440x100_supragtr150

Kontes-Mekanik-2

Bro sekalian, baru dapet info dari AHM bahwa Memasuki tahun pelaksanaan ke-23, PT Astra Honda Motor (AHM) bekerja sama dengan jaringan main dealer sepeda motor Honda se-Indonesia kembali menggelar uji keterampilan teknik bagi mekanik dan service advisor Honda. kegiatan bertajuk The 23rd Honda Indonesia Technical Skill Contest akan Mengusung tema “Satu Hati Raih Prestasi”,  dan digelar untuk memotivasi dan mengukur kompetensi para mekanik serta service advisor Honda di jaringan bisnis Honda di Tanah Air.

440x100_tirei

cengkareng-shop

MBtech TMCBlog (22 Juni - 31 Juli '16)

Tahun ini, AHM membuka tiga kategori kontes yang terdiri dari

  1. mekanik regular
  2. service advisor
  3. mekanik Pre Delivery Inspection (PDI).

Proses seleksi dilakukan secara bertahap mulai dari tingkat Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), regional main dealer Honda, dan final kontes yang akan dihelat secara nasional. Seleksi tahap pertama di masing-masing AHASS telah berlangsung sejak Desember 2015 hingga Mei 2016. Saat ini, seleksi tengah memasuki tahap kedua di tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh seluruh main dealer Honda hingga Juli mendatang. Puncaknya akan dipilih 27 mekanik AHASS, 27 mekanik PDI, dan 27 service advisor terbaik yang bersaing untuk meraih juara nasional pada final kontes yang akan digelar pada 24-26 Agustus 2016.

Kontes-Mekanik-1

Pada tahap AHASS peserta akan di uji melalui tes tertulis dan praktek. Sebanyak 18.491 mekanik serta 3.754 service advisor Honda berpartisipasi dari berbagai daerah di Indonesia untuk menyelesaikan materi terkait pengetahuan mesin, rangka, kelistrikan, system PGM-FI, tools, dan teknologi Honda. Pada kategori mekanik regular dan PDI Honda, keseluruhan materi dites melalui teknik perawatan, perbaikan dan pemeriksaan sepeda motor. Adapun bagi service advisor Honda, dilakukan uji praktek terkait pemeriksaan sepeda motor, product knowledge, dan customer handling.

Setelah mengikuti seleksi tahap AHASS, selanjutnya 3.752 mekanik regular, 512 service advisor, dan 352 mekanik PDI terbaik akan kembali diuji pada tahap regional main dealer dengan materi yang lebih mendalam mengenai  analisa teknis, penggunaan alat  bengkel, dan trouble shooting‎.

Sementara itu, bagi mekanik PDI ujian praktek akan berkisar tentang bagaimana mempersiapkan unit sepeda motor sebelum akhirnya diterima dengan baik oleh konsumen, kemampuan mendiagnosa, dan penanganan claim dealer terhadap keluhan pelanggan.

Adapun bagi service advisor, penilaian dilakukan dalam bentuk role play atau berupa studi kasus terkait pelayanan terhadap konsumen dan kemampuan dalam menjual produk sepeda motor Honda.

Pemenang kontes ini akan memperebutkan hadiah utama sebuah sepeda motor Honda dan sejumlah uang tunai. Selain itu, mereka juga berkesempatan mewakili Indonesia dalam kompetisi “Asia-Oceania Technical Contest” yang akan diadakan di Vietnam pada akhir tahun ini.

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

12 COMMENTS

  1. Rata2 mekanik honda hidupnya melarat. Banyak yg resign dari dealer honda. Terlalu romusha. Gaji kecil.

  2. hadiahnya sepeda motor honda dan sejumlah uang tunai…….

    wah ini wak yg menggoda ???
    btw mudah2an event kayak gini selain tahunan kalo perlu diadain tiap triwulan atau persemester, biar para mekanik ahass makin tinggi jam terbangnya dan jg teruji kehandalannya. kalo yg PDI ane rasa udah sip wak jam terbangnya..

  3. Sudah seharusnya dealer memiliki “bank part”… kemudahan mendapatkan part apapun yg dibutuhkan bahkan part paling sepele sekalipun, harus dijamin ada di tiap kota/ kabupaten, konsumen jangan dibuat resah karena indent, dgn waktu tunggu sampai berbulan-bulan… Mekanik sekalipun harus dicari yg bisa care dgn konsumen , selayaknya dokter pribadi untuk motor kesayangannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here