TMCBlog.com – Bro seklaian, ada satu gambar Patent dari kawasaki yang cukup menggambarkan bagaimana sistem RAM AIR di Big bike yang umumnya menggunakan sistem sasis yang rada tebal seperti Model twinspar ataupun kalo di yamaha disebut dengan delta box . . Patut dicatat ini bukan teknologi baru, dan sudah banyak di aplikasikan di Bigbike terutama Moor supersport Fairing dengan sasis twinspar  . ..  jadi cuma buat pengetahuan kita bersama saja  . ..  jadi Itu Udara yang digunakan untuk pembakaran di masukkan dari ujung Moncong depan Motor dan disalurkan ke dalam sistem Komstir  . .

hal ini berbeda dengan misalnya sistem di CBR250RR yang melalui sisi kiri dan Kanan dari Body Motor via sebuah AIR Duct Plastik . .  nah di moge moge biasannya itu Komstir bolong di depan Namun uniknya tetap ada sistem buat mensupport steering shaft ( poros setir/komstir ) . . jadi angin masuk dari bolongan di depan sob . . Di gambar ke dua sobat bisa lihat angin masuk mulai ujung No 34 . . namun nggak plong plong banget karena ditengah angin harus meliuk kekiri dan kanan karena di tengahnya biasannya akan ketemu ada tempat untuk poros setir . . setelah berpisah, angin akan ketemu lagi dan disalurkan ke Airbox filter . .

Nah coba sobat intip deh , . .  gambar ketiga diatas adalah penampang skema ujung sasis daerah komstir jika dilihat dari depan . . . Bolong namun ditengah ada semacam silinder yang merupakan tempat dari poros setir . . nah kalo sodah gini , tinggal bagaimana hebat hebatan desain soal hitungan mekanika fluida deh sehingga membuat sistem setir tidak terganggu namun Juga bisa meminimalisasi friksi/ gesekan udara akibat udara yang mengalir dari depan sempat mentok di silinder poros komstir tengah . . . pengetahuan yang simple dan Basic namun tmcblog harap Semoga menambah pengetahuan . . .

Taufik of BuitenZorg

17 COMMENTS

  1. Air filter memang cocok kalo posisinya diatas mesin shg jalurnya pas dan lurus. Dan sasis nembus as roda depan mirip moto2

    Guest
    • hitungan cocoknya itu juga dikarenakan jika tempat filter udara diatas, maka lebih mudah membuat sistem downdraft intake yang dipercaya bisa memperbaiki performance

      Administrator
    • Kelas motor 250cc sdh dimulai oleh cbr250rr yg meletakkan air filter di atas mesin. Next R25 dan Ninja 250 kemungkinan besar jg akan begitu ya utk mengejar air pressure lbh pekat di mesin pembakaran normal

      Guest
  2. Comment: makanya Honda baik untuk motor motogp atau superbikenya tidak melewatkan komstir tengah situ karena mungkin ya ada hambatan batang komstir itu tadi, tapi dilewatkan samping garpu shock depan jalurnya, seperti di CBR1000RR, memang di MotoGP honda terlihat di tengah posisi Ram Airnya, akan tetapi jalurnya tetep dilewatkan samping garpu shock depan, kemudian masuk melalui frame twin sparnya, coba deh amati RCV S masspro, pasti ada bolongannya itu twin spar sebagai tempat corong masuk jalur udara.

    Guest
    • bisa jadi sih.. klo design model leher angsa, cuman kayanya udara gabakalan ngemplong aliranya karna nabrak dlu liukan dinding leher angsanya..

      Guest
  3. titik2 air tetap masuk ke engine,
    gak masalah, sudah diminimalkan menggunakan air filter. bahkan yang gk keujanan aja pada pasang water injection kok,
    apalagi ketika hujan, speed motor ala motogp juga gk sekencang kering. penurunan tenaga karena inert uap air gak terlalu bermasalah.
    di SE ada semacam katup searah untuk buang air. air bisa keluar, namun udara gk bisa masuk ke filter.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here