Mungkin rekan-rekan cukup kenal sepenggal dari doa berikut . . .  Roditubillahi robba . . .yang maknanya merupakan pernyataan Ridho kita secara menyeluruh menerima Allah SWT sebagai Rabb kita. Konsekuensinya, kita harus ridho menerima segala keputusan Allah kepada Kita baik sesuatu yang tidak dapat kita tolak seperti keberadaan kita yang dilahirkan sebagai anak dari fulan , berkebangsaan tertentu, ras tertentu, termasuk sakit yang membuat kita atau sanak saudara kita menderita.

Konsekuensi yang Yang kedua adalah kita harus ridho terhadap syariat-syariat yang telah Allah tetapkan kepada kita. Kita Sholat 5 Waktu, puasa di bulan Rhamadan dan mengerjakan amalan-amalan lain karena kita telah mengikrarkan bahwa kita ridho Allah sebagai Rabb/Tuhan kita. Mungkin ridho terhadap syariat ini merupakan tingkatan ridho yang cukup berat . . .kenapa? karena kita memiliki kemampuan untuk menolak ketentuan-ketentuan Allah ini. Kita mudah saja untuk meninggalkan sholat, tidak puasa di bulan Ramadhan . . kerena kita diberikan kemampuan untuk mangkir sehingga disinilah letak pebedaan ini.

Konsekuensi yang ketiga adalah ridho terhadap ketentuan Allah terhadap Alam semesta. Baik saat Allah memberikan kemakmuran atas tanah air serta segala isinya ataupun saat Allah menimpakan bencana pada suatu daerah tertentu. Ridho disini menerima semua jenis ketentuan yang Allah timpakan kepada kita seraya selalu ber prasangka baik pada Nya akan ketentuan ini untuk selanjutnya kita beriktiar (bekerja) sekuat tenaga sampai maksimal . . . setelah itu kembalikan lagi semua urusan pada Nya atau dengan kata lain bertawakallah . . . semoga berkenan, mohon maaf bila ada yang salah, mohon diluruskan.

Taufik of BuitenZorg

11 COMMENTS

  1. singkat tapi berat pelaksanaannya mas,
    kadar ridho kita mungkin baru setengah-setengah menerima yang manis dan menolak yang pahit,
    seperti penerapan hukum islam di negeri ini yang menentang justru orang-orang yang notabene menurut kita ” alim ”
    padahal bila hukum islam di berlakukan di negeri ini ndak bakalan ada koruptor dan tempat maksiat yang bisa mengundang azab Allah. . . .
    astagfirullohaladzim . . . ampuni hamba yang selalu mengulangi dosa ini ya Rob. . . .

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  2. Hmmm apakah dari sudut pandang manusia ridho itu sama dengan ikhlas? setuju Mas Taufik.. kalo ini itu lagi susah kita memang harus menerimanya.. kan kalo mau naik tingkat harus ujian.. Insyaallah kedepannya hidup lebih ringan..

    Guest
  3. Bang usul nih …
    Tema berikutnya SYUKUR, supaya braders merasa cukup dengan apa yang ada jangan mudah napsu lihat motor yang lebih bagus. Heheheh ….
    Yuk, kita lihat mereka yang di bawah kita, jangan ke atas terus …. ntar nabrak 😀 .

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here