440x100_supragtr150

CBR1000RR

TMCBlog.com – Bro sekalian MCN Sudah mengumbar beberapa detail mengenai seperti apa bakalan Next Superbike Honda CBR1000RR Fireblade. Perubahannya bukan saja menyangkut perubahan Fisik seperti penggunaan headlamp depan ala LED, Namun juga termasuk Dapurpacu dan segala macam yang berupa penambahan power, Paket sistem kendali pengendara, suspensi semi aktif dari Ohlins, dan Pengurangan Bobot Motor  . . . berikut ini point utama yang bisa tmcblog kunyah kunyah dari info MCN  :

 440x100_tirei

cengkareng-shop

MBtech TMCBlog (22 Juni - 31 Juli '16)

Penambahan Power

Power Honda CBR1000RR akan ditingkatkan dibandingkan Fireblade Current dengan ekspektasi mencapai 180 hp dalam keadaan stock bike. Peningkatan power ini disinyalir diperoleh dengan cara :

  • Re-Design Sistem Air ram Yang merupakan sistem Penyuplai udara dari depan untuk pembakaran
  • Re-Design Bentuk Box Filter udara
  • Peningkatan performa sistem Injeksi Bahan bakar
  • Perubahan Sistem Exhaust ( knalpot ) dimana Bobotnya harus di efesienkan namun tetap harus Lolos Euro4 ( katalitik Konverter akan tambah besar )

Bosch-motorcycle-ABS

Pengurangan Bobot

Bukan Rahasia Lagi, Power To Weight Ratio Juga berperan penting untuk meningkatkan performa Motor. Kalau Power sudah naik, cara kedua adalah menurunkan Bobot/ Berat dari Motor. Pengurangan Bobot ini disinyalir diperoleh dengan cara :

  • Penggantian sistem C-ABS Honda dengan ABS dari BOSCH. Sistem C-ABS Honda Bobotnya 10 kg, dan sistem ABS BOSCH 9.1 MP Bobotnya 3,5 kg. Selain lebih hemat 6,5 kg, sistem BOSCH jugamemberikan fitur Traction Control, Anti -wheelie dan ABS Saat Cornering.
  • Selain itu juga akan ada proses pegurangan bobot dengan penggunaan material part yang lebih ringan namun tetap keras seperti dari Baja menjadi titanium dan sebagainya

6axis-IMU

Elektronik Baru

Melihat  ZX-10R dan R1, FireBlade sepertinya juga nggak mau ketinggalan . . Honda  dikabarkan akan mengaplikasikan Paket sistem elektronik dari BOSCH untuk new CBR1000RR nanti. Seperti yang kita telah ketahui bersama sistem dari BOSCH ini mengandung sub sistem Inertial Measurement Unit ( IMU) yang akan mengatur kendali gerakan Fireblade berdarkan hasil perhitungan pergerakan 6 sumbu pergerakan.

Kendali gerakan yang diatur Oleh Sistem IMU ini termasuk Traction Control, ABS, ABS ornering, Anti Wheelie dan juga sistem pengendalian dari sistem Suspensinya.

ohlins-semi-active-suspension-shock

Sistem Suspensi

Ohlins akan menyuplai sistem suspensi bernama Smart EC Semi-Active Suspension. Cara kerja suspensi ini dihubungkan dengan IMU dan Jika disamakan dengan sistem yang dibenamkan di Panigale 1299 maka minimal akan ada dua opsi yakni Fix dan semi aktif

Opsi Sistem suspensi FIX adalah sistem suspensi dimana besaran kompresi dan rebound damping dari suspensi depan – belakang sudah di-set secara permanen oleh pengendara

Opsi sistem Suspensi Semi aktif adalah sistem suspensi dimana suspensi akan dikaitkan dengan IMU. Setingan dari kompresi, rebound dan damping akan diset secara  dinamik oleh elektronik . Bedanya Jika Sistem Suspensi Aktif, perubahan setingan akan sepenuhnya dikedalikan elektronik, maka untuk sistem semi aktif, pengendara lebih dahulu menentukan mode perubahan dari hard atau soft baru deh suspensi berubah berdasarkan setingan awal . . .

Mengenai penampakan awal Fireblade secara Official diharapkan akan terjadi di beberapa pameran seperti Intermot Ologne dan EICMA milan dan diharapkan akan memenuhi angka homologasi sehingga bisa langsung hadir di awal Musim  WorldSBK 2017 . . . Semoga berguna

Taufik of  BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

30 COMMENTS

  1. di kutip dari otomotifnet.com
    “..Dalam informasi yang diberikan KPPU kepada otomotifnet.com (21/7) salah satu alat bukti yang dibeber adalah email Direktur Marketing Yamaha Indonesia, Yutaka Terada kepada Vice President Director Yamaha Indonesia Dyonisius Beti dan Sutarya, Direktur Sales Yamaha Indonesia.

    Isinya agar Yamaha mengikuti kenaikan harga motor Honda sesuai janji Presdir Yamaha Indonesia Yoichiro Kojima kepada Presdir AHM di lapangan golf.”
    bahas berita itu dong wak.

    Guest
  2. 4. whitejezzy – July 22, 2016

    yg jadul aja menang dibanding rongsok1
    apalagi yg baru
    rongsok1 semakin membleeee
    =============================
    Ngak semudah itu membuat motor baru langsung juara, apalagi belum ada data di setiap sirkuit kejuaraan, parts racing juga masih terbatas dan tim dengan pembalap belum menemukan ritme yang klop dengan motor baru. begitu hal yang dialai r1 dan kemungkinan besar new CBR1000 nanti

    Guest
  3. Ini video lagi rame,gak ada yg bahas ato bikin artikelnya gitu?
    Terungkap! Persekongkolan “Jahat” Yamaha & Honda “Memeras” Konsumen Motor di Indonesia

    Guest
    • Di faktur juga dah jelas bos klo harga jualnya 7-8jt,
      Itu harga pabrik, off the road, tanpa bpkb, stnk,

      Guest
    • Di faktur juga dah jelas bos klo harga jualnya 7-8jt,
      Itu harga pabrik, off the road, tanpa bpkb, stnk,

      Guest
  4. perkembangan project vfr/vrf dan next rcv-s gimana wak?
    ada bocoran juga g?
    katanya mau jalan bareng project nya tp launching nya 2018

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here