460x110-indent-now

440x100_tirei

2017-bmw-hp4-race-high-resolution-photos-03

Selamat siang bro dan sis sekalian, BMW Motorrad pada pameran EICMA 2016 memamerkan sesosok superbike hitam dengan baluran carbon fiber disekujur bodynya. BMW menamakan superbike tersebut dengan HP4 Race yang mengambil basis motor superbike 1000 cc produksi massal mereka yakni S1000RR. Namun pihak BMW mengklaim bahwa HP4 Race 2017 ini sangat berbeda dengan BMW S1000RR ataupun dengan HP4 terdahulu. Apa saja bedanya? Yuk kita bahas lebih lanjut.

 MBtech - TMC sep16

tnt25_tmcblog

2017-bmw-hp4-race-high-resolution-photos-01

BMW secara resmi memang belum merilis spesifikasinya di ajang EICMA 2016, perihal bobot motor itu sendiri dan perubahan di sektor mesin atau elektroniknya. Pabrikan asal negeri Bavarian berjanji akan merilis spesifikasi HP4 Race secara terperinci pada saat musim semi tahun depan. Kira-kira musim semi di Eropa sana datang pada bulan Maret sampai Juni ya sob. Cmiiw.

bmw-hp4-race-concept-eicma-2

Secara kasat mata yang menarik dan bisa diperhatikan langsung pada HP4 Race concept ini adalah main frame yang menggunakan full carbon twin spar, berbeda dengan S1000RR yang masih menggunakan aluminium.

cw1016-2017-bmw-hp4-race-first-look-eicma-image-010 bmw-hp4-race-concept-eicma-6 2017-bmw-hp4-race-high-resolution-photos-05

Selain main frame, velg HP4 Race juga sudah pakai bahan carbon fiber di kedua rodanya. Asli enteng banget nih pasti ya (dan super mahal).

cw1016-2017-bmw-hp4-race-first-look-eicma-image-002 cw1016-2017-bmw-hp4-race-first-look-eicma-image-006 2017-bmw-hp4-race-high-resolution-photos-06 2017-bmw-hp4-race-high-resolution-photos-07

Yang pasti BMW HP4 Race akan dijual secara massal namun demgan jumlah terbatas. Terbatas untuk kaum borjuis yang gila balap atau fanatik dengan BMW, hehehe.. Untuk menguatkan aura eksklusifitas nya BMW HP4 Race nanti akan dibuat secara handmade alias pakai tangan manusia sob, ya walaupun gak dipungkiri masih ada bantuan tools atau peralatan robotik canggih khas pabrikan otomotif Jerman.

bmw-hp4-race-concept-eicma-4 bmw-hp4-race-concept-eicma-3 cw1016-2017-bmw-hp4-race-first-look-eicma-image-005

Selain itu yang bisa dibahas cuma spare part yang terlihat dari luar saja, fairing depan, body belakang sudah full carbon, knalpot pakai Akrapovic juga sudah carbon dan berpipa titanium, suspensi Ohlins di depan dan belakang, pengereman Brembo spek terbaru.

cw1016-2017-bmw-hp4-race-first-look-eicma-image-008 bmw-hp4-race-concept-eicma-7 bmw-hp4-race-concept-eicma-5

Sementara ini silahkan dipelototin foto-foto HP4 Race concept dari ajang EICMA 2016 karena BMW Motorrad masih menutup rapat-rapat spesifikasi HP4 yang cakep ini, nanti kalau ada update terkini pasti akan TMCblog.com informasikan untuk sobat bro dan sister semua.

Nugie TMCBlog

2017-bmw-hp4-race-high-resolution-photos-04  2017-bmw-hp4-race-high-resolution-photos-09

2017-bmw-hp4-race-high-resolution-photos-02

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

45 COMMENTS

  1. Gilaaaaa cakep ngga ketulungan!!!
    Btw, kenapa BMW ngga mencoba ikut motogp ya wak? padahal pabrikan eropa kayak aprilia dan ktm udah mulai ikutan

  2. Haduhh..
    Frame stwinspar carbon?
    dulu desmo gp pas di pake Valle pernah riset juga kn twinspar dari carbon dan gagal. Karena carbon gak cocok di jadikan sasis untuk balapan
    Dan akhirnya mengikuti team team lain dgn bahan alumunium ?

  3. wah kalau sekali jatuh parah gimana tuh wak?? sasis yg seharusnya melindungi mesin malah ikutan patah. nih motor gk boleh jatuh kali yak

    • Nurutku carbon fiber malah lebih flexible.
      Contoh di penggunaan sehari2 kaya raket, fishing reel. Yang pake full carbon malah kerasa lebih flexible.
      Mungkin juga kenapa frame pada moto gp make full alumunium karena lebih rigid.
      Untuk ringan, carbon memang lebih ringan dibanding alumunium. Tapi ga boleh kena benturan, rawan retak

    • Coba pake sepeda ontel yg full carbon vs full aluminium frame.. yg aluminium terasa lebih stiff, getaran yg dibuat terasa lebih besar.
      Kalo carbon lebih flex, lebih nyaman karena ringan dan getaran lebih kecil.
      Kalo mesin motogp/superbike itu monster, lebih dari 200hp. Nurutku aluminium lebih cocok. Makanya ducati gagal dalam pengembangan desmo dengan carbon frame

  4. wow frame full carbon, kalo crash wasalam tuh
    anyway, ini motor dgn power super powerful plus mesin 4 silinder segaris. yg menurut dieharder merk sebelah sejenis dgn mesin angkot dan velg berpalang 7 yg menurut dieharder sebelahnya desain velg jadul

  5. Desain swingarm nya berubah ya…dulu melengkung nya keatas, sekarang kebawah…
    Bodi nya dari samping sekilas mirip aprilia…

  6. dibanding kaoskaki ya jauh cung, motor jatuh dikit uda rompal, kualitas abal2. ga level kaoskaki dijejerin dengan BMW cung.

  7. wah nek roboh langsung pyaaarrr… masuk kubangan lgsg rompal nih.. kudu ati2 tur selowwwwww..
    tp bagi yg duitnya tgl eek sih kagak mikirin gini gitu ya

  8. engineer bwm nggak sebodoh kalian lah,
    kalian kira ini carbon sama dengan mainan kalian yang kalo jatuh langsung pyaaar..
     
     
    eh, lampunya asimetris gak ya?
    biasane bmw ciri khasnya lampu asimetris

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here