Bro sekalian, Adakah yang bertanya tentang kenapa Motor Motor Yamaha M1 yang dipakai Forward Racing dan Honda RC213V RS yang dipakai LCR Honda atau Drive M7 aspar tidak menggunakan Seamles gearbox ? Mungkin banyak yang sedikit mencibir, mungkin agar motor motor ini nggak bisa mengejar Motor motor berspek Pabrikan? hmm apa bisa gitu ?
Jawabah akan hal ini baru saja tmcblog peroleh dari Speedweek sob . . . Diartikel yang sebenarnya menjelaskan persiapan Yamaha factory mensuplai Duo Rossi Lorenzo dengan Full SSG tersebut disebutkan bahwa alasan Honda dan Yamaha Open tidak menggunakan SSG adalah karena elektronik Buatan magneti Marelli yang mereka gunakan tidak memiliki algoritma yang bisa mendeteksi kerja Seamless Gearbox . . . weh
Yang jadi pertanyaan adapak, apakah Elektonik yang digunakan oleh Motor motor Open sekaranga dalah elektronik yang akan digunakan oleh semua Motor di musim 2016 mendatang dimana semua team dan rider akan mengunakan spek ban, elektronik, dan ecu yang sama . .. kalo iya sih .. . artinnya tahun depan nggak ada yang pakai SSG lagi hehhe yaaa . . . kayak kemunduran, namun sebenarnya ya malah adil kali yah, sama rata . . . tinggal motor mana dan rider mana yang lebih trampil nih . . . silahkan share komentar mu atas artikel ringan ini sob . . . semoga Berguna
Taufik of BuitenZorg
Mantappp
Mungkin pke algoritma ssg ducati imho
Pertamax
Masih sepi
Juooozzzz
yes, pertamaxxx tengah malam 😀
percuma donk Honda & Yamaha ngembangin SSG kang? biaya miliaran ngga dipake ujung2nya….
enggak percuma juga … nantinya kan bisa dipasang di motor2 produksi masal … jadi nilai investasinya sebagian bisa kembali lagi … hanya saja waktunya yg blm bisa kita prediksi …
iya bener.. percuma.. mw di aplikasikan ke motor massal jg gag guna..
quick shifter performance part lebih dr cukup..
mungkin versi bawaan pabrikan lebih memiliki nilai jual..
kyk di RSV4 dan BMW S1000RR
Kasihan yamha insinyurnya sampe botak bertahun2 cuma buat njiplak ssg Honda ,udah gitu hasilnya masih separo2 lg. Di sini keliatan lebih supior honda dlm riset teknology.
Disini duit yg bicara, honda yg main di semua kelas moto gp,wsbk,super sport dll sangat kompetitif disemua segmen.
Bandingkan yamaha yg hanya fokus di moto gp dan dibantu rider juara vr46 +lorenso ttp gak bisa menyamai level honda. Sebenarnya yamaha gak lebih dari suzuki dan kawasaki kalo tdk dibantu pembalap top.Bagaimanapun honda lebih unggul
hmmm…jika tahin 2016 tanpa SSG lagi, tinggal adu skill berarti..
http: //bakulkangkungjpr1.com/2015/02/22/yamaha-belum-akan-ikut-irs-tahun-inibelum-siap/
taun depan rcv pasti klotok2 tanpa ssg…salam semakin di depan…ngohahaha
kasian banget mekanik yamaha. sdh botak bertahun2 cuma buat njiplak ssg HONDA dan yg parahnya sampe sekarang jiplakan itu gak kunjung sempurna. mana kecanggihan yamaha? jiplak aja susah, apa lagi mikir sendiri. itu juga yamaha cuma konsen di moto gp, coba yamaha kayak honda yg ikut di semua balap dunia termasuk f1. makin keliatan kan mana yg canggih dan yg cuma ngaku2
Honda maksa balap f1 ga canggih amat cung, cuma jual gengsi akhirnya sempat bangkrut team f1 Honda pujaanmu itu. Ngomongin F1 Yamaha itu pernah jadi pemasok mesin untuk tim F1 walaupun tidak juara. Lah kau bicara teknologi Honda pujaanmu, sebenarnya tak ada apa apanya Honda pujaanmu.
kata fby yamaha raja sport ????????????????????????
moto3 ngumpet ( malu dong sama mahindra )
moto2 apa lagi’
wsbk lagi2 ngumpet, R1 kebanggaannya mlempem
isleman tt hahaha pa lagi ini…
F 1 ? kepikiran aja belum.
yg benar yamaha raja balap itik tik tik
si tyson begog ga ngerti kalo moto2 adalah awalnya proyek tender ambisi Honda, begog begog kau tak tahu itu moto2 mesin Honda semua.
Lah kau bicara SSG, F1, WSBK bah huahahahaha belajar dulu sana.
isle of man tt sebagai balap JALAN RAYA paling bergengsi sebenarnya sangat membosankan karena didominasi oleh Hhonda
Lo gmna ni kang…?? padahal Yamaho baru bisa menjiplak teknologi SSG dari Honda ko malah gk bisa di pake thun depan…??? yo MuooooooooooDhar..Maho…Moo
Ternyata setelah di pelajari lagi Oleh Tyson.. Kenyataan n faktanya adalah.. tentang SSG, udah bukan rahasia umum kl Yamaho masih setengah mateng menjiplak SSG Honda…. sedangkan di FI, emang bener juga, jngan kan di F1, Yamaho aja baru bisa bikin kendaraan roda 3 aka Becak SITI, nah tentang WSBK, Ini lebih menyakitkan lagi.. Yamaho Dengan Rhoembeng 1 malah kabur aka melarikan diri Ngumpet dalam BASKOM Bantar Gebang Chicken RuNNNNNNNN….. bah huahahahaha CATAT dulu sana Broooo….
yg di atas ane lebih begok lg sok-sok memuja-muja honda padahal kacungnya ahm. honda ma ahm mah beda jauh bagai langit dan bumi jgn sok2 muja2 honda itu hebat kalau masih pakai produk kredit 2 juta umat ngahaem cung
ampe segitu nya
sales ya mas…….
josss
honda apa kabar kalo ga ada ssg
Ors
Titip pemean lek
https: //armspeed.wordpress.com/2015/02/21/matic-double-disckenapa-enggak/
Ada kemungkinan gak di tahun 2016 peraturan bisa diubah lagi?, kan yg paling getol dan yg duluan pake SSG kan honda apalagi mengingat honda deket banget sama empunya motogp?
Mungkin malah yamaha bro yg mati2an ngjobi biar bisa diubah. karena yamaha dah keluarin biaya riset SG besar2an, eh malah br setahun dah gak boleh dipakai.
kasian… kasian
Kayaknya kata kata “”karena yamaha dah keluarin biaya riset SG besar2an”” itu kurang tepat men.. yang bener adalah “”karena yamaha dah keluarin biaya MENJIPLAK SG dari Honda besar2an”” nah itu baru bener men..
Tehnologi honda selangkah lebih maju…dan honda pun pasti dah riset buat tahun 2016….dgn d samakanya perangkat elektronik dsb nya.
D jamin HRC tetep dominan d race….
Setuju..
brarti ssg nya kmungkinan d templokin d motor sejuta umat.. hahaha….
brarti ssg nya kmungkinan d templokin d motor sejuta umat.. d 2016 hahaha….
buang2 dwit dong,
tinggal skill rider yang paling menentukan
Tetep dipake wak, mereka sebenarnya bisa saja minta upgrade software. Wong tinggal copypaste. Masalahnya mereka belum mau membuka tabir ecu mereka sampai juni/july nanti.
Salah satu tujuan pabrikan motor ikut ajabg moto gp adalah untuk riset teknologi2 baru pada dunia persepeda motoran. Terus kl penerapan teknologi itu dikebiri,dg alasan agar moto gp kompetitive,agar moto gp tetap diminati,agar dorna tidak bangkrut,ya usai sudah misi dr pabrikan sepeda motor ikut moto gp. Mendingan moto gp dihapus,dan para pabrikan ikut WSBK saja.
betul gan, makanya honda dulu sempet nantangin mundur dari motogp, kalo peraturan one ecu di berlakukan. Tapi ga tau buat musim 2016, soale honda kalo udah nemuin motor n rider yang pas, ya kaya mike doohan, v rossi mereka tanpa ssg, n result??,tau sendiri jawaban nya.
betul…apa bedanya sama wsbk motor massal
kalo moto gp dari dulu kan emang prototype
kalo yg lain pada ngga mammpu ngejar teknologi ya biarin H Y dan D yg bertempur
Ostosmastis dari semua komen ini kl bener benr di terapkan.. Yamaho pasti paling seneng… teorinya adalah di WSBK paling dominan adalah mengandalkan skill Pembalapnya karena motor sekelas oprek standard dari motor massal.. nah kl di motogp gk akan cukup mengandalkan Skill pembalapnya.. sudah di buktikan di Yamaho di depan publik dunia… siapa sih y meragukan Skill Dewa sang legenda motogp VAlentino Rossi…???? gk ada men.. tp ini motogp.. teknologi motor lebih dominan.. sebagus apapun Skill pembalap kl motor Lelet aka M1, memble One. ngeden model opo yo mentok segitu.. tp kl motor udah joss macem RCV wlpun Rider anak bau kencur kmren y Joki.. Yo MuooooooooooooooDhar..Moo Maho di kepret 11 vs 0
lah goblokk si bruud
kalo ga pake skil buat apaan pembalap cape2 ngebalap dr bocah smpe ke kelas motogp?
suseh emang kacung honda
kalau emang skill gk ikut andil, ayo kita taruhan potong tangan kalaupun elu pake motor marquez lu gak akan bisa mendekati average lap time balap marquez kurang dari 5 detik!!!
Kasihan mbah rossi pembalap kelas dunia dengan skill dewa Jadi Korban motor Maho M1 aka Memble oNE yang super duper Leletx… Pembalap skill dewa + motor Lelet = MuoooooooooDhar..Moo
Ta kira masih Om..
Bisa dilihat dari article Om sebelumnya mengenai regulasi. Magneti Marelli sbgai pemasok Hard ware tunggal.. Sedangkan untuk pemrograman masing2 pabrikan bisa request .. Ya mau ga mau magneti marelli harus punya masing2 engineer d tiap team kaya ohlins gitu.. Cmiiw
Komentar yg paling masuk akal
Lah ducati bukanny uda make ecu dorna y kang ? Kan doi tim open class jg
Bang, SSG ini kn sistem mekanik? trs terhubung sm elektronik ( ECU) nya dmn ya? bisa dijelaskan bang? trm ksh.
honda bakal pake teknologi F1 yg laen kayak KERS
ora mungkinlah pabrikan meninggalkan ssg, biaya yg dikeluarin buat riset ssg gak sedikit mosok gara2 ecu mau dilepasin gitu aja, harusnya ecunya yg diupgrade kyk ecu magnetti marelli punya ducati kan udah ssg juga
IMHO, ini cuma masalah software doang. Tinggal ajukan aja ke dorna untuk ikut diupload ke ECU Magnetti Marelli. Beres.
Kan yg disamakan itu unified ECU & software?
Secara fisik ECU skrg ini udah sama (CMIIW). Kemarin yg pas ada update firmware di ECU magneti kan sempat jadi polemik karena software tsb hasil racikan Ducati, yg notabene plg dekat sama Magneti. Salah 1 advantage nya ya perihal SSG ducati itu.
Pgn extrim? Ajukan opsi kayak multiOS di PC. Cuma ini lewat “easter egg/ celah” yg sengaja disisipkan sebagai “backdoor” untuk Advance Setup nantinya. Jadi pabrikan tsb bisa “ngeload/booting” dgn optimasi pada motornya sendiri. Mungkin, Dorna udah harus siapin analyst IT biar ga kebobolan 😀
Udah akan g dipakai malah riset baru selesai..wes kadung…cm dipakai tahun ini sja..
Gelaaà p
SSG nya disesuaikan dengan ecu yang baru, kira-kira bisa gak? Riset lagi, sing sugih panggah menang.
motogp sekarang terlalu banyak automaticnya. jadi mirip motor matic, mudah, bebek masih lebih sulit. harusnya pembalap bebek kita bisa ikutan juga ya 😀
pagi wak haji…di tunggu ulasannya dari sepang wak haji…
tinggal bikin new SSG yang bisa di detect ama algoritma ECU baru. selesai kan itu masalah? itu kan tugasnya engineer pabrikando motoGP.
kompetisi yg setara emg lbh baik, sperti indycar + superbike …..tdk ada gap berlebihan
======================
VIAR juga bisa gaya
https: //sketch51.wordpress.com/2015/02/21/viar-karya-slammed-chopper/
la kerja ssg ducati gimana wak?
setau ane ecu ducati juga buatan Magneti Marelli
Oh macam tu.. Elok kah?
Kurang adil ya kang 🙂
http: //salim.id/2015/02/21/salut-modifikasi-pulsar-ini-sukses-mirip-cb/
Mungkin karena terlalu muahal
Semuanya pasti sudah dipersiapkan masing2 team pabrikan ,apalagi honda-yamaha. Magneti mareli bisa diprogram sesuai keinginan team pabrikan. Gak logis kalo SSG dilepas… Klo ducati sudah pasti “Sangat SiAppppp….#:-s 😀 ” tanya knpa
Begini wak haji, utk saat ini semua motor prototype peserta kelas motogp pake ECU (hardware) buatan Magneti Marelli. Namun utk spek factory (4 RCV & 4 M1) maupun spek factory with consession (duo Desmosedici, 2 GSX RR & 2 RS-GP) masih menggunakan software buatan masing2 pabrikan. Sedangkan motor2 spek open class menggunakan hardware maupun software buatan Magneti Marelli. Itulah bedanya.
Sedangkan regulasi utk musim depan (2016) seragam di sisi elektronik, yakni hardware maupun software wajib menggunakan buatan Magneti Marelli. Namun tiap konstruktor (pabrikan) bebas me-request software utk teknis tertentu. Hanya saja, hasil pengembangan tsb juga boleh digunakan oleh semua pabrikan peserta motogp. Dengan kata lain ‘sharing software’. Tiap pabrikan diperbolehkan menggunakan teknologi unggulan masing2, termasuk seamless gearbox. Namun keunggulan teknis tsb tak lagi menonjol karena ECU & software-nya sama semua. Dengan begitu, diharapkan persaingan antar semua peserta motogp makin kompetitif. Tujuannya agar cost murah & seru ditonton.
comment of the day nih..
Lha………..
yo iki sing bener………..
silahkan wak aji di update asumsinya, diupdate dengan penelusuran lebih lanjut …., masa tahun depan nga ada ssg. Penjelasan diatas lebih masuk diakal nih.
nah, pertanyaan nya adalah, apakah hrc dan yamaha factory mau membuka rahasia tentang SSG nya…
mungkin bagi team lain dan dorna akan menguntungkan, tapi bagi team factory akan merugikan…
seperti pesulap yang memberitahu trik sulapnya…
ya belum tentu juga sih, coz alogaritma digabung mekanik teknis gak gampang, butuh riset juga dana juga gak bakalan sedikit, know how’nya itu, sebenernya ini satu paket penuh motor gak bs dilihat hanya ssg ma software aja, yg jadi masalah adalah senjatanya jadi ketahuan, mosok meh perang senjata rahasia dipublikasikan
Motogp musim depan (2016) semua motor spek factory pake seamless gearbox. Magneti Marelli berarti harus membuat algoritma baru utk ECU musim depan agar dapat mengakomodasi penggunaan seamless gearbox oleh semua pabrikan peserta motogp.
weleh.,lha piye?
Joss…. Pencerahannya om fred
Mari nonton moto gp di trans7 gratis
Joss…. Pencerahannya om fred
Mari nonton moto gp di trans7 gratis
Wak haji jangan lupa ulasannya sepang 2
Alasannya krn SSG hondha HARAM , kalau SSG yamopet msh setengah matang belum jadi !
selain harga ternyata ada faktor pendukung lain
ajib
http: //pertamax7.com/2015/02/21/logo-r15-di-knalpot-berubah-menjadi-logo-yamaha-untuk-keluaran-2015-cek-motormu/
ini pasti ulah yamaha ato ducati yg ga juara2….. cari celah…inilah teknologi yamaha yg asli…. perlu dipatentan nih….
wis OMR masing2 ra wis….. dorna nih gak mau rugi….. pemikirannya duit mulu….kayak petric di sepongbob….. korun wae wis…..
tahun depan ECU disamakan dg penambahan data dan fungsi SSG
mungkinkah tahun 2016 honda menggunakan KERS seperti yang dipakai di F1???
pernah di uji cobakan di mesin KTM GP 250 2 tak.. susah nentuin geometri massa nya.. mau ditaruh dimana tuh flywheel,,,??
Yups. Seimbang
wedan… begitu beaarnya peranan elektronik…
Vario 150:
http: //ardiantoyugo.com/2015/02/22/melihat-lebih-dekat-honda-vario-150-techno/
ducati yg pake ecu mm bukannya pake ssg? jd ngga sinkron infonya
lah ducati apa kabarnya tuh?
mantaaaappp.. lebih fair
orang orang ini sales pabrikan atau cuma orang bego ta yah kok segitunya isi tulisannya?
era 2tak tanpa ssg doohan juara 5x berturut”
era 4tak rossy 2x berturut”…
semua pake honda dan tanpa ssg…
lu baru nonton motogp ya?!?
fby pekok ingusan aja belaga sok tau lu
tar kalo honda kalah fbh merengek” balikin SSG nya dan bahas MS d
kalo yamaha ttp ga bisa jurdun fby siap” dibully
semoga balapan tanpa ssg seruuuu!!
adil n tergantung skill balape
joossss
kalu g salah bukannya regulasi buat 2016 adalah pengembangan sofware bersama (sofware yang mendukung perangkat dimasing kendaraan), jd kaga pengaruh tuh sama kinerja ssg tiap pabrikan, cuma ecunya aja buatan magneti, sedangkan sofware sudah di bundel all pabrikan didalemnya dan di lock, jd tiap pabrikan tidak bisa seenaknya melakukan update sofware dan hardware, itu menurut pemahaman saya.
kata fby….
wah,, jd jadul lg,,
tp setuju lha,,
biar ketauan skill nya yg jago sapa.. :p
pada dasarnya stiap tim balap motogp pasti sudah mengantisipasi stiap perubahan aturan balap di motogp. stiap tim memiliki divisi R&D untuk mengembangkan motor2 balap yg akan digunakan. pertanyaannya, sejauh manakah tim di divisi R&D tsb bisa mengembangkan & mengoptimalkan motor balapnya secara tepat?
pembalap/rider jg menjadi faktor penentu di sirkuit
tanpa SSG aja yamaha bisa nempel honda mulu yg notabene pemakai SSG, kalo semua tanpa SSG apa honda masih bisa di depan???