jump to navigation

Pilih ban tipe Bias atau Radial ? April 29, 2009

Posted by Taufik TMCBlog in : Tentang Motor , trackback
BT 92, pict : http://mc.bridgestone.co.jp

BT 92, pict : http://mc.bridgestone.co.jp

Udah lama saya ingin nulis tentang perbedaan kedua ban ini dan membandingkan keduanya. Ban tipe Bias adalah ban dengan plycords berbentuk diagonal yang diperkuat dengan lapisan kabel nilon sebagai penguat. Contoh ban tipe Bias Adalah Battlax BT 45 dan BT 39. Ban tipe Radial memiliki jalinan plycord yang membentang dari satu bibirban ke bibir ban seberangnya. Jalinan Plycord juga di perkuat oleh sabuk kawat logam. Contoh ban tipe Radial Adalah Battlax BT 92, BT 90 dan IRC Road Winner RX 01.

Pengujian yang dilakukan oleh pihak Bridgestone ini menggunakan ban mobil tipe S322 145/70-12 (tipe radial) dan SKHX 5,65-12 (tipe bias). Dan hasilnya adalah :

shorterbraking-img1Ban tipe bias memerlukan jarak pengereman yang lebih jauh dari pada ban tipe radial . . . sehingga ban radial lebih safety. Saat melakukan belokan menikung deformasi area kontak ban dengan jalan pada bentuk ban radial menyebabkan sudut rebah maksimal dimana motor akan slip (slip angle) dengan jalan akan semakin kecil. Sedangkan pada ban jenis Bias pada gaya sentrifugal yang sama sudut rebah lebih besar . . . atinya dengan ban radial berbelok bisa lebih akurat . . . tau ndiri kan kalo motor sport butuh rebah agar bisa menikung dengan baik dan cepat saat Race.

bettercontrol-img

fewerpunctures-imgSelain itu karena lapisan kawat logam, ban tipe radial lebih kuat menahan handicap tajam yang merintangi macam pecahan gelas, paku dan lain lain. Kalo ban tipe bias yang pakai nilon . . . bila nilonnya putus maka ban bisa benjol-benjol nggak beraturan :P Lalu steering-imgPemakaian ban radial bisa memperirit konsumsi BBM sampai 5 % pada kecepatan 80 km/jam karena koefesien gesekan saat berputar (rolling resistance) nya yang lebih kecil dibanding ban tipe bias. Area tapak dari ban tipe radial lebih luas dari pada tipe bias sehingga memperkecil kemungkinan slip dan hilangnya power sia-sia karena slip . . . dan karena lebih kuat disebabkan kawat logam ban ini lebih tahan lama . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

sumber dan gambar : http://www.bridgestone.co.in

Comments»

1. ary4_cool - April 29, 2009

Pertamaxxx

elsabarto - April 29, 2009

klo saya untuk pemakaian hari2 lebih pilih yg bias aja, irit bbm, lbh murah tentunya kualitas masih terjamin untuk minimal ban FDR, palagi battlax, ono rego ono rupo :)

madix - April 29, 2009

keduax

hohohoho….

madix - April 29, 2009

oh iya sih, kalo balaz komen dari komen pertama akhirnya jadi ketiga…
T.T

2. E.T - April 29, 2009

oh gitu yah makasih info ya mas^^ oh iya keduaxx hahaha

3. Razgriz01 - April 29, 2009

ban radial emg lbh aman tidak mudah slip karena permukaan ban yg lebar misalnya kl ad perbedaaan ketinggian permukaan aspal jd lebih tenang lewatinnya

4. madix - April 29, 2009

kelimax

5. cemen - April 29, 2009

Kalo yang pasti sih 1 buah ban Bridgestone BT 45 lebih mahal dari ban pick up carry Bridgestone SF3sekian , soale sering belanja ban jadi tahu,,,,

6. sabdho guparman - April 29, 2009

intine safety first lah. . . .

sip artikelnya , kayaknya minat yang radial neh . . . .

helm sudah dibahas, ban sudah ,motor tiap hari, sarung tangan ama sepatu belum kayaknya . . .

mas usul aja neh ya . . .

gimana kalau yang berhubungan ama safety artikelnya di kelompokan tersendiri aja mas, biar gampang kita nyarinya , kan headernya baru dikit tuh. . . .

safety first

keep brotherhood,

salam,

7. Mufti Faisal - April 29, 2009

kok gue pake radial bt 92 kadang kaya suka lari yah ban belakangnya kalo jalan licin ?

8. az147r - April 29, 2009

baru tau klo tipe radial bs menghemat bbm 5% pd kec. 80 km/jam. tp klo rem pd motor kt agak nyendat2 dikit ama jg ng ada penghematan dong,biasax rem cakram blkang agak bermasalah.

9. tongsam - April 29, 2009

mas taufik… itu pengujian di mobil atau motor…. ???

