460x110-indent-now

 

img_20161129_084416

TMCBlog.com – Bro sekalian, seperti yang santer dibicarakan di berbagai media di belahan dunia manapun beberapa hari kebelakang mengenai hasil winter test Jerez yang dimana motor World Superbike melakukan tes secara bersamaan dengan motor MotoGP, dengan hasil cukup yang menghebohkan karena juara WSBK dua kali, Jonathan Rea bersama Kawasaki ZX-10R Factory tunggangannya mampu mencetak best time 1:38.721s. Dengan catatan waktunya itu jika dirinya mengikuti babak kualifikasi MotoGP Jerez 2016 kemarin, sudah dipastikan Rea akan menempati pole position. Yup, pole sitter GP Jerez tahun ini adalah Valentino Rossi yang juga memenangkan juara seri, dengan torehan waktu Q2 1:38.736 atau selisih 0.015 lebih lambat ketimbang Rea saat winter test Jerez lalu. Catatan waktu test Rea tersebut beberapa hari ini sering menjadi acuan bahwa motor Superbike (WSBK) lebih kencang atau setidaknya akan mampu bersaing dengan motor prototipe MotoGP jika diadu di tempat dan waktu yang sama, malahan ada anjuran dari beberapa pihak untuk balapan saja head-to-head antara motor dan pembalap terbaik di masing-masing kejuaraan itu dengan taruhan jutaan dollar atau #milliondollarrace hahaha.. Lantas, apakah memang sebegitu kencang kah motor WSBK jaman sekarang?

MBtech - TMC sep16

tnt25_tmcblog

rea-rossi

Banyak opini yang beredar mengenai komparasi catatan waktu Jonathan Rea dengan Valentino Rossi di Jerez, soal single ECU dan unified software MotoGP yang seperti “mundur” beberapa tahun, lalu ban Michelin yang belum sempurna dengan motor MotoGP sedangkan Pirelli sudah seperti menyatu dengan motor WSBK,, dan lain lain lain lainnya. Okeh, kenapa kita gak coba menarik kesimpulan dari para jurnalis senior di bidang balap motor. Supaya ringkas, saya mengambil kesimpulan dan rangkuman dari David Emmett serta Mat Oxley yang sudah lama malang melintang sebagai jurnalis dunia balap.

Sebelumnya, menurut Mat (Oxley) peristiwa ini bukanlah yang pertama kali untuk membandingkan kekuatan motor Superbike dengan MotoGP, karena pada tahun 2002 silam juga terjadi hal yang serupa. Pembalap Steve Hislop dengan Ducati 996 spesifikasi BSB (British Superbike) memiliki catatan waktu yang lebih baik ketimbang Valentino Rossi dengan Honda RC211V saat itu. Kenapa bisa motor balap berbasis produksi massal (dengan modifikasi berat) sanggup mengungguli motor prototype buatan tangan para insinyur terbaik dunia??

Penjelasan sederhananya begini, pada balapan jenis apapun hal terpenting itu adalah perihal grip/traksi roda ke trek (baik aspal ataupun tanah). Apabila sebuah mesin (mobil/motor) memiliki tenaga yang besar, maka sudah pasti kendala kekurangan power saat balapan akan hilang, akan tetapi masalah lain yang sudah pasti muncul adalah soal traksi roda ke aspal.

Rekor lap time WSBK adalah 1:41.135s milik Jonathan Rea di musim 2015. Rekor lap time dari MotoGP ada di angka 1:38.735s oleh Lorenzo di tahun yang sama dengan milik Rea, yang menjadikan motor WSBK berdasarkan Jerez 2015 memiliki selisih waktu 2.4 detik lebih lambat dari MotoGP. Pada catatan waktu balapan MotoGP tercepat Jerez 2015 dan WSBK saat balap tahun 2016; pembalap pemenang MotoGP race pace terendah ada di 1:39s sampai sekitar 1:40s. Berbanding race pace pemenang WSBK; di angka 1:41s sampai sekitar 1:42s. Artinya ada selisih waktu sekitar 2 detik antara keduanya untuk tiap lap.

