TMCBlog.com – Bro sekalian, AHM pernah bilang bahwa salah satu alasan Honda Rebel 300 tidak juga ikut di boyong untuk dipasarkan di Indonesia adalah karena Faktor Variable Biayanya yang bakalan tinggi karena faktor Pajak untuk Kendaraan 251 cc sampai 500 cc dikenakan klausul PPnBM .. .  ( cek penjelsan di bawah ) Namun akhirnnya di Tokyo Motorcycle Show, sepertinya menyembul solusi agar Honda Rebel Bisa Lebih affordable ( lebih terjangkau ) . ..

Pict : Matsumoto

Yap Honda Jepang menghadirkan ” Rebble 250 Style Concept ” Sebuah Konsep custom dari Honda rebel yang hadir dengan setang tinggi, Muffler rata di bawah dan pendek dengan ban ala ala  flat track yang berprofil kotak kotak . . Please note bahwa yang ahdir di jepang adalah barus ebatas Konsep . . nmun ya itu dia Honda itu Punya Karakter dimana biasannya versi prodksi massal benar benar nggak jauh beda dengan konsep . . Ingat kasus CBR250RR, CRF1000 Africa twin, dan CRF250 ? so Bisa jadi Rebel 250 akan hadir dalam versi produksi masalnya kedepan . . terlebih lagi selain di Indonesia, 250 cc juga jadi salah satu pasar di jepang . .  ehhh ada yang lupa nggak kenapa kalo 300 cc bisa mahal ? Cek di bawah deh

Bicara soal Pajak, DUlu tmcblog pernah bahas dalam sebuah artikel khusus di mana Peraturan yang mengaturnya ada di Peraturan Pemerintah Nomor 22 tahun 2014 yang berisi perubahan ketentuan tentang perubahan tarif pajak penjualan barang mewah kendaraan bermotor. Pada peraturan tersebut. Barang mewah itu ada banyak tingkatan dan terkena pajak mulai dari 10%, 20%,30%,40%, 50%, 60% dan 125% . .  pasal Kendaraan roda dua yang termasuk barang mewah ada dua mas bro yakni yang terkena pajak 60% dan terkena pajak 125 %

Sepeda Motor (kendaraan roda dua ) yang terkena pajak barang mewah sebanyak 60% adalah kendaraan bermotor beroda dua dengan kapasitas isi silinder lebih dari 250 cc sampai dengan 500 cc dalam bahasa matematikanya 250 < CC ≤ 500 CC . . . artinya motor dengan kubikasi mesin 250 cc pas tidak kena pajak 60% ini, 251 cc baru kena sampai pas 500 cc. Mungkin ini lah penyebab beberapa pabrikan seperti Honda dan Kawasaki tidak merilis varian 300 cc atau 400 cc di pasar Indonesia . . Nah kalo mumet bicara Pajak . . mending simak galeri Rebel 250 Concept yang hadir ekslusif di tmcblog dari sobat kontributor di Tokyo – Matsumoto san ini  . .. Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

 

 

36 COMMENTS

  1. Undang2 nya dinego atpm bisa bang? Biar motor 250-500cc bisa turun harganya. Lumayan kl pajak jadi 40%. Harga rebel biar bisa 100 jtan kaya jaman er6n waktu awal masuk dl.

    Guest
  2. Mengapa harga cmx500 (rebel) sama persis dgn cb500x yaitu Rp147.387.500??? Tolong jelaskan.
    Saya cek di beberapa negara, harganya selalu di bawah cb500x.

    Guest
  3. Produsen/distributor/dealer dilarang keras membohongi konsumen. Konsumen harus sanggup membohongi produsen/distributor/dealer.
    Seperti itu lah yg bisa membuat pasar menjadi sehat.

    Guest
  4. Daripada ini yang pasarnya kecil menurutku lebih baik masukin model suprcub. C70 C90 Pispot dengan mesin absolut revo/supra 125 atau honda CB 250 model kaya estrella pasti lebih laku.

    Guest
  5. … ‘ pajak motor kuwi artine ? Jalanan aspal muluuusss … and aman ! He he … 84 X ! Iya, kan … sob ? Ho ho …

    Guest
  6. ini artikel yang saya tunggu2
    tapi wak,apakah nanti tidak mencederai kakaknya rebbel 500?
    karena ahm menjual pride pada segmen mogenya.
    sementara kalau dibuat affordable harga part akan sama (kecuali mesin) karena sepertinya dimensinya sama a.k.a lebih murah. apakah ahm mau kehilangan keuntungan yang besar??? time will tell lagh

    Guest
  7. meski d jadiin 250 cc..klo konsumen ttp mnggut mnggut sj d ksh hrga semau pbrikn ya sm sj bkl mhl..dan lbh heboh itu sperti hal biasa! contoh nyta kartel skutik.!

    hrusnya niru konsumen india, mtr mhl gk kn d beli walau itu sekualitas pbrikn jepun…akhirnya..kpksa pbrikn jepun nurunin hrga jg .ckck.
    mngkin d bnerin dl mental konsumen kita yg terdoktrin mtr hrus lbh mhl dr kmren..leat spek dan hrga dl laah..jngn beli merk doank.

    Guest
  8. akan lbh menarik jika pakai mesin multisilinder,dgn pengapian 360 derajat. bonus suara layaknya bigbike

    Guest
  9. kalo konsep custom bakalan pesimis kayak Remix sama SFA ga di produksi massal, paling cuma sekedar showoff custom pabrikan aja.
    kalo misalnya di realisasiin ga bakal menciderai user 500 dari segi tampilan aja lebih berisi 500 jelas pride nya dapet, good luck.

    Guest
  10. Kalo bisa pasalnya di revisi.. yg pasti malah tambah yg bayar pajak kalau di turunin pajaknya, buktinya samsat skrg sepi jiahh

    Guest
  11. Majegin rakyat gak tanggung-tanggung, mungkin karena rakyat mah nunut ajah sama pemerentah….
    Eh ngadepin freeport banyak kalee cengkoneknye
    Apa ga bangga kalo rakyatnya make barang itu yang gimana gitu…rakyat mampu tapi seolah-olah ditidak mampuin oleh pemerentah. Seakan-akan jenius tuh yang menemukan cara bagaimana mendapat dana dari pajeg. Mungkin next ada orang yang bisa mendapatkan cara agar pemerentah dapat gede bukan dari pajeg.
    Orang awam kata bukan banyaknya pajeg tapi bagaimana pengelolaannye…
    Hanya doa yang baik aja deh moga rakyat indonesia di mampukan membayar pajeg yang segambreng …

    Eh ada yang nyeletuk…bodi ente kan krucil pake montor yang cc nye cilik juga lahhh…terbang ente beko jang…..

    Guest
  12. Kayaknya ngak deh. Terlalu mirip sama yg 500cc. Ngak rela beli motor 150jt tapi tampang 11-12 sama motor 50jt. Sales 500cc bakal jeblok, terus ngak ada jaminan yg 250 bakal laku. Emang yg komentar online semuanya beli? Komen doang, beli kagak.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.