TMCBlog.com – Bro seklaian, setelah lama terlihat di Lantai TPT . . akhirnya AHM Di IIMS secara resmi merilis satu lagi jajaran Big Bikenya yang akan memperkaya porto folio Big Wing yakni New Honda CB650F dengan harga OTR Jakarta 235 Juta rupiah  . . dari segu mesin walau terlihat Mirip dengan CB650F sebelumnya, Namun menurut Honda penyematan mesin 650cc DOHC 4 silinder ada beberapa setingan yang baru  . . Belum lagi penyematan lampu LED, serta warna dan stripe baru . . . Cekidot deh Info Lengkapnya sob  . .

Honda CB650F kini hadir dengan tenaga puncak lebih besar menjadi 68,4 kW. Model terbaru ini tampil dengan design warna dan stripe baru dan semakin mengeksplorasi tampilan mesin. Perubahan ini menjadikan penampilan Honda CB650F semakin tangguh, disertai dengan penyematan teknologi LED headlight dan penggunaan suspensi depan walau masih teleskopik namun sudah mengadopsi teknologi Showa Dual Bending Valve (SDBV)  . . .

Tenaga puncak 68,4 kW dicapai pada putaran 11.000 rpm dengan torsi puncak 63,2Nm pada 8.000 rpm. Peningkatan dimulai dari 5.000 rpm dengan ahdirnya sistem baru pengaturan aliran udara masuk dan keluar dari pembakaran; saluran asupan udara yang lebih pendek menyuplai empat bukaan throttle 32mm dari kotak udara dan memasuki sisi kiri knalpot berkonfigurasi 4-1 yang menggunakan dual-pass struktur internal (bukan triple-pass) pada knalpot, mengurangi tekanan balik. Hal ini juga memberikan hasil final output yang lebih besar.

Dengan rasio yang semakin pendek antara gigi 2 hingga gigi 5, Honda CB650F lebih kencang dibandingkan model sebelumnya dimulai sejak kecepatan pada gigi 2 mencapai 60km/jam. Torsi maksimal meningkat menjadi 63,2Nm sejak putaran 8.000rpm ketika tractability mesin memungkinkan untuk menarik secara perlahan pada gigi enam dengan kecepatan 1.500rpm.

Mesin CB650F telah mengaplikasikan arsitektur internal yang compact, 6 percepatan 4 silinder dengan sudut kemiringan kedepan 30°. Kepala silinder mesin DOHC 16 katup mengaplikasikan direct cam actuation; ukuran diameter dan langkah yaitu 67mm x 46mm dengan kompresi rasio 11:4:1

Dinding piston asimetris meminimalkan kontak dengan diameter sekaligus mengurangi gesekan. Ferrous spines di sisi luar permukaan silinder bertekstur mengurangi pemakaian oli (dan gesekan) sekaligus meningkatkan perpindahan panas. SV cam chain yang halus mengurangi hilangnya gesekan dengan aplikasi dari lapisan Vanadium di pin. Konsumsi BBM 21km/l (mode WMTC) memberikan daya jelajah lebih dari 350km untuk 17,3L tangki bensin.

Rangka dari baja tipe diamond dengan ukuran ganda 64mm x 30mm berbentuk elips. Keseimbangan kekuatan didapatkan melalui penyetelan secara khusus lebih kaku di sekitar headstock dan lebih fleksibel di sisi spar – memberikan karakter pengendalian yang diinginkan pengendara. Sudut caster di set pada  25.5° dengan trail 101mm dan jarak sumbu roda 1,450mm.

Penggunaan suspensi depan Showa Dual Bending Valve (SDBV) 41mm pada rangka depan meningkatkan kenyamanan  berkendara dan handling, memberikan proporsional redaman rebound dengan kompresi yang lebih kuat dengan penggunaan stroke 120mm. Plat pivot lengan ayun ditempa dan dilas bersamaan sementara itu lengan ayun alumunium hasil proses pengecoran grafitasi menghadirkan bentuk kurva dengan busur berada diatas knalpot di sisi kanan. Peredam kejut yang dapat disetel 7 tingkatan dengan single-tube monoshock menggerakkan lengan ayun secara langsung.

Velg alumunium palang enam menggunakan ukuran ban depan radial 120/70-17 dan ban belakang radial ukuran 180/55-17 membentuk “L” untuk mempermudah perawatan. Menggunakan kaliper rem depan berpiston ganda dengan disk berukuran 320 mm dengan alur bergelombang  dan rem belakang piston tunggal dengan disk 240mm menghasilkan daya pengereman yang berlimpah dengan ABS 2-channel terpasang sebagai standar.

Tampil semakin compact dengan dimensi tangki bahan bakar yang sesuai, garis tajam yang dinamis dari shroud, cover headlight hingga ke bagian belakang motor ini. Sisi cowl  yang lebih kecil memberikan kesan agresif dari fuel tank dan semakin menonjolkan mesin ketika jok berdesain pendek dan potongan belakang spatbor depan diletakan dengan posisi pemusatan massa ke depan. Penyematan lensa bening dengan penggunan lampu senja dan belakang LED dan lampu depan yang semakin memberikan daya tarik lebih dengan garis dan sudut yang tajam

Posisi berkendara agak condong ke bagian depan, menempatkan pengendara dekat dengan roda depan. Setang motor tinggi berbentuk tabung yang datar memudahkan pengendalian. Jok pembonceng memberikan ruang yang cukup didukung dengan tali untuk keamanan. Profil jok pengendara yang pas membantu jangkauan kaki ke tanah, dengan ketinggian jok 810mm.

Tampilan speedometer dengan dual screen yang lebar, di sisi kiri terletak informasi putaran mesin dan informasi kecepatan, sementara di sisi kanan terletak informasi bahan bakar, jam, odometer dan informasi penting lainnya. Kedua sisi motor diterangi pencahayaan lampu bagian belakang berwarna putih.

Motor ini didominasi oleh warna hitam pada frame, lengan ayun dan juga warna penutup mesin berwarna perunggu. Motor ini juga dilengkapi dengan kunci kontak berbentuk gelombang menghadirkan keamanan dan mengurangi resiko kerusakan kunci tersebut.

Model ini hadir dengan dua pilihan warna baru Millenium Red dan Matte Gunpowder Black.  Dengan penambahan tenaga dan fitur baru, serta diperkaya desain stripe terbaru, Honda CB650F dipasarkan tanpa perubahan harga yaitu dengan harga OTR (On The Road) DKI Jakarta Rp 235.000.000,-

Based on AHM Press Release

69 COMMENTS

    • @yuhu

      Coba rasakan sendiri kenyamanan shock teleskopik biasa dengan up side down aka inverted.

      Terus simpulkan sendiri dah.

      Guest
    • Tau gue rasanya usd sama teleskopik, maksudnya yg mengharuskan motor itu pake usd siapa? Kira kira salah ngga kalo motor masih pake teleskopik? Semua motor, mau dari mocil sampe moge.

      Guest
    • @yuhu baper amat tong ? Ya masuk akal keleuss kalo dibilang begitu.. secara ini motor harganya udah 235jt. Akan lebih baik kalo shock nya pake USD.. bukan masalah siapa yang ngeharusin pake USD.. mecin mulu sih lu..

      Guest
    • 😃😃😃😃😃😃😃😃😃 ini koment ter gokil yg saya baca hari ini 😃😃😃😃😃😃😃😃😃😃😃😃😃😃😃😃😃😃😃😃😃😃😃 mantap jlub

      Guest
    • Salah tebak mas bro.
      Velg model palang Y yang dikira punya fz25 ternyata punya vixion type R.

      Atau fz25 emang beneran hadir di indonesia ya wak? Kok belum pernah dengar TpTnya

      Guest
  1. Keren ini.
    Pakai SIM C2 ini.

    Tapi harganya lebih value 900cc punya sebelah, sama sama SIM C2.

    Ane sih kagal beli.
    Paling yang nyembah nyembah merk ini juga kagak beli kok.

    Guest
    • Kalo saya malah lebih milih GSR750 broo.. harga jauh lebih terjangkau, tapi secara spesifikasi nggak kalah.. dan menurut saya secara desain lebih garang .. IMHO

      Guest
  2. kalo otaknya masih ada ya mending ambil z900….
    kecuali otaknya udah menciut gara2 fanatik ama brand tertentu…
    intinya fanatik membuatmu berotak udang

    Guest
    • Otakmu kali yang dengki sama honda. Orang punya duit ya suka2 lah mau beli yang mana. Pake ngatain otaknya udah ngga ada kalo beli cb650f. Lo kali skit ati krna mahal ga mampu beli.

      Guest
    • yaudah klo elu punya duit 35 jeti gue recomended minerva 250, pake usd pula.. daripada 150cc brand sebelah.

      “kalo otaknya masih ada ya mending ambil z900….
      kecuali otaknya udah menciut gara2 fanatik ama brand tertentu…
      intinya fanatik membuatmu berotak udang”

      gue ngomong sih menurut teori elu ..

      oh ya … yg beli ducati atau bmw harga selangit semuanya otak udang juga sih menurut teori elu

      Guest
  3. Body Masih bagusan new vixion dari pada ini, moge yang gak pernah terlihat dijalanan sama seperti CB500an gak pernah kelihatan dijalanan DKI jakarta sekitaran yang katanya laku ekkekekk, lebih sering terlihat moge kawasaki dan yamaha serta ducati BMW, jijik kah konsumen pakai moge honta

    Guest
    • Sy sering kok lihat. Yg punya nya asik2 orangnya. Sorry terpaksa gw bilang, orang yg punya moge lebih melek dan tahu motor ketimbang Lu, yg sudah tertutup alias hater.

      Guest
    • Jarang liat lah lu org nya cuma liat dumay plus bc”an tiap ari duduk ketik,baca artikel blog plus sekali” bc”an karya org gimana bisa liat ni motor di jalan kalau sehari” kerja lo di layar ponsel 😂😂😂😂😂😂

      Guest
    • Ya berarti belum beruntung aja. Di kota kecil ai aja sering liat moge2 honda macam CBR600rr ama Goldwing. Kalau kawasaki, kemarin aja baru liat vulkan s pas mau ambil aerox. Bikin berisik jalanan aja.

      Guest
  4. Hoh Gile disk brake depan double men..
    Btw sayang kang Taufik.. angle pemotretannya rada kurang jauh, pengin liat full body maklum kita orang jauh ga bisa liat ke IIMS hehe

    Guest
  5. Hanya ID yang bernama matteo yang super goblok selalu nyerang FBY. Loe liat produk ini goblok.. Pake mata loe… Harga segiti dapat apa? Mending z900 goblok. Mesin jauh lebih besar. Matteo oh matteo.. Lu lahir dari comberan memang

    Guest
  6. Kang, kalo nulis artikel jangan kayak copas dari brosur dong.. Keliatan banget ngelebih2in ataupun mendewakan satu merek.. Apa sih kelebihan motor ini.. Coba bandingkan dengan z900 jauuuuuuhhh kang.. Dari berbagai spek gak da yg dibanggakan.. Apa karna cuma dari merek sayap sebelah jadi seperti mendewakan sampai2 artikelnya kayak baca brosur2 yang dilebih2kan sama perusahaan.. Lebay broo..

    Guest
    • whoooiii . . kalo artikel info resmi ya harus gitu, copas dari info resminya
      di Yamaha Vixion juga saya copas dari YIMM, di suzuki juga copas dari suzuki
      tho kalo pembahasan detail saya nulis sendiri, bikin video sendiri dll dll . . bahhhh

      sampeyan kurang piknik atau baru sekali baca artikel tmcblog ?

      Administrator
    • Bukan esmosi wakakak tapi ngasih tahu boat ngerti mana artikel info resmi, mana artikel analisa dll

      Administrator
    • Iya om gw percaya loe kagak esmosi.. Secara loe udah haji pasti lebih bisa ngontrol emosi.. Hahaha.. Sory ya om klo kritiknya agak pedas.. Tapi gw selalu suka ama semua tulisan loe om n seneng bisa selalu ngikuting perkembangan roda dua berkat om dari tahun 2012.. Thnks om wak haji. 🙂

      Guest
  7. Merek Honda emang kabanyakan lebih mahal sih dimana-mana. Teermasuk di luar negeri.
    Namanya juga udah brand mendarah daging. Nilai kepercayaan juga cukup tinggi.

    Guest
    • Gak juga bos, CR-V di Amrik lebih murah dari merk sebelah.
      Klo saya simpulkan Honda ambil margin di Indonesia kebanyakan ( gak peduli itu Astra Honda atau Honda prospec motor)

      Guest
    • Hary utk produck roda 2 Honda pasti lebih mahal dimanapun di jual nya di banding rival beda sama roda empatnya krn brand honda itu lahir dn terkenal dgn roda dua nya beda sama yamaha yg lebih mahal suling sma piano nya ketimbag aerox 😆😆😆😆😆 gk percaya tanya google berapa harga piano classic yamaha si jamin anda ayan 😆😆😆😆😆 krn besik ymaha music bkn mesin 😃😃😃😃😃😃😯😯

      Guest
  8. kadang gak habis pikir dengan yang bilang ini lebih value dari itu, dengan selisih segini bisa dapet segitu, pada rentang harga 200-300 jutaan konsumen segmen ini di garasi rumahnya minimal udah ada pajero dakkar/fortuner ke atas, atau setidaknya alphard tahun 2012 up.

    konteks selisih (katakanlah) 50 juta di mata seorang penunggang vixi/cb (dengan salary cap 3-5 jt/bln) tentu akan berbeda pula di mata seseorang dengan seorang penunggang pajero/fortuner (dengan nett income 60 ++ jt/bln), akan berasa seperti selisih 5-10 jutaan saja (bukan 50 jutaan dalam kacamata penunggang vixi/cb)…….

    pada segmen ini, ukuran value tidak terbatas hanya pada aspek objektif-material (seperti: kubikasi, layout frame, konfigurasi mesin, performa, 0-100 km/h dalam sekian detik koma bla bla bla..) tetapi justru lebih dominan pada aspek sosio-psikologis, advice sejawat, brand awareness, brand trust, pengalaman kepuasan menggunakan merk tsb, dll, tetapi yang paling penting adalah personal taste, artinya seberapa baik (atau bisa juga banyak) produk tersebut mewakili kepribadian konsumen dalam arti seluasluasnya, mewakili personal achievement dan personal articulation.

    produk pada segmen harga ini, terkadang lebih murah gak berarti otomatis lebih value (di mata calon konsumennya), contoh kasus perusahaan air minum aqua, tahun 70an air minum kemasan adalah barang mewah, aqua menjual produknya dengan harga 1/4 hingga 1/3 harga kompetitor yang merupakan air kemasan impor. penjualan aqua melempem, hampir bangkrut, calon konsumen berpikir “bagaiamana kualitasnya jika sebuah produk dijual sedemikian murah?”, ketika aqua mencoba menjual dengan harga mendekati harga kompetitor (tanpa menaikkan kualitas sedikitpun), justru penjualan melejit dan aqua tidak jadi bangkrut, bahkan sekarang menjadi nomer 1.

    in the end, beauty is in the eye of the beholder.

    Guest
    • Itu namanya gk tau diri bin sombong bro. Sudah jelas kompetitor lebih value dilihat dari spek manapun.
      Nah, dgn pedenya honda membandrol harga yg jauh lebih tinggi dari kompetitor.
      Bicara gampangnya, di pasar A harga cabe 1kg 100 ribu, di pasar B harga cabe 1.5 kg cuma 70 ribu. Nah kalo ada yg ttep beli dipasar A kan namanya gk waras kecuali nyari sensasi. Apa dipikir org2 kaya gk mikir kalo ngluarin duit?
      Cuma mindset yg tersesat aja yg ngotot beli.

      Guest
  9. makin banyak pemain 4 cylinder,,,tapi kenapa hanya 500++cc yg pake 4 cyl,,,ayo bikin 400cc 4cyl, atw sekalian 250cc 4cyl biar suara stereo dikalahin sama zwinggg,,,zwingggg,,, hehehe

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.