TMCBlog.com – Sobat sekalian, seperti yang kita ketahui bahwa tahun 2017 ini seperti puncaknya dari market motor-motor retro modern. Kalau sobat perhatikan beberapa tahun kebelakang memang banyak pabrikan yang setia bermain di kelas retro, sebut saja Royal Enfield, Triumph dengan Bonneville dan Truxton-nya, Moto Guzzi dan Norton, dan kesetiaan mereka terhadap model klasik ataupun retro menggiurkan pabrikan seperti Ducati dan juga pabrikan dari Jepang yang juga ikutan nyemplung ke genre sportbike retro. Adalah Kawasaki yang akan menelurkan produk sportbike retro modern bernama Kawasaki Z900RS di bulan Oktober mendatang. Kemungkinan release tanggal 25 Oktober 2017 saat gelaran Tokyo Motor Show ke 45 mendatang bertempat di Tokyo Big Sight, Jepang.

Memang sejatinya Kawasaki juga masih menjual sportbike retro seperti W800 dan Estrella, tapi genre retro sport modern seperti menggiurkan bagi pabrikan pembuat kapal laut ini. Tengok saja Ducati Scrambler dengan berbagai variannya yang sanggup mendongkrak laba Ducati karena kesuksesan penjualannya. Lalu BMW R Nine T yang selalu dijadikan bahan motor custom, cafe racer bisa scrambler bisa dan lain-lain. Nah rival terdekatnya dari Iwata juga cukup sukses menjual XSR series di penjuru dunia, tagline Faster Son yang disematkan Yamaha pada XSR menunjukkan bahwa ini sportbike bertampang retro tapi dengan kemampuan sportbike kekinian.

Renderan Kawasaki Z900RS

Video teaser yang dipublish Kawasaki memperlihatkan sedikit sosok sportbike retro modern tersebut dan sudah memastikan namanya, Kawasaki Z900RS dan akan diluncurkan pada tanggal 25 Oktober mendatang. Dalam video singkat tersebut kuat dugaan bahwa sang Z900RS akan memiliki desain yang terinspirasi pada desain Kawasaki Z1 900 cc. Cat body berwarna coklat dan orange, dengan headlamp membulat, spion membulat dan bentuk cover speedometer depan khas motor tua.

Kawasaki Z1 900 cc

Apa yang Kawasaki share pada video teaser memang gak lengkap (ya namanya juga teaser), tapi dari nama yang disematkan ke motor ini kita bisa mengira-ngira spesifikasi teknisnya. Yup, sektor mesin ataupun sasis (main frame) gak akan jauh dari Z900 yang Kawasaki luncurkan awal tahun ini. Perbedaan hanya akan ada di bentuk tangki yang membulat terinspirasi Kawasaki Z1, side cover serta bagian tail alias buntut yang seperti paruh bebek khas Kawasaki Z lawas (Z1, Zephyr, KZ750) dan headlamp bulat namun sudah pakai LED.

Pada bagian mesin, prediksi saya akan serupa dengan Z900. Berpendingin air, 948 cc, 4 silinder segaris. Namun dengan desain mesin Z900 yang terlalu modern, pasti Kawasaki akan melakukan sedikit banyak ubahan pada cover/bak kopling dan magnet kiri supaya lebih punya taste retro klasik. Bagian knalpot semoga dibuat bertingkat, tetap terinspirasi pada Kawasaki Z1 yang dilabur chrome supaya makin kental aura sportbike retro JDM.

Sasispun masih akan pakai jenis trellis baja yang ringan seperti di Z900, begitu juga dengan sektor suspensi yang akan tetap sama seperti Z900, berbekal upside down di depan dan masih pakai monoshock dengan link pada bagian belakang. Lalu roda akan tetap pakai cast wheel namun dengan bentuk atau model palang yang berbeda dari Z900 demi mengejar kesan retro. Menurut saya hal di atas lebih masuk akal bagi Kawasaki pada Z900RS mereka supaya tidak mengorbankan handling dan kemampuan motor bermanuver, serta meminimalisir biaya R&D pada Z900RS jika harus membuat sasis baru dengan twin shockbreker belakang karena basis yang diambil pun sudah sangat baik (Z900).

Opini saya pribadi, motor dengan desain retro memiliki aura tersendiri. Karena tarikan garis desain body yang minimalis membuat desain motor jadul menjadi longlasting. Misalkan Honda CB yang memiliki tempat tersendiri dihati masyarakat, sampai puluhan tahun pun masih ada saja yang pakai ataupun simpan. Terlebih lagi tahun 2017 ini penuh dengan motor-motor yang tergolong baru namun punya desain jadul. Tapi itu di Eropa dan USA sana, ya paling dekat di Thailand lah AP Honda menjual CB150R ExMotion yang cukup berkesan retro. Kalau di Indonesia para pabrikan besar, misalkan AHM release Tiger atau CB reborn dengan mesin air/oil cooled dengan desain retro kira-kira bakalan laku gak ya?

Honda CB1100 RS 2017

Oh iya, malahan desas desus terkuat Kawasaki Motor Indonesia bakalan menjual motor retro modern kan tuh dalam waktu dekat ini. Semoga informasi teaser Z900RS bisa menginspirasi pabrikan tanah air jual motor sport retro nihhh. Salam…

Nugie TMCBlog

22 COMMENTS

  1. Kawasaki juga bikin W175 udah ada spyshootnya well ga cuma Kawasaki aja tapi Honda juga katanya bikin next CB1000 nanti punya kesan retro and denger2 Honda mau bangkitin lagi klan CBX yang terkenal dengan mesin inline-6 walaupun kubikasinya 900cc itu dapetnya dari majalah Young Machine.
    entah bener apa ga, tapi bisa aja hampir semua pabrikan bikin buat produksi klimaks dari motor bbm sebelum di gantiin sama listrik.

    Guest
  2. @aye CBX generasi berikutnya gan, entah bener apa ga bakal di kasih kubikasi 900cc mungkin biar ga ‘kemakan’ sodaranya sendiri cz di kelas 1000cc ada CB1000 yang bakal di design modern-retro and kelas 1100 udah ada CB1100.
    ane rasa bakal pesimis media2 besar terutama MCN ga angkat beritanya cuma rumor aja di Young Machine itu pun edisi Mei 2017, gan.
    ane harap ke depannya motor bakal balik lagi ke old school style tahun 60an tapi dengan sentuhan teknologi modern.

    Guest
  3. Daripada beli motor baru mending beli kuda buat kendaraan masa depan.. ingat guys, sebentar lagi smeua teknologi bakal musnah di muka bumi ini dan kembali ke jaman batu.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here