Bro sekalian, Tahukah bro jika besok ahad 27 mei 2012 sekitar sore jam 16 lewat 18 menit merupakan salah satu momen yang bisa kita digunakan untuk menentukan arah Kiblat . . . kiblat adalah arah yang digunakan oleh umat muslim dalam melaksanakan Sholat . . . Lho kenapa bisa begitu?

Jawaban logisnya hanya satu bro . . . karena pada momen tersebut matahari tepat banget barada diatas Ka’bah Baitullah di makkah Saudi Arabia . . . nggak setiap hari kondisi alamiah ini terjadi . . . tercatat dua kali kejadian ini terjadi di 2012 yakni Berdasarkan data falaqiyah Kementerian Agama (Kemenag), Majelis Ulama Indonesia (MUI), PP Muhammadiyah dan PB Nadhlatul Ulama, yaumu rashdil-qiblah tahun 2011 ini terjadi dua kali, yaitu Ahad 27 Mei 2012 pukul 16:18 WIB dan Senin 16 Juli 2012 pukul 16:27 WIB . . .

Berdasarkan Gambar (2) di atas maka dalam fenomena alam ini Saat Matahari di atas Ka’bah Semua Bayangan Matahari Mengarah ke Ka’bah Juga . . . inilah yang menjadi dasarnya.  . . . banyak memang metoda menentukan arah kiblat . .. namuan jika langit cerah  . . . cara ini cukup mudah dan murah untuk dipraktekkan . ..  caranya

  • Siapin jam bro sekalian, kalibrasi denan cara nyamain ke  website world time, atau telp ke 103
  • gunakan tiang tegak 90 derajad atau lebih yakin lagi pakai bandul sehingga bener bener tegak lurus ke bumi
  • pada jam yang dimaksut perhatikan bayangan yang dibentuk. Arah yang dibentuk bayangan Insya Allah adalah arah tepat ke Ka’bah atau arah kiblat

bagaimana buat yang di Indonesia timur? atau adakah toleransi jika hari H mendung dimajukan atau dimundurkan sehari? ada yang mau bantuin bahas? monggooo

semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

sumber : artikel tmcblog 2 tahun yang lalu, blogibadah , mansaba

85 COMMENTS

    • harus dan memang butuh mzbro,… agar ketika diambil selalu khusnul khotimah… bahkan diatas kuda besi kita…

      Guest
  1. enggak juga mas. sekarang kan sudah banyak yang pakai hp android. tinggal download program pencari arah kibla sudah simpel banget.

    Guest
  2. Motor paling gagah, paling bisa blusukan ke gunung dan lembah, ke seluruh penjuru mata angin, paling Dahsyaaatt lah pokoke…di Indonesia cuma 1 apalagee kalo bukan KAWASAKI KLX 250 S …piss…

    Guest
  3. apakah setelah dikalibrasi seterusnya akan kearah itu ?..krn dulu pemerintah pernah menggeser arah kiblat kearah barat xxx lalu beberapa bln kemudian berubah lagi seperti semula ke arah barat..

    Guest
    • kalau pulaunya nggak bergerak/berpindah tempat/bergeser saya pikir, imho harusnya sih tetep mas bro, cmiiw

      Administrator
  4. Semoga dengan cara ini kita akan semakin khusuk, fokus dalam menjalani sholat, diharapkan bisa menghilangkan memfikirkan hal duniawi saat menjalani sholat.
    Semoga dengan cara ini kita merasa lebih dekat dengan ka’bah, lebih dekat dengan allah SWT. Amin….

    Guest
  5. @29. kymcoers

    Silakan dibaca pengumuman dari Badan Hisab dan Rukyat Jabar, enam tahun yang lalu:

    Jumat (26/5/06), Waktu Tepat Perbaiki Arah Kiblat

    BANDUNG, Rabu 24 Mei 2006 (Pikiran Rakyat).

    Badan Hisab Rukyat (BHR) Jabar, mengimbau pengurus masjid untuk memanfaatkan momentum lintasan matahari tepat di atas Kabah dari Jumat-Selasa (26~30/05/2006). Peristiwa itu dinilai sebagai waktu yang tepat untuk memperbaiki arah kiblat, karena 70% masjid/ musala di Jawa Barat kurang benar arah kiblatnya.

    “Berdasarkan hasil perhitungan astronomi tim ahli BHR Jabar, pukul 16.18 WIB dari tanggal 26~30 Mei ini, perjalanan matahari akan melintas tepat di atas Kabah. Fenomena alam ini momentum sangat tepat mengoreksi arah kiblat,” kata Ketua Umum BHR Jabar, Drs. H. AS. Kalyubi Kosasih. S.H., dan Sekum BHR Jabar, Rachmadi Suhamka, S.H., Selasa (23/5).

    Para ahli hisab telah merumuskan cara termudah penyempurnaan arah kiblat di seluruh dunia, hanya dengan mengikuti arah bayangan saat matahari tepat berada di atas Mekah (Kabah). ”Setiap tahun ada dua kesempatan matahari melintas tepat di atas Mekah, yakni 26~30 Mei sekira pukul 16.18 WIB atau 9.18 GMT, dan 14~18 Juli pukul 16.27 WIB,” ujarnya.

    Rentang waktu kurang atau lebih dari lima menit antara waktu pukul 16.18 WIB pada tanggal 26~30 Mei dan 16.27 WIB dari 14~18 Juli masih dinilai akurat untuk penentuan arah kiblat. ”Tingkat kesalahan penentuan waktu kurang atau lebih dari lima menit sekira 0,5 derajat”.

    Sebagai persiapan awal, siapkanlah alat-alat yang dibutuhkan seperti arloji, tongkat kayu/besi, bidang datar seperti triplek, dan waterpass,” katanya.
    Alat lainnya adalah benang kasur, spidol, lakban hitam, mistar penyiku dengan sudut 90 derajat, dan cat kayu dengan kuasnya.

    “Pilih tempat datar yang akan terkena sinar matahari pada pukul 16.18 WIB. Cocokkan arloji setepat mungkin, kemudian letakan triplek di bidang datar dengan terlebih dulu diukur memakai waterpass,” katanya.

    Langkah selanjutnya buat titik pusat sebagai sumbu dengan spidol tepat di tengah-tengah bidang datar itu, lalu dengan memakai spidol dan benang kasur, buatkan lingkaran bersumbu pada titik pusat dengan jari-jari tidak melebihi tepi bidang datar.

    “Tempatkan tongkat tepat di atas titik pusat bidang datar dan lalu gunakan mistar penyiku untuk memastikan tegak tidaknya tongkat terhadap bidang datar,” katanya.

    Tepat pukul 16.18 WIB terjadi titik perpotongan antara bayangan tongkat kayu dengan garis lingkaran dan diberi tanda garis spidol. Tarik garis lurus dengan benang kasur pada titik perpotongan melewati bidang datar dan memotong garis lingkaran pada arah berlawanan dengan titik potongan pertama.

    “Garis antara kedua titik perpotongan itu ialah arah kiblat yang benar,” ujarnya.

    (A-71)

    Guest
  6. Menurut saya dengan kecanggihan teknologi seperti sekarang ini tidak perlu ribet begitu. Modal android yang punya GPS terus install qibla compass insyaALLAH 99% akurat. Karena setahu saya di aplikasi Qibla compass yang pernah saya bongkar sourcenya, didalamnya tercatat posisi ka’bah berdasarkan GPS. Jadi biasanya saya sebelum masuk masjid atau di rumah saya pastikan gps terlock lalu saya tunggu qibla compas bekerja menentukan arah kiblat, lalu saya arahkan sajadah ke arah kiblat sesuai dengan yang ditunjukkan oleh qibla compass. Semoga membantu

    Guest
    • justru dengan kecanggihan teknologi tersebut kita bisa memprediksi “matahari tepat berada di atas Ka’bah pada Ahad 27 Mei 2012 pukul 16:18 WIB dan Senin 16 Juli 2012 pukul 16:27 WIB”, dibalikin ke alam dulu, baru dapet hasilnya 🙂

      Guest
  7. ada siaran live di tv atau setidaknya medai yang mempublish gk nih kang, belum tentu muslim di indonesia tau tentang berita ini.thx

    Guest
  8. Trimakasih Infonya Bro ..cause saya tinggal si korea jauh dari masjid sehingga hanya pakai kira2 dan feling ja klo shalat ..dgn adanya Info ini Aq yg dikorea Bisa dgn jelas nentuin arah kiblat and mg shalatku tambah qusyu‘

    Guest
  9. Pak. Haji apakah tgl tersebut tiap thn dipastikan matahari tepat diatas ka‘bah ..?atau tiap thnnya berubah ubah .?

    Guest
  10. pake google earth,,,, tarik garis dari tempat kita ke ka’bah….. liat arah garis ke mana, lewat gedung mana???? lewat pohon mana??? nah kita menghadap pake patokan itu….

    Guest
  11. artikel yang bagus buat pelajaran,saling mengingat kan bahwa sholat itu ibarat tiang,kalo rumah tanpa tiang g’ akan menjadi sebuah rumah,.,jadi buat semua nya rajin sholat ya,semoga artikel nya lebih berguna buat semua nya

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here