jump to navigation

Jerez . . . Sirkuit Honda atau Sirkuit Yamaha? May 4, 2014

Posted by Taufik TMCBlog in : motogp , trackback

460x110_april

460x110kemanapun asik

lor_marc

Bro sekalian, Via artikel ini kita akan sama sama belajar menganalisis data untuk membuat analisa sederhana mengenai Karakter sirkuit yang berkaitan dengan karakter motor Motor yang dipakai di MotoGP 2014 dan mungkin juga karakter ridernya . . . mohon maaf baru kali ini kita mulai yakni dari jerez . . . tapi gak masalah tho? . . . better late than never . . .

Road to MotoGP 440x100

banner-460feb14

untuk mengenal karakter sirkuit mari kita mengetahui sirkuitnya itu sendiri mas bro cekidot gambar dari brembo berikut ini :

brembo-data

Untuk memulai analisa, boleh lah kitanya tmcblog beberkan dulu 4 data free Practice di bawah ini tentang bagaimana lap time parsial masing masing rider baik di sektor 1, 2, 3, dan 4 seperti di bawah ini :

jerez

coba bandingkan empat data data yang tmcblog dapatkan dari motogp.com mulai dari FP1 sampai FP 4 di bawah ini . . .

partial_FP1

partial_FP2

partial_FP3

partial_FP4

dari empat data di atas, sangat terlihat bahwa mulai FP1 sudah terlihat bahwa Marc Marquez sangat mendominasi sektor 1 dan sektor 3  . . sektor 1 kalau dilihat di denah sih memang rada kriting treknya . ..  sempit dan sangat pelan, banyak kelokan . . .  Lanjut Sektor 2  . . . Marquez itu paling parah di sektor 2. Dan Bukan Hanya Marquez , Pedrosapun di sektor 2 nggak terlalu istimewa laptime nya juga, cmiiw

Q2_analisis

Yup Repsol honda seperti kalah set sama Motor motor yamaha di sektor 2 . . . padalah kalo dilihat dari gambar, sektor 2 adalah sektor yang cukup sederhana, cuma satu tikungan parabolik ke kanan, lalu straight. Di sektor 2 Mulai dari FP1 sampai FP2  dikuasai oleh pembalap Yamaha, terlhat ada Rossi dan Lorenzo disana  . . .  artinya  . . . . Yamaha jago jalan straight dan Honda di jalur patah patah nih kesimpulannya? entahlah :D

sektor 3 memang karakter treknya mirip sektor satu, tikungan dengan straight pendek, Nggak heran Marquez melakukan laptime yang cepat pada 4 kali free Practice di sektor ini. sektor 4 , selain Pedrosa di FP3, kembali umumnya yang menorehkan laptime tercepat adalah dari kalangan pembalap Yamaha . . . Lorenzo dan Rossi beberapa kali tercepat di sektor ini . . . sektor ini (4) menjadi masalah kedua bagi Marc Marquez . . .

TMCBlog yakin Manager nya Marc pun  sadar akan hal ini dimana anak didiknya lambat di sektor 2 dan 4 . . . so Emelio Alzamota, manager tim ya Marquez sepertinya mempersiapkan ramuan khusus untuk membuat Marc bisa cepat di sektor ini . . . Ibarat kata, sektor 1 dan 3 sudah bagus, tinggal PR besarnya adalah bisa berkembang cepat fokus di S2 dan S4

partial_Q2

So akhirnya yang dilakukan Marc Marquez ada sesi Qualifikasi ke 2 seperti yang terlihat pada data diatasa adalah, bagaimana bisa mendekati laptime sektor 2 dan 4 nya duo lorenzo-rossi. Jika dilihat dari Data maka Laptime Marc diusahakan untuk di dekatkan ke Lorenzo dan Rossi di kedua Sektor tersebut . . .

Terlihat walaupun Marc Pole Possition, laptime di sector 2 dan 4 bocah ini masih agak sedikit lemah . . . Yup dengan Lorenzo lebih lambat 0,009 detik di sektor 2 dan  beda 0,057 detik lebih lambat  dibanding Lorenzo di sektor 4 . . . tapi itu udah cukup buat Marquez karena gap Ia dan Lorenzo di Sektor 1 dan sektor 3 jauh lebih lagi . . . so secara akumulatif, jadi deh Ia bisa raih Pole Possition . . .

hehehe menarik yaa mempelajari data data beginian . . . Bisa jadi data ini juga menggambarkan perbedaan karakter antara M1 dan RCV . . . ini belum bicara Desmosedici GP 14 lhoo . . . kapan kapan kita sama sama diskusikan lagi hal hal macam beginian silahkan dikunyah kunyah, semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

 

 

 

Comments»

1. tata - May 4, 2014

Sirkuitnya jagoan lokal spanyol pastinya

Masdaniblog - May 4, 2014
warungasep - May 4, 2014
ax125 - May 4, 2014

itu ya, sirkuitnya sering dipake MotoPrix ala spanyol –> CEV
wkwkwkwk

hardiasbantuly - May 4, 2014

tunggu racenya aja…
outline Honda CBR150 hehehe

orong-orong - May 5, 2014
2. Newbie player - May 4, 2014

Pertamax kah

3. hgt - May 4, 2014

berarti ada kemungkinan salip menyalip di tikungan tersebut…?

4. Junior - May 4, 2014

wesss kelempar dah,, koneksi lemotthhh…

5. mbuh Lah - May 4, 2014

Kapan – kapan dijelasin yach gmn mekanik MOtoGP menyeting pacuannya..pasti high tech banget

6. masshar2000 - May 4, 2014
7. gudex mimer - May 4, 2014

1

8. mfariseka - May 4, 2014

Sirkuitnya dani pedrosa

9. tata - May 4, 2014

Mungkin disini sudah terlihat dampak pemakaian sasis baru yamaha dan gerbox seamlessnya sudah sempurna
dan jika di tambah manajemen ban yg baik, bisa jauh ketinggalan ini…
tapi kita lihat saja keajaiban apa yg di buat marquez atau bahkan dani pedrosa

Taufik - May 4, 2014

yap bro, JL bisa kenceng sekarang di track yang tidak twisty, kebalikannya di track twisty Honda mulai garang . . . ini mulai kebalik :D

m4dc4t - May 4, 2014

Klo saya lihat mungkin karena motor RCV bisa ngambil corner entry lebih sempit atau dalam sedangkan M1 musti agak melebar dan kayanya torsi mesih V RCV lebih gede dari mesin inline M1 ya jadi superior di tikungan twist.

m4dc4t - May 4, 2014

Wak, apa maksud wak haji .. ini mulai kebalik….apakah karakter handling motor yg mulai kebalik? Secara dulu Yamaha bagus di tikungan2 and Honda sebaliknya?

Taufik - May 4, 2014

ya seperti itu lah . . . besok kita analisa lagi pake data race yaa

10. kang onar - May 4, 2014

Owh. . .Pencerahan kie. . .
Selamat pagi . . SARAPAN DULU DENGAN UDANG DIBALIK BAKWAN. . . . . .Ngoehehe. .

toretto - May 4, 2014

ngoahahahaha,,,,’

11. gaaralovers - May 4, 2014

Sip!

12. wewBUU - May 4, 2014

berarti memang dua duanya udah imbang. tapi kalo kalah, berarti rider dan teknologi kalah dikit, walaupun banyak

13. dd - May 4, 2014

10 besar

14. gurame - May 4, 2014

nice info,thanks wak haji..

15. cheetah250hp - May 4, 2014

rumit

16. jetwan tumpaker - May 4, 2014

ooo alzamora menejerin markes tho?! kalo yg bibit2 sama alberto piuj..wheleh..wheleh..

17. cheetah250hp - May 4, 2014

terlempar jauh karena baca dulu…

18. baha - May 4, 2014

mantap wa haji,

19. toretto - May 4, 2014

marquez masih sulit d hentikan,,,,bravo 46

20. wong lemot - May 4, 2014

masih ngarep rossi podium..

21. uutbeniandriyanto - May 4, 2014

mantabbb

22. uutbeniandriyanto - May 4, 2014

juossss

uutbeniandriyanto - May 4, 2014
23. vanderjar85 - May 4, 2014

Artikel ini sangat jauh lebih baik dan mendidik, dibandingkan artikel subliminal tetangga yg sangat fenomenal itu… Ngoahahaha..

24. jin sebelah - May 4, 2014

semua sirkuit cocok buat mm93 ngoahaha

Kuclux - May 4, 2014

Bigimane kalau sentul kecil atau sirkuit pasar senggol?

25. Masdaniblog - May 4, 2014
26. Deddy Yuser - May 4, 2014

pernah sekali ke jerez, ni sirkuit auranya memang beda wak haji.
plus pas ane bilang dari indonesia, orang orang n security jadi ramah banget…

27. cheetah250hp - May 4, 2014

support vale for pudium!

28. aripitstop - May 4, 2014
29. cipluk - May 4, 2014

imho mungkin benar apa yang dikatakan cal crutchlow wak, bahwa RC 213V bisa menikung dengan line berbentuk V shape yang mana sangat efektif untuk melibas tikungan2 sempit seperti di sektor 1 dan sektor 3 sirkuit jerez ini dan belum lagi didukung oleh akselerasi RC 213V yang terkenal paling ganas menjadikan makin cepat saja keluar dari corner, justru hal sebaliknya terjadi di sektor 2 dan 4 yang hanya terdiri atas tikungan berkarakter parabolik membuat kemampuan menikung V shape ala RC 213V jadi kurang berguna, sehingga rider2 Honda harus mengakui kecepatan rider2 Yamaha yang terkenal punya cornering speed yang lebih baik

ramsky - May 4, 2014

ane setuju nih sama komennya bro cipluk…

karakter tikungan2 di sektor genap emang lebih nguntungin rider M1 yang notabene lebih smooth waktu rolling speed..
karakter tikungan2 di sektor ganjil yang cenderung patah cocok buat rider RCV yang unggul di breaking point dan akselerasi….

ramsky - May 4, 2014

pengecualian buat hairpin jorge lorenzo (turn 13), siapa tau di sini lagi2 jadi andalan rider RCV buat ambil manuver pamungkas hingga lap terakhir… imho

Aralle - May 4, 2014

Sebenernya yg jadi masalah tikungan berbentuk v di rc213v harusnya berimbas pada pemakaian ban yg lebih boros. Tapi kenapa yamaha yg boros ban? Apakah pengaruh pada deliveri power motor yamaha yg terbuang sia sia?

m4dc4t - May 4, 2014

Bisa jadi karena elektronik RCV terutama kontrol traksi lebih bagus dan cocok dengan ban bridgstone 2014 jadi ban belakang RCV minim spin sehingga bisa lebih ngegrip dan lebih hemat ban. Klo dilihat sejak race Qatar hanya RCV team factory yg gak bermasalah dengan grip ban belakang terutama ban tipe hard. Yamaha factory dan satelit, team satelite honda yg base elektronik dan chasis 2013 serta Ducati semua bermasalah ban belakang cenderung spinning.

30. bark.. - May 4, 2014

selama marq masihh nunggang rcv.. semua sirkuit milik honda.. yakin dah.. :D
udang di balik bakwannya itu loh yg bikin marq hebat.. qehwhe…

paijo - May 4, 2014

Disektor braking juga hoda lebih baik. Makanya disirkuit patah-patah honda lebih baik, didukung akselerasi yg bagus. IMHO

31. komalader - May 4, 2014

Wow pinter bgt sih wak haji taufik ini, makanannya apa sih..

kang onar - May 4, 2014

yang jelas tidak makan UDANG DIBALIK BAKWAN. . !

32. arjuna - May 4, 2014

wooowww josss tambah ilmu

33. Susilo. - May 4, 2014

Tambah mumet pak haji…

34. nanangqh - May 4, 2014

kalo yg juara marquez terus, berarti semua sirquitch nya marquez, yang lain pinjem :D

35. devmcry - May 4, 2014

mantep artikelnya wak haji.

36. Hero - May 4, 2014

Marc yakin 100% juara lg di jeres,asal gak crash loh ya,,,

37. Kuclux - May 4, 2014

Kalau menurut data2 yg saya perloleh dah sudah dianalisa beberapa ilmuan diberbagai bidang, jerez sirkuitnya orang spanyol.

38. Madao - May 4, 2014

intinya tinggal tergantung faktor Skill Rider,Manejemen Ban,kesabaran sama Luck nya yg menentukan…………..
moga2 seru nih plus ngarep sesuatu kek Jerez tikungan terakhir tahun lalu biar nambah bumbu soalnye kangen juga ama ribut2 ala Rossi VS Biaggi nihh biar tambah wow tontonannya wkwkwkwkwkwkwk

39. kebo ijo - May 4, 2014

kyk e ibang cm beda d pwer mtor saat kluar tkungan…

mgkin low y…. :D

40. husnulislam - May 4, 2014

Awalnya bingung lama- lama nyambung dan asyik..

41. sinbe - May 4, 2014

analisanya mantap banged wak haji, asik banged bavanya gampang dipahamin :-D

42. enoanderson - May 4, 2014
43. motospeedmagz - May 4, 2014

sirkuitnya rider Spanyol :D

44. RPMspeed - May 4, 2014

Bisa jadi tuh :D

—————————————–
Kenali Jenis Dan Model Filter Udara
http://rpmsuper.wordpress.com/2014/05/03/jenis-dan-model-filter-udara-sepeda-motor/

45. cahyadip - May 4, 2014

To be late gives more maturity (telat tapi pulen da….) :-)

46. RPMspeed - May 4, 2014

Moga balapannya seru :D

————————————-
Tentang Steering Dumper
http://rpmsuper.wordpress.com/2014/05/04/tips-memilih-dan-kelebihan-menggunakan-steering-dumper/

47. Ian - May 4, 2014

Jozz pencerahannya wak…

48. dee - May 4, 2014

yang jelas 2 tahun terakhir honda menang

49. Mas Jokokarta - May 4, 2014

yang podium 1 kemungkinan besar Hohe atau Rossi!! wes catat! dengan teknologi R15+R25 pasti M1 jadi juara!! eh kebalik gak ya??

50. Bonsai Biker - May 4, 2014
51. Pak Rebo - May 4, 2014

SENTUL besar sirkuitnya Yamaha & kawasaki….
got dekat parkiran SENTUL sirkuitnya cebong….

spike - May 4, 2014

Gila nya udah lama mas?

ngoha - May 4, 2014

Dimaklumin aja broh..dia kemaren nyaleg ga jd….suaranya cuman dapet rusak15..
blm lg tunggakan viksen yg 5thn ga lunas2..mana tiap bulan terlambat lagi..dah senewen kuadrat,

52. asees - May 4, 2014

Mantab wak haji. Justru yg spt ini artikelnya lebih valid dan lengkap. Bukan argumen pribadi semata. Kalo bisa pra race moto gp ditiap sirkuit wajib diulas spt ini. Joz wes pokoe semakin didepan tmcblog.

Taufik - May 4, 2014

wow, gitu yah . . . menarik nih

53. mariodevan - May 4, 2014
54. pritikiew - May 4, 2014

usul wak. gimana kali sirkuit lokal juga dianalasis? ntar iri wak,masak sirkuit internasional iya tapi lokal enggak. hehe
nuwun…

Taufik - May 4, 2014

kalo ada data lengkap kayak diatas bisa dianalisa, tapi kalo pake data saya pas ngegeber motor di sentul, jelas tidak valid, soale saya belum maksimal . . . entah kalo pake data azlan atau fujiwara pas di Sentul

55. Ferboes Richardson - May 4, 2014

nyimak wak haji, agak bingung juga nih untuk bisa menelannya :D


ada yang kalap
http://ferboesrichardson.wordpress.com/2014/05/03/ada-yang-kalap-fanboy-apa-sales-nih/

56. kudo78dk - May 4, 2014
57. Rudy SouL - May 4, 2014
58. ramsky - May 4, 2014

@bro aralle…

klo masalah delivery power berarti di power train/ssg nya ya..?
lagi2 masalah riset dimana honda udah lebih advance 2 tahun mungkin…
setau ane rider2 Repsol Honda khususnya Marc selalu pakai kompon ban yang lebih keras daripada pilihan rider2 lain… mungkin ini buat akomodir cara cornering dia yang ekstrem yang sering late breaking, v turn, trus akselerasi lagi… makanya bannya lebih durabel sampai akhir race… imho

59. Tukimin - May 4, 2014

rc mesin V ramping tapi wheelbase lbh panjang.
M1 mesin inline lebar tp wheelbase pendek.

RC bs corner full miring, tp radius putar lbh lebar
M1 corner agak tegak, tp radius putar sempit.

Rc >> ecu chassis (traksi) lbh advance 3D nya & di seting lbh ke manuver drpd straight. jg lbh hemat bbm + tyre.

M1 >> ecu di set ke acelerasi krn ngakali kalah powet. utk corner lbh ngandalin frame & skill rider.

imho…

60. Manga - May 4, 2014

1st Podium for the 4th Round MM93 again….again…..again regards OneHeart No.1 Alwayz

61. arek cilieck - May 4, 2014

berharap marquez juara 5x brtrut2….

pokoke jozzzzz…

62. rikiramdani - May 4, 2014

analisa dan perhitungan yang mantap mas.
beda karakter antara Bigbang vs Screamer jd beda sirkuit beda laptime. tp RCV masih lbih superior dgn teknologinya. dmna motor Jenis screamer kan pling liar tenaganya dan sngat liar jika di buat nikung tp dgn di bekali SSG dan SSDS aka Seamlesshift Down Shift RCV jd smooth d tikungan.

Taufik - May 4, 2014

wah belum sampe ke karakter mesin nih aku :D

63. onitelomoyo - May 4, 2014

kang haji,….kemarin siang di jalan wanayasa saya liat wara wiri motor yg kayaknya yamaha R250deh, 2 warna hitam 1 warna merah putih….pertanyaaannya knp test motornya di daerah wanayasa y kang…opo karna ada elevasi jalan biar skalian test kondisi tanjakan y…syang g sempet di jpret fotonya kang :)

Taufik - May 4, 2014

wow . . . mantabb

64. Kobayogas - May 4, 2014
65. milemotoblog - May 4, 2014

jerez sirkuitnya spanyol

Yuk tengok Revo FI http://milemoto.wordpress.com/2014/05/03/revo-fi-2014/

dan yang lainnya hanya di http://milemoto.wordpress.com/

66. sinbe - May 4, 2014

mantap nih analisanya. di mugello koq m1 sering menang ya padahal setau ane peak power RcV lebih gede CMIIW

67. hayyu motor - May 4, 2014

Minggu ini sepertinya Jerez sirkuitnya Honda, Marc Marquez akan menaiki podium tertinggi :-D

68. m4dc4t - May 4, 2014

Wak Haji, klo gak salah di babak Q2 itu Marquez satu2nya rider yg pake ban soft 3 set. Jadi di detik2 terakhir dia ganti motor yg sudah dipasang ban baru dan langsung geber habis2an. Klo rider lain hanya pake 2 set ban soft aja.

Taufik - May 4, 2014

yap, itu adalah strategy nya tim . . . Lorenzo maupun pedrosa pun sebenarnya bisa melakukan hal serupa sebenarnya

69. vixioner007 - May 4, 2014

honda tarah “LUPUT SUWOK”..

70. speed_lover - May 4, 2014

kenapa di sirkuit Austin dan Termas de Río Hondo tidak di bahas ya? padahal motor yamaho nggak bisa berkutik blazz di situ! loyo banget m1 disitu!

71. eiscell - May 4, 2014

lha kok sekarang honda jago goyang patah patah :D ..
apa karena SSG lagi ya????

72. DORNA MAJU TERUS!! - May 4, 2014

honda “ada udang dibalik bakwan”. siapa yg gak bisa tergoyahkan dengan kemampuan finansial honda. termasuk bridgestone. sudah lelah tdk dpt juara dunia di motogp dlm bbrp thn. skrg yamaha harus mencari settingan terbaik untuk bridgestone. beda sama h*nda, malah bridgestone yg mencocokan dengan karakter rc*213v.
simplenya gini, pemikiran deso: katanya jago di motogp, kok motor besar produksi masal untuk H*nda kurang disukai pecinta kecepatan sih di luar sana. malah banyak yg lebih suka m1 dan zx10r. krn pasar eropa dn amerika adlh konsumen cerdas. mereka tdk lihat merk apa juara apa. lihat ducati meski gagal di motogp, fans ducati seabrek-abrek bung. karena mereka tahu yg bagus yg mana.
“DUNIA BALAP ADALAH DUNIA, MENTAL, POLITIK, FINANSIAL!!!”

FBH Official - May 4, 2014

pancen kowe wong ndeso.. sok tau kondisi market moge di luar sono

73. ipanase - May 4, 2014
74. Eko Purwadi - May 4, 2014

ikut ngerame-in warungnya “calon blogger kondang” ah.. hehehe
kalo menurut ane, K45 emanh udah disiapin sejak lama, tetapi AHM terganjal Principle Jepun, sehingga belom bisa memproduksi CBR sendiri,
lalu harga CBR CBU dinaikkan tak terbendung, bukan karena harga dollar naik, tapi agar sepi peminat sehingga dapet alasan buat meyakinkan Priciple Jepun bahwa AHM harus memproduksi CBR sendiri biar laku.. IMHO
-I’m not FBY, FBH, FBK, FBS, and another pensboii-

titip jemuran juga lek.. :D
http://www.kaskus.co.id/thread/5365ba4ca3cb17700f8b4671/paper-model-yamaha-yzf-r1-need-help

75. salmanpedrosa - May 4, 2014

Bradl podium

76. Irfan Pinandhityo - May 4, 2014

sirkuit 2 2 nya mungkin, 2 2 nya sama sama kuat dan sama” pernah menang di Jerez http://racemotogp.com/

77. eko junti - May 4, 2014

d tunggu lg artikel ky gini kang…

78. Pemakai saja - May 4, 2014

Milik Maquez

79. Pemakai saja - May 4, 2014

69. DORNA MAJU TERUS!! – Mei 4, 2014

honda “ada udang dibalik bakwan”. siapa yg gak bisa tergoyahkan dengan kemampuan finansial honda. termasuk bridgestone. sudah lelah tdk dpt juara dunia di motogp dlm bbrp thn. skrg yamaha harus mencari settingan terbaik untuk bridgestone. beda sama h*nda, malah bridgestone yg mencocokan dengan karakter rc*213v.
simplenya gini, pemikiran deso: katanya jago di motogp, kok motor besar produksi masal untuk H*nda kurang disukai pecinta kecepatan sih di luar sana. malah banyak yg lebih suka m1 dan zx10r. krn pasar eropa dn amerika adlh konsumen cerdas. mereka tdk lihat merk apa juara apa. lihat ducati meski gagal di motogp, fans ducati seabrek-abrek bung. karena mereka tahu yg bagus yg mana.
“DUNIA BALAP ADALAH DUNIA, MENTAL, POLITIK, FINANSIAL!!!
===================
Beri data Mas bro, biar gak terkesan hoaks.

80. bukanalay - May 4, 2014
81. cysers64 - May 5, 2014
82. Sukhoi-47 Berkut - May 5, 2014

Josh tenan analisa Kang Haji. . . . Dah seharusnya paparan analisa di trans 7 ne. . .

83. dave - May 5, 2014

jadi lebih enak punya motor yg jago nikung,,
atw lebih enak yg torsi ma top speed tinggi?

Jack - May 5, 2014

yg jago nikung saja ah, percuma tenaga badak top speed tinggi kalau gak bisa belok



%d bloggers like this: