Bro sekalian, Yamaha disinyalir kuat akan segera merilis New Yamaha Jupiter Z Injeksi dengan teknologi YMJET FI beberapa bulan kedepan. Kalo TMCBlog pikir Yamaha benar benar mencoba Tantangan yang berat . . .lho koq berat? Bukan berat karena kompetitor, akan tetapi berat karena di market Bebek sampai sekarang belum ada terlihat secara empirik penetrasi FI dapat dengan mudah memenangkan hati potential buyyer.

silahkan absen satu satu . .. mulai dari Honda susi alias supra Injeksi jalan dulu, lalu shogun injeksi, sampai akhirnya terakhir Supra X 125 helm In FI yang masih belum bisa melewati angka distribusi Supra X 125 versi karburator, imho, cmiiw . . . ini ada apa? apakah karena produknya atau karena marketnya motor bebek yang masih sulit untuk melakukan quantum leap ke era injeksi?

Kalau kita Flash back . . . era Injeksi cukup sukses melakukan penetrasi di segmen sport terutama di kelas Mid-end . . . dan bahkan sampai sekarang Yamaha Vixion  masih menjadi sport paling laris.  Di Skutik? paling nggak Data Aisi bisa menunjukan di segmen Low End menunjukan Yamaha Mio J cukup bisa diterima market dan di segmen Mid-hi end Honda vario 125 cukup bisa diterima market.

Nahhh . . . track record penetrasi Injeksi di segmen bebek masih belum kelihatan . . . apakah Yamaha Jupiter Z FI yang menggunakan Teknologi YMJet FI akan mengubah stigma ini? tentu  banyak variabel value dari Jupiter FI yang akan menentukannya . ..  bentuk, fitur, teknologi, performa, fungsionalitas ( silahkan ditambahkan ) sampai kesiapan marjetnya sendiri . . .  kita lihat nanti gimana penetrasinya . . . kalau sukses, tentu akan menorehkan sejarah tersendiri dalam penetrasi Injeksi di segmen bebek . . . silahkan dikomentari dan semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

gambar nemplok dari : iwb, sejuta umat , dll

tmcblog youtube channel
TMC ADS

104 COMMENTS

  1. semakin wagu aja desainya, 🙁
    byson gan
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/05/19/headlamp-yamaha-byson-ke-honda-tiger-revo-tyson-d/

    Guest
    • Mau mensosialisasikan injeksi tapi di gagalkan disain produknya yg wagu sama dgn kasus mio j

      Guest
    • kasihan gan, jupiter burhan, jadi NJZ, jadi tambah aneh lagi
      hadehh, yang evolusi koq cuma jupi MX doank y 🙁
      http://pertamax7.wordpress.com/2012/05/19/motor-matic-injeksi-irit-harga-murah-yamaha-mio-j/

      Guest
  2. bener maz taufik, bebek injeksi harus merubah paradigma non injeksi dengan ada perbedaan dengan yang non injeksi, kalau model, fitur, dll masih sama dengan yang non injeksi …. percuma … nggak ada pengaruhnya

    Guest
    • dan ada satu motor yg kayaknya terlempar dr masanya dan tewas seketika, yaitu si fxr. Ternyata suzuki dah berhasil ciptain mesin waktu agan2 semua, pencapaian suzuki yg agan semua bnyk yg gak tau. xixixiix….

      Guest
  3. desiner yamaha yg lama kmana yy…
    nitif kang,,
    masi newbi mohon kritik dan saranya
    http://otosatu.wordpress.com/2012/05/17/garangnya-duo-ninja/
    terimakasih

    Guest
    • Sudah pindah ke honda, sedang desainer yamaha sekarang adalah mantan desainer bebek kawasaki. Sekolah nya sama ama desainer bebek suzuki.

      Guest
  4. yamaha bisanya ikut2an doank..
    bebek injeksi honda ama suzuki udah dari kapan tau.
    ini yamhaa baru aja mau ikutan.
    ckckckkkk

    Guest
  5. mungkin karena designnya yang kurang bisa diterima masyarakat.krn menurut ku sendiri model motor bebek mlh smkn aneh.
    http://amicirentalmotor.wordpress.com/2012/05/19/brammo-empulse-e-motorbike/

    Guest
    • sepertinya mirip stoplampnya shogun 125 dah bro coba perhatikan dari samping IMHO kalau bener ……
      sungguh benar” plagiator

      Guest
  6. Kalo menurut saya krn mindset nya blm berubah kang
    beda dgn sport yg pilihannya ga banyak n biasanya yg beli sport lbh melek teknologi (imho)

    www.dk8000.co.nr

    Guest
  7. Sudah 2 kali ane ngelihat ini motor lewat di lenteng agung menuju depok tepat jam pulang kerja. Cukup lincah, mau ngejar agak susah di tengah macetnya daerah lenteng agung saat jam pulang kerja.

    Saya lihat fiturnya biasa aja. Ngga ada yang wah. Sekilas begitu siy.

    Dengan FI berarti niat yamaha mau menjadikan pabrikannya paling advance di injeksi supaya lebih cepat diterima oleh masyarakat. Mencari imaje kan penting saat Ϊηϊ.

    Tapi apakah mampu menggeser posisi honda sebagai rajanya bebek. I say it is imposibble.

    Guest
    • setuju sama ini “Cukup lincah, mau ngejar agak susah ditengah macet” ane juga waktu itu di daerah cilengsi bogor mau nyoba liat ni motor dari deket, pasti langsung dijauhin ama yg naik, mau ngejar eh macet parah, padahal lagi pake CBR wk

      Guest
    • 35. sean – Mei 19, 2012
      …..
      Tapi apakah mampu menggeser posisi honda sebagai rajanya bebek. I say it is imposibble.
      ___________________________________________

      Sy sih yakin bisa, syaratnya revolusi harga…alias brani banting harga dibanding kompetitor…hehe hayo sapa duluan bikin injeksi murah meriah…?

      Guest
  8. ditengah tren ms bebek yang cenderung turun…
    paling gak, sebelum bebek mulai punah, ymh pernah buat yang injeksi di Indonesia…

    Guest
  9. new jupi gak rdb nih? apakah vega yg rdb? tar berarti ada varian vega premium dan entry level,, neo vega kali.. 😀

    Guest
  10. klo bebek injeksi kenapa koq ga semoncer sport injeksi, klo menurut saya sih soalnya pabrikan klo bikin pasti 2 tipe, karburator dan injeksi, 2 2 nya dijual berdampingan. ya pantes aja yang karbu unggul. alasannya, berikut yang lebih karena alasan pribadi :

    1. karbu lebih gampang di benerin sendiri klo pas trouble2 kecil, klo injeksi …. pasti dah mikirnya itu isinya rangkaian listrik semua, jadinya “kebengkel aja deh”
    2, dari alasan diatas trus gini “waduh ga ada jadwal kosong nih bwt kebengkel”, jadinya motor didiemin dulu, ato dipakai dengan konsekuensi yang ga enak lah, yang ga ajib lah , de el el. ngeluh ngeluh deh.
    3. meski itu part injeksi digaransi lama, klo masih garansi klaim macem2 masih di “ok” in sama beresnya. lha klo dah lewat garansinya, trus pengabut BBM rusak dan harus diganti, yang habis banyak yang mana hayoooo ? karbu apa injeksi ?
    4. injeksi cenderung mikirnya tergantung sama listrik yang stabil, motor baru no problem. klo motor lama yang punya masih rajin ngecek sana-sini juga ga majalah. lha klo yang punya males2an, aki soak dibiarin aja tahunan ga diganti2, merembet kemana tuh rusaknya tar ?
    5. de el el yang aq lupa juga alasannya apaan.

    itu alasan diatas sebenernya cuman sugesti masing2 aja, yang masih karbu monggo yang injeksi juga monggo. dan masukan saja sih klo boleh “sedikit paksa” konsumen kayak kasusnya vixion, hadirkan semua unit dalam 1 tipe dengan injeksi semua. dengan itu konsumen mau ga mau ya itu saja pilihannya.

    dan pendapat pribadi saja, mesin 1 silinder cukup karburator saja, lebih dari 1 silinder baru EFI. soalnya lebih ke masalah efisiensi saja. karena :

    “seberapa pun hebatnya sistem injeksi, jika penjualan terus naik, jika populasi kendaraan bermotor bakar terus membludak, jika masih tetap membakar BBM, JANGAN HARAP LANGIT SEMAKIN BERSIH”

    Guest
  11. desain yamaha sekarang kurang yahud. cepet bosen liatnya.
    …………tukang desain motornya ganti aja bos. ………..
    sekali-kali ganti dong yang elegan. jgn yang gaya sport melulu.
    spt desain honda dari dulu ampe skr liatnya ga bosen2

    Guest
  12. kalo emang jaman sudah menuntuk untuk semua motor jadi injeksi, maka tidak ada lagi yang namanya masalah desain. tetapi lebih ke fungsionalitas. toh pemilihan desain bersifat relatif/sesuai selera masing-masing. jadi disini yang akan berperan besar adalah fungsionalitas/kebutuhan dari si penunggang bebek cmiiw…. toh supra x 125 PGM jg udah brojol dari thun 2009 an sampe sekarang g pernah dipermasalahkan apakah injeksi ato bukan

    Guest
  13. coba amati dengan teliti.
    bagian depan seperti kucing mau makan roda.. terlalu melebar/me rongga.
    menurut ane masih cakepan new jupiter z yang sekarang

    Guest
  14. vixi laris bkan karna injeksinya,, supra x 125 f1 n shogun f1 kurang laku krn msh ada versi karburatornya dan lebih murah,, coba vixi ada versi karburatornya??

    Guest
  15. ada artikel yang lebih hot nih….mampir dulu yah !!!!

    http://mygoldmachine.wordpress.com/2012/05/03/kok-iritnya-beda-ama-iklannya-fuel-consumption-jauh-banget-oh-bikin/

    Guest
  16. ini kalo head to heda ma supra x kali yah,, hihihih ,, tapi karbu bntr lagi punahga ya???
    ada kabar dari P200NS nih gann
    http://info-otomania.blogspot.com/2012/05/mulai-agustus-p200ns-resmi-di-export.html

    Guest
  17. yap..harga parts injektor yang mmahal bisa menjadi slah satu faktor susahnya penetrasi bebek FI…kan msyarakat indonesia seringkali “njagani” bekne jatuh atau apa…karburator lebih murah daripada harga parts Injektor…(ngawur..hahaha..)

    http://alevindo.blogspot.com/2012/05/moto-gp-stoner-masih-yang-tercepat.html

    Guest
  18. pendahulunya ngga sukses karena mainnya setengah2. coba all out tanpa jual versi karbu pada varian yang sama, pasti lebih hasilnya.
    pada masa transisi injeksi, kalau masih jualan versi karbu pada varian yang sama, bisa dipastikan versi karbu yang jauh lebih laku.

    Guest
  19. dan seperti biasa klo yamaha berhasil biasa na si h***a baru dipecut nyontek inovasi.. persis kaya kasua mAtik dulu..

    Guest
  20. cakepan new blade? ga salah brew? new blade itu malah ky new jupter z yg jd lebay… dah tau new jupiter z cakep, eh ditiru ma honpret jd lebay, kebesaran, wagu, kaku… ga enak bnget ngliatnya..

    Guest
  21. trend nya sudah masuk ke era matic kang, apa yang bisa kita unggulkan dari bebek vs matic jaman sekarang? praktis menang matic, untuk bawa barang menang matic, desain menang matic, irit sudah banyak matic lebih irit, mungkin hanya bisa menang diharga bisa lebih murah, eh tapi ini jupiter ya? masih kalah sama vega.. pokoknya serba nanggung, mau santai mending matic, mau kencang ya mending sport…

    Guest
  22. keren… yamaha berani sangat.. paling jg kalo laku si homonda ngikut2… semakin ngikutin tagline nya jg

    Guest
  23. yah yamaha mau ikutan bikin bebek injeksi nih…
    Honda sama Suzuki udah dari tahun 2005.. , eh yamaha baru mau brojolin tahun 2012.
    semakin jelas ketinggalan

    Guest
  24. injeksi apa enggak tetep aja fosil yang dibakar.

    lain halnya kalo pabrikan berlomba bikin motor tenaga listrik.

    Guest
  25. Semoga pas launching nggak kayak gitu modelnya. Dikerenin dikit lah 😀
    http://dizmaz.wordpress.com/2012/05/20/5-pembalap-terdepan-punya-kans-yang-sama-untuk-menang-kata-lorenzo/

    Guest
  26. sepertinya kalo bebek bukan masalah di borosnya… makanya karbu lebih unggul di type itu…

    tapi ga tau juga deh… setuju sama juragan no.43…

    “seberapa pun hebatnya sistem injeksi, jika penjualan terus naik, jika populasi kendaraan bermotor bakar terus membludak, jika masih tetap membakar BBM, JANGAN HARAP LANGIT SEMAKIN BERSIH”

    🙂

    Guest
  27. Design-nya kurang siip. bagi konsumen indonesia yang penting: 1 design keren ,ke-2 nyaman, irit, harganya terjangkau, dan awet. Kalau teknologi pertimbangan sekian. Pengetahuan teknis tentang motor masih minim. yang terakhir spare part harus murah dan gampang didapat, maklum kondisi ekonomi sering nggak menentu yang penting motor bisa nggelinding dan aman sudah cukup. IMHO

    Guest
  28. —————————————————————————————
    Buat yang nyari jaket, topi, t-shirt, polo shirt dsb yang bertemakan MotoGP dan Otomotif dengan kualitas bagus dan harga terjangkau, bisa dilihat di online shop saya masbro, terima kasih 🙂

    http://rendi-motogp.blogspot.com/ atau http://www.facebook.com/Rendimotogpshop

    Produk Terbaru kita : Jaket Honda LCR, Hoodie VR 46, Jaket Kawasaki Monster Energy, Jaket Yamaha Eneos, Kemeja Yamaha Eneos, Polo Shirt Eneos, Polo Shirt DUCATI Red, Kemeja Honda LCR, T Shirt Ben Spies, Jaket Touring Special kawasaki Ninja dan masih banyak lagi.
    —————————————————————————————

    Guest
  29. mas…. kok new jupiter injeksi bentuk dpannya mrip honpret supra x magic jar in seh……..
    hehe…. 🙂

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here