?

  39. @ Dradjat_Djati
    DUNIA MENCATAT YG BIKIN MOTOR INJEKSI PERTAMA DI INDONESIA ADALAH HONDA.
    YG NGAKUNYA SEMAKIN DI DEPAN CUMA BISANYA IKUT2AN DOANK
    —————————————————————————————
    sekalian gak klaim… montor yang pertama kali menggunakan spion adalah honda, motor yang pertama kali pakai rem adalah honda… motor yang pertama kali pakai speedo meter adalah honda…
    emang menurut lho penemu injeksi honda???

  40. 111. Osebst – Desember 23, 2011

    akhirnya terbukti 😀 ..bener2 hebat strategy ahm bisa mengendalikan lawan menjadi bala tentaranya …wkwkwk…good job yamaha…thank you , kita tinggal panen ….master of strategic Astra lu lawan , biar kata pemain asing jepang lu lebih banyak ngak bakal ngefek.
    =========================
    Komentar paling cerdas dari semua komen di atas.
    AHM mengedukasi kalau Indonesia perlu langit biru yang slah satunya dengan pemakaian motor injeksi, Yamaha mengedukasi bagaimana teknologinya, sementara AHM sudah jualan duluan. Bisa seperti kasusnya siaran moto GP, yamaha yang bayar, honda yang ngiklan.

  41. @Dradjat_Djati

    DUNIA
    MENCATAT YG
    BIKIN MOTOR
    INJEKSI
    PERTAMA DI
    INDONESIA
    ADALAH HONDA.
    YG NGAKUNYA
    SEMAKIN DI
    DEPAN CUMA
    BISANYA
    IKUT2AN DOANK,,
    =====================

    nggak sekalian klaim.. honda yang pertama kali pakai spion. honda motor perrama yang pake Rem. honda montor pertama yang pake knalpot. honda montor pertama yang pake busi..
    cuma orang yang berkepentingan aja yang rela bela mati matian ATPM.. haha,

  42. 122. kucrut_bike’s – Desember 23, 2011

    @ancok, sama ya kayak sampeyan kalo lg ada artikel tentang honda juga cuma jadi ajang bc sampeyan di artikel tsb.. setuju?
    ================
    Setuju banget.

  43. Dengan keakuratan pada sistem-FI yang akan di pakai untuk mopet skutik baru, Apakah tipe lama yang diaplikasikan di motor vixion tetap dipakai………?

  44. ga cm teknologi mas3, tp marketing systemny jg kudu mangtab..
    liat ksus ‘sepanci’ VZ ‘skiderp’
    bgasi sma2 bisa msuk helm tp knp sepanci bsa lbih mongcer?
    the answer is ”marketing system”

  45. Yamaha berusaha membangun image kenceng sekaligus irit, mungkinkah? Selama ini si meong kalau diajak irit bawaannya jadi nembak-nembak. Kalau dstel kenceng juga gak kenceng-kenceng amat.

  46. Pak Haji ikut nimbrung nih.
    Pada gambar pertama alinea terakhir tertulis “SISTEM TERBARU INI TELAH DIAPLIKASIKAN PADA MOTOR YAMAHA SEJAK 2009”
    Berarti teknologi YM Jet-FI “terbaru” ini sudah lama donk Ada di Ymha.
    Terus motor Ymha apa aja yang sudah pakai sistem terbaru ini di Indonesia?
    Ane pengen tahu Pak Haji, gak bermaksud BC atau ngompor lpg 50kg :mrgreen

  47. 134. nhd – Desember 23, 2011

    111. Osebst – Desember 23, 2011

    akhirnya terbukti  ..bener2 hebat strategy ahm bisa mengendalikan lawan menjadi bala tentaranya …wkwkwk…good job yamaha…thank you , kita tinggal panen ….master of strategic Astra lu lawan , biar kata pemain asing jepang lu lebih banyak ngak bakal ngefek.
    =========================
    Komentar paling cerdas dari semua komen di atas.
    AHM mengedukasi kalau Indonesia perlu langit biru yang slah satunya dengan pemakaian motor injeksi, Yamaha mengedukasi bagaimana teknologinya, sementara AHM sudah jualan duluan. Bisa seperti kasusnya siaran moto GP, yamaha yang bayar, honda yang ngiklan.
    ===

    Kekeke….betul, hendi untung astri untung. Astri untung saya untung. Saya untung kalian semakin sakit hati…

    Emang ‘hebat dan dahsyat’ grand extra super plus hyper strategy of super most influential notorious in recalling and insurrance’s claiming of its product amongst japan manufacture that is known as HENDI…kekeke..

    Itu la kenapa fanboinya rela antri menyembah dan koar2nya kosong dan tidak sanggup menerima kemajuan para atpm lain…

  48. @153. P135LS
    yup . . dari 2009 . . tapi bukan yamaha indonesia . . .melainkan di vietnam
    kalo nggak salah di varian Jog Ciao . . . yang berkembang jadi Fiore, cmiiw

    kalo di indonesia . . . belum ada yang pakai sejauh ini . .. baru mungkin di awal 2012 nanti Via motor yang disinyalir bernama Mio J, cmiiw

    uppps kelepasan xixixiixxi
    *kabooor

  49. ah… syukuri aja kedua pabrikan dah nerapin teknologi injeksi dan mulai meninggalkan carbu, bukan bahas mana yang duluan masarin tuh produk injeksi, apalagi sampai gontok2x an… kayak anak kecil aja.. persaingan kedua pabrikan besar tersebut malah bagus untuk keuntungan konsumen..semoga semakin banyak produk2x berkwalitas dijual disini. salam adem ayem..

  50. Walau memiliki Main Intake Passage dan Air Assist Pasagealias dua jalur…
    Namun belum juga akan mengalahkan iritnya Honda lho…
    Klo ada yang bisa mengalahkan FI honda. baru hebat..

  51. Pengkabutan segede ukuran atom, makin irit, bakal makin extra hot aja nanti mesin2 mtr yamaha , bisa buat sauna selangkangan. Disinyalir radiatornya bakal makin gede2 ni. Moga2 bener performa nya ga turun, walau bensin dibikin irit gitu. Satu lagi moga2 bensin di spbu ga campur lumpur yg bikin mampet injeksi.

  52. Apa beda Honda dengan Yamaha. Honda itu pintar, cerdik dan banyak modalnya.Kalo Yamaha, jenius, cermat Cuma saying modalnya gak sebanyak Honda. Beda ceritanya kalo modalnya sama-sama besar atau sebanding. Bisa Yamaha di atas Honda.

  53. ya memang belum tapi kan bukan berarti gak akan kan ? Lagipula pusaran begini sama pgm fi ala honda masih canggihan honda. Sorry ye pgmfi stage 3 udah hampir selevel moge.

  54. bro @AHM=asli honda mahal:, ente janganlah ngomong kasar bgitu, menghina orang “goblok yg fanatik brand”…

    ente sendri sentimen negatif sama brand(AHM), jd klo, ad org yg memuji AHM ente tentu langsung panas & g suka….

    qta disini saling berpendapat tentng permotoran bro.. bkan menghina org.. emang ente dibayar brp sma yamaha, ampe menghujat2 orng..??

  55. ya paling gak, moge kan udah close loop ini juga close loop, sensor2nya pun lbh banyak lbh canggih. Sedangkan ini sama kan ? Ya moge level 5 ahm level 3. Tapi Ym jet fi level 2. Gitu lo..

  56. ya Coba aja di penjelasanya ada Sensor O2 gak ? Di penjelasan kayanya masih sistem Injeksi lama dgn modifikasi saluran udara masuk.

  57. lah top speed ?
    mio 88 km/jam.
    Spacy 96 km/jam ( klaim Ahm ) any question ?
    Dan itu spacy karbu, gmn Injeksi ? Any question ?

  58. katanya yg step 3 lebih canggih tp kok yg di spacy bayak fitur dan sensor yg dikurangi , berarti step stepan ala honda bukan berarti peningkatan teknologi dong ya cuman untuk membedakan part lama sama yg baru aja dan yg namanya step stepan itu hanya supaya terkesan canggih aja … sy lupa tuh spacy step berapa 3 atw 4

    tapi biarpun gimana sebutannya kan yg penting sama2 injeksi , sama2 canggih , sama2 irit dan gak perlu terlalu repot

  59. ah itu si ahm operpreet mau sharing apa mancing? santai lah komen nya. mau yamaha atau honda juga kita masih BUDAKnya jepang hahahaaa

  60. klo dimobil injeksi terdahulu, ada yg namanya IACV/ idle air control valve, intinya mengatur aliran udara yg masuk ke engine saat kondisi idle/ gas fully closed. klo mesin mobil skrg yg udah pake throttle motor, semua murni dari gerakan throttle motor. mo idle, akselerasi, deselerasi, beban bertambah, semua udara lewatnya throttle valve (berapa derajat membuka tergantung injakan pedal gas)
    semua teknologi pd mobil akan (sudah) tertanam di motor (pada saatnya)

  61. seharusnya yg seperti ini yg wjib dbca n dpljari oleh para marketing Y,jdi bkn cma bisa mnjual product aj,tapi jg bner2 mnguasai product dgn sgt baik agar pda saat mnjelaskn product kpd knsmen gk skdar ecek ecek dn knsmen pun bsa bner2 mngrti n fham dgn ap yg djlaskn oleh marketing ttg YMJET FI

  62. brooo,, kalau injeksi mio yg bensinnya pernah tercampur sama air, biasanya sumber masalah utamanya pa yh…..???

    thanks

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP