Bro sekalian, sebelum acara Test Ride Spacy tmcblog  mengutarakan input buat AHM via Mbak Kartika  . . . “mbok yo adain sesi bedah teknologi Spacy mbak”  . . . Waktu itu Mbak Kartika belom bisa kasih Respons . . . namun Ndilalah saat acara . ..  di rundown tertulis ada bedah teknologi spacy walaupun hanya secara Teori, nggak ada bongkar mesin . . . temanya perbedaan Honda Beat dan SPacy . . . Keduanya (beat dan SPacy) diposisikan Honda sebagai Skutik entry Level yang berharga sama namun beberapa detail ternyata cukup berbeda . . . silahkan simak perbedaannya :

Rangka / Sasis

Walaupun berdesain sama . . . Rangka Beat lebih ramping menggunakan besi Kotak, Rangka Spacy lebih  ‘lebar’ untuk memberikan Space bagasi dan menggunakan Besi Bulat

Handle

Spion Spacy sebelah kiri sudah mengadopsi tipe baru sehingga bila terjatuh maka putaran baut SPion bukannya menguat akan tetapi melemah . ..  model seperti ini sudah lama digunakan oleh Yamaha. Brake Lock tipe baru dan Master silinder rem depan tersembunyi di dalam cover . . . jadi kudu ngintip

Underseat

Volume Bagasi Beat cuma 2,2 liter, sedangkan Spacy 18 liter. Tangki BBM Beat hanya 3,5 Liter sedangkan Spacy 5 liter

Secure Key System

SKS Beat penutupnya manual dan tidak berfosfor. SKS Spacy penutup otomatis, jadi ketika kita nmengunci setang lalu mencabut kunci, maka penutup kunci akan menutup otomatis. SKS Spacy menggunakan fosfor sehingga Glow in the Dark

Kelistrikan Lampu depan

Baterai (aki) Beat berada di Underseat sedangkan Aki Spacy berada di belakang tebeng  depan depan mirip vario series. Beat masih menggunakan saklar lampu depan, Spacy tidak (AHO)

Posisi Kabel Gas dikarburator

Sudut posisi kabel Gas di Karburator beat membentuk sudut 55 derajat sedangkan Spacy 44 derajad. Hal ini karena perubahan lay out mesin

Piston

Piston beat memiliki lubang Oli untuk melumasi bagian bawah piston akan tetapi Piston Spacy tidak ada karena posisi mesin yang lebih tidur tidak memerlukan pelumasan secara aktif.

Kick Starter

Honda Beat memiliki satu Penahan/ stoper gear, sedangkan Spacy memiliki 2 stoper tahanan pada gear kick starternya dan tensioner spacy pun jenisnya baru

CrankShaft

CrankShaft Beat memiliki ketebalan 15,3 mm dan memiliki sudut penyeimbang 6 derajat 20 menit sedangkan Spacy memiliki Crank shaft berketebalan 15,1 mm dan sudut penyeimbang 7 derajat 45 menit. Gimana Kalo Crankshaft beat di aplikasikan ke Spacy? . . . menurut AHM bisa saja, namun akan terjadi getaran di mesin

Filter Udara

Filterudara beat dan Spacy memiliki bahan yang sama kertas Viscous namun penempatannya berbeda, Kalo Beat berada di underseat dekat roda belakang, sedangkan Spacy berada diatas Box CVT

Ok semoga sharing ini bermanfaat, selamat berlibur 😀

Taufik of BuitenZorg

128 COMMENTS

  1. belum lama lonceng, udah pada seliweran dijalan aja nih spacy..
    bener2 mantep lah..
    diawal2 kemarin (waktu liat gambar) kupikir body spacy mirip2 mio, tapi setelah liat aslinya ternyata gak mirip, lebih montok spacy, kalo mio sih imut2 sbg mana beat.

    Guest
  2. Spacy wat Bini bsarusan sampe tadi Sore, keren juga yang warna Putih..
    Ntar Sore ane mo test Ride ke arah sawangan ( dr Ciputat)

    Guest
  3. Untuk pasang box di spacy, tinggal plug karena wing blakangnya udah sekaligus breket yg udh ada lobang mur nya?? Bener ga kang haji?? Di bbrp tulisan yg lalu sempet dibincangkan….

    Guest
  4. Makin jatuh cinta sama spacy ni jadi warna ijo makin mantap labang surga firdaus spacyku revo tetep buat jarak jauh subang garut spacy buat belaja aja…!!

    Guest
  5. @mas haji:
    berarti adaptor spionnya juga bisa diterapin ke beat ya mas? tapi jenis spionnya ulirnya pasti beda yah? 🙄

    Guest
  6. bang haji koq artikelnya ndak pakai di penggal yahh.. langsung full open.. tumbenn khii lupa kasih page break kah bang??

    Guest
  7. hooo…brarti bandul crankshaft ny lebih ringan (lebih kecil ketebalannya) ya om opiq…penasaran coba tes jalan menanjak (naik jembatan tol ato jalan perbukitan) om opiq gmn tarikan nya…
    *disinyalir klo bandul lebih ringan emang enak utk jalan lurus…tpi tanjakan ngowooosss…

    Guest
  8. @23. subancrety
    belum mas bro . . . itu adalah spek Honda Dio, versi Indonesia rear groipnya nggak pake lubang2, cmiiw

    @28. cak poer
    adaptor bawahnya sama saja mas, namun ulir di spionnya yang berbeda . . . atau terbalik yah . .. belom ngecek sih xixixixixi 😀

    @30. bysin
    kelupaan mas bro, ketauan udah jam 7 xixixixixi

    @24. mending sport dah
    nggak nyoba mas, belum nyoba beat soale 🙂

    Administrator
  9. kok beda materinya sama yang ke dealer/mendiler. apa ada indikasi deskriminasi ea??

    kalo ke kita pasti ada adu fitur terhadap kompetitornya.
    dan pembedahannya ga greget
    salam one heart

    Guest
  10. Tambah bagasi 16,8 ltr, bensin 1,5 ltr, SKS otomatis berfosfor, spion beradaptor, dan lainnya, tapi harga samaa dengan beat, benar-benar ONE HEART.

    Guest
  11. saking banyaknya perubahannya kok cuma dibanderol seharga beAT ya?
    padahal kalau seumpama dibanderol 14 juta aja sebenernya masih pantes lho.
    lha wong mi* s*ul aja yg speknya masih jauh dibawah spacy udah dibanderol 13.7 jt.

    apa ini yg dinamakan predatory price?

    Guest
  12. ada yang masih tidak bisa menerima kehadiran spacy…
    bhuahahahaha
    komporin tuh jagoanmu supaya kasih model baru…

    Guest
  13. @kang Taufik

    lho ane denger dulu katanya mesin beat sama spacy itu sama.
    ternyata beda juga to?
    dari piston, gear kisck starter, crankshaft, dll semua di redesain ya?

    Guest
  14. Bentar lagi beat stop produksi. sudah waktunya skutik menjadi lebih praktis dan dapat lebih mengakomodasi kebutuhan sehari-hari (bagasi, jok, dan tanki besar).

    Guest
  15. piston beat memiliki lubang oli untuk melumasi bagian bawah piston akan tetapi piston spacy tidak ada karena posisi mesin yang lebih tidur tidak memerlukan pelumasan secara aktif

    harus di perjelas, mesin yang lebih tidur itu karna derajat kemiringan block dibuat lebih mendatar, atau cuma mesin diposisikan lebih tidur dengan membuat bracket engine mounting lbh rendah? hahahahaha :mrgreen:

    Guest
  16. @48. cub70 – Juni 2, 2011

    asal jeplak doank sih doi.
    jadi ngapain diladenin.
    cuma kadang2 ane kasihan aja, makanya ane ladenin.
    abis udah pada yg respek sama doi sih…
    kasihan aja ane…

    Guest
  17. yg gw suka dari honda ga pandang bulu, sodara sendiri dimakan. jurus jeruk makan jeruk dimakan, mumpung republik ini blm merdeka otaknya.

    Guest
  18. liat di internet kaya keliatan gambot, tapi setelah liat langsung.. ternyata gak keliatan gambot malah keliatan proporsional..

    Guest
  19. jd penasaran lihat hasil lap 5.
    disinyalir skutik djadoel sebelah akan semakin pasrah…
    xixiiii

    Guest
  20. Nah loh ketauan overprice:
    – PCX dibanding CBR
    – Beat dibanding Spacy
    Lain kali nunggu aja ah, pasti ada produk berikut yg harga sama/lebih murah tp fitur lebih byk.

    Guest
  21. jurus-jurus pemasaran dijalankan demi memenangkan persaingan …. mo jurus peslif, mo jurus sandwich, mo jurus cimande, pamonyet, pamacan terserah, ujung-ujungnya adalah sapa pinter itulah yang menang sing penting halal …. :mrgreen:

    Guest
  22. menurut sayah H*NDA sedang berusaha agar terjadi penuruan harga, tapi tidak bisa secara drastis kayak puls*r, kasihan kan pembeli lama …. harus dijalankan secara perlahan dan cantik …. tentunya ini dengan menggelontorkan produk-produk baru ….

    sayah melihat hal ini diawali dengan dirilisnya NMP yang lebih murah daripada byngson, kemudian dirilisnya CBR 250 yang hightech yang harganya lebih murah ketimbang ninin250 sekaligus memotong jalur IU yang harganya muahal ammiiiirrr, dan sekarang dirilis spacy yang kaya fitur dan lebih fungsional, revo fit pun memberikan solusi, tunggu sajah ke depannya, hond* akan semakin menurunkan harga (mudah-mudahan) …. pergeseran-pergeseran akan terjadi dan produk akan semakin value, …. CKD atau bahkan produksi sendiri akan menjadi rancangan ke depannya, ini untuk mengatasi gayus cs yang masih merajalela … (imho) :mrgreen:

    Guest
  23. @sodaraku kang kabayan
    hahaha, jurus cikarang aja kang…!!
    asal jangan jurus fb (lempar batu sembunyi tangan & jurus menjilat ludah)

    Guest
  24. tetangga sebelah punya.. liat2 dikit bandingin ama beat… ampun dah beat jadi jadul banget… skutik modern neh spacy… lampu blakangnya di blog sebelah kliatan jelek… potonya doank ternyata jelek, aslinya elegance… cakep2… mestinya beat turun harga nih hahahaha….

    Guest
  25. ane heran sama honda ini, ngasih perbedaan n ternyata banyak keunggulan spacy dibanding honda beat, apa ga malah nurunin pamor honda beat sendiri dibanding ama mio? 🙄

    Guest
  26. Daripada keuntungan hanya dibagi-bagi untuk hadiah, yang notabene hanya diperoleh 1-2 orang, lebih baik dipakai untuk nambah fitur dan harga tidak naik. Tebih merata dinikmati semua konsumen. Lebih mendidik, tidak membodohi. Seperti spacy ini.

    Guest
  27. seher beat berlubang, seher spacy nggak, diamater, panjang seher tetep sama kan? ya sami mawon lah, kecuali spacy pake seher jenong, baru sedikit beda, sedikit lho ya, karna diliat spesifikasi pun sama Bore x Stroke 50 x 55mm buahahahahahahahahahaha :mrgreen:

    Guest
  28. terserah aja kalo mau dibilang Beat & Spacy beda mesin, kalo ente nanya orang bengkel pun mereka dengan tegas akan jawab Sama, coba tanya Maz Azizyhoree sama ga mesinnya, maz? buahahahahahahaha :mrgreen:

    Guest
  29. thole? coba jelaskan perbedaan piston mio dari generasi 2003 sampe sekarang?… berbeda? apa bedanya?

    Guest
  30. mio :
    1. ban belakang geal geol baru sebulan
    2. cat pelek kagak nahan,,,cap kuda terbang kali ya hehehe
    jadi mending beli bemo daripada beli mio

    Guest
  31. @wong ndeso
    dr awal sampe skrg piston mio tetap berdiamer 50mm, hanya terdapat perbedaan derajat noken as, antara mio generasi awal dgn smile, hahahaha :mrgreen: 😆
    untuk pengapian (cdi), kelistrikan, cvt udah ada perubahan di mio generasi awal dgn sekarang, ada pertanyaan lagi? buahahahahahahahaha :mrgreen: 😆

    Guest
  32. @wong ndeso
    kalo soal bodi/design udah ada improvement tau kan? ga kayak vario 2006-sekarang cuma gonta ganti striping, liat aja modelnya udah jadul modal madul, buahahahahahahahahaha :mrgreen: 😆

    Guest
  33. thole = tolol lebay
    yg 1 ada lubang yg 1 gak ada lubang ya namax beda, walaupun dimensix sama.
    makax le, kalo sekolah jangan tidur mulu dikelas begini hasilx ente jadi tolol gak ketulungan

    Guest
  34. Mio soul dan mio smile beda bnaget mesinnya tau…guoblok banget nih FBH, mau dikibulin ama honda katanya beda nyatanya beat ama spacy msnnya sami mawon…klo yamaha lain…coba tanya Mbah Thole…

    Guest
  35. mantab Wak Haji. Dengan demikian ane merasa jelas bahwa BCL beda sama Cinta Laura….eh salah…ada beda antara Spacy sama Beat…semoga masyarakat menjadi lebih jelas dengan ulasan Wak Haji.

    Guest
  36. bhuahahaaa….
    ayo thole…., biar motormu butut harus tetep dibelas sampai titik darah penghabisan.
    kalau bukan karena org2 fanatik spt ente, yg mau beli produk2 yg ketinggalan jaman, pabrikan yamaha pasti udah tutup.

    Guest
  37. memang kalau diskusi sama org setengah waras spt thole ya akan ikut2an jd stress.
    yg waras ngalah aja…

    Guest
  38. kayanya cewe kurang peduli soal fitur n tekno..coba,semua matik jejerin,trus suruh cewe ente nyemplak..jujur,matik mana yg bikin cewe keliatan lebih manis bin kece..? Klo ane,jawab “miong”

    Guest
  39. @tholeeelllojing
    Mio soul dan mio smile beda banget mesinnya tau…guoblok banget nih FBH, mau dikibulin ama honda katanya beda nyatanya beat ama spacy msnnya sami mawon…klo yamaha lain…coba tanya Mbah Thole…
    ====================================================
    wahahahahhaha klonengan nih bang toel? pinteran dikit napa bang bikin id? anyway ane teteup Honda yah 😀

    Guest
  40. males banget baca komennya… isinya FBH FBY FBS FBK dll berantem masalah ga penting… buat ATPM mah yang penting jualan mereka laku… ga ada ceritanya lo FB pabrikan A/B/C/D/XYZ, terus dapet service + ganti oli gratis seumur hidup… open minded napah?? tiap pabrikan punya kelebihan dan kekurang pada produknya… bego banget lo ngebelain ampe sgitunya… dah kaya ngebelain negara ama agama aja…

    Bang Taufik, tolong di moderasi ini komen2 yang bernada flamming..

    Guest
  41. yang ngamuk2=oon,
    yang suka menghina produk lain=bodo,
    jadi ni tempat perangnya orang oon ma orang bodo..menang siapa?
    ngacirrrr

    Guest
  42. BeAT atau Spacy, keduanya punya keunggulan sendiri sendiri, BeAT yang ramping membuatnya lebih enak diajak beraksi dan meliuk disana sini. Spacy yang montoxs tapi penuh kenyamanan dan kaya fitur..
    ekonomis dan praktis dipake sehari hari…
    jagoan loe yang mana neh
    ???

    Guest
  43. Honda Spacy sedikit berbeda dari Honda Beat terutama soal fungsionalitas. Spacy lebih santai dan nyaman dikendarai.

    Guest
  44. Kalau Spacy yang jelas adalah fitur Helm in EKSTRA LUAS
    Ruang bagasi berkapasitas total 18 liter, terluas di kelasnya. Mampu membawa berbagai jenis barang bawaan sehari-hari termasuk helm full-face sekalipun.
    Jadi gak perlu takut helm hilang…

    Guest
  45. Kapasitas Tangki BBM EKSTRA BESAR
    Berkapasitas 5 liter, terbesar di kelasnya. Perjalanan lebih nyaman karena tidak perlu sering isi bensin.

    Jadi gak perlu sering-sering turun beli bensin.

    Guest
  46. Tempat Duduk Nyaman EKSTRA LEGA
    Dirancang secara ergonomis dan lebih luas, menggunakan material berkualitas. Nyaman untuk dikendarai sendiri maupun berboncengan.

    Jadi enaknya naik Spacy…Nyaman….

    Guest
  47. Spacy telah dilengkapi dengan,Mesin V-Matic Honda
    Teknologi mesin V-Matic Honda yang telah teruji dan terbukti ketangguhannya, mampu menghasilkan tenaga besar namun tetap irit dan mampu menempuh jarak hingga 41 km/liter (berdasarkan metode tes ECE R40)

    Wah motor ini termasuk irit.

    Salam One Heart.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here