Taufik - April 29, 2009

HE HE itu ban mubil ;) kayaknya . . .blm ada data untuk ban mongtor . . . tapi kayaknya ada kemiripan dari proses pembuatannya :D

10. Penggemar Ninja - April 29, 2009

klo untuk produsen lain,beda in radial sama bias gimana bos.?

ext : swallow, FDR, etc..

sama harga mahal nya..hehehe..indonesia bgt kan..

Piss

Taufik - April 29, 2009

bro . . . jadi radial dan bias nggak bisa dilihat asal dari fisik luar/ alur gripnya . . . kalo mau ngebuktiin kudu ngebelek ban . . . lihat gimana benang2 plycords di rajut di dalam ban . . . kalo diagonal . .. berarti tipe bias . .. kalo radial (sisi ke sisi) berarti ban radial . . . biasanya pabrikan kasih tahu di spek . . . kayak BT 45 bridgestone jujur bilang itu ban tipe Bias :D

rider biasa - April 29, 2009

mas berarti beloknya jangan rebah2.. kan bannya mas taufik bias.. kaya ban saya juga. hehehe….
makanya kalo ban biasnya pengen dijual(yang nempel di ijo)
hubungi saya yah….
hehehe
siap menyambut dengan senang hati.

11. arin - April 29, 2009

ane harian pake belakang pake FDR XT, depan FDR Genzi (belum tubeless). emang betul kata mas yang diatas ono rego ono rupo. penginnya battlax tapi harga dan mongdel kembangnya kurang suka.

pake yang sekarang aja..safety nya manteb. basah kering, lurus, nikung rebah..mangtab.

12. mochily - April 29, 2009

Kesimpulannya IRC Road Winner RX 01masih lbh baik dari BT45? syiiphh deh… berarti ganti ban nanti dulu nunggu gundul baru ganti BT92… hehehe…

13. EBN - April 29, 2009

waaaw thx bro taufik , pengetahuan baru nh bwt ane.. hehe

14. lilypud - April 29, 2009

.yg pzt harga.a muahal. . .xiixii

15. Nick 69 - April 29, 2009

Mas taufik
Jd kalo beli ban, pengen tahu dalemane kudu dibelek dulu?
wkwkw
Bakule bangkrut mas :D wkwk

16. liLyPud_msh.kcil - April 29, 2009

@nick
kasi ja replikanya. . .

17. Nick 69 - April 29, 2009

@lilypud
Kalo gak ada gmn nak lily?

18. RonKar - April 30, 2009

Artikel bagus bro…info yang sangat berguna ini..kalo punya motor sport beli ban BT 92 ah… (ngiler Megelli Sachs 250)….

19. pangsit 34 - May 2, 2009

Jd intinya klo buat motor harian ,ban yg bagus pake yg mana…

BANDIT RAJA TEGA - May 2, 2009

intinya untuk harian ganti yang baru.
yang alurnya standar harian.

20. Sepuluh Penemuan Penting Dunia Roda 2 « Taufik & Motorcycle - May 23, 2009

[...] hal ini sempat saya uraikan panjang lebar tentang beda ban tipe bias dan ban tipe radial. Ban Radial pertama kali dikembangkan oleh Michelin dan terus dikembangkan dan diadopsi oleh [...]

21. jay - May 23, 2009

klu mnrt sy lbh bk mnggnkn ban radial sbya klu ban radial lbh enk untk bebn brt jd tdk khwtr

22. silverclaw - June 26, 2009

sepertinya IRC Road Winner RX 01 adalah ban tipe bias bukan radial. CMIIW
Untuk lebih jelasnya bisa buka link ini :
http://www.irc-tire.com/mce/tires/rx-01.html
http://www.racewear.com.au/product/subcategory.cgi?sc=22

23. tito - September 8, 2009

kira bt92 klo dipake untuk harian, tapi enteng nariknya, pake ukuran brp yah?
110/70-140/60? atao 120/60-140/60?
atao 110/70-140/70?

24. warohmad - November 29, 2009

gua pakai ninja r superkip pakai ban standard pabrik atau merk irc waktu kecepatan rpm 135 gigi 5 terasa getar apakah pengaruh ban .

25. reza - June 16, 2010

Alow om….cm maw mastikan doank…

IRC rx-01 itu sbnrnya tipe bias ato radial siy..?? soale klo diliat dr webnya kek akan silverclaw blg emg bias…..??!!
http://www.irc-tire.com/mce/

jd yg bnr yg mn yha..??

26. yudi - November 21, 2011

oke tuh infonya, tapi kalo bisa kasih tau juga dong tipe ban radial mereknya apa aja!!!

27. Deni _Bekasi - February 29, 2012

Artikel bagus banget bro Taufik….thx….

28. nugros - May 12, 2012

izin copas ya mas, thanks..:-)

29. adam - June 19, 2012

lum ada ban radial selain battlax ya
ban lokal buat donk ban radial

30. jual ban - May 2, 2013

apa itu ban vulkanisir gan

31. rider biasa - June 12, 2013

nice info…

32. slamet - February 16, 2014

Wah,,info ini yg ane cari,,tq gan

33. ban radial - June 22, 2014

sama sama bermutu tapi masih enakan ban radial



%d bloggers like this: