jump to navigation

Jupiter Z Putih . . . Sinyal Yamaha Yang Nggak Mau terjebak “Competitor Orientation Trap ” ? January 10, 2012

Posted by Taufik TMCBlog in : yamaha , trackback

Bro sekalian, Dalam Strategy Defensif marketing  . . . setiap Re-Branding membutuhkan cost biaya dan pemikiran yang tidak murah dan tidak sebentar. Honda Untuk Bisa merilis New Blade yang merupakan Re-Branding dalam bentuk Fisik nggak asal Ujug Ujug nongol githu . . . perkiraan tmcblog ada kerja sekitar paling cepat 1,5 setahun dalam risetnya (ini udah pernah kita bahas) . . . nah begitu Juga dengan Yamaha . . . sepertinya paling tidak dalam setahun dari semenjak pressure New Blade muncul Jupiter Z nggak akan langsung reaktif apa lagi mengubah bentukan Jupiter Z secara drastis karena Yamaha Tahu . . . Honda sedang menyebar Ranjau jebakan orientasi Kompetitor  atau dalam bahasa Jawanya “Competitor Orientation Trap“!!

Jebakan Ini memang bertujuan untuk membat Kompetitor tidak Fokus dan akan membuat lupa diri, lupa membangun mereknya. Padahal Menurut sebuah artikel yang tmcblog baca pada Majalah Marketing . . .  di balik konsentrasinya terhadap pesaing itu ada sesuatu yang lebih penting, Orientasi layanan pada konsumen yang sebenarnya merupakan satu langkah untuk memperkuat nilai merek. Majalah Marketing menyebut satu kasus di matra market lain yakni Permen Kopi Merk Yesco. Merek permen kopi itu bermaksud menjatuhkan Kopiko dengan menyebut “Kopi itu bulat, bukan persegi”, tanpa positioning yang tepat. Hasilnya, menurut majalah marketing sungguh buruk.

Terlihat Yamaha Mau mencoba cara lain dulu untuk membandung Pressure dari Honda New Blade dengan cara cara yang lebih low cost dengan cara memaksimalkan segala peluang yang ada . . . secara fisik, facelift nggak terlihat signifikan hanya memperkenalkan New Colour yakni Putih plus sediki detail smoke pada mika  lampu indikator di tebeng depan. Termasuk juga mencoba kembali mengatrol Brand Image dengan hadirnya Lorenzo sebagai Brand Ambassador yang memperkenalkannya . . . IMHO, walaupun Runner Up 2011, Kharisma ke konsistenan Jorge di MotoGp kan juga masih ada, cmiiw . . . ditambah lagi ajang promosi di ajang Pekan Olah raga Nasional (PON) seperti kita sama sama Tahu Buat PON XVIII/2012, Yamaha menyediakan 90 motor (45 motor Jupiter Z dan 45 motor Jupiter MX) buat properti cabang balap motor.

Apakah Yamaha akhirnya Akan mengubah Jupiter Z pada Tahun 2012 ini . . . tmcblog sih tetap melihat adanya kemungkinan tersebut, secara Pak Eko Prabowo YMMI pernah bilang saat Presentasi Warung Yamaha bahwa tahun ini (2012) akan ada Produk Injeksi di semua Varian !! Nah analisa TMCBlog di varian bebek Pun akan ada, dan bukan nggak mungkin Jupiter Z yang akan disasar . . . kayak apa bentuk langkah kongkritnya . . . kita lihat aja nanti tanda tanda awal di TPT dan seliweran para Tester yamaha di jalanan (ini emang gayanya Yamaha)  ;) . . . silahkan share Komentar Bro sekalian dan semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

Comments»

1. arif - January 10, 2012

elegan

2. inue satrio - January 10, 2012

kok di smoke ya seinnya…. apa g bahaya?

3. inue satrio - January 10, 2012

kok di smoke ya seinnya…. apa g bahaya?..

4. thole - January 10, 2012

analisa strategi dari sudut pandang lain, hahaha bagus sekali :mrgreen:

sepertinya ymaha blum mau berdansa dgn hnda, hahaha

5. sinbe - January 10, 2012

Lumayan keren, sayang msh minim fitur.

6. sinbe - January 10, 2012

Buntutnya mbok ya dirubah…

7. Agung Novian - January 10, 2012

5 Besar euy…
Wah mantap nih yang putih…

8. Ebony - January 10, 2012

mygoldmachine.wordpress.com/2011/03/24/yamaha-indonesia-akan-kalah-telak-tahun-ini-2011/

9. Randy - January 10, 2012

Abah kok sering ditulis “Taufik of BuitenZorg” artinya apa sih bah?

10. briptu - January 10, 2012

pengen keren NaJiZ nya??
tampah rdb, lampu oblak alay belakang ganti ke lama, knalpot suara cemprengnya diganti, mesin pake Jupe lama aja..yang sekarang lemot :mrgreen:

11. sapujagad - January 10, 2012

putih aja dibuat heboh..

dulu SupraX125,Suzuki Shogun125 dan SatriaF150,Kawasaki ZX130 putih adalah warna pilihan,gak perlu marketing khusus.

Menurutku,NJZ kalo mau heboh pasang tuh rem cakram belakang,baru iklan habis-habisan di tipi sampai dananya bener-bener habis wkwkw..

12. dante - January 10, 2012

dipikir2 datengin R15 bukannya juga akan memperkuat brand image Y sebagai produsen motor sport, jadi walau penjualannya ga sekencang matic ma bebeknya tapi secara tidak langsung ini bisa mendongkrak penjualan all variant tapi ya mungkin risetnya masih lama jadi ya begitulah

13. tjah ilank - January 10, 2012

apik tenan

14. santai coi - January 10, 2012

padahal bagian buntut sekalian ikut di ubah dikit.

15. roni - January 10, 2012

Kalo iklan yg bilang barongsai tuh gimana ya?

16. win - January 10, 2012

^^^ :D

17. Bosdd - January 10, 2012

2. inue satrio: pasti pabrik sudah memperhitungkannya bro. ga mungkin mereka jualan produk massal ga memperhitungkan faktor safety. bisa2 di class action.. hehe

5. sinbe: bener.. fitur2nya kurang. rata2 yamaha menang di baju alias bodi aja yg pada keren.. suzuki axelo aja udah cakram belakang. masa yamaha ga bisa. masih mau bodoh2in konsumennya dg aura design bodinya. jadi konsumen bayar mahal cuman buat design bodi doank… capedeh

Sori yee boleh donk ngejelek2in yamaha.. Secara motor gw juga yamaha… hehe

18. beckhem - January 10, 2012

lampunya sih kurang sreg……..

19. learningfromlives - January 10, 2012

sebenarnya ane malah pingin vixy aja dikeluarin versi 200cc.,
mungkin gak?

http://learningfromlives.wordpress.com/

20. SuperHutagalung - January 10, 2012

“…saat Presentasi Warung Yamaha bahwa tahun ini (2012) akan ada Produk Injeksi di semua Varian !!”..
Nungguin nyang ini nih….

21. Sonic - January 10, 2012

Yaa hati2aja bwt Yamaha..Honda Lebih cerdas Dalam menjebak Kompetitor..cmiiw…

22. mas wahyu - January 10, 2012

Okelah,Sibuk bikin jebakan buat kompetitor,tapi jangan nomer dua kan kualitas

23. ISMAIL - January 10, 2012

au ah gelab…

24. lae togar anak medan - January 10, 2012

mantafff dari depan. yang ngak kuat dari belakang. lampu rem belakang zezuatu benget pluz knalpot yg kuruz aliaz abal2x.

25. ipanase - January 10, 2012
26. TMc Fan Boy (Not) - January 10, 2012

berguna kurang

27. budithewall - January 10, 2012

Dari segi tampilan sih lumayan “menggigit”, cuma performa yang letoy kok ttp jadi ganjalan ya (jual tampang aja nih)

28. afan - January 10, 2012

numpang OOT, soale baru baca koran kompas hari ini

ayo dong para blogger otomotif (apapun “ormas”nya) dukung komunitas ini, komunitas SABER (sapu bersih ranjau paku). aksinya sangat nyata buat roda dua

http://cetak.kompas.com/read/2012/01/10/0340055/.mereka..tak.lelah.memunguti.paku…….

29. stnk - January 10, 2012

mongtor semok, eh salah, mongtor smoke… Apa ada yang maw niru smoke-nya? Ini yang pertama lho

30. Dradjat_Djati - January 10, 2012

yah kang, klo cuma gonta-ganti cat dan stripping doank sih susah…

31. mercon - January 10, 2012

yang nunggang nih mongtor,,, pasti jadi keputihan,,,,,, :mrgreen:

32. Dradjat_Djati - January 10, 2012

selama masih lelet, miskin fitur dan operpress spt skrg ya susah

33. gnomeo - January 10, 2012

heeemmmm ..
sejauh apakah bisa bertahan ????

34. ridertua - January 10, 2012
35. masmondol - January 10, 2012

Ayo yamaha.. Jangan suka suka mulu,.. Sekali kali bangkit dong.. Jangan cuman pinter bikin suling doang.

36. afan - January 10, 2012

varian warna dan sticker versi thailand atau vietnam, perlu di coba tuh sama ymki. oke2 kok

37. justmyimage - January 10, 2012

salam hangat kang taufik

justmyimage
kereen euy analisnya kang. :)
btw..
brand value memang penting tpi more care to costumers sangat2 perlu dgn real action bukan show of force terus yg butuh costnya tinggi. :)

38. nr 1908 - January 10, 2012

masalahnya memang cuma ganti warna aja yg bisa dilakukan saat ini, dgn harapan kondisi sekarang lagi trend warna putih, akan naik lagi jualnnya.

tapi kalu warna putih buat mobil sih oke, tapi kalu buat motor? mio juga ada warna putih dari dulu.

kalu tambah cakram belakang , pasti harganya naik, dan ini akan lebih menyulitkan.

39. tovavanjava - January 10, 2012
40. puwi - January 10, 2012

Buritan kepanjangan.. harusnya jangan melebihi roda.
Terlalu ekstrim nungging..
Menurut saya sebetulnya, dimensi yang paling pas untuk motor bebek orang Asia Tenggara ya JupiZ burhan (burung hantu) yg sebelumnya.

41. Taufik - January 10, 2012

@9. Randy
buitenzorg itu nama belandanya dari bogor mas bro . . . nah saya kan dari Bogor . . . so atuinya kira2 taufik dari bogor :D

@20. SuperHutagalung
memang menarik menunggu gerakan kongkritnya bro :D

42. putra inhil - January 10, 2012

Analisis yang baguss…
jempol dahh…

43. alone in the dark - January 10, 2012
44. alone in the dark - January 10, 2012
45. bennymotor - January 10, 2012

Di medan warna putih malah lebih murah harga bekasnya dibandingkan warna lain..

46. setia1heri - January 10, 2012

semoga putih tidak tanda menyerah…wkwkwkk

http://setia1heri.wordpress.com/2012/01/10/gak-pasang-sirbo-brad/

47. dave - January 10, 2012

wah nyebut brand kopi neh,, :p

48. Taufik - January 10, 2012

@43. alone in the dark
Bro Komeng Mind genesis analisa nya emang gak ada Lawannya dah :D

@45. bennymotor
mungkin karena paling kotor sekenannya ya bang ? he he

49. REDEMPTION - January 10, 2012

buat yamaha jgn sampe nge bc produk lain.. skarang malah telen ludah.. ganti striping ganti cat… haduhhh… memalukan :D

50. bobby_kelanarimba - January 10, 2012

@ 45.bennymotor
emg utk yamaha harga seken nya jatuh alias murah jual nya..tp utk type 2 tak RX King nah itu tinggi taon 2003 bisa 10 jutaan kondisi terawat..
mas bro ada gk artikel tes ride bbm new blade vs Jupiter Z ala anak jalanan..??

51. herukuncahyono - January 10, 2012
52. uungferi - January 10, 2012
53. Dreadlock - January 10, 2012

@redemption
Emang seseorang gak boleh berubah ya? Apa kalo disini berubah dibilang memalukan..

54. anton nugroho - January 10, 2012

sebenarnya ada strategi lain yang bisa dilakukan yamaha, yaitu main body polos saja, gak usah pake striping. lalu warna body dibuat banyak dan berani, merah ferrari, kuning lamborghini, kalo perlu ijo kawasaki. sudah berani putih, lumayanlah.

55. chakra_fxr - January 10, 2012

motor kok dibikin buat brantem (kumpetisi) dan jualan….???

saya lebih suka motor yang dDIBUAT SEBAIK MUNGKIN demi kenyamanan

bukan motor buat adu merek, mengisi kekosongan lineup produk, dan tetekbengek lainnya

56. uungferi - January 10, 2012

topp tenan

57. Tristan - January 10, 2012

Tampilan baru ya ?? apa bedanya dengan yang lama … ?

58. kucrut_bike's - January 10, 2012

kirain tadi baca nya orientation TIARAP.. :mrggreen:

59. tovavanjava - January 10, 2012
60. natustrike - January 10, 2012

selama si garputala kagak riset pasar ke pemain2 aksesoris ato bengkel roda2, ga bakalan bisa bersaing dgn honda. bisa survived dari terkaman suzuki di taon 2012 ini aje, yamaha dah boleh bersyukur. percuma tuh petinggi2 andelin baca2 artikel dari blog.

61. autoblogindonesia - January 10, 2012
62. mildut - January 10, 2012

mantap……klo ngikutin fb hongkong mah,gak ada habisnya.wkwkwk

63. demungan - January 10, 2012

Sekarang banyak banget yang putih. Nggak mobil, nggak motor, nggak cewe hehehehe…
Lagi tren memang. Dan tren putih ini lumayan bertahan lama. Nggak serta merta hit n run…

Titip yah kang Haji yang baik
http://duniahariyadi.wordpress.com/2012/01/09/impresi-pertama-nyobain-spacy-fi-bodong-ngisi-bensin/

64. Kang_OmprenX - January 10, 2012

yamaha bisanya cuma gonta-ganti stripping doank.
payah….
udah gitu kena penyakit OPERPRESS
jadi pantes klo gak laku

65. Yanda - January 10, 2012

kalo saya pikir cukuplah tuk refreshing produk jupiter…klo mslh RDB, bknnya gk mau ngedukung RDB tuk diaplikasi di new jupiter Z ini, cuma saya pikir rem tromol belakang yamaha masih mumpuni kok, disetiap produk yamaha rem belakangnya wlwpun cm tromol tapi pakemnya masih cukup baik dan gak kalah dgn RDB, mungkin diliat yg agak kurang sporty aja kali ya. coba tengok aja motor2 road race yg kebut aja gk pake RDB…kayanya gk akan deh jupiter Z akan di pasang RDB, yg new jupiter MX versi non kopling aja gk ada RDB…hihihihi

66. Yanda - January 10, 2012
67. Yanda - January 10, 2012

oia honda vario 125cc di thailand baru launching tgl 10 januari kmrn

68. Riky - January 10, 2012

Kyknya Yamaha lagi gencar2 nya untuk menaikkan market share di tahun 2012, semoga berhasil ya…

69. Roy - January 10, 2012

Lebih bagus lg kalau pakai RDB di belakang… knalpot racy… dengan power 9ps/9500rpm dah cukup… tampilan jupie z baru lebih manteb di banding blade (buntutnya bantet)…

warna putih mirip vixy… dah cukup…

apalg pake livery kek di motogp begitu… beuh…

70. Cah Ndeso - January 10, 2012

Tapi setelah sering ketemu dijalan ternyata new blade keren juga….

71. Dr.Feelgood - January 10, 2012

warnanya oke banget, bosen liat warna lain yg terkesan sedikit pasaran…..

72. Top - January 10, 2012

Membedakan Yamaha New Jupiter Z dgn Honda New Jupiter Blade, antara langit dan bumi. Yamaha New jupiter Z sudah teruji,,,!buktinya dijadikan sbgai mtor balap di PON, sdangkan Honda New Jupiter Blade,,?? Hihihi… Cuma kenceng balapan di dunia maya dan balapan di iklan aje, malu dong ah…

73. eko.wardoyo - January 10, 2012

Yamaha motor boros bbm..
seharusnya Yamaha membuat motor yg irit bbm
jgn hanya mengganti warna nya aja

74. temonsoejadi - January 10, 2012
75. Tukang ojek - January 10, 2012

Kalem banget warung satu ini…. keburu ketinggalan, cepetan keluarin gacoan dwong.
Tapi jangan tergesa-gesa. Yang penting ciri khas jangan ditinggalin :
1. Chassis yang sempurna
2. Mesin bertenaga
Chassis yamaha dari dulu udah okey. Jambret2 pasti pilihnya RX king, kalo sekarang Scorpio. Buat road race juga pakenya Jupiter. Matic yang handlingnya enak pastinya Mio. So, jangan sampe karakter chassis ditinggalin..
Kalo bisa, tambahin iritnya, tapi tenaga teteeuuuuuppp……..

76. Tukang ojek - January 10, 2012

BTW, dengan logika berpikir kebalik, apaan sih yang ditakutin warung sebelah sampai melakukan pertarungan abis-abisan gitu ya? Istilah saya bertempur ngajak bangkrut.
Sedemikian horrornya kah senjata andalan Yamaha atau emang warung sebelah lagi pingin berantem aja?

77. gogo - January 10, 2012

kenapa g sedari awal dikluarin yg putih… moga zuma bs nongol

78. pak haji umar - January 10, 2012

Astafiruloh…Lampu belakng Jupiter Z jelek nya minta ampun
buat mulut pak haji bikin muntah..

79. Dradjat_Djati - January 10, 2012

gonta-ganti stripping dan Operprezt…
kan yamahal

80. ron - January 10, 2012

hehehe..ngikutin trend warna putih tuh…

work from home..
http://www.wfhid.com/ronnie

81. P.L.U.R - January 10, 2012

YA-MAHAL

82. wiwiadiwibowo - January 10, 2012

weleh… saking kuatnya aura YMKI…. nulis YIMM pun jadi YMMI…
hehehe…

83. Febri - January 10, 2012

Wah, jupiter Z putih elegan banget

84. blade-in - January 10, 2012

Cukuplah! Blade, lawannya juga kan gak lebih baik. Desainnya norak. Body kegendutan. Sungguh merepotkan dipake race. Lari sama letoynya. Bunyi knalpot sama jeleknya. Lebih jelek malah. Secara prediksi, Blade laku di awal doang. Yang udah pake dan denger knalpotnya, bakal nyesel, Bro !!! (Gue pake gaya FBY, yah!)

85. ocecoco - January 10, 2012

seharusnya buntutnya ikut dirubah

86. ipanase - January 10, 2012

yamaha oh yamaha,,kapan sembuhnya BUDEGmu
http://pertamax7.wordpress.com/2012/01/10/wowknalpot-gatling/

87. Salesman - January 10, 2012

Lampu Belakang yang bahkan BARU dari DEALER pun udah Oblak
Knalpot bersuara cempreng
Mesin yang kurang kompetitif..
Bagaimana penjualan tidak nyungsep kalau ada lawan yang lebih murah fitur lebih lengkap?

Kalau ada pilihan di Dealer Jupie Z lawas atau New Jupiter Z, saya lebih memilih Jupie Z lawas!
Mesin JupieZ burhan adalah mesin bebek terbaik yang pernah diproduksi Yamaha!

88. suetoclub - January 10, 2012

Memang bagusan mesin jupiz 110kok..sekarang yamahakan ngejar irit semua..tapi inilah cara yamaha yah harus dihormati..

89. black devil - January 10, 2012

awal langkah yang bagus buat yamaha dgn dikeluarkan new jup z putih,TERUSKAN INOVASINYA…..

90. stonecold - January 10, 2012

putih itu mewah zamannya..
Dan tadi saya juga ngeliat JUPITER MX warna Putih juga.. wuiiiih kereeeen.. sama kaya adiknya putih kombinasi biru…

91. speed_lover - January 10, 2012

mau berubah total tentu yamaho harus ngeluarin duit banyak untuk riset sedangkan yamaho sendiri masih kere di dalam keuangan di tambah penjualan yang semakin merosot tajam..alhasil cuman gonta ganti stiker saja tanpa perubahan segnifikan! hal ini membuat imej yamaho semakin juadul dan ketinggalan! mau ngeluarin produk baru 1000kali di pikir-pikir akhirnya jadi loro pikir alias stress tuh yamaho! :P

92. edysuriyanto - January 11, 2012

eleghan baget yah bang haji:

Baca Baca Blog Gini Kan Pasti Butuh Koneksi Internet, Entah Itu Koneksi Dewa Atau Malah Koneksi Keong He He He… :D :D :D
Nah ane disini mau ngsih referensi tentang paket internet termurah dari semua operator pada tahun 2012 ini, Cekidot:
Paket Internet Unlimited Termurah Dari All Operator Di Awal Tahun 2012
Semoga Bermanfaat ya…

93. Jorge Lorenzo Dateng Ke Indonesia . . . Ada Hidden Agenda ? « TMCBlog – Motorcycle News - January 11, 2012

[...] Jupiter Z Putih . . . Sinyal Yamaha Yang Nggak Mau terjebak “Competitor Orientation Trap &#822… [...]

94. giant - January 11, 2012

setuju, lumayan keren, langkah smart dan tdk panik, segera minor change aja lampu belakangnya mirip new jup mx

95. Sanusi - January 12, 2012

Hahaha… semua serba putih ya bang kayak iklan detergen ajah.

96. thito barath - January 12, 2012

ok deh buat new jupiter z putih nya
gak ada dua nya

97. tezhiro - January 14, 2012

bahahahahahahahahah bahas cakram belakang… buat motor kecil kayak di Indo mah ngapain pake cakram belakang.. malah gak safety… secara mayoritas rider kita belum hatam masalah teknik riding.. yg ada cakram belakang,, ngeremnya dibejek.. ya ngepoot..

YAMAHA udah ngitung knp mereka pake tromol,, ane akuin ane fans besar YAMAHA, dri R1 ampe mio sekalipun.. dan tromol2 yamaha tuh pakem2.. klo gapercaya cobain aja motor2 yamaha

jadii klo pake tromol amsih mumpuni knp harus pake cakram??? buat style?? kbnyakan gayaaaa bebek pke cakram..

BTW,, ane suka jupie Z ini earna putih dipaduin am smoke seinnya keren.. pas pisaaan uy

98. don't - January 14, 2012

sepertinya tanda menyerah dari Yamaha untuk bersaing…

99. Tidak Ada Waktu Buatmu - January 15, 2012

jaaaaaaaddddddduuulllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll LL

100. Tukang ojek - January 16, 2012

@97 tezhiro :
biar kata susah ngendaliin, tetep aja dimata konsumen lebih keren kalo pake double discbrake broww…. Perlu dipertimbangkan tuh ama YIMM buat upgrade double discbrake untuk menggaet minat konsumen. Tentu aja tingkat kepakemannya harus berbeda dengan diskbrake depan. Pake kampas rem sekualitas warung-warung lain atau KW2 aja dah cukup kalee, buat rem belakangnya. Harga mati untuk kualitas rem depan Yamaha. Asal keliatan keren ajah gitu loh.

101. fuadz - March 22, 2012

@tezhiro: setuju bro… jupi ku taon 2010, jarak tempuh sekarang masih 30.000 km, tapi ane bangga punya NJZ. sampe sekarang masih tokcer:
1. rem standard Yamaha pakem
2. rangka dan body masih kokoh, padahal sering dipake dijalanan rusak
3. meski dikebut ampe 100 kmj pun motor stabil banget
4. di rmp tinggi pun mesin minim getaran
5. shock breaker depan-belakang mantap
6. suara knalpot ga berisik koq (ane pake Motul 3100 tuk pelumasnya).

para rider NJZ bisa coba tuh Motul 3100, harga ga seberapa mahal, tapi bikin motor NJZ tokcer

102. fuadz - March 22, 2012

@ tezhiro:
bener bro…, setuju….
ane pake NJZ dari taon 2010, sekarang masih ane pake +/- 30.000 km. bangga ma tuh motor, sampe sekarang masih tokcer…

1. bener kata bro zhiro, rem front-rear NJZ ane pakem koq, matabz…
2. meski jalan 100 kmh pun motor stabil, kagak goyang
3. rangka n body kokoh, padahal jalanan ane tempuh tiap hari mayoritas jalanan yang rusak
4. shock breaker depan-belakang stabil
5. mesin minim getaran meski rpm tinggi

nb: pelumasnya ane pake Motul 3100, pengalaman ane sih mesin jadi alus n responsif, suara knalpot juga lebih alus. para rider NJZ bisa coba tuh pelumasnya

103. yockie - April 11, 2012

@tezhiro
berarti new jupie mx ga safety dong, secara pake cakram belakang…

104. yockie - April 11, 2012

Memang Yamaha semakin di depan
Tetapi tetap Honda selalu lebih unggul
..jadi kesimpulannya walaupun yamaha semakin di depan , tetap ada honda yang lebih unggul..wkwwkwk….



%d bloggers like this: