jump to navigation

Motor Yamaha Pakai Muffler Sakura … Garansi tidak hilang April 18, 2014

Posted by Taufik TMCBlog in : bike accecories-part, yamaha , trackback

460x110_april

460x110

image

bro sekalian, diwakili oleh bro Faizal, tmcblog menjadi satu satunya blogger yang hadir di acara press converence pabrik muffler sakura (d.h smf ) kemarin . FYI di pabrik inilah muffler yang dipakai Bradley smith dan pol espargaro dari tim Yamaha tech 3 MotoGP dibuat. Pabrik sakura ini bukan hanya membuat muffler untuk motogp namun juga untuk motor motor harian Yamaha. Mufler sakura Untuk saat ini diproduksi untuk Yamaha vixion, Jupiter Z1 di pertengahan tahun, dan YZF R6 akhir tahun. Sakura menjelaskan bahwa semua muffler diproduksi Di indonesia
Dengan kekuatan produksi 1 bulan 2000 PCS.

banner-440x100px

banner-460feb14

image

:roll: muffler untuk Jupiter Z1

sakura menjelaskan bahwa untuk muffler Vixion, mei sudah bisa Di dapatkan Di dealer yamaha
Dengan garansi 3 bulan. Berapa harganya?  1,9 juta Dr distributor. Untuk mencegah pemalsuan akan dilengkapi nomer lot, tanggal, bulan & taun produksi disetiap produk

image

kapasitas produksi pabrik muffler sakura sekarang sekitar 2,6 juta unit muffler/tahun dengan komposisi pabrik ada 3 plan. plant 1 untuk proses welding atau pengelasan Dan painting atau pengecatan motor mio, byson, nvl.
dengan masing-masing kapasitas produksi mio 5000-6000 / hari. sedangkan untuk byson sekitar 300 / hari Dan untuk nvl sendiri mencapai 750/hari. Plant 2 untuk moped, seperti Vega r. Plant 1 yang juga merupakan bagian plant yang didatangi blogger dan jurnalis berfungsi untuk tamping.
ada 300 karyawan yg Di plan 1.

image

tentang muffler nvl:

Nilai ambang suara desibel yang dihasilkan oleh muffler sakura untuk New Vixion Lighting maksimal 90db dgn db killer
… Angka segini masuk ambang batas kementrian lingkungan hidup nggak ya? .. Namun ada berita menarik nih mas bro .. Yakni pihak Yamaha Indonesia yg diwakili pak Muhammad Abidin mengatakan, jika motor Yamaha menggunakan muffler sakura tanpa dimodif, garansi tidak akan hilang. namun jika muffler dimodif misal, db killer dicopot makan garansi mesin akan hilang

image

Satu lagi …. menurut kabar yg beredar, Yamaha tengah menyiapkan motor baru lagi dan akan dilengkapi dengan pake optional muffler sakura, seperti R15 yg kemarin baru Direlease … Hmm R25 kah?  Hehehe silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna

Taufik of Buitenzorg

Bonus .. Foto sunset di gili trawangan :

image

Comments»

1. gaaralovers - April 18, 2014

Sip!

s_o - April 18, 2014

wah ini :mrgreen:

ridertasik - April 18, 2014
novi - April 18, 2014

di potong ga sama polisi di depok. soalnya polisi di depok galak urusan knalpot

warungasep - April 18, 2014

Sakura di warung saya Rp.1000..(mie instan)
:D
warungasep.wordpress.com/2014/04/18/♣-sebenarnya-cbr150r-dan-yzf-r15-itu-sama-sama-keren-dan-unyu-unyu-♣/

Stonecold - April 19, 2014

OOww…ternyata sakura itu buatan lokal yah?? Hadeuuhh. harga buat vixion mau 2 jeti ?? Buat mesin standar bisa ga tuh??

2. gaaralovers - April 18, 2014

Jos!

3. gaaralovers - April 18, 2014

๓คภtคק

4. gaaralovers - April 18, 2014

ค๒รєภ

5. gaaralovers - April 18, 2014

A

6. dugul - April 18, 2014

wow

warungasep - April 18, 2014

Pertamax ya,numpang dong…

warungasep.wordpress.com/2014/04/18/☠-kuntilanak-itu-beli-baju-putihnya-di-mall-mana-ya-☠/

Mas Odi - April 18, 2014
mariodevan - April 18, 2014
enoanderson - April 18, 2014
fachruldeanca - April 18, 2014

semoga nggak kena tilang pak polisi :D

Bintang Jati - April 18, 2014

sunset nya mantab bang…jadi pingin ke gili lagi…
http://bintangjati.com/2014/04/17/vespa-946-terdeteksi-di-bali/

fachruldeanca - April 18, 2014
Lovemotobike - April 18, 2014

numpang gan. garansi tidak hilang, semoga polisi juga nggak nilang, hihihihi

————————————
modif R15 dengan budget 1 juta, enaknya apa aja ya??

http://lovemotobike.com/2014/04/18/permanis-wujud-yamaha-r15-dengan-biaya-dibawah-satu-juta-kira-kira-apa-aja-yak/

monkeymotoblog - April 18, 2014
kampret - April 18, 2014

kalau pake knalpot merk naruto atau sasuke gimana wak?

prasetyo676 - April 18, 2014

Aman dari razia knalpot berisik gak ya..?

Nitip, Honda CB400 Super Four Cocok Buat di Indonesia :
https://prasetyo676.wordpress.com/2014/04/18/honda-cb400-super-four/

novi - April 18, 2014

yang ga di tilang cuma 5 motor R15 doang. soalnya sakura kan knalpot standar pabrik-nya. klo yang lain tetep ditilang.
jadi sekarang yang bego sapa?

7. dugul - April 18, 2014

udah lama jg gak pertamax.hoho

8. fb wong deso - April 18, 2014

pertamax

9. Motor Fairing - April 18, 2014

bukannya Jupiter Z1 sama matic 115cc injeksi udah dibikin knalpotnya sm Sakura dan udah pula dijual di dealer yamaha ya mas? apa ada versi 2 nya?

10. fb wong deso - April 18, 2014

ya ketiak . .ekh ketiga

11. warungasep - April 18, 2014

90db mantap

RPMspeed - April 18, 2014

Lolos di beres yamaha nggak lolos dari kepolisian :D

—————————————
Upgrade Vario 125
http://rpmsuper.wordpress.com/2014/04/18/upgrade-honda-vario-125-tembus-20hp/

12. bonz - April 18, 2014

mahal amat ya utk bersaing masuk pasaran sini….utk NJMX ada gk?

13. Z1 Mania - April 18, 2014

Pengen ganti knalpot. Tapi takut jd masalah pas kena razia polisi. Ntar dipermasalahin. *jd galau.

14. sodiqcho - April 18, 2014

Fotone sunsete ngepingini

15. aripitstop - April 18, 2014
16. devmcry - April 18, 2014

asek deh kalo githu..

17. Kobayogas - April 18, 2014
18. N.N. Shtuchkin - April 18, 2014

tanda r25 mau kluar tuh
http://blog-tiktoknet.rhcloud.com/

19. kang onar - April 18, 2014

josh. . .marai ngiler. .

20. orang lewat - April 18, 2014

1 pertanyaan….
kalo lg ada razia d jalan.. kalo pake knalpot ini bakal kena ga?

21. Fitready - April 18, 2014

buat merk selain yamaha ada gak ?

22. abah - April 18, 2014

Sakura=sakukurata,,, :D lumayan hargane kang…

sakura R15 sm NVL sama dudukannya ya kang??

23. halim - April 18, 2014

sakura yang ga bikin sakurata.. :D

24. amry hermawan - April 18, 2014

Kl tuk old vixion bisa ga mas ??

25. andychiko - April 18, 2014

kalo lg ada razia d jalan..
kalo pake knalpot ini bakal
kena ga?
Wis ngidam ki

26. IPY - April 18, 2014

Mulai jual part pendongkrak….nice lah…

27. d3nggol - April 18, 2014

apa gak kena semprit polisi??

28. dexter - April 18, 2014

Wah.waahh…
Harus beli ni…

29. silentim - April 18, 2014

Kok mahal amat? Trus Modelnya kayak bikinan tukang knalpot aja.. Bunder doang.. Silencer kecil gitu ya pasti cempreng coz luas peredamannya sedikit (udah pengalaman soalnya)..

silentim - April 18, 2014
pengamat - April 19, 2014

bener boz di tukang knalpot bikin cuma 600rb bahan stenlis steel, model apa juga bisa. kalo ini marginnya >300% joss.

30. mbah ted - April 18, 2014

Wih…apakah suaranya se ‘menggelegar’ MCC? Time will tell…

31. Followers - April 18, 2014

Kasihan polisi cape cape tilang motor yang pake knalpot racing, eh yamaha seakan akan melegalkan pemakaian.

32. motobikerz - April 18, 2014

Nih.. Gadis-gadis cantik naik motor keliling Bandar Lampung
http://motobikerz.com/archives/3295

33. Huaha - April 18, 2014

Gila banget yamaha xD, ga salah nih knalpot ginian ga bikin garansi ilang ? penasaran suaranya gimana? penasaran kena tilang ato ngga? ato jangan2 ngeles aja yah klo kepergok, bilang aja ini dari pabriknya udah gini bapak polisi yang terhormat xD

34. kebo ijo - April 18, 2014

kapasitas produksi pabrik muffler sakura sekarang
sekitar 2,6 juta unit muffler/tahun dengan komposisi
pabrik ada 3 plan. plant 1 untuk proses welding atau
pengelasan Dan painting atau pengecatan motor mio,
byson, nvl.

wak ini nulisnya yg slh atw gmn y???

35. Rudy Parutan Kelapa - April 18, 2014

jika motor yamaha menggunakan muffler sakura tanpa dimodif, yamaha indonesia menjamin garansi tidak akan hilang.
tapi kalo pake muffler sakura kena razia pak pol (bukan pol espargaro, apalagi pelawak polo), yamaha indonesia berani mau menjamin gak…???

Lionel Andrean Giordanu - April 19, 2014

ANDAI PIHAK YAMAHA BISA MENJAMIN PAKAI KNALPOT SAKURA TIDAK AKAN DI TILANG POL… PASTI LARIS INI KNALPOT…

36. RPMspeed - April 18, 2014

Harganya juga lumayan ya :o

—————————————
Upgrade Vario 125
http://rpmsuper.wordpress.com/2014/04/18/upgrade-honda-vario-125-tembus-20hp/

37. bikerlover250 - April 18, 2014

Toyota Motor Corporation / TMC blog

38. anggora - April 18, 2014

ntar old vixiq berubah jadi tim satelit moto gp kalo ganti muffler ini wak haji….. hehehe

39. wtf170 - April 18, 2014

modele ra asik neng ati…

40. paperiders - April 18, 2014

walo pake db killer yg namanya knalpot racing di tilang atau pas gesek 5 tahunan kalo ga knalpot standar ga di gesek :mrgreen:

41. anggora - April 18, 2014

mungkin nanti ada tulisan SNI, DOT di knalpot ini ya wak? agar aman pas ada razia polisi….. mungkin juga pihak yamaha harusnya udah konsultasi dulu sama pihak kepolisian sebelum luncurin knalpot buat masal ini…..

netral team - April 18, 2014

Pstinya dg,masa standard pabrikan ga konsul dolo sama pak polisi,cma dblog nya ga lgs dceritain,biasa br rame,u knowlah klo ga bsa bikin penasan dapur tmcblog ga ngebul BrOooo,alias britanya ga seru…psti ada skenario lah….sngaja br ada pertanyaan….Mmmmm

42. 4G92Mivec - April 18, 2014
43. 0yoo - April 18, 2014

ga mampir skalian ke gili manuk

44. haryudh4 - April 18, 2014

Tapi misal ada razia, aman gak ya?

45. Reza - April 18, 2014

Masalahnya polisi ga pernah ada yg bawa db meter, klo udah keliatan pake knalpot balap, langsung aja main stop, masalah suara masih diambang batas mah mereka ga peduli :( :(

46. superior_red - April 18, 2014

garansi ga hilang,tapi kena tilang

47. Pengamat FB.BUDAK MERK. - April 18, 2014

Ngajarin ga bener aja ne. Ga d ajarin aja udah pd pakai knalpot racing kaleng rombeng yg suaranya ga karuan. ,APALAGI MALAH D SEDIA IN’ ya bener ada db killernya cuma buat alesan,pantes2 ga bakalan pd d pakai .makin byk aja ne Alay jalanan

Sanghyangasmara - April 18, 2014

Klw alay d jalann kn Septi, Om… Tdk sprti d sirkuit ^,^
Smkin lm akn smkin tw ntar… Biasae wong kpepet yo opo ae d tempuh, ben g smkin trpuruk d bwh 30%

RUSSIA - April 18, 2014

Mending alay masih punya karakter dari pada monoton… Suruh apa aja nganuuuuut aja dasar orang monoton otaknya ngga maju2

48. Mat Solar - April 18, 2014

Lagi-lagi satu produk lokal Indonesia masuk kelas internasional,bahkan sekelas MotoGP,ora ora edan kuwi bro !
Semakin hari nama Indonesia semakin populer dimata dunia,karena kualitasnya yang mumpuni,jadi kita sebagai warga Indonesia patut berbangga.
Produk lokal kualitas export,juosss kotos-kotos…!

49. monkeymotoblog - April 18, 2014
50. skotlite - April 18, 2014

misalnya suara knalpot racingn dri yamaha msih diambang batas trus ttep ditilang sma polisi..brrti polisinya itu mng lagi cari duit x..hehe krn mnrut aturan knalpot racing itu ditlang krn suarannya yg berisik dn melebihi ambang batas bkan krn knalpot racingnya, knalpot yg standar aj klo dibobok spy suaranya berisik jg bsa kena tilang, jd klo s’ndainya knalpot racing yamaha suaranya msih diambang batas tp ttep kna tilang brarti itu polisi gk tw aturan dn pngin mnghalalkan sgla cra bwt dpt duit…
hahaha pantes aj rata2 perut pak polisi bnyk yg buncit…!

satrianunggangvixie - April 18, 2014

Di sebagian masuarakat malah bnyak yg bilang bahwa polisi itu masuk neraka semua

51. KAMEN RIDER GAIM - April 18, 2014

nah itu dia kalimat terakhir nya

R25

lamaaaaaaaaaaaaa

keburu beli ninja 250r karbu nih

ZX-KRR - April 18, 2014

kenapa bukan ninja 250 fi gan?

52. fickyandy - April 18, 2014

nice info
kalau yamaha betul keluarin knalpot racing untuk motornya, perlu dicoba

53. cahyadip - April 18, 2014
54. Naseem Hamed - April 18, 2014

wiih keren pic gili nya.

55. Sanghyangasmara - April 18, 2014

Kit resmi… 1.9jt.
Tk pkir 900an… hehe…

56. Archi - April 18, 2014

Wah wak haji mampir ke daerah ane gak lapor lapor

57. ndas becak - April 18, 2014

hidup knalpot brongg….

58. ndas becak - April 18, 2014

hidup yamaha…semakin di depan…i love it…..brungg.brungg….tetangga sebelah makin gak kliatan…ngohahahaha

peyek - April 18, 2014

salam 46detik. Ngoahaha

59. ipapz - April 18, 2014

wak haji ke tempat lapak ane kerja gk bilang2,mending nanya ma ane biar jelas wkwkwkwk

60. Ferboes Richardson - April 18, 2014
61. mglnblog - April 18, 2014
62. 412 - April 18, 2014

Bener wak haji lagi bikin bwat R25…tapi motornya nggak boleh dilihat

63. anggitraveizo http://xgrid.heck.in - April 18, 2014

gimana wak haji tolong dong bikin artikel klo knalpot mufler sakura boleh dipakai harian & gak ditilang sama polish saya tunggu next postnya.secara aturan kan 90 db max boleh. Klo gak boleh kebangetan polisinya . Nitip wak haji free download video klip http://www.xgrid.heck.in/video-klip-linkin_park_castle_of_glass-3.xhtml

64. anggitraveizo http://xgrid.heck.in - April 18, 2014

gimana wak haji tolong dong bikin artikel
klo knalpot mufler sakura boleh dipakai
harian & gak ditilang sama polish saya
tunggu next postnya.secara aturan kan 90
db max boleh. Klo gak boleh kebangetan
polisinya.

65. rdy - April 18, 2014

gak masalah pakai knalpot sakura.asal DB killernya dipakai

lalu yg jadi masalah.headlamp yg berwarna putih itu masalah gak ?????? nyalahi aturan gak

Reza - April 18, 2014

klo melanggar aturan gimana nasib vario 110, itu kan LED-nya putih

66. johny - April 18, 2014

Lah ini YIMM gimana sih? Pemerintah kan sudah melarang pemakaian knalpot racing, lah ini malah pabrikan motornya sendiri yang malah menyediakan knalpot racing, dijual bebas untuk umum malah.. makin tambah sruntulan kalo begini motor yamaha,.. Kemaren aja, saya hampir diserempet sm NVL, gara2 tuh NVL mw nunjukin performa di depan CBR150R, yang kebetulan lagi jalan kalem di sebelah saya…
bener2 aneh banget nih YIMM..

Reza - April 18, 2014

tergantung si pemake juga, ga semua orang pake knalpot racing buat ugal-ugalan ga jelas di jalan raya. Mungkin yang bawa itu abg labil yg ga bisa liat situasi & kondisi dijalan waktu mau ngetes performa

lingkaran - April 18, 2014

Yang dilarang bukan knalpot racing tapi knalpot yang menyebabkan suaranya jadi melebihi ambang batas kebisingan

Kalo sruntulan mah ga usah liat merk motornya tapi liat kelakuan dan kesadaran diri yang ada pada orangnya

novi - April 18, 2014

yang salah tuh polisi+pemerintah. lah klo motor ga boleh pake knalpot merk lain. itukan sama aja lo dipaksa beli merk tertentu klo knalpot lo rusak, sangat subjektif. mestiya regulasinya di buat standarisasi knalpot dengan SNI atau sejenisnya.

67. ipanase - April 18, 2014
68. malambora - April 18, 2014

foto bonusnnya mantap wak

69. yudi - April 18, 2014

Apa Wak haji lagi di lombok sekarang ?

70. kang_ulid - April 18, 2014

ini produk indonesia atau jepang ya? beli ah…

ulidblog.com/2014/04/17/yzf-r15-artis-jagad-maya-honda-pun-mencari-perhatian/

71. suetoclub - April 18, 2014

koar2 safety g ikut kls 150 tpi akhirnya bikin knalpot racing juga…wkwkwkwkwk yamaha2..

72. tapir rawa - April 18, 2014

90db tergolong ringan mas. Pernah ngetes NVL full standar pake db meter (lupa merknya). Kondisi idle +/- 78db, geber 7.000 RPM dapet +/- 89db. Ngukurnya diluar ruangan, jarak kisaran 30cm dari ujung knalpon & rada kebawah (biar ga kena angin dari knalpot)

73. milemotoblog - April 18, 2014

kereeeeeennnn produk lokal top

oh iya, silakan dikunjungi … http://milemoto.wordpress.com/

74. Bonsai Biker - April 18, 2014
75. KUDA jingkrak - April 18, 2014

knalpot kesukaan polisi neh…. Alsan tidak standar/bukan standar pabrikan dapat duit deh :D

Klo 200cc kbawah sih mang maksimalnya 90 db kali wak. Tapi ada aja alasan plisinya untuk ttp nilang knalpot gnian :D

novi - April 18, 2014

tapi yang pake harley kaga bakal di tilang. padahal suara knalpotnya udah kaya gledeg

76. Black or white - April 18, 2014

ada buat motor beat gak kang? kasihan nenek saya mewek pgin di beliin knalpot racing

77. Black or white - April 18, 2014

ada yang buat motor beat gak kang? kasihan nenek saya mewek pgin di beliin knalpot racing

78. Black or white - April 18, 2014

baru tahu saya knalpot racing tidak safety (@-@)

novi - April 18, 2014

gue justru lihat knalpot yang sangat racing justru sangat safety.
coba lo bayangin knalpot berbahan dasar karbon udah di pake keliling tetep damai sama betis. ga kaya knalpot ori banyak motor yang nyusss klo intim sama betis. klo masalah seruntulan… banyakan yang pake knalpot ori yang justru lebih seruntulan.

79. mas huda - April 18, 2014

wah ajib dong pake knalpotnya…

80. ari - April 18, 2014
81. motorohim - April 18, 2014
82. motobikerz - April 18, 2014

Pengalaman pakai Jaket Respiro Skelter R3 plus base layernya
http://motobikerz.com/archives/3262

83. ki Salim - April 18, 2014

josss…… tidak perlu ganti knalpot lagi.. tapi kok mx tidak ada ya wak??

http://aromarpm.com/2014/04/17/sumber-kencono-nikungnya-pun-tak-akan-pernah-ku-lupa/

84. Lovemotobike - April 18, 2014

nitip lagi wak haji

———————————–
spyshot honda K45 makin sering muncul, pertanda AHM khawatir dengan R15?

http://lovemotobike.com/2014/04/18/opini-bocoran-part-honda-k45-makin-intensif-keluar-bentuk-kekhawatiran-ahm-terhadap-r15/

85. ihsan - April 18, 2014

pengen beli motor warna itu .,, dmn yya.? + pengen denger bunyi suara sakura.? dmn?

86. motogokil - April 18, 2014
87. Bagus - April 18, 2014

Btw nih ya..standar tengahny kucu dicopot ato udh ad penahanny yg nyatu sm knalpot?

88. OTOSL - April 18, 2014

Mantap.. review Mazda6 dengan desain KODO Soul of Motion
http://stephenlangitan.com/archives/86996

89. anggiwirza - April 18, 2014

IMHO

sakura untuk pasar indonesia kok finishingnya kayak asal ya?
malah mendingan knalpot stainless custom lokal deh kang.

kenapa ya?

90. Bonsai Biker - April 18, 2014
91. nay - April 18, 2014

wew…g nyangka made in dlm negri

92. masshar2000 - April 18, 2014
93. novi - April 18, 2014

mulai dari sini gue berharap yamaha + kang Taufik dan bloger kondang lainnya memberikan tekanan kepada pemerintah terutama jajaran polisi jangan asal tilang tentang knalpot aftermarket(gue ga suka ngebut knalpot racing). gue ga suka pake knalpot aftermarket, tapi asal tilang klo bukan ori sama aja memaksakan merk tertentu. sama aja mematikan industri kecil. harusnya yang ditekankan adalah standar atau batasan tertentu suatu produk, bahasa indonesia-nya SNI

novi - April 18, 2014

upsss…. ralat
knalpot aftermarket(gue ga suka nyebut knalpot racing)

94. Gayuh.D.C - April 18, 2014
95. skotlite - April 18, 2014

msalkan qt pke knalpot racing yg suarnya msih 90db masih ttep dtilang sma polisi, qta bwa aj keranah hukum trus sewa pngcara kondang dh, pasti polisi akan kalah, krn qt pnya alasan yg kuat yaitu knalpot racingnya suaranya msih diambang batas dn tdk mnyalahi aturan!
hehehe jgn dbwa serius y komen ane itu cma guyonan ane aj..

96. HirRo - April 18, 2014

buat NJMX enggak ada yah??

97. hayyu motor - April 19, 2014

mantap jika garansi nya tidak hilang, tapi kalo di pakai harian…masih diragukan untuk bisa aman melindas aspal. Aturan pasti tentang knalpot masih bikin jantung biker kempang kempis…jangan-jangan melanggar aturan dan dicopot, raib dah knalpot nya :-D

98. Roy (Sempak Operpret) - April 19, 2014

kalo sebelahnya biar kata masih garansi kadang bengkel nya gak mau tanggung jawab. masalah bohlam modar aja gak mau tanggung jawab apalg knalpot + mesin…

-_-“

99. motobikerz - April 19, 2014

Akrapovic Yamaha Vixion segera hadir
http://motobikerz.com/archives/6

100. machalesana - April 19, 2014

dijalan mah tetep ditilang ama polisi

101. Harusnya kalo lihat data Pabrikan, New Vixion Pakai Muffler Sakura nggak kena Tilang Polisi | tmcblog.com - April 21, 2014

[…] diskusi mas bro semua akan banyaknya pertanyaan yang masuk ke tmcblog saat pertama kali rilis artikel mengenai muffler Sakura yang secara Global dipakai di ajang MotoGP oleh Yamaha Tech3. Pertanyaan dan keraguan sobat sobat […]

102. dave - April 21, 2014

ditunggu r25 nya,,
btw jadi nya agak was2 kalo pake knalpot gini,,
soalnya ga ada pelindung nya,,
takut nti betis kebakar,, imho..

103. killbill1 - April 22, 2014

boleh minta contoh photo lot yg di knalpot!

104. ariefsetiyadi - April 22, 2014

kapan yo iso tumbass :(

105. Hattake17 - June 27, 2014

Kaya nya petinggi yamaha bohong tuhh.. salah satu pengguna r15 coba ngirim email k yamaha menanyakan perihal knalpot sakura d jawab klo pake knalpot sakura tetap akan menggugurkan garansi

106. ryan - September 13, 2014

lot tanggal produksinya sblah mna ya ? Saya beli di dealer yamaha tpi diliat” gk ada lot tanggal produksinya tuh.



%d bloggers like this: