jump to navigation

Tips Melintas Batas Antar Negara dengan Kendaraan Bermotor Oleh Jeffrey Polnaja January 15, 2013

Posted by Taufik TMCBlog in : Riding Stories , trackback

Jeffrey-Polnaja-01

Bro sekalian, Turing keliling dunia ternyata bukan hanya masalah fisik dan kesiapan Motor, kita pun harus siap secara administrasi agar perjalanan menjadi lancar . . . nah Gimana caranya? Berikut Tips yang disampaiakan Putra Indonesia kang Jeffrey Polnaja yang mengarungi jalan jalan di beberapa negara didunia dengan Motor yang dibawanya dari Indonesia . . . kayak apa Tipsnya silahkan simak sesuai release yang tmcblog terima  ya . .  semoga Bermanfaat

VANCOUVER, KANADA – Penjelajah dunia asal Indonesia, Jeffrey Polnaja, mengaku salut dengan semakin banyaknya pecinta sepeda motor di Tanah Air yang ingin mengikuti jejak dirinya berpetualang keliling dunia. Namun pengibar misi Ride for Peace (RFP) asal Bandung, Jawa Barat, ini mengingatkan agar penjelajahan keliling dunia bukan bertujuan sebagai ajang unjuk kegagahan.

“Saya melihat saat ini mulai banyak rider Indonesia yang melakukan perjalanan lintas negara, meski pun baru sebatas mengunjungi negara-negara tetangga,” kata Jeffrey. “Ini sebuah gerakan positif. Apalagi bila misinya diisi dengan kegiatan mempromosikan keragaman Indonesia di seluruh dunia. Jadi, bukan sebagai cara untuk gagah-gagahan belaka,” lanjut pria yang kini tengah berada di Vancouver, Kanada untuk misi RFP kedua ini.

Jeffrey juga menyatakan bahwa menjelajahi dunia dengan kendaraan bermotor, apalagi seorang diri seperti dirinya, bukanlah pekerjaan yang mudah. Selain dibutuhkan stamina prima dan kesiapan mental kuat, seorang penjelajah dunia dituntut mampu menyiapkan kelengkapan dokumen yang berlaku. Dokumen tentu tak hanya persuratan yang wajib dilengkapi oleh setiap individu. Faktor yang juga sangat penting adalah menyiapkan dokumen kendaraan agar bisa melintasi batas negara.

“Pertanyaan mendasar yang kerap dilemparkan kepada saya dari para rider yang berniat berkeliling dunia adalah tentang surat-surat izin kendaraan. Mengurus surat kendaraan tidak sulit. Terpenting, yaitu memiliki Carnet de Passage (CPD) untuk kendaraan yang akan digunakan keliling dunia,” ujar pria yang akrab disapa Kang JJ ini.

Jeffrey juga menjelaskan bahwa setiap orang yang ingin pergi ke luar negeri tentu harus memegang passport yang minimal masih berlaku hingga enam bulan ke depan. Banyak negara juga membutuhkan visa sebagai izin masuk, sehingga surat ini juga wajib dipenuhi sebelum keberangkatan. “Kalau hanya mengunjungi negara-negara di Asia Tenggara kita bisa mendapat Visa on Arrival jadi tidak begitu repot.”

Sementara itu, untuk mengurus CPD, Jeffrey menjelaskan, dokumen ini harus diurus di kantor Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat yang berada di Jakarta. “CPD sangat penting agar kendaraan asal Indonesia bisa diterima masuk di negara-negara lain. CPD sepeti sebuah surat jaminan bahwa kendaraan yang akan kita masukkan ke sebuah negara bukan untuk dijual.

“Karena itu, ketika mengurus dokumen CPD pemilik kendaraan akan dikenakan sejumlah biaya oleh IMI sebagai uang jaminan,” terang Jeffrey. Dilanjutkan, setiap penjelajah dunia dengan kendaraaan bermotor perlu membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Ijin Mengemudi (SIM) International yang masih berlaku.

“BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) tidak penting untuk dibawa. Terpenting justru harus mengasuransikan kendaraan. Karena beberapa negara melarang kendaraan bermotor beroperasi bila tidak memiliki jaminan asuransi,” lanjutnya. “Siapkan pula beberapa lembar pas foto diri ukuran 3×4 dan 4×6 sebagai antisipasi bila sewaktu-waktu diperlukan di kantor imigrasi sebuah negara tertentu.”

 

Langkah Memasukkan Kendaraan Bermotor

Kendati prosedur mengurus dokumen izin masuk kendaraan ke sebuah negara telah diatur secara internasional, namun tak jarang beberapa negara menerapkan sebuah proses yang agak berbeda. Agar pengurusan dokumen berjalan lancar penting bagi setiap penjelajah dunia mengingat trik-trik ini.

Pertama yang harus dilakukan untuk memasuki sebuah negara adalah mengurus izin masuk kendaraan, bukan diri Anda. Sayangnya, acap kali para pengelana melupakan hal ini. Ketika mereka berhasil masuk, namun kendaraan tertinggal pengurusannya, maka prosesnya akan sangat merepotkan.

Ketika kita mengurus izin kendaraan, maka ikutilah prosedur yang berlaku. Isilah formulir Custom Clearence secara cermat. Siapkan pula pas foto karena sering kali hal sepele ini diperlukan.

Walau setiap negara memiliki urutan peraturan yang berbeda, namun umumnya petugas pabean (custom) sebuah negara akan memeriksa kendaraan Anda dengan mengecek nomor chassis dan mesin untuk dicocokkan dengan dokumen yang Anda serahkan.

Pada kesempatan itu, petugas juga akan memeriksa barang di dalam panniers (boks) yang ada di kendaraan Anda. Agar proses pemeriksaan yang dilakukan berjalan lancar, usahakan untuk tidak membawa senjata api dan narkotika. Alkohol dan rokok yang berlebihan jumlahnya juga perlu dihindari. Pisau lipat yang mungkin Anda perlukan selama perjalanan hendaknya ikut disimpan dalam boks perkakas perbengkelan.

Kerapihan penampilan Anda ketika mengurus dokumen sedikit banyak juga akan membantu kelancaran proses legalisasi dokumen. “Usahakan pakai baju bersih dan tidak bau. Dengan penampilan rapi petugas biasanya lebih apresiatif,” saran Jeffrey.

Dia juga menegaskan bahwa sebaiknya dokumen CPD dan STNK tercantum atas nama pengendara. “Selama mengurus dokumen usahakan kendaraan tetap berada dalam pantauan Anda. Paling tidak di bawah pengawasan kamera CCTV. Ini penting untuk menghindari bila ada pihak yang menitip barang terlarang di kendaraan Anda.”

Setelah pengurusan kendaraan selesai, Jeffrey menyarankan agar kita segera menuju Kantor Imigrasi untuk mendapatkan ijin melintas (visa) dengan waktu tertentu. “Anda jangan masuk dulu sebelum kendaraan dalam status aman memasuki sebuah negara.”

“Bisa dibayangkan bila Anda sudah diijinkan masuk ke sebuah negara, sementara kendaraan Anda tidak diijinkan masuk. Faktanya, Anda memang berdekatan dengan kendaraan Anda, tetapi secara hukum Anda berada di negara yang berbeda dengan tunggangan Anda,” ingat Jeffrey.

Selamat bertualang dan SALAM JELAJAH !!! ***

Boks:

Kelengkapan Dokumen yang dibutuhkan penjelajah dunia dengan kendaraan bermotor:

·      Passport dengan masa berlaku lebih dari 6 bulan.

·      Visa bila diperlukan. Untuk WNI yang melintas negara-negara Asia Tenggara bias mendaparkan Visa on Arrival.

·      Carnet de Passage (CPD) untuk kendaraan yang digunakan melintasi sebuah negara. CPD dapat diurus di kantor Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat di Jakarta.

·      Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang masih berlaku.

·      Surat Ijin Mengemudi (SIM) International.

·      Asuransi Kendaraan.

·      Biasakan membawa pas foto ukuran 3×4 dan 4×6 beberapa lembar.

Tentang Ride for Peace

Sesungguhnya Jeffrey Polnaja telah berada di Eropa, tepatnya di Paris, Perancis sejak 27 April silam guna memulai perjalanan keliling dunia. Dalam rencana awal, Jeffrey seharusnya telah memulai penjelajahan dengan sepeda motornya sejak 3 Mei lalu dari kota Paris, Perancis. Namun karena mengalami masalah kehilangan sepeda motor di Amsterdam, Belanda pada 2 Mei 2012, misi perjalanan terhambat. Jeffrey bahkan terpaksa kembali ke Jakarta guna mengurus ulang seluruh dokumen perjalanan serta menyiapkan sepeda motor pengganti.

Untuk diketahui, perjalanan Jeffrey kali ini merupakan penjelajahan keliling dunia seorang diri yang kedua dengan sepeda motor. Sebelumnya, pada tahun 2006 hingga 2008, Jeffrey telah menaklukkan 72 negara mulai dari Asia, Timur Tengah, Afrika, dan Eropa.

Pada kesempatan kedua ini, Jeffrey mengemban misi “Ride for Peace – Solo Riding Exploring Five Continents on Two Wheels.” Pelepasan Jeffrey telah dilakukan di Jakarta pada 23 April 2012.

Rencananya, Jeffrey akan berkelana sejauh 220.000 kilometer melintasi beberapa negara di Eropa, Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Australia. Tak kurang dari 30 negara akan disinggahi, mulai dari Perancis, Belgia, Belanda, Jerman, Skandinavia, Polandia, Rusia, Korea Selatan, Jepang, Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, Kuba, Kolombia, Nikaragua, Bolivia, Brasil, Argentina, Peru, Selandia Baru, Australia, dan Timor Leste. Jeffrey direncanakan tiba kembali di Jakarta pada tahun 2014. ###

Comments»

1. oceania - January 15, 2013

Per
Ta
Max

Dl gan

2. ayahrafly - January 15, 2013

oww..
si om dah biasa jalan jauh ..

3. ipanase - January 15, 2013
4. hann - January 15, 2013

Cerita yg sangat menarik dan inspiratif buat saya..

5. @toey - January 15, 2013

ahaaaa…..

6. carauntuk.com - January 15, 2013

nice tips

7. sugiyantokenz - January 15, 2013

mantaaab

8. ipanase - January 15, 2013

sim internasional yang belum paham

9. indrarosalia - January 15, 2013
10. frkun - January 15, 2013

ini yg motornya sempet ilang ya? :D

http://frkun.wordpress.com/

11. sodiqcho - January 15, 2013

8

12. cah ndeso - January 15, 2013

ruarrrr biasa…..

13. emir99 - January 15, 2013

Kang, ‘Carnet de Passage’ koq disingkat CPD & bukan CDP.. Ntar kalo kita ngurus jd kebolak-balik singkatannya donk.. :)

14. Aa Ikhwan - January 15, 2013

tips ajib

15. [email protected] - January 15, 2013

Ikut nyimak

16. mbahjo - January 15, 2013

Tak semudah yang dibayangkan !

17. rizkiyupz - January 15, 2013

W.O.W..Ruar Biasa.

18. Taufik - January 15, 2013

@8. ipanase
sim Internasional bisa diurus di POLRI
untuk di jakarta kalo nggak salah adm nya dulu 250 ribu

1. KTP asli & Foto copy (1 LEMBAR)

2. Paspor asli & Foto copy (1 LEMBAR)

3. SIM yg masih berlaku (1 LEMBAR)

4. Utk WNA, bawa KITAP asli & Foto copy (1 LEMBAR) (KITAS tidak dilayani)

5. Materai Rp. 6.000 (1 LEMBAR)

6. Pas Foto terbaru 4×6 (untuk Pria berdasi & Wanita menggunakan Blazer, warna latar belakang photo biru) (3 LEMBAR)

Berdasarkan PP 50 Tahun 2010 tentang PNBP yang berlaku di Kepolisian Negara Republik Indonesia

Pembuatan SIM Internasional Baru : Rp. 250.000,-

Perpanjangan SIM Internasional : Rp. 225.000,-

Pemohon harus datang langsung, TIDAK DAPAT DIWAKILKAN.

Lokasi pembuatan:

Korlantas Polri Jl. Letjen Haryono MT Kav 37-38, Jakarta 12770

Telp: 021-500669

19. debagus - January 15, 2013

Keren ya bisa keliling dunia pake motor, salut lah buat kanh JJ

20. peavey - January 15, 2013

memang kerjanya kang JJ apaan ya kok bisa keliling dunia gitu?????

21. iin4wheeler - January 15, 2013

Wah lumayan ribet juga yah… salut deh buat sudah berani touring lintas Negara.

O iya. salam kenal ya sob. :)
http://rompats.blogspot.com/2013/01/new-vixion-vs-cb150r-pilih-mana-sob.html

22. iwink z - January 15, 2013

mancaaappp…

23. nbsusanto - January 15, 2013

wah mantep juga..yang pasti emang nggak bisa main-main..semua harus dipersiapkan secara matang dan cari info sebanyak-banyaknya sebelumnya.. :)

24. penthol - January 15, 2013

sangunee piroooooo kuuii wak…

25. bunga - January 15, 2013

terima kasih tips perlu dicoba

26. akang - January 15, 2013

dan Bisa Bhs Inggris…

27. ipanase - January 15, 2013

wow, kitap sama kitas belum tahu juga :D semua daerah bisakah melayani> soal motornya, wow mesin boxer josssssssssssssssssssss ( mesin petinju :D )

28. uyhaw - January 15, 2013

aiiiih.. bmw 1150 gs.. cakepnyaaaa..

29. cah ilang - January 15, 2013

baca dulu

30. Raito yagami - January 15, 2013

Biaya yang di butuhkan sangat banyak, belum lagi ngurus bekal surat izin,harus bisa aneka macam bahasa apa gak ribet tuh?

31. hasim adnan - January 15, 2013

kalo boleh tau motor apa sih yang dipake kang jeje?

32. guest - January 15, 2013

kang jj jalan jalan terus…kerja nya kapan ya…? :D

33. cah ilang - January 15, 2013

semoga balik ke tanah air dengan keadaan selamat para rider ina slalu mendukungmu dg do’a, josss tenan kang

34. Hey Dude - January 15, 2013

sepuh nih

35. bennycs1rider - January 15, 2013

sangunya gimana yak??

36. ,.,.;'./,'/.';,/./',;/.',;/.',;/.';,/.';,/'. - January 15, 2013

mental baja

37. ,.,.;'./,'/.';,/./',;/.',;/.',;/.';,/.';,/'. - January 15, 2013

32. guest – Januari 15, 2013

kang jj jalan jalan terus…kerja nya kapan ya…? :D
=================================================
kang JJ punya kebun sawit kali ratusan hektar wkkwkwkwk
1 bulan uang masuk nya ratusan juga , IMHO

38. masTer Samidi O_O - January 15, 2013
39. masTer Samidi O_O - January 15, 2013
40. jofrin - January 15, 2013

wah bisa keliling dunia naik motor….mantap dechhh….btw kalo cuma karyawan kecil apa mungkin keliling dunia tanpa kerja ya???

41. yudha depp - January 15, 2013

Ada yang kelupaan tuuuch
siapkan gembok tambahan buat pengaman biar
enggak kecurian lagi tu motor
http://yudhadepp.blogspot.com/2013/01/warna-terbaru-yamaha-r15-v20-2013.html?m=1

42. dave - January 15, 2013

pembuatan sim internasional ada tes nya jg ga ky bikin sim C biasa?
ntar disuru meliuk2 dulu di antara cone2,, hhehe..
btw duit nya harus kenceng banget kale ya kalo keliling dunia pake motor,, ckck..

43. bagas29ps - January 15, 2013
44. Trisna Ariwibawa - January 15, 2013
45. VH - January 15, 2013

yang pertama harus punya duit banyak.

46. ᎠℰᏙᏧᏢᎾᎾᏝ - January 15, 2013

btw habisin bujet brp kang..??

47. rusmanjay - January 15, 2013

mantap

48. z1rider - January 15, 2013

salut buat kang JJ :cool:

49. z1rider - January 15, 2013

Ganti oli ama servisnya kepriben tu ya ? :roll:

50. han - January 15, 2013

kang itu gmna cara mrawat mtornya?? Mksdnya,itu mtorkan dgunakn br ratusan mil bhkn lbih.. Nah bgmna dg prawatn thd kndraan tsb..? Misal ganti oli ato servis mesin dsb..

51. Bocoran Info Akurat - January 15, 2013
52. cacingaspal - January 15, 2013
53. Dre - January 15, 2013

Ntu maling pake kunci T ga y kaya disini

54. boeltoer - January 15, 2013

dibutuhkn mental kuat,keberanian yg kuat,fisik yg kuat,dan dana yg kuat…salut buat kang JJ..

55. machalesana - January 15, 2013

bmw nya dikasih corak batik kayanya keren deh hehe

56. pangben - January 15, 2013
57. oyo - January 15, 2013

biyuh2 ntek piro kui masbru,,,,mm man y.

58. marga - January 15, 2013

INPO KEREN GAN..
semmoga makin sadar klo hidup cuma sekali. isi dengan kegiatan +

http://shy.si/me

59. tk tahu - January 15, 2013

bukannya motornya itu hilang dimaling ??? ketemu lagi kah ???

60. sejutawarnaa - January 15, 2013

yg jelas harus punya banyak duit :D

61. ardiantoyugo - January 15, 2013

mantap Om yang satu ini…

62. arai - January 15, 2013

waow…

63. nikeke - January 15, 2013

Seandainya bs diliput kya ” long way round ” di indo ada yg diliput and dokumentasinya ” ring of fire “

64. Motorcycle Enthusiast - January 15, 2013

kalo ada yg mau film seri dokumenter nya, bisa kunjungi lapak ane..
motornya jenis sama kaya yg dipake ewan mcgregor keliling dunia pake motor.. judulnya Long Way Round

http://www.kaskus.co.id/thread/50c8a2d0532acfbb33000028/wts-dvd-isi-box-office-movie-kualitas-bervariasi-dari-dvd—1080p

thank you

65. 3koplak - January 15, 2013

gak seperti di triatmono baru turing di asean udah berisik,tri lo bisa gak begini ?

66. bean06 - January 15, 2013

Sekiranya ini dapat membantu, ane minta tolongin temen di sono buat ngartiin tulisan “Sansekerta” tsb :

The Ninja 250 is a car that coding the ABS brake system, all vehicles produced in Thailand.
After the ER250 be sold out within a couple months to March this year that the price 130000-148000 baht Thailand.

67. bean06 - January 15, 2013

Wah salah posting maaf, di topic sebelah harusnya

68. Ganzimaru - January 15, 2013
69. brrocoly69 - January 15, 2013

wah ko pasti urang bapitih (orang banyak duit), uang sakunya 1 bulan berapaan om? pengen sih tapi mikirin ongkosnya widiw. . . . .

70. ayoi - January 15, 2013

maknyoss tenan wong iki….kenthiiir sip nyaline gedeee…..

71. bedjo - January 16, 2013

wak kaji, itu motornya beli baru lagi apa yg ilang udah ketemu…???

72. reskinsrlh - January 16, 2013

Kalau dia pake matic2 yg kroco pasti udah pilek kali tuh matic di aja keliling duniam..

73. 848 - January 16, 2013

Nah..kalo yang gituan mah gampang bisa diurus,Yang jadi Pertanyaan sy si Kang JJ dapet duit dari mana ya???Padahal tiap hr kerjaanya turing mulu..baru balik th 2014,mungkin juragan ada yang tau kerjaanya Kang JJ??hehehehe

74. rezaalthaf - January 16, 2013

bro tolong saya dijelaskan bagaimana dengan plat nomor kendaraan ketika melintasi semua negara apakah diganti plat nomor sesuai negara yg berlaku atau tetap pakai nomorkendaraan indonesia?

75. novi - January 16, 2013

“Ride for Peace – Solo Riding Exploring Five Continents on Two Wheels” = berkendara dengan damai – berkendara ke Solo menjelajahi lima kabupaten dengan roda dua.
walah ternyata keliling solo toh… :P

76. yanusakti - January 16, 2013

Salut… kpengen tp kg’ punya motor bgituan.. punya’pun g bakal bisa naik. ketinggian jok nya :D

77. Mercon C gak Mretelli - January 16, 2013

emang ada juga ya STNK internasional?

78. tukang_gorengan - January 16, 2013

jadi inget Long Way Round nya Ewan Mcgregor sama Charley Boorman hehe.. emg bener2 tangguh motor BMW nya, salut dah untuk Kang JJ sama BMW Motorrad. *cheers*

79. [email protected] - January 16, 2013

salut buat kang jeje,saya baru keliling antar kampung aja,hehee…semoga bisa keliling dunia aamiin..

80. Jhon Speed - January 16, 2013

Komplit banget kang..hehehe.. makasih kang Sharingnya…

81. Jhon Speed - January 16, 2013

Luar Biasa dach Bro jefry..kereeen..

82. bachtiaryuan - January 16, 2013

terinspirasi sayah…..ayo pa haji,,kita keliling indonesia….dulu ajah…:)

83. pembalapkampung - January 16, 2013

@3koplak……emang anda sudah sampai dimana bro? heran koq sirik amat

84. bocah atlantis - January 16, 2013

kudu orang kaya nih yang bisa touring model gini…

85. efek126 - January 17, 2013

^modal kaya & berwawasan luas…..

86. jono - January 17, 2013

Wow mantapss kang

87. reskinsrlh - January 17, 2013

Keren

88.  - January 20, 2013

kaya banget ya ni orang,,

89. Reza Hidha TQ (@RezaHidhaTQ) - February 18, 2013

ikutttt

90. dodik - June 3, 2013

modal warisan seabreg ato bini kaya raya

91. berita forex - June 25, 2013

Magnificent goods from you, man. I have consider your stuff
prior to and you are just too wonderful. I actually like what
you’ve bought right here, really like what you are stating and the way in which during which you are saying it. You make it enjoyable and you continue to care for to keep it smart. I can’t wait to learn much more from you.

This is actually a great web site.

92. Jual Spare Part Motor - July 16, 2013

keliling dunia pake motor?….wooww…amazing banget

93. Lucky - October 19, 2013

Mantap,keliling Dunia Juga Gak Harus Pake Moge.banyak juga Bikers Luar Negeri Pake Motor cc kecil,seperti Sean Vespa,bikers Australia Pakai Yamaha yzf 125,pasangan Suami istri asal kanada Pakai Yamaha Xtz 250,dan Daniel velandia dari columbia-india pakai Bajaj pulsar 180cc.kelebihan cc kecil juga Bisa isi Premium(hemat kantong) menekan Pengeluaran,bisa diperbaiki/service sendiri di pinggir jalan Ketika Trouble,Riding Lebih santai,Sparepart Murah dan bisa stok di Bagasi,tidak Jadi Incaran Maling Saat jalan/Parkir,hemat Oli max Motor kaya Diatas cuma 1,2L.
Dan yang Pasti Gue juga Terinspirasi Seperti Mereka,gak Usah Jauh2 dulu Lah Keliling Negara Asean minimal.



%d bloggers like this: