TMCBlog.com – Bro sekalian, melihat 4 seri terakhir WorldSBK 2017 boleh dibilang yang juara L4 alias Loe Lagi Loe Lagi . . Kalo Nggak Jonathan Rea, Ya Chaz Davies . . Kalo Nggak KRT ya Ducati Aruba . . . Sudah Pula diubah pola Race dua di mana pebalap tercepat pindah ke Row 3-4 tetap saja itu yang namanya Rea, Sykes, Davies ataupun Melandri tetap bisa ke depan . . Yamaha di tahun keduanya sudah semakin kuat, namun di 4 seri terakhir belum cukup kuat meladeni dua Team ini, Honda makin mumet di 4 race perdana WSBK 2017 walaupun sudah pakai Motor baru Fireblade SP2 . ..  di beberapa orang peghuni paddocl atmosfer seperti ini menimbulkan kekhawatiran bahwa Race tidak akan lagi menarik, juaranya sudah dapat diprediksi, tidak banyak pabrikan yang bisa bersaing . . penonton main ogah nonton . . WSBK bisa bangkrut kalo dibiarin !

Yap Memang Kawasaki fokus banget di WSBK dan merupakan satu satunya team Murni factory di sana  . . semua sumber daya Kawasaki global dipusatkan di WSBK . . dan bukan salah kawasaki Juga begini karena mereka melihat value dan kans menang untuk tampil di WSBK lebih besar  . sedangkan pabrikan lain lebih mempercayakan wakil team pihak ketiga untuk membela Brand di WSBK . .. dan memang kelebihan sumberdaya, budget dan lain lain memang inline dengan hasil dimana KRT memang cukup mendominasi bahkan dalam 2 Tahun belakangan . . . Pabrikan lain kecuali ducati keteteran untuk menyamakan level dengan KRT  . . Oleh sebab itu di race weekend Imola Italia pekan lalu hadir rumor dan berbagai wacana untuk kembali menghidupkan aura kekompetitifan di WSBK . .

Diantara banyak wacana, Ada dua wacana umum yang dirumorkan dan kini sedang berkembang . . Wacana Pertama yakni apakah WSBK akan mengadopsi sistem seperti MotoGP dimana ada penyeragaman ECU, pengembangan mesin dibekukan ( tapi lebih lunak mulai setengah Musim kedua ) plus ada aturan konsesi untuk team team yang sudah lama tidak podium untuk melakukan pengembangan mesin di setengah musim kedua, diperbolehkan melakukan pengetesan lebih banyak dan Juga ban lebih soft . . Pokoke di refleksikan ke MotoGP deh . .

wacana Kedua adalah mengadopsi regulasi Superstock di WSBK dimana kondisi Motor sudah seperti kelas WSTK yang sekarang ini juga sedang berjalan . .. tmcblog masih belum tahu bagaimana dan daerah mana yang beririsan dan yang membedakan antara WSBK-Stock dengan superstock nanti ..  Namun dengan kondisi yang stock diharapkan adanya pengereman performa sehingga team team yang awalnya sudah untuk mengejar ketertinggalan bisa punya kans menyamakan team team tersebut . .

Pada dasarnya kedua sistem ini sama sama mencoba membuat regulasi dimana secara spesifikasi team team kuat akan merasa terseret downgrade namun buat team team lain bisa mendekati level mereka ..  jadi berusaha ketemu ditengah tengah . . namun tentu akan sangat banyak pro kontra . . seperti kita ketahui sendiri WSBK adalah kawah candradimuka pabrikan untuk riset elektronik khusus motor produksi massal, begitu pula mesin mesinnnya, sudah banyak pengembangan R1, ZX-10R, CBR1000RR yang berasal dari riset pabrikan di WSBK, so ada pemikiran bahwa jika dibatasi, maka RnD juga akan terasa terbatasi .. .

