460x110_rev (2)

tmc-460x110-revisi

test_aksel_estrella

Bro sekalian, Di artikel sebelumnya kita telah membicarakan, msalah ergonomi, handling, pengereman, dan lain sebagainya Untuk Kawasaki Estrella 250 berdasarkan perasaan dan analisa subjektif tmcblog .. .  Nah kali ini kita mulai pembahasan yang sifatnya berdasarkan data Objektif yang terukur . . . Kita akan mengetest dan mengukur salah satu aspek performa yakni Akselerasi dari Kawasaki Estrella 250 Model Year 2014. Koridor pengukuran adalah : Rider Tester TMCBlog, 160 cm- 59 kg. Alat ukur adalah RaceLogic PerformanceBox, Pengetesan dilakukan di jalan Ray ajalan raya  yang sama persis dengan pengetesan akselerasi jalan raya produk produk lain , makanya hanya berani 0-60 km/jam on GPS saja, bbm yang digunakan Oplosan premium 20% plus Pertamax 80%, Pengetesan dilakukan antara jam 10-12 siang . .. Oke Gimana Hasilnya ?  . . . Cekidot  . .

banner-440x100 scoopy(6)

Parts

Jika dipakai harian tmcblog biasanya hanya menggunakan sampai RPM 5000-6000 udah pindah gear selanjutnya, soale tau sendiri mesin Big single di raungin sampai diatas 7000 rpm nggak nyaman banget suaranya hehehe . . . Tapi karena ini pengetesan tmcblog hajar trotel gas sampai RedLine baru pindah ke gear selanjutnya. Mau tau berapa Kali TMCBlog lakukan Pengambilan Data akselerasinya ?  . . .

akselerasi-Estrella

15 Kali pengambilan data akselerasi menggunakan RaceLogic ams bro . . . biar deviasinya ketahuan dan diperoleh hasil yang mudah mudahan bisa di terima, data akselerasinya dalam bentuk data Race Logic ada kalo ada yang mau menganalisa langsung. . ..   Dari 15 kali pengambilan data tersebut Range akselerasi 0-60 km/jam yang diperoleh antara 4 koma sampai 6 koma sekian detik . . .

test_estrella_1

Hasil Paling kecil yang dishare di artikel ini dengan segala kekurangan tmcblog sebagai rider biasa untuk Akselerasi Kawasaki Estrella 250 MY 2014 dari keadaan Diam sampai 60 km/jam on GPS terjadi di percobaan pengukuran ke 9 kalinya. Hasil yang diperoleh adalah 4,49 detik untuk Kawasaki Estrella berakselerasi dari keadan diam sampai kecepatan 60 km/jam dan ditempuh dalam 44,25 meter.

akselerasi

Di Grafik kedua bro sekalian bisa melihat data akselerasi yang telah tmcblog olah sedemikian rupa . . .  . .. Mbacanya gini . .

  • Akselerasi 0-10 km/jam adalah 6,61 m/s^2
  • Akselerasi 0-20 km/jam adalah 5,85 m/s^2
  • Akselerasi 0-30 km/jam adalah 5,11 m/s^2
  • Akselerasi 0-40 km/jam adalah 4,41 m/s^2
  • Akselerasi 0-50 km/jam adalah 4,18 m/s^2
  • Akselerasi 0-60 km/jam adalah 3,71 m/s^2

Iseng ahhh ngebandingin sama Motor 250 cc satu silinder lain yang pernah tmcblog test . . . yakni  Kawasaki Ninja RR Mono qiqiqiiqqi Diatas kertas Ninja RR Mono adalah motor Race Look dan pasti lebih kenceng  . . . kayak apa beda karakter Estrella dan RR Mono? Nih Grafiknya

akselerasi_estrella_RRMono

Dari data diatas, di awal 0-10 km/jam estrella punya akselerasi yang meledak hehehe tercatat nilai akselerasinya 4,87 m/s^2 dibandingkan dengan RR Mono yang 6,61 m/s^2 . . . tapi setelah itu   . . RR Mono memimpin . . . Begitulah kiranya salah satu cara memvisualisasikan komparasi akselerasi antara dua motor . . .

MVAI-Banner-1

sayang motor cruiser 200-an cc satu silinder nggak ada yang baru sekarang . . . kalo ada worthy nih buat dikomparasi kayak grafik diatas . ..  nanti deh kalo  tiger  dan scorpio baru keluar . . . #upsss malah bias ngomong kemana mana . . . kita lanjuuut lagi nanti mas bro . . . silahkan dikunyah kunyah datanya ..  . dan semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

Silahkan daftarkan email mas bro untuk mendapatkan update terbaru tmcblog via kolom pendaftaran di link ini

 

 

 

 

39 COMMENTS

  1. yup harus nya kalo test akselerasi atw kecepatan atw apapun,,
    sebisa mungkin ada data pembanding dengan produk mirip2,,
    walopun yg satu motor sante satu lagi motor racing,,
    tapi at least sama2 1 silinder 250cc,,
    bukan untuk jelek2in salah satu,, tapi buat ngira2 aja,,
    owh mirip ma ini atw ga mirip dsb..
    kalo ada yg sama2 tipe motor nya malah lebih bagus,,
    seperti kata mas taufik mungkin tiger atw scorpio gt.. mantep

    • itu mungkin benar (soale saya belum ngetes hehe) mungkin harga segitu bukan hanya soal performance yang dihitung . . . cbu ya, brand image madein jepangnya, jadilnya, injeksinya, finishingnya, relaxnya dan lain sebagainya yang membuat motor ini segmented, imho

  2. coba deh..kang..bikin kompilasi grafik utk motor2 yg udah kang test…, mulai antar skutik..motor batangan entry level ampe sport…, juga klo bisa motor drag….deh….., seru kyk nya liat data grafik….

  3. Untuk motor bertampang klasik lumayan laah bisa segitu akselerasinya, kan motor model begini memang bukan untuk cepet-cepetan. Malah untuk pelan-pelanan..biar dilihat orang haha..

  4. Nama estrela rasanya cocoknya buat motor 2 tak klasik.

    Percaya ma gwe namanya ngga hoki. Ngga bakalan laku lebih dari 100 perbulan ini motor..

    ***** Bukan karena namanya, tapi karena harganya.. Wkwkwkwk

  5. estrella,,,,kaya nama band rock jogja danger estrella,,,rock tp berhijab,,,yg ini motor mahal nan klasik ato klasik nan mahal heheh,,,,

  6. Mas bro mau nanya nih, saya punya Estrella SE baru sebulan, saya tancap lewat 60km/jam kok rasanya bergetar ya? itu kira2 sebabnya apa ya? THX.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here