460x110_sep13

Explanation_hyperstrada0

Bro sekalian, Buat yang belum dapat hadir di  Press Con nya Ducati Hyperstrada gak usah khawatir, Via sekuel artikel 2013 Ducati Hyperstrada, tmcblog akan share semua yang tmcblog dapat di acara yang total berlangsung selama 3 hari 2 malam di Bali akhir pekan lalu. Artikel Sekuel Penjelasan Teknis akan tmcblog bagi bagi menjadi 2 bagian yakni penjelasan Teknis Fitur umum dan Penjelasan Fitur Touring dan untuk sekuel pertama ini akan tmcblog ungkapkan penjelasan teknis mengenai aspek spesifikasi umum Ducati Hyperstrada yang disampaikan oleh Davide Delorenzi, Ducati Asia Area Manager . . . Dengan Dialek Bahasa Inggris yang lebih nge-amerika (bila dibandingkan dialeknya Valentino Rossi) Davide menjelaskan spek Jeroan Ducati Hyperstrada sebagai berikut (siap siap ini bakalan panjaaang )  . . . Cekidot

banner-cb150r-440x100_2

Explanation_hyperstrada1

Explanation_hyperstrada2

Kita Mulai dari sasis . . . sasis Motor yang sementara ini (sambil menunggu kepastian PPNBm ) di state sekitar 330-an juta rupiah oleh Ducati Indonesia, berbagi part (common Part) dengan sasis Hypermotard yang pernah tmcblog ulas di artikel khusus februari lalu dan terdiri dari 3 bagian . . . Bagian depan terbuat dari baja dengan form twin spar jalinan teralis, Bagian subframenya terbuat dari material hasil pengembangan dari Plastik yang ducati bilang Techno Polimer plus  swing arm single side dengan bahan Die Cast Alumunium

Explanation_hyperstrada3

Explanation_hyperstrada4

Davide lalu menjelaskan masalah roda dimana Ducati Hyperstrada sudah mengadopsi sistem pengereman ABS dengan rem depan 4 piston monoblok dengan brand Brembo. Rem belakang hanya menggunakan 2 piston . . . kenapa rembelakang seperti dianak tirikan? hmmm saat test ride muterin Bali saja . . . 100% tmcblog cuma pake rem depan mas bro, rem belakang nggak dipake sama sekali oleh tmcblog . . . Lalu kita masuk ke Tangki bahan bakar yang terbuat dari plastik yang disebut Ducati sebagai Roto-Moulted Fuel tank . . . Jadi bukan Tangki yang dikondomin Plastik, tapi tangki Plastik secara keseluruhan . .. plastik? sereeem dong . . . nggak mas bro, bahan plastinya sudah memenuhi standar keselamatan . .. kapan kapan kita bahas mendalam mengenai material ini, Insya Allah . .

2013-ducati-hypermotard-cad-drawings-17

Explanation_hyperstrada5

Teruuus, Davide menjelaskan soal Ergonomi . . . seperti terlihat pada dua gambar diatas, Ergonomi (riding style ) dari Hyperstrada memang touring banget, plus joknya memiliki kontur lebih lebar dan rata, ditujukan untuk membuat riding touring lebih nyaman . .. mengenai seat heightnya yang “Asian Size Friendly” 81 mm sudah tmcblog ulas secara mendalam di artikel terdahulu . . . silah di cekidot di artikelnya ya

Explanation_hyperstrada16

Explanation_hyperstrada15

Lalu Davide menjelaskan masalah dapur pacu dari Hyperstrada ini . . . dengan mesin DOHC 821 cc L ini adalah mesin yang sama sekali baru mas bro . . .masin yang dibangun khusus oleh Ducati untuk Hypermotard/Hyperstrada ini dengan nama model testastretta generasi kedua yang memiliki Interval service lebih lama yakni 15 ribu km untuk servis rutin dan pengecekan jarak clearance Klep setiap 30 ribu km . . . woow, walaupun kayaknya pengguna Ducati di Indonesia kebanyakan jarang yang mennyentuh angka 30 ribu dalam jangka waktu 1-2 tahun, ini tetap mengartikan bahwa mesinnya tambah presisi nih Ducati, imho

Explanation_hyperstrada17

hyper-dyno

Lalu kita masuk ke masalah Spek Variabel Performanya .  . Berdasrkan pengukuran Dyno internal Ducati, Hyperstrada ini (yang common part mesinnya dengan Hypermotard) memiliki power maksimum 110 hp pada raungan mesin 9.250 rpm dan jambakan torsi maksimum 9,1 kgm pada raungan mesin 7750 rpm . . .

Explanation_hyperstrada12

Menurut Davide Juga, Motor ini sama persis dengan Hyperstrada Versi eropa soal elektronik . . . Ducati Hyperstrada menganut teknologi Ride by wire dimana kita dapat membuat kendali terhadap motor dilakukan oleh elektronik . . . terdapat 3 mode pengendalian yang dapat di ubah ubah melalui tombol di panel setang kiri yakni Mode terendah Urban yang membatasi Power hingga 75 hp saja dengan Traction Control level 6 dan ABS level 2 . . . Mode tengah Touring dimana power bisa dikail hingga maksimum 110 hp dengan Traction Control Level 4 dan ABS level 2 . . .masih safe dan smooth . . . mau yang galak . . . ubah ke mode sport dengan traction control level 3 dan ABS level 1 . . . bro pun bisa mengeset menjadi setting custom misalnya Tanpa Traction Control . .. TC = 0 dan Tanpa ABS  . ..  dan bisa menyimpan di  storace ECU Hyperstrada dan memanggilnya kapansaja . . . widiiih entah kayak apa?

Explanation_hyperstrada11

Dengan pilihan seting TC sebanyak 7 ( 6 Setingan TC plus TC = 0) dan 3 piliuhan setingan ABS ( 2 setingan ABS plus ABS = 0) jadi Total Kita memiliki sekitar 27 pilihan seting mulai dari tanpa TC tanpa ABS sampai TC maksimum plus ABS maksimum . . . mo pilih yang mana . . . tinggal pencet encet tombol di setang kiri brooo . ..  canggiiih . . . nanti kita bicarakan test artikel Test ride yaa

Explanation_hyperstrada18

Explanation_hyperstrada19

Explanation_hyperstrada20

Kebanyakan peserta test ride terutama dari para pemilik ducati seperti pak Jade dari perwakilan DDOCI mengatakan bahwa mesin Hyperstrada ini lebih smooth dibanding mesin mesin ducati sebelumnya . . . hmmm penjelasannya ada di 3 gambar di atas mas bro dimana di mesin testastretta generasi ke dua ini, ducati membangun mesin dengan saluran Intake udara baru plus SAS . . .re-desain layout intake dan posisi injecktor sehingga membuat campuran bahan bakar lebih merata plus dihadirkannya kopling basah yang memiliki karakter slippery (licin) bedeeeh

Explanation_hyperstrada21

Motor touring butuh pendingin yang mantabbb karena perjalanan jauuuh . ..  So  . . . Ducati mendasain Radiator pendingin mesin berpendingin carian dengan efesien sehingga tanpa membutuhkan lagi pendingin Oli . ..  nahhh kayak apa penjelasan teknis mengenai Fitur Touringnya yang membedakan dengan Hypermotard series? monggo dinantikan artikel sekuel lanjutannya . . . untuk sementara silahkan dikunyah kunyah dan semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

tmcblog youtube channel
TMC ADS

58 COMMENTS

  1. High Tech …need high knowledge…n high price … ampun dach…jadi penontron aja …ra kuat tuku ….. ngomong-ngomong kalo mongtor adventure jagoannya bukannya GS series bmw tuh kayak yg dipake kang JJ …. kayaknya electronicnya gak se kompleks itu ya ….

    Guest
  2. gagah tenan

    http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016732590/jual-kunci-rahasia-dan-alarm-dengan-sensor-sentuh-untuk-semua-jenis-motor/

    http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016098325/jual-cover-sarung-selimut-motor-murah-berkualitas-bahan-tebal-kuat-dan-waterproof/

    http://www.kaskus.co.id/thread/511e0ccee974b46f37000001/jual-tank-bag-seat-bag-side-bag-sepatu-turing-produk-7gear-muraaahhh/

    Guest
  3. Bung Taufik terimakasih Artikelnya komplit, yang banyak motor gak kebeli, tolong bikin artikel tentang Motor Roda Dua yang beratap seperti yang dari Toyota atau Roda Tiga, Pingin Motor motor yang agak aneh lah, inginber kendara motor yang NYAMAN

    Guest
  4. buat Mas Taufik foto2nya kurang banyak,Bali pemandangannya indah disandingkan dengan Hyperstrada bila diprint+diperbesar bisa jadi Poster,supaya semangat nabung.(gambar yg ditampilkan versi tehnikal Ducati)

    Guest
  5. 800cc dengan output 110hp? Yoyoda Yasir aja kalah, cuma 109HP DOHC VVT-i wkwkwkw…….

    Masih mending Jazz VTEC lama, SOHC Output 110hp, sekarang malah i-VTEC SOHC 120HP.

    http://kobayogastea.blogspot.com/2013/09/tes-baby-shiro-z-ala-chef-iwbjozzz.html

    Guest
  6. wkwkwkw mas kobayogas ngimpi, itu mesin kalo dicangkok ke engine bay mobil, powernya gak bakal 110hp lagi. paling banter 50hp.. mbandingin kok gak apple to apple :p

    Guest
  7. @tukang gorengan

    hihihi iya sih. cuma secara teori kan sama aja ya harusnya. hasil outputnya juga sama2 on crank keknya hehehe.
    cuma kok ini (atau mesin motor lain yg berkubikasi sama ), outputnya nyamain atau bahkan ngelebihin mesin mobil yg kubikasinya sama atau bahkan di atasnya hehehe…

    Guest
  8. @25. dewa
    nanti terutama di sekuel test ride akan ada banyak foto terain Bali mas bro . . . ditunggu yah 🙂

    @34. bead revoist bms
    ngak ahh dirumah adanya bebek sama metik tuh, momentum nya aja yang lagi banyak moge yang di test

    Administrator
  9. ELEK….JEK APIK’AN CB
    GǍX̜ ̣ PENGEN TUKU
    WONG ANCEN GǍX̜ ̣ DUWE DUWET

    Шª ΚªΚª=)) ΚªΚª Κª…..

    Guest
  10. Mantap Mas Aji,Lengkap reviewnya

    itulah new Vixion mas,Dibalik Tampilan Sangarnya ada Juga Kok Penyakitnya
    http://www.lintasmotor.com/2013/09/hot-modifikasi-scorpion-street-fighter.html

    Guest
  11. menang moto gp kagak, tenaga memble, peforma drop, cuma motor mahal doang + gengsi. mending z800 harga dan peforma lebih realitis.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here