Nah kalo menurut sobat sekalian seperti apa ? mending sistem mirip MotoGP atau didowngrade ke Superstock? atau bahkan punya pendapat lain . . silahkan share di kolom komentar sob

Taufik of BuitenZorg

86 COMMENTS

    • kawak bukannya gak berani main di motogp, tp pertanyaannya apa kawak bisa bikin mesin bener2 baru? selama ini kan buat produksi masal selalu mesin lama yg diganti kasing, gapernah ada inovasi mesin baru, sekalinya bikin mesin prototype zxrr langsung zonk cuman sangar di body doang ????

    • Sebenernya saya bingung tentang pengembangan mekanikal di dunia otomotif itu masih ada atau tidak. Coba sebutkan, apa yang belum ada?

      Namun sekarang itu pengembangan nya lebih mengarah ke elektrikal
      Perpaduan antara mekanikal dan elektrikal agar menghasilkan kendaraan pintar dan efisien

      Sekian pengetahuan nubi
      Monggo kalo ada tanggapan cak

  1. Byuh…masalah ini awalnya saya baca di tweetnya motomatters,
    Honda dengan mesin baru wajar masih ngeraba2, Yamaha di tahun ke-2 nya sekarang, wajar juga masih taraf seperti ini, butuh proses dibanding sama Duc n Kawak yg udah bangkotan
    Btw kalo boleh Tanya apakah Honda Redbull Dan Yamaha PATA disupport HRC n YFR, kalo masing2 disupport sama Honda n Yamaha Eropa mungkin tidak bakal maksimal..

    • CMIIW, setau ane klo honda itu development nya masih dipegang sama Ten Kate walopun skr udh ganti nama sama Red Bull jadi ga ada campur tangan langsung HRC mungkin. CMIIW

  2. Unified Software
    Pembekuan Mesin Konsesi

    mungkin tambah satu lagi :….ganti Pirelli ke Michelin 😛

    #justkidding

    • beh STK1000 bukannya udah ada ya?
      IMO mending kaya begini aza..biar ada proses lah,jangan ada nanti wacana oprek2 regulasi kaya di motgp. kalaupun mentog bisa call HRC dan YFR kan…wakakaka

  3. mending di bikin kaya motoGP saza , so biar pada riset dari nol lagi …
    kawasaki & ducati sekarang di wsbk udah kaya settingan honda dan yamaha di motogp sebelum penyeregaman software ….
    #analisa ngawur iki

    • Kawasaki dana fokus ke WSBK sedang HOnda, yamaha, Ducati bahkan suzuki dana fokus ke Motogp. Gaji pembalap Motogp sekelas VR46, MM93, JL99 itu ngak murah coba bandingkan gaji pembalap top WSBK Rea, Davies dan Skyes jauh di bawah pembalap top MotoGP.

      Jadi wajar kawasaki berjaya di WSBK saat ini walau DUcati mulai bisa menang dibeberapa sirkuit karena Ducati punya pengalaman Juara WSBK terbanyak sepanjang sejarah.

      Kawasaki dari dulu selalu menghindar bertempur langsung dengan Pabrikan Faktory Jepang lainnya. kalau Yamaha factory, Honda factory fokus di WSBK alamat kaburr laqi kawasaki. Namun sesama pabrikan Jepang biasanya saling bagi hasil karena nasionalis mereka tinggi jadi biarlah Kawak berjaya di WSBK dan Honda dan Yamaha berjibaku di MotoGP.

      Lagi pula WSBK juga ngak disiarin langsung di negara kita jadi Tetap masyarakat banyak yang ditunggu-tunggu ya balapan MotoGP dimana para Dewa saling tempur. WSBK identik dengan pembalap buangan motogp yang sudah menua atau kurang bersinar.

  4. ya kalo menurut ane sih mending kayak gini aja wak.. salah sendiri kan pabrikan gak mau turun tangan langsung di wsbk.. iya kalo superstock yg datang belakangan pasti yg di untungkan.. lebih baik itu penyeragaman ECU aja wak..