Sobat semua pasti ingat bahwa soal grip ban, para pembalap MotoGP seperti menderita sejak seri kedua di Austin CoTA dan semakin berat di Argentina. Yang menyulut pada keputusan Michelin memberikan kompon extra-hard untuk seri Jerez. Makin sulit karena trek Jerez saat itu sangat panas, Jorge Lorenzo, Valentino, Iannone dan Marc Marquez sampai-sampai mengalami gejala spinning bahkan saat di trek lurus pada gear 5. Lepas balapan, total waktu balap MotoGP Jerez 2016 lebih lambat 31 detik dibadingkan MotoGP Jerez 2015.

img_20161129_084539

Yang kedua, setelah faktor grip roda adalah temperatur udara dan aspal yang punya peranan besar dalam menentukan catatan waktu terbaik pembalap. Karakter aspal Jerez terbilang unik. Unik karena jika temperatur naik (panas), dipastikan akan mengalami penurunan grip pada roda. Itulah kenapa masa uji coba musim dingin yang berlangsung di Jerez akan memiliki catatan waktu yang impresif. Mau bandingin dengan data nih??,, MotoGP Jerez 2016 temperatur ada di 40°, sedangkan saat winter test kemarin temperaturnya di angka 35°. Tau kan kalau turun 2° saja akan berpengaruh besar ke catatan waktu pembalap. Jadi buat kita-kita yang di Indonesia dan belum pernah menjejakkan kaki di Jerez de la Frontera, jangan hanya (dan tidak bisa hanya) menilai dari sisi mesin dan atau sisi pembalapnya saja, tapi masih banyak faktor yang berperan di sini.

michelin-motogp-4

Kondisi saat winter test WSBK Jerez sangat ideal untuk ban Pirelli, spesifikasi ban WSBK tersebut memiliki kemampuan adaptasi terhadap suhu dengan jangkauan yang lebih luas, ketimbang dengan Michelin MotoGP yang super sensitif terhadap perubahan suhu.

Kesimpulannya, untuk mengetahui apakah motor WSBK benar-benar mendekati motor MotoGP, kita butih seorang Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Cal Crutchlow atau Valentino Rossi untuk dog fight secara langsung dengan para pembalap WSBK di lintasan. Mau bikin pertarungan lebih imbang?? Sekalian dipasangi karet ban merk yang sama di kedua jenis motor tersebut, tapi kan ya gak mungkin sob mengingat kekuatan dari mesinnya saja sudah beda jauh ya otomatis kemampuan ban nya harus berbeda. Sudah barang tentu, perbandingan unit per unit, motor MotoGP lebih baik ketimbang motor Superbike secara global (menyeluruh), soal winter test Jerez merupakan hal yang bersifat substansial. MotoGP berakselerasi sangat cepat dengan tenaga 260 horse power lebih dan dengan suspensi serta kemampuan sasis yang ultrastiff dibekali pengereman cakram carbon, berbanding dengan motor Superbike yang punya handling lebih soft, bobot sekitar 13 kilogram lebih berat, mesin berkekuatan 220 horse power, sasis motor keluaran pabrik yang dimodifikasi dan juga pengereman WSBK masih pakai cakram baja. Sudah kentara bedanya kan sob?

Nugie TMCBlog

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

114 COMMENTS

    • Heran aja ada orang goblok masih marah motogp lebih pelan dari wsbk,padahal udah jelas satu balap prototype satu lagi massal masih dicompare sama aja lu samain dewa lawan manusia,nikmatin aja 22nya sama-sama menghibur kok

      Guest
    • Inilah alasan kenapa kawasaki ogah ikut motoGP.
      Malu2in ikut motoGP klo finish buncit melulu.
      Padahal tim pabrikan.

      Guest
  1. bener kang. laptime rea kemaren seperti pake ban supersoft. dari laptime saat race juga sudah keliatan. dibeberapa trek memang beda diantara 1-2 detik. tp ditrek gede seperti austin / sepang pasti lebih dari 2 detik. pas liat live race jg keliatan pas keluar masuk tikungan. WSBK mirip2 moto2 yg gak smooth pas masuk / keluar tikungan.

    Guest
  2. honda yamaha jadi bulan bulanan aj wak diwsbk, terbukti produksi masalnya babak belur cuma jadi penghibur, bukan deh pemalu krna gak pernh menang. motogp dieluh eluhkan tapi gak dijual toh, malah produksi masalnya jadi ampas.

    Guest
    • hahaha…saat ini Yamaha dan Honda emang kalah di WSBK. Itu krn 2 pabrikan itu saat ini ga jor2an di balapan motor kasta kesekian itu. Kalau mau adu cepat dan bawa nama pabrikan, main di motor prototype krn pabrikan jor2an mendukung dgn semua sumber daya yg mereka punya. Kawasaki di MotoGP, ah cuma penggembira dengan hasil yg tidak pernah menggembirakan!

      Guest
    • terus yg dijual ma orang apa teknologi prototype nya? terus kalo mereka gak jor joran salah pabrikan lain yg jor joran? intinya tetep aja sekarang motor masspro bisa pecundangi motor protoype.

      Guest
    • teknologi motogp tuh riset buat diterapin di motor masspro….semisal ssg dll bukan gak mungkin diterapkan di motor masspro kedepannya…..dan satu lagi yg lu lupa bro emang yang dijual ke konsumen tuh spek wsbk(full oprek)apa…..yang ada cuma striping wsbk

      Guest
    • Masih gagal paham ini si akang kan udah di jelasin sma wak aji ? beda spek beda kekuatan mesin beda berat yg pasti klau race minimal 21 lap ane yakin ttp pegang motogp juaranya aplgi klau ecu kembali masing” pabrikan duh gw jamin rea melongo ?

      Guest
    • motogp itu sebagai ujian tertinggi kualitas para engineer tiap pabrikan. Makanya disebut balapan mesin prototipe. Terus sekali lagi, sejak kapan Hinda serius di WSBK? Kalau serius mah udah bikin motor sejenis RC51 lagi buat lawan Ducati dll. Kawasaki hebat di sirkuit doang. Di SuperTT yang treknya unpredictable ya sungkembdulu sama Motor lemot CBR. Ngoahahaha

      Guest
    • Mas @anigav mau motor kawasaki wsbk ngalahin motogp yang dikau bilang ini motor jualan, emangnya yang dijual dipasaran Spek wsbk? Itu BMW s1000 motor keluar pabrik paling kenceng diantara motor superbike, dwsbk juga kalah sama pabrikan jepang.
      Coba saja keluar dealer diadu tuh zx10r vs s1000 semua orang juga tahu siapa bakal menang!

      Guest
    • harusnya kalau memang mau adu motor asli produksi masal, hal2 yg boleh dirubah/modif dikit ajah. ga boleh berat kaya di wsbk skrng. kalau udh modif berat gitu sih hampir harusnya ga boleh bawa bendera tipe motornya. sok lah standart vs standart bae, yg menang baru boleh bangga

      Guest
    • Honda dan yamaha gak fokus di wsbk. Lagian gak ada pengaruh ke penjualan klo juara wsbk. Popularitas kawasaki di moge masih payah. Orang lebih suka moge honda,yamaha,ducati. Di motogp insinyur bisa menerapkan teknologi baru yang belum pernah ada,sekalian riset. Nanti baru di turunkan ke produksi masal jika memungkinkan.ibaratnya motogp itu sambil menyelam minum air.

      Guest
  3. ibaratnya ini R25 di ka O sama ninja… dan CBR2500RR baru datang dan keduanya di ka O oleh cbr…. tunggu saja… heee nyante aja vrooh

    Guest
  4. hahahaha…keunggulan Wsbk test di Jerez tahun ini, cuma penghiburan bagi fans pabrikan yg ga sanggup bersaing di MotoGP.

    Guest
  5. jossss.. yg terkenal tetep moto gepe…. ndungkrak penjualan sepot ala rakyat jelata… kalo wsbk nggak ngaruh babarbluazzz…

    Guest
  6. Biarin aja sih
    Kali aja abis itu kawasaki pd turun lagi k motogp dengan basis zx10
    Toh aprillia n suzuki juga basisnya juga dr motor prod massal

    Guest
    • Gk bakal berani brow ingat kan prnh ngomong petingginya kawasaki gk akan turun dimotogp krn terlalu byk aturan yg membuat team kaoskaki sulit utk mengembangkan mesin prototipe kecuali ada kelonggaran” yg di ubah dorna mgkin kaoskaki takut kejadian dulu terulang dn hnya bikin citra ninja hancur gara” ikut motogp cuma jadi team penggembira aplgi setelah ecu di samakan duh makin kudet insinyur kawasaki ? so cari aman wsbk aja

      Guest
  7. Berarti ninja f1 ganti ban doang bisa Lbh kenceng dari cbr250rr dong….ayo dibeli fbk ninjanya…ganti ban tembus 40hp…GPP fitur jadul ganti ban doang lngsng ngaciiir

    Guest
  8. Tapi lebih demen liat race wsbk..

    apalagi motornya yg sm (secara bentuk) di jual.. musti ada decal headlamp juga.. hehe.. ..

    Guest
  9. lagian sekarang kan motor superbike produksi utk umum di buat sedemikian rupa agar go/ready untuk turun balap, apalagi KRT dapet full factory support.
    260hp motogp dan 220hp wsbk jls beda lah, iya bgt bro nugie motor kencang dgn ban spining/melintir di aspal (gk rigid,gk gigit aspal) itu less, michellin msh perlu berbenah/adaptasi di tarmac yg berbeda.

    Guest
    • Setuju nih..ambil masing2 10 besar terbaik,dicari trek yang cocok buat keduanya..yah sama kaya prtandingan bola piala super (juara liga vs juara turnamen/copa)

      Guest
    • Buat hadapin rea cukup kasih papan tengah motogp aja masbro.. kasih 20lap.. asal g sama2 jatoh yakin motogp menang lah.. itu laptime kan ccuma time attack doang, coba kalo endurance 20 lap misalnya, apa iya hasilnya akan konsisten di angka segitu? Kalopun drop motogp paling cm selisih 1-2 detik krn degradasi ban, lah wsbk? Power aja udah beda, bobot lbh ringan GP pula.. jd kesimpulan bro nugie adalah tepat adanya, dimana wsbk gak lebih kencang dari motogp..

      Guest
  10. Ya elah kawasaki kan menang kalau Yamaha, Honda dan Suzuki ngak serius di WSBK. Kalau ke 3 pabrikan itu serius ditambah pabrikan Ducati bisa apa kawasaki menang 3 tahun belakangan ini.

    Contoh yamaha jelas harus serius di Motogp dana udah kesedot kesana seperti harus bayar gaji dua pembalap tertinggi yaitu Rossi dan Lorenzo sedang gaji Tom Syes dan Rea ngak ada 20% dari gaji pembalap yamaha. Belum lagi biaya pengembangan motor, tim, kru dan transportasi keliling dunia yang budgetnya jauh dari Tim pabrikan WSBK. Makanya untuk New R1 di WSBK ngak terlalu diproiritaskan apalagi mesin baru masih butuh jam terbang lagi seperti yang penting asal ikut.
    Begitu juga dengan Honda , Suzuki dan Ducati. Apalagi Ducati tahun ini disinyalir jor-joran budget karan punya jagoan baru Lorenzo dan ada target menang.

    Beda dengan kawasaki yang 100% budget lari ke WSBK ya jelas total harus fokus ke situ. Kalau masih kalah juga memalukan. Kawasaki dari dulu memamng selalu lari bersaing dari pabrikan besar. kawasaki mencari kelemahan pabrikan besar lainnya yang sedang fokus ke MotoGP.

    Guest
    • Itu namanya bagi2 kue, bos-bos Y H S K ngopi bareng rundingin bagi2 kue championsip
      Y – H ganti2an dominasi motogp
      S – K di wsbk, tapi S pindah ke motogp
      Konspirasi besar ini, kalo bos2 nipon gak jahat gini mungkin kita masih bisa liat mv agusta sama pabrikan inggris lain di motogp

      Guest
    • masalahnya kawasaki gak bisa bikin mesin baru, yg ada mesin jadul nganggur dipabrik, dipoles lagi ganti body, jadi deh sesembahan alay dikelaa 250 :))

      Guest
  11. Disinilah kurang menariknya WSBK, kurang serius dan total para pabrikan membuat persaingan juga kurang..lagian pabrikan pasti juga mikir ngapain spend much money hanya untuk WSBK sementara ada yang lebih berkelas dan kompetitif buat adu gengsi pabrikan yaitu MotoGP.

    Setuju komen2 agan di atas wajar klo KRT selalu superior di WSBK karena mereka Full Support dari pabrikan dimana bagi Kawasaki WSBK adalah cara mereka “menjaga imej” setelah kabur dari MotoGP yg katanya karena masalah finansial.

    ngah..ngah..ngah..

    Guest
  12. Gak bisa bayangkan klo di adu bareng…….yg satu pake rem carbon satunya pake baja……Tinggal liat siapa duluan yg bakan di seruduk…!! hehehe

    Guest
  13. padahal merk ECU motogp dg milik jonathan rea sama2 magneti marelli. wsbk tidak ada yg menyalahkan ban atau cuaca. klo motogp slalu yg dikambing hitamkan merk ecu.merk ban. bahkan cuaca padahal kita tahu yang membuat cuaca. Naudzubillahi mindalik……

    Guest
    • Faktanya, laptime ecu masing2 pabrikan vs ecu MM dgn ban sama2 bridgestone udah selisih lbh lambat sekian detik masbro. Apalagi ban baru beda merk, jadi adaptasi lg.. baru kemaren nonton motogp apa gmn nih sampeyan?

      Guest
    • Ambigu bro…
      Kencang mungkin bisa jadi H2R tapi aspirated.
      Paling pas mungkin tercepat (mengitari 1 lap ). Tahun depanlah seharusnya perbandingan paling fair krn faktor pergantian supplier ban.

      Guest
  14. Intinya juara motogp, wsbk, suzuka 8 hours & le mans 24 hours endurance serta mxpg adalah motor jepang bukan motor eropa apalagi motor indonesia. Jepang menguasai Kejuaraan R2 dunia. Kita cuma bisa komentar ga bermutu. #ngaca diri

    Guest
    • Kenyataaan emang gitu bro..teknologi jepang menguasai dunia..bukan kita doank yg cuma bisa komen..bahkan belahan bumi lain pun sama persis, cuma bisa komen…
      Di youtub Kenan Sofluogu yg ngetes H2R malah org turky bangga2nya bilang bisa ngetune H2R sampe ‘terbang’ 400 kmh…
      Ane cuma bisa geleng2 liat komen org turky…padahal jelas2 H2R dr orok udah kencangnya minta ampun.

      Guest
  15. lha ya iya… dari semua tetek beenget diaatas kesimpulanya kan satu… motor WSBK lebih cepat dari pada motor motogp di tes di sirkuit jerez 2016… titik

    Guest
  16. gini aja deh
    Pabrikan Honda, Yamaha, Ducati bahkan Suzuki pun sudah pernah jurdun di kelas tertinggi di WSBK dan MotoGP
    Kawasaki pernah jurdun di WSBK….tapi di MotoGP apakah Kawasaki pernah jurdun di kelas tertinggi MotoGP (1000cc 4tak atau minimal dikelas 500CC 2 tak) ??

    tahun berapa ??

    Guest
    • Semoga. Aja akumulasi rentetan jurdun di WSB mendorong kawak utk naik kelas ke motogp..
      Tp semua tergantung efek dr penjualan seri ZX mereka sih..kalo lwt WSB aja udah moncer penjualan ZXnya ngapain repot2 masuk motogp.
      Ada kebanggan dr penonton live tiap seri WSB, apalagi mereka dateng menggunakan mesin yg sama…gak mungkin juga khan penonton Motogp dateng nonton live sambil bawa RCV atau Desmo…ada pun itungan beberapa biji gak sampe menuhin parkiran moge sperti di WSB.

      Guest
    • Kata siapa parkiran moge MotoGP gak penuh? Jangan asal jeplak cuy!!! Penonton wsbk aja gak ada setengahnya MotoGP.

      Guest
    • @harjono :
      gagal paham ya bro??
      Baca baik2 komen bro miko 😀

      Walau ane tau si miko ntu FBY , namun di artikel kali ini komentar doi berbobot dan syukurnya kagak buat rusuh..
      Respect sama ente bro :mrgreen:

      Guest
  17. WSBK adalah tempat pelarian para pembalap yang gagal di MotoGP. Dari sini sudah jelas kan perbedaan Motor2 di wsbk dan Motor prototipe di MotoGP?

    Guest
    • yg jelas penonton motogp itu yg bawa motor sport komuter.matik.dan bebek. sedangkan wsbk mayoritas penonton nya bawa moge. lihat di sirkuit sepang.

      Guest
  18. Harapan fans kan Selemot-lemotnya motor+pembalap motogp jangan sampe kalah laptime dengan motor+pembalap terkencang wsbk.

    Kan Biaya motor satelit motogp yg paling murah pun masih jauuh lebih mahal drpd motor wsbk rea… Mosok kecepatan 11-12

    Guest
    • harusnya motogp yg seharga 70 milyar per unit top speed harus di atas 600 km/jam. klo masih berkutat di angka 300 -350 km/jam……. ??????? mubazir temannya saiton.

      Guest
    • Oyong@ karena dibatasi aturan bro. Walaupun lomba motor tercepat sejagad tpi sisi safety tetap diutamakan sama penyelenggaranya.

      Guest
    • Motogp mana bisa lg lbih kencang 2 detik dr kecepatan skarang, pembalapnya ora mampu nunggangi..kalo trek lurus,ud ada tuh motor 2-3x lebih kncang dr motogp..

      Komen bodoh

      Guest
  19. apapun itu patut diacungi jempol krn jarang2 wsbk bisa mengalahkan motogp walaupun cuma dalam hal laptime, ibaratnya kualifikasi…
    soal sbk:
    Kawasaki factory support
    Pata yamaha factory support
    Aruba ducati factory support
    Ten kate honda satellite team
    BMW factory support
    Aprilia factory support 2017
    yamaha & honda jd bulan-bulanan di wsbk krn tim factorynya gak pernah serius balapan, terlalu fokus di gp

    Guest
  20. Tuh..jgn nyalahin motor n pembalapnya…kdang ada yg bilang honda pnas mkin ngacir n yamaha mkin lemot,kl lg lht moto gp..pdhl bnyk perangkat krusial di moto gp utk jd juara.
    Mksih wak haji penjelasanya..josss

    Guest
  21. Ngarepin motogp dan wsb satu sirkit ya di Isle of Mann sono…disono GSVR (Dry Sump)pernah bikin heboh…meskipun cuma sekelebat.tapi suaranya emejing…
    Skrg ada juga RCV S…meskipun RCV S masih wet Sump Gearbox…

    Guest
  22. Yang penting siaran langsung motogp lebih diminati

    Siaran langsung world superbike di tifi lokal beberapa tahun lalu ora payu…

    Guest
  23. Bener wak.. kok motor produksi massal disejajarkan dgn motor prototipe, ya jelas kalah jauh lah.
    Kmrn ane coba mancing opini pake kata “setara” kok banyak yg setuju???
    Padahal diatas kertas aja speknya memang udah beda jauh, gimana caranya bisa setara..
    Haha

    Guest
  24. faktanya emg lap time wsbk winter test jerez 2016 lebih baik dr lap time pole Q2 jerez 2016, tp apakah itu berarti wsbk lebih hebat/sama dgn/ngalahin motogp? NO, not exactly true
    fakta emg wsbk yg dipakai motor dgn nama motor masspro (ZX10R, R1, CBR1000 etc) tapi apakah spec motor wsbk jg sama spt motor masspro? NO, not exactly same
    kenapa ZX-10R begitu tangguh di wsbk? karena ZX-10R y motor masspro, y motor prototype sedangkan yg ikut race motor prototype, motor masspro turunan dari motor prototype yg dibatasi (stategi jualan)
    kenapa gtu, knp potensinya gak disamain? bukannya gak mau, yah biar beda aj, biar seru (engineer berkreasi), khn race motor masspro oriented bukan prototype oriented

    Guest
  25. kesimpulannya
    artikel trtntu di salah satu warung telah berhasil memancing kehadiran para FBK yg slama ini tiarap (klw bicara dunia sport which is well represented by motogp,) kembali berkenan muncul.
    dan skalinya komen langsung ala die hard
    ibaratnya klw ga kluar urat leher ga afdhol
    padahal cuman keyboard warrior
    tapi jakunnya seolah mencelat
    xixixi

    Guest
  26. Apa keunggulan ZX10R di jerez akan memancing Kawak terjun lg di Motogp?
    Semoga iya…
    Ane lebih salut suzuki yg mundur dr motogp utk kembali lg dengan spek mesin yg beda…dan hasilnya skrg…sangat menjanjikan!

    Guest
  27. Ane fans fanatik yamaha, tapi yang fair ngefansnya. Kalo yamaha lg jelek ane blg jelek.
    Tahun depan menurut ane marq punya peluang besar juara back to back. Motornya pasti akan lbh baik, skill dan mental dia bakal tambah kuat.
    Ane tetap jagokan rossi. Walaupun scra logika dia sdh lbh sulit jurdun krn berbagai faktor. Smga yamaha bener2 merevisi enjin jd lbh powerfull sambil tetap pertahankan kestabilan motor 2016.
    Goodluck rossi and vinales.
    Dan smga kawasaki dan bmw gabung jg ke motogp biar tambah seru kejuaraan ini.

    Guest
    • Susah klau power pgn lebih garang dari rcv sma ducati mas ingat yamaha pke mesin inline kelebihan nya smooth plus stabil kekurangan nya ya itu td di kasih sirkuit yg lumayan panjang ? wasallam krn power pasti bakal kalah tp kelebihan nya naik m1 tu kaya naik vario atau nmax mudah di kendalikan dn enak di setiap melahap tikungan beda sama rcv yg terkesan kaya banteng so buat naklukin rcv atau ducati butuh rider kaya stoner tp krn stoner pensiun akhirnya ada marquez si penjinak banteng ? terbukti taun ini dia titel juara dn jgn lupa doain biar taun dpn hrc ttp bermasalah biar balapan seru kata matteo honda taun skrg byk mslh bisa juara gmn taun dpn klau semua sudah kembali ke jalurnya saya gk bisa omong itu kata matteo loh bkn saya ???

      Guest
    • Bahahah lu mikirnya masih jaman baheula bro…liat itu RCv terkaing2 cuma ngisi finisher 4 dan 5 di Spielberg…
      1 n 2 ducati
      3 n 4 M1
      On fact RCV skrg tenaga kurang, naikin final gear di ujung stright sampai diembat GSX…
      Liat Valencia…
      Belum lg sirkit mega speed macam mugello, tinggal nama dah si RCV…bye bye !
      #MendadakLupaSirkitAustria&Italia

      Guest
  28. Single ecu bikin motogp makin seru tapi juga bikin laptime ga beda jauh dari wsbk wkwkkw

    https://bulebiker.wordpress.com/2016/11/29/review-helm-shark-s600-matte-black/

    Guest
  29. Yang jelas.. Motogp & Wsbk di sukai pecinta balap roda dua…

    Tapi jujur kalo Kawasaki terlalu mendominasi & sedikit drama dog fight.. yaa bosenin.. malah sampe saling tolong di race penutup.

    Komentator disini pada gemesz kalo emang kawak punya senjata kuat Berani turun di MOTOGp dong.. gt kurang lebih inti sarinya.

    Guest
  30. Yang jelas.. Motogp & Wsbk di sukai pecinta balap roda dua…

    Tapi jujur kalo Kawasaki terlalu mendominasi & sedikit drama dog fight.. yaa bosenin.. malah sampe saling tolong di race penutup.

    Komentator disini pada gemesz kalo emang kawak punya senjata kuat Berani turun di MOTOGp dong.. gt kurang lebih inti sarinya.

    Guest
  31. Kalo sy ngarepin misal musim 2017 van der mark gagal bawa R1 juara wsbk..

    Musim 2018 Rossi side ke WSBK…Di team Yamaha…WoW. hehe….tapi kayakna sedikit harapan, mungkin Rossi masa pensiun lebih asik ngurus Team SKY46 moto3,moto2 & ambasador pengembang Yamaha M1 di masa depan.. yaa gak jauh jauh dari Paddock Motogp lah…

    Guest
  32. Mau juara wsbk ke, motogp ke, tetep ga ngefek ke kualitas & performa motor harian yg biasa dipake macam beat, vario, xeoo, vixion, cbr, dll

    Cari motor harian ga patokan ke juara motogp atau wsbk

    Guest
    • lah ntu wortel by wire nya cbr250 yg baru bukannya warisan dari motogp masspro, ngaruh ngaruuh.. sante aja pasti ngaruh, walo cuman dikit hehe

      Guest
  33. Masih ada yg belum di bahas,wak…bbm nya…jatahnya berapa??…kaya suzuki dpt 24ltr,pasti lebih kenceng n boros di banding dg team honda n yamaha yg cuma 22ltr…wsbk jg pasti lebih nanyak bensinnya..sehingga perlu 2 race..

    Guest
  34. Namanya balapan protottpe yach adu ilmu para engineers dlm mengembangkan SDM & teknologi, meramu mesin baru, sasis , perangkat elektronik, programer, perangkat lainnya, menyatukan semua itu dlm satu paket, untuk menjadi yg terbaik. Kalu wsbk Khan hanya mengoptimalkan paket yg sdh ada, tdk lebih, karena ada batasan dlm hal material.

    Guest
  35. WSBK lebih cepat dari MotoGP…..itu hanya ada di pikiran FBK, karena menang terus di WSBK tapi males atau ga punya duit buat kembangin motor prototype ala MotoGP

    Guest
  36. Diungkapkan Marketing Advisor PT AHM, Seungjun Ahn, Honda tidak bisa melakukan perbaikan sendiri terhadap kerusakan yang terjadi pada RC213V-S.

    Guest
  37. sebagai penikmat balap roda 2 seneng2 aja liat persaingan motogp & WSBK..
    itu yg panas di atas sih Fans Boy merek aja..

    Guest
  38. Udah pokoknya race itu bergantung pada jenis dan merk ban, moto gp jdi lemot karena merk ban nya yg jelek, beda sewaktu tahun kmren yg masih bridgestone yg stabil & maksimal mencengkram aspal

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here