TMCBlog.com – Bro seklaian, Motor bebek kian lama kian susut pangsa pasarnya, dari yang awalnya merupakan pangsa pasar paling tinggi, saat ini boleh dibilang merupakan salah satu pangsa pasar yang paling rendah Secara rata rata Andilnya di Pasar Sepeda motor Indonesia menruut data AISI selama 9 Bulan terakhir hanya sekitar 8,61% saja sob .. .  atau sekitar 373.568 unit dari total 4.340,252 unit sepeda motor yang telah terdistribusi . . Udah dikit namun terbagi bagi terhadap beberapa varian   . . Lalu seperti apa gambarannya ? Cekidot deh

Yap di data diatas, tidak ada pendikotomisasian dari segi kubikasi mesin . . Pokoknya bebek ya masuk ke segmen bebek . .. jadi secara umum bebek paling laris di september 2017 kemarin adalah Hodna supra X 125 disusul yamaha MX-King dan Honda Revo . . Menarik melihat bulan Oktober dimana merupakan bulan pertama penetrasi Honda revo X yang memiliki sedikit penyegaran di bagian depannya

Yang Juga Cukup menarik adalah motor bebek entry level yang secara logika lebih masuk dalam psikologis Harga untuk segmentasi menengah kebawah malah kalah sama varian varian Motor bebek di segmen Menengah keatas . . Di Honda , rev kalah dari Supra X, di di yamaha vega Force kalah dari  Jupiter Z1 dan MX King, sedangkan di Suzuki, Smash Fi baru bisa 10% dari angka dari Satria F150 . . Kira Kira kenapa ya bro ?

Taufik of BuitenZorg

 

45 COMMENTS

  1. Kalo kata gw sih pasar motor bebek merosot di gantikan trend matic yang simple dan matic sekarang banyak juga yang makin iirit karena teknologi.klo naik matic klo hujan sepatu gak kena ciprat air dari ban depan. Mending pabrikan jepang kayak honda.suzuki.kawasaki.yamaha bikin bebek vintage/classic dengan garis design yang everlasting. Contok kyk bsa dandy atau gak motor bebek dengan semi dek gitu. Ya tampilan classic kyk super cub dan banyak referensi design yang lebih bagus dan di padukan teknologi dan fungsi. Mungkin akan membangkitkan lagi. Penjualan motor bebek. Harapannya sih gitu. Cz skg orang pada bosen kykna sama design motor bebek yg mau condong modern tp kehilangan ciri khasnya.

    Guest
    • ude bebek suntik mati aja semua.
      biar ga ada balap bebek2an lagi.

      matik juga stop balapane. sportnya kluarin yang versi hemat jadiin balap.
      mulai dari 50cc 125cc

      Guest
    • koreksi, maksud saya kenapa masih bisa menguasai pasar bebek dengan Supra yang padahal dah tua gada innovasi

      Guest
    • image yg udh tertanam gan.. tp bisa dipastikan kalau yg beli supra itu bukan anak muda sekarang atau beli untuk fungsi.

      Guest
  2. Mungkin karena masalah prestise, makanya orang lebih pilih kredit supra x 125 daripada revo … mx king daripada vega force. Lha wong namanya juga kredit … Berarti ekonomi kita sudah agak baikan, jadi orang iso pilih opsi upgrade kreditannya. Coba kalo ekonominya gak baik, pasti terpaksa pilih kredit bebek entry level. Yaah anggap aja gitu … Itu juga udah maksa-in.

    Guest
    • Gak usah maksa bilang ekonomi kita baik, wong nyatanya penjualan menurun semua!!
      Kalo masalah kredit orang pasti secara psikologis akan milih yang paling bagus, karena nilai cicilan akan terlihat selisihnya yang kecil. Padahal totalnya selangit. Kalo bilang ekonomi baik, konsumen malah bakal beli cash semua.

      Guest
    • Yg lbih mahal yg lbih laku mungkin karena gaya dpet ,fungsi dpet, buat ngebut juga bisa, meskipun 11/12 speed nya.

      Guest
  3. mencoba jawab kenapa yang mahal lebih laku:
    Menurutku awalnya bebek dipisah antara kopling tangan atau tidak.
    karena bisa memberikan gambaran antara orang yang mau praktis tapi gak mau matic;
    dengan orang yang ngejar sporty tapi gak mau paha jepit tangki.

    Nah untuk bebek kopling, mahal tapi laku menurutku memang karena enthusiastic rider tapi merasa motor sport terlalu besar.
    mereka berani bayar demi kesenangan.
    sementara
    bebek low end itu konsumen yang kepaksa beli yang paling murah, entah memang karena low budget atau motor operasional perusahaan, gak ada pride atau apapun. yang penting fungsi.

    Sekarang tinggal Supra sih anomali, sporty engga, mahal iya.. ini sih kekuatan brand image aja

    Guest
    • karena “sparepart murah, harga jual tinggi, dan irit” merk H laku karna itu doang.
      padahal mah sparepart murah karena KW. kalo ori mah ya 11/12 juga harganya sama yang laen. malah merk lain banyak yg lebih murah sparepart ori nya.

      padahal irit karena dia 4 tak yg lain 2 tak. kalo sesama 4 tak mah sama aja 2 hari sekali isi bensin bolak balik kantor

      kalo harga jual tinggi cuma karena demand aja. uda sulit dijegal kalo ini. suda berakar.

      Guest
  4. solusinya adalah…..gak ada!!!
    sesuatu pasti punya yang namanya titik jenuh, pabrikan juga udah pada males malesan bikin inovasi pada moped mngkin karna demand pasar kedepannya sudah sangat jelas terbaca..
    klo saya lihat honda dan nissan mereka gak terlalu ngurusi mesin diesel seperti mitsu atau toyo…tetapi langsung ke kendaraan listrik,, karna kedepannya demand pasar akan kendaraan listrik akan lebih punya lifetime yang vanjang daripada mesin diesel yang lebih cepat mencapai titik jenuh dan……Mati

    Guest
  5. yang tersisa disegmen inisebagian besar motor buat pelengkap atau hobi.
    makanya yg laku yg klas atas.
    klo yg nyari motor operasional lbih milih metic enty level sebangsa beat atau mio

    Guest
    • delusi mas?

      ini motor mbebek yg uda layu pasarnya.

      sama aja kaya ente jualan celana cutbray jaman sekarang. ada aja yg beli yang antimainstream tapi seberapa banyak

      Guest
  6. Mbek KING emang gilaa..
    Hampir setara bebek low penjualanya pdahal lebih mahal.
    Saran buat yamaha kalau nanti MX king facelift jngan terlalu bnyak ubahan pada body sexynya terutama STOP LAMP yg sexy sadiss..
    Cukup kaki kaki saja monggo d rubah.

    Guest
  7. Saya pembeli MX King, klo ditanya knapa gak beli Supra? Motornya jadul, cocok buat bapak-bapak.. Terus kenapa ga beli Satria? Motor ceking ga enak dudukannya dan terkesan yang beli anak2 ababil. Terus kenapa ga beli sport full fairing, duit ga cukup? Duit cukup, males aja bawanya gede repot, keren sih.. tapi karena perkotaan, butuh juga yang ukuran kecil, gampang nyelip, & ga bikin cape.. Jadilah beli MX King. Itupun betul2 hobi, 7 bulan baru KM1900

    Guest
  8. Duit cukup, males aja bawanya gede repot, keren sih.. tapi karena perkotaan, butuh juga yang ukuran kecil, gampang nyelip, & ga bikin cape.. Jadilah beli MX King. Itupun betul2 hobi, 7 bulan baru KM1900

    eman le duitmu…
    motor ora dinggo tetep regane anjlok
    mending kanggo harian,nek didol meneh podowae regane anjlok,paling ora batho nganggo

    Guest
  9. Duit cukup, males aja bawanya gede repot, keren sih.. tapi karena perkotaan, butuh juga yang ukuran kecil, gampang nyelip, & ga bikin cape.. Jadilah beli MX King. Itupun betul2 hobi, 7 bulan baru KM1900

    eman le duitmu…
    motor ora dinggo tetep regane anjlok
    mending kanggo harian,nek didol meneh podowae regane anjlok,paling ora bathi nganggo

    Guest
  10. ekonomi membaik itu kalau rakjat naik angkutan umum, lha angkutan umum lbih mahal drpd seliter bensin apalg motor skrg irit2, modal KTP bisa bawa balik Honda Beat, ya mending kredit motor…

    Orang awam ya beli Honda

    Guest
  11. Coba Honda bikin motor bebek dgn teknologi terkini tetapi bentuk dan penampakan kembali pada model jadul bebek super cub…

    Guest
  12. Itu mungkin tandanya entry level kemahalan kang. Psikologisnya kalau saya mau beli revo, lantas ke supra x 125 hanya terpaut beberapa jt saja, mending sekalian supra x. Contoh konkritnya waktu Honda pertama kalinya lagi mengeluarkan sport entry level di harga 15jt berupa verza, laris manis karena terpaut agak jauh ke new megapro.

    Guest
  13. kerjaan sy ojek online. rekan sesama ojol pemakai matic banyak yg ngeluh sm performa matic pertama bensin aga sdkt boros drpd bebek sy pake yamaha force sehari 20rb pertamax yg pake matic sehari bsa 25rb..bgi sbgn org beda 5rb ga da artinya tp bgi para ojol tetap sgt berarti. kedua pemakaian komponen misal vanbelt setiap 3 bln sekali atw 10rb km kira2 wajib gnti soalnya beban ojol ga sm spt org yg cma comuter rumah-kantor pp. sedangkan bebek sy bru ganti girset 8 bln lalu krna rante so pasti jauh lbh kuat drpd vanbelt. ketiga daya tanjak klo macet matic mesinnya kadang ga kuat dan hrs paksa gas rpm tinggi sedangkan bebek ga majalah klo macet d tanjakan. ini smwa dgn catatan berboncengan yh. durabilitas mtr bebek jauh lbh bandel drpd matic. tp klo soal efisiensi sy akui matic lbh baik selain itu ga ada!!

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.