  5. pake pembatasan dana pengembangan kan bisa jadi pabrikan juga ngeriset gak jor”an n imbasnya kan bisa ke produksi motor masal yg lebih murah harga jualnya

  6. Klo regulasi sama kyk stok kykny pesimis wak, Sangat susah jika sport sudah dicampuri ama show. Penyeragaman ecu mungkin bisa saja.

  7. Sebuah kompetisi ya jangan dibatasi,, kalau kawasaki menang kan karena ini memang totalitasnya terjun di WSBK..
    WSBK kurang menarik bukan hanya karena regulasi, tapi juga kurang pembalap high profile.
    Sistem Race 1 dan Race 2 pun tidak seru. Harusnya 1 sunday race saja.
    Bahkan WSBK pun tidak ditayangkan di Indonesia yang notabene termasuk negara konsumen sepeda motor terbesar. Di sini gaungnya kurang manteb.

    • ntuh hayngeden sama low ess di honda mantan pembalap motogp tetrp ajah ga mampu dongkrak wsbk.. tanya kenapa??

      penggemar balap itu suka balapan yg kompetititf, bkn cm ditrack tp jg panas diluar track.. ibarat artis pny bakat hebat kaya gimana jg, kalo ga muncul diinfotainment pasti bakal cepet surut..

  8. Kayaknya mending superstock deh,biar motor yg dijual bebas juga ngerasain peningkatan teknologi n performa yg nggak beda jauh sama yg dipake di WSB,karna pasti tiap pabrikan bakal bersaing buat motor yg ready to win sejak keluar dari pabrik,walau harga juga pasti bakal melonjak tinggi banget

    • Kalau Harga melonjak juga pabrikan yang repot… kekurangan dana, apa lagi kalau keluar model baru…. kan harus laku berapa ratus unit lagi biar bisa ikut…. cuman opini saya lho ya…

  9. Mending ke Arah Superstock, karena Superbike sekarang ini terlalu jauh, lebih ke arah prototype, sedangkan tujuan utama WSBK adalah untuk memasarkan Produk Massal, nah, harusnya tidak banyak ubahan, jadi aura motor massalnya masih terasa, ibarat kata kayak WSBK di tahun tahun 2006-2010. Harusnya seperti itu. Sekarang pun saya lebih suka nonton WSS300 dan Superstock1000, daripada nonton WSBK, padahal dulu jamannya Troy Bayliss dan Noriyuki Haga berjaya, saya lebih suka nonton WSBK dibanding nonton Superstock.

  10. mending ganti ban pirelli ke ban michelin atau dunlop, klo ecu dibuat seragam mending gak usah soalnya engine wsbk gak se superior kayak motogp

  11. Ngga usah diubah wak, biarin aja,, palingan ditinggal penonton, lha wong animonya jg tidak sebesar MotoGp,,??

    • beberapa race spt di Philip Island, Assen, Donington, Laguna Seca, San Marino dan track2 di spanyol ckp byk kok penonton yg hadir lgsg, mungkin klo di gelar juga di Indonesia jg akan byk yg nonton.

      Guest
  12. Bikin aturan baru kalo pabrikan macem HRC, DUCATI CORSE dan YFR kalo mau ikut motoGP harus support jg WSBKnya, syukur2 ada transfer teknologi disana

  13. Biarin seperti sekarang aja… toh risetnya buat motor produksi massal. Nggak lucu kalo dibikin unified software (kalo MotoGp beda – motornya prototype). Masih mending dibikin jadi Superstock, toh Honda sama Yamaha nggak nglirik WSBK karena “dianggap” kurang gengsi khan. Or, VR46 pensiun dini, dipindahin ke WSBK aja…hehehehe.

    • Mbuhlah### vr 46 pensiun dini???
      Vr46 itu udah balapan d ajang gp500/motogl mulai tahun 2000 artinya udah musim ke 18 dia d ajang motogp, “seandainy” dia pensiun habis musim ini, masak udah 18 musim bertarung d motogp masih d bilang pensiun dini?
      Ada2 gajah

  14. ya ilah wak, disiarin aja dulu disatasiun Tv nasional, biar banyak rakyat indo dulu yg nonton, jadi bisa tau perkembangan race nya seperti apa, secara mengisi kejenuhan tayangan motoGP yg sekarang break nya mayan lama

  15. biarin aja biar bubar dah wkwkwkwk
    emang sepi penonton nih balapan, malaysia aja sampe nombok terus akhirnya gak ada kontrak wsbk lg dah disepang wkwkwk.
    di asia balapan yg rame pas di thailand doank itu juga karena pembalap thailand yg dpt wildcard di ss600 bagus”.
    paling sedih pas liat tulisan blog siapa yak saya lupa pas ada sesi fans di paddock. kalo pembalap motogp ditunggu fans, pembalap wsbk malah nungguin fans duduk aja di depan paddock pake meja sama bangku kaya pager ayu wkwkwkwk

  16. akarnya hanya karena pabrikan selain kawasaki msh setengah hati fokus di ajang ini. Masak hnya krn gengsi? IMO, justru WSBK lah yg lebih berpengaruh ke pemasukan bisnis mereka sendiri, bukan MotoGP. Ato mmg bisnis otomotif ini anggaran utk balapnya ga bisa paralel ya?

    • Kalau bagus kenapa Kawasaki ngak modalin siarin Live secara langsung.

      Orang taunya VR 46, MM93, Pedrosa, MVK ,JL 99 itu yang menjual boss. Gaji mereka semusim dibanding pembalap WSBK bagai langit dan bumi.

    • Kalau bagus buat bisnis kenapa Kawasaki ngak modalin siarin Live secara langsung.

      Orang taunya VR 46, MM93, Pedrosa, MVK ,JL 99 itu yang menjual boss. Gaji mereka semusim dibanding pembalap WSBK bagai langit dan bumi.

    • Zzz anda sehat ??????????????????
      Perbandingan moto gp sma wsbk tuh samadengan motogp = liga championz
      Wsbk = tarkam alias balapan karung jauh di bwh moto prix aplgi irs ?????????????? smg paham ??????????

  17. biarin aja…honda dan yamaha biar ngejar…cuman gara2 honda ama yamaha gak kompetitif ini mah…apa bmw masih ikut jg gak sih?

    • Bukan cuma yamaha atau honda aja yang gak kompetitif bro, tim lain yang menggunakan motor kawasaki tetap gak bisa menyodok d 5 besar pdhal tim faktory kawasaki sangat mendominasi, beda dengan motogp pabrikan yang bru gabung pun bisa start 1,2 d tahun pertamany macam suzuki, atau tim satelit bisa lebih baik dari tim faktory mcam lcr honda, yamaha tech 3, aspar ducati, bahkan tim satelit bisa juara seri macam marc vds dan lcr

  18. tapi makin kesini makin males sih baca artikelnya juga, cmn mo liat si hayden ke berapa doang…hahahaha

  19. semua dirubah demi bisnis….atau demi kepentingan satu pabrikan?
    padahal dlm sejarah perjalanan wsbk jg dulu pernah didominasi ama satu pabrikan tp ga pernah ada wacana kaya gini

    • yap….ducati dengan carl fogarti/troy bayless/troy corser ya kalo nggak salah….
      kawasaki juga moncer di wsbk habis memble abis di motogp…
      ane pikir sih kekurangkompetitifnya HOnda dan Yamaha di mari ya karena YFR n HRC lebih fokus di motogp,semua resources ada di sana, karena perbedaan paradigm…
      ane soh mencium gelagat politis ketimbang kompetitif di balik issue ini…seperti biasa lah ada pihak yg ngerasa inferior banged kali (u know the name…)

    • Nah itu dia.. pabrikan merah mau trlht superior lg dgn alasan g msk akal. Krn d motogp gatot,bhkn smpe ngontrak juara dunia (vr/jl). Dulu wkt merah mendominasi ya adem ayem aja,bhkn lupa itu musim brp,hmpr semua pmblp yg naik podium make tu motor (ducati),ya fine2 aja. Skrg knp ky mewek yak

  20. Mungkin bakal kompetitif kalo mereka ngeluarin motor langsung turunan MotoGP tapi pastinya ada downgrade, contoh RC213V-s. Mungkin kedepannya bakal ada M1, Desmo, GSX-RR, RS-GP versi road legal.

    • Terus kawasaki mu pke apa ?????? ada” gajah ntar pundung lagi keluar dari wsbk coba mu balap dimana lg klau kaya gtu apa omr aja ????????? jgn lah biar kawasaki ngerasain jadi raja meski hnya sekelas wsbk toh yg suka pun di indonesia jrg gk rugi juga kan ahm sama yimm dn semua org tau pabrikan jepang mana yg paling digdaya di kelas para raja ?

  21. Harusnya dorna memikirkan hal ini :
    1. Tiap team pabrikan diharuskan terjunkan 2 pebalap factory dan 2 pebalap satelite jadi tidak dilimpahkan ke tangan ke 2 ataupun tangan ke 3,dst sehingga atmosfir dan gengsi balap akan meningkat
    2. Pembatasan pengembangan mesin untuk team factory dan ada jatah mesin untuk 1 musim per team
    3. Balapan diselenggarakan tiap minggu selang balap motogp

    • wahh Nomor 1 itu gak bakalan terwujud bro krn itu hak tiap pabrikan mau turun factory apa satelit apa privateer…
      contoh kayak 2002-2003 awal mula motogp 4 tak, aku prnh baca ternyata wktu itu cuma ducati yg turunkan tim factory di SBK, sisanya tim2 satelit/privateer krn tim factorynya fokus total ke motogp…

  22. SBK sejak 2015 ke skrg biayanya udh lebih terjangkau sejak penerapan regulasi EVO…
    menurutku ya tetap pertahankan regulasi EVO yg ada skrg, cuma khusus bwt Panigale regulasi air restrictornya mesti diperketat/restrictornya diperbesar. sdngkn ZX10RR udah wktunya dikenakan regulasi air restrictor. (nb: awalnya air restrictor cuma diterapkan di panigale supaya performanya seimbang dgn 1000cc)…
    itu aja dulu coba diterapin psti kompetitif lagi balapan & yg podium geng ijo-geng merah aja…

    • itu aja dulu coba diterapin psti kompetitif lagi balapan & yg podium gak cuma geng ijo-geng merah aja…
      🙂
      oya btw ducati adlh rajanya SBK dgn duo legdend om foggy-om bayliss. smua motornya 858 916 996 999 1098 udh prnh juara SBK, tinggal panigale yg blum merasakan gelar juara…

  23. sama saja motogp klo g honda ya yamaha. klo wsbk itu motor yg banyak dijual di pasar bkn prototipe. jadi terserah pabrikan yg mau buat itu juga dari riset keinginan masyarakat yg ingin beli produk. contoh: kenapa motor matik tidak dibatasi di 110 cc saja?

  24. pabrikan sepeda motor lain harus all out di wsbk. apalagi honda dan yamaha yg tulang punggung nya di bisnis sepeda motor. jangan kalah sama kawasaki dimana sepeda motor adalah bisnis leisure product. bisnis utamanya heavy industries

    • Tulang punggung ??????????????? baca dulu dah sejarah nya hondut sama yakampret biar paham betul dimana letak tilang punggung nya ????????
      Hondut jelas ruh nya di engine alias mesin tp bkn cuma roda dua ataupun roda empat pesawat zet pribadi pun honda bikin sama kaya yamaha yg ruh nya dari suling eh maaf mksd nya music divisinya byk boss bkn cuma roda dua mlh di bisnis roda dua nya ymha kalah loh pendapatan nya secara global msh di bwh kaoskaki klau hondut gk usah di tanyain yah pasti udeh bisa nebak pendapatan bersih pertahun nya.??? so ymh ataupun honda sma kaya kwski punya divisi lain di bidang yg lain pula cuma mslh nya di kwski utk roda dua boss besarnya emang gk terlalu memfokus kan utk bisa target sejajar dgn honda beda dgn ymh krn meraka punya toyota di blkg nya yg sdh jelas musuh bebuyutan nya

  25. Suru team pabrikan laen minta support full dr pabrikan..
    Kl uda sama full support tetep 4L br d ambil langkah lain..

  26. sama dengan tahun lagi..saya bahkan gak pernah nonton race wsbk..saya lebih suka liat race worldsupersport (wssp)..lebih menarik..sayng wssp jarang banget di blowup di media pemberitaanya..pemenangnya pun beda”..sofuoglu ,mahias,rolfo,carricasulo

  27. kalau WSBK regulasinya dimiripin ke STK1000 berarti otomatis spek motornya sama dong dgn motor di STK1000 ?… dan juga balapan STK1000 yg sebenarnya kejuaraan eropa bakal di”replace” menjadi WSBK,dimana WSBK cuma brand doang tapi speknya kaya STK1000 yg diselenggarakan di seluruh dunia,begitu kah?…atau speknya yg mirip dgn STK1000 tapi skalan balapannya internasional bukan eropa kaya STK1000

  28. honda bakal menyelesaikan proyek superbike V4 nya,siapa tau kalau nanti motor tersebut turun balap bakal bisa juara.honda kan sering juara pake mesin V di wsbk di jaman honda RC 45 dan VTR 1000

  29. yg nonton motogp kebanyakan naik motor cc kecil. yg nonton wsbk kebanyakan naik moge. lihat di sirkuit sepang.

  30. Lahhh kalo misalnya dimiripin motogp dgn unified softwarenya wak keunggulan tiap pabrikan utk riset motor massal berkurang krna software sama kalo gtu kan mending ikut motogp aja sekalian
    Kalopun stock menarik karna makin bener2 motor massal cuma kan udah ada kelasnya jdi 11 12 ntar
    Mungkin regulasinya perlu dibatasin lagi tapi ga perlu kaya motogp

  31. Mending kaya sekarang aja, nanti Ducati bakal keluarin Superbike terbaru basic dari Desmocedici MotoGP, dan ane yakin KTM dan Aprilia bakal lakuin hal yang sama. MotoGP kan Prototype, jadi mereka bisa reset sambil langsung ikut kompetisinya. kalau benar begini nanti Kawasaki sendiri yang bakal ketinggalan. Kenapa Honda ga turunin RCV213vs nya ya, apa karena Honda bakal keluarin Superbike V4.

  32. Penyeragaman ECU pada WSBK dapat menghilangkan karakteristik keunggulan dari tiap tiap pabrikan. Akan lebih baik bila regulasi lebih diarahkan kepada level superstock. Dengan ini pabrikan akan berusaha menaikkan level motor produksi massal mereka agar bisa bersaing pada regulasi baru tersebut. Konsumen pun di untungkan karena mereka bisa memiliki motor yang spesifikasi teknisnya sama persis dengan motor yang mereka lihat menang di TV.

  33. Produk Kawasaki emang racing look, tapi yg aneh kenapa mereka berani ALL OUT di WSBK dan gak berani menampakkan batang hidungnya di MOTO GP
    Secara kasta MOTO GP paling tinggi dalam dunia balap roda 2.

    WSBK emang hakikatnya balapan khusus motor produksi masal, harusnya ada batasan dan homologasi tertentu biar kelihatan keseimbangan antar tim.

    Justu MOTO GP yg seharusnya open RnD malah di batasi , yg WSBK malah open.

    Kalo WSBK terlalu open RnD lha malah nanti rancu , seolah2 MOTO GP dan WSBK 2 gelaran yg bersaing. Padahal keduanya jelas dibawah pengelola yg sama dan diperuntukkan dalam level yg berbeda.

    Harusnya TIM Factory ndak di izinkan terjun dalam WSBK kalo ndak punya tim dalam MOTO GP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here