TMCBlog.com – Bro seklaian, sebenarnya kawasaki Versys X 250 telah hampir setahun yang lalu dirilis Oleh Kawasaki Motor Indonesia  . . namun kenyataannya emmang baru sekarang sekarang ini saja tmcblog memperoleh pinjaman unit test ride dari Motor bergenre adventure ini . . . Motor ini sudah tmcblog pakai di lintasan Pasir Kawah Gunung bromo di awal 2017 yang lalu . . namun jelas test ride yang singkat tersebut menyisakan banyak pertanyaan dan kekepoan mengenai Motor yang dibandrol seharga 62,3 Juta ( versi City – tanpa rear Pannier ) sampai 73,1 Juta rupiah ( versi Tourer dengan rear panniers )  . .. Gimana kalau dipakai short Touring ?

Dan untuk kesempatan pertama ini tmcblog mencoba motor ini dalam sebuah turing pendek ( short touring ) di sekitara Bogor saja  . . . . melipir sedikit ke daerah sekitar bantar kambing, ranca bungur, membelah secuplik perkebunan sawit . . . Video sepanjang lebihd ari 15 menit bisa sobat lihat tentunya di VLOG . ..

Bila Kita Bicara genre dari Versys X 250   . . memang benar adanya anggapan bahwa Versys X 250 ini layaknya sebuah SUV buat sepeda motor 250 cc . . .  kalau di mobil karakter SUV itu adalah besar, Kencang, ban tinggi dan jenjang namun driving di dalamnya akan terasa nyaman  ..  nah karakter itu pula menurut tmcblog yang menempel pada jati diri Versys X 250 . ..

Versys X 250 terutama yang versi Tourer itu besar banget sob, sampai sampai kita butuh perhitungan khusus jika menggunakan motor ini di jalan raya yang penuh terutama yang satu badan jalan ada dua arah. . Bukan apa apa, perkata menyalip bukan persoalan mudah dan butuh kesabaran menunggu arah lawan aman dan menyisakan space cukup dan aman untuk menyalip.

Ciri ciri SUV kedua adalah kakinya yang jenjang, Ground Clearance yang tinggi dibutuhkan untuk menghindari mesin nyangkut . .  Perkara tinggi Juga jadi masalah buat rider dengan jangkauan kaki seadanya seperti tmcblog yang cuma 75 cm ..  jelas jinjit parah . . namun tenang selagi masih bisa jinjit masih aman walaupun perlu kehai hatian ekstra . .

Perhatian ekstra buat naik Motor ini bagi rider dengan jangkauan kaki seadanya juga terjadi saat melakukan U Turn . . TMCBlog sendiri butuh keadaan yang sangat aman dan lengang di U Turn ( tikungan ganti arah di Jalan raya ) baru berani, biarin deh mau dikata udah kayak nenek nekek pelan banget di U turn, Yang penting aman hehehe

kebetulan short touring ini boleh dibilang cukup lengkap karena ternyata jalur yang digunakan juga agak agak rusak .. . dan seperti dugaan sebelumnya Versys X 250 nyaman banget dibawa melibas jalan rusak rusak ringan sampai medium . .  kinerja kombinasi suspensi depan dan belakang cukup banget sob .  . jelas Karakter SUV nih . .

Bicara performa akselerasi . . tmblog coba mulai berakselerasi . . . feelnya nggak galak bro, Nggak mengintimidasi sehingga pas banget Buat sobat sobat yang baru naik dari kelas 150-an cc . . jambakannnya nggak terlalu bengis, namun jelas butuh fakta dalam angka, nanti kita ukur dengan Race Logic sob  .

Bicara keiritan . . dengan sekitar 20 an km short touring dan ngegebar dengan kecepatan 40-60 km/jam tmcblog memperoleh konsumsi rata rata 30-32 km/liter . . tentu ini juga bikin kepo dan akan kita coba ukur dengan lebih mendalam di metoda pengukuran konsumesi bahan bakar Khas tmcblog nanti . . Over All Motor berbada besar ini terlihat awalnya cukup mengintimidasi buat rider rider mungil . . ” apa bisa ? ” ” apa nyampe kaki ku ?  . . Namun kalau sudah berada di atasnya semua eprtanyaan tersebut secara instant hilang dilibas kenyamanan, dan performa mesin twin Versys X 250

Taufik of BuitenZorg

18 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.