TMCBlog.com – Bro sekalian, Race Basah MotoGP Sepang 2017 sudah berlalu dan dengan Kemenangan Andrea Dovizioso, dan Hadirnya Jorge Lorenzo di Posisi ke dua dapat memperpanjang Napas Ducati team dalam Upaya Mengejar ketertinggalan dari Pembalap Repsol Honda – Marc Marquez paling tidak sampai Race Finale Di Valencia 13 Nopember 2017 nanti. Menarik Jika kita melihat apa yang terjadi saat race . . . Dari awal terlihat Marc Marquez mencoba untuk Ngacir di depan, Namun Pace Honda RC213V tidak memungkinkan untuk melakukan seperti apa yang ia bisa lakukan di race kering . .

Baca Juga : Andrea Dovizioso Juara Race MotoGP Sepang 2017 . .

Salah satu senjata Marc Marquez adalah Timing saat memasuki Tikungan ( entry Corner Pace )  . . dan Bahkan diantara pembalap Honda tahun 2017 ini mungkin hanya Marquez saja yang berhasil mengeksplorasi segini maksimal RC213V di entry Corner . . Mungkin karena lebih ke Racing style MM93 sendiri ya . . . Namun Senjata ini tidak bisa di hadirkan Marc Marquez di Saat race Basah Sepang kemarin . .

Mayoritas pembalap mengatakan Race Basah Hari ahad kemarin lebih ‘ licin ‘ dibandingkan race Kondisi Basah pada Latihan bebas yang mereka Ikuti di Hari Jumat . . macam Macam  analisa penyebabnya, salah satunya adalah karena Race sebelumnya ATC, Moto3 dan Moto2 dilangsungkan dalam Kondisi Dry race sehingga masih banyak bekas grip ban Kering yang tersisa pada permukaan Asphal sirkuit dan membuat Sirkuit lebih terasa ‘Licin’ dari hari Jumat . ..

Unbeatable Ducati team

Sedangkan Dua Pembalap Ducati Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso terlihat menghadapi race yang dihelat dalam keadaan Hujan dengan kepercayaan diri penuh tmcblog bisa lihat dari seperti apa raut dan air muka dari Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso . . . Jika kita mau flashback ke Ducati yang dahulu . . mereka memang punya ke-superioritasan dalam hal race basah . ..

Kenapa begitu Ya . . DUcati jaman sebelum Gigi Dall’Igna terkenal punya top speed tinggi namun agak payah ditikungan . . saat Race Basah, kehebatan Pabriakan Lain seperti Honda dan Yamaha di tikungan seperti ‘dilimit oleh Kondisi Alam’ . . Sehingga level Honda, Yamaha dan Ducati ditikungan saat Track basah boeh dibilang so-so alias mirip . . Namun kehebatan Ducati Di Straight tidak terlalu terkebiri oleh kondisi alam  ..  oleh sebab itu di jalam dahulu Ducati memang hebat saat Hujan . . Saat ini ? . . Ducati jauh lebih Komplit tanpa meninggalkan kehebatan mesin dengan sistem penggegerak Klep Desmo yang kencang di Stright, Namun menghadapi tikungan ..  dengan resep yang dipunya oleh Gigi-ducati bahkan boleh dibilang menjadi yang tercepat di sirkuit basah . .

Nggak Percaya  . . simak perbandingan Data Laptime antara Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo, Johann Zarco, Marc Marquez dan Valentino Rossi yang tmcblog gelar di bawah ini  . .

Masih kurang Zoom? . . silahkan lihat Grafik berikut ini

Lihat deh Grafik Lorenzo dan Dovizioso . . . mereka main mayoritas di Laptime 2:13-an . ..  Johann Zarco Hanya sekali masuk ke 2:13 . . sementara Marquez dan Rossi nggak pernah sama sekali mauk ke zona lebih cepat dari 2:14 . .  dari Grafik ini sudah bisa diambil kesimpulan sementara bahwa Duo Ducati memang unbeatable di Basahnya sepang kemarin . .

Di Track Basah M1-2016 lebih manageble dari M1-2017

Di Press Converence Valentino Rossi sempat ditanya soal bagaimana pendapatnya apabila Johann Zarco diberi kesempatan memakai Yamaha M1 2017 yang ia pakai bersama Maverick Vinales . . Namun Rossi bilang, bahwa kemungkinan hal tersebut bagus Buat Yamaha, namun belum tentu Bagus Buat Zarco . . .

Perkataan Rossi tersebut kayaknya bener bener Jujur sob . . Lihat deh Grafik di atas . . Saat menghadapai race yang nggak bisa diprediksi alamnya seperti sepang, Butuh Motor yang siap dalam segala kondisi . . Namun Faktanya, Dua yamaha M1 Yang dipakai Rossi dan Vinales under-performance atau Mungkin Tidak lebih-managable Bila dibandingkan Yamaha M1 2016 Saat kondisi Track Basah . .

Indikasi team Order Ducati ?

Salah satu Yang menajdi pembiacaraan adalah kemungkinan team Order yang dilakukan di tam Ducati untuk memuluskan Dovizioso menjadi juara seri sepang . .. apakah benar itu terjadi atau tidak sulit untuk diketahui dengan pasti . . tidak ada kalimat kalimat kepastian dari pihak ducati mengenai hal ini . .  Ducati Corse General Manager Luigi Dall’Igna berkata bahwa kedua Pembalap mengetahui apa yang terpenting buat tim . . dan Bahkan Marquez pun mengatakan bahwa Lorenzo mengerti apa yang harus ia lakukan . ..

Bukan apa apa sob, salah satu indikasi yang membuat sinyalemen  team order hadir adalah hadirnya pesan yang bisa juga terbaca di Layar televisi secara umum dari team ducati ke Jorge Lorenzo. Pesan yang terbaca di Layar Dashboard Ducati GP17 Lorenzo adalah “SUGGESTED MAPPING: MAPPING 8”  . . . Yap Menurut tmcblog bukan Pesan yang secara leterlek menyuruh Lorenzo untuk membiarkan Dovizioso lewat, melainkan biasanya Pesan yang menyarankan Lorenzo untuk berganti Mapping elektronik Motor menjadi No 8 . .  Mapping Custom seperti ini biasannya berperngaruh baik ke Throttle response, atau mungkin engine Brake, Traction Control atau hal hal lain, cmiiw . . Namun pastinya hanya Pihak DUcati yang mengerti apa perbedaannya dengan Mapping elektronik yang lain.

Davide tardozzi saat ditanya “What does ‘mapping 8’ mean?” dia pun menjawab “I don’t know…  ” alias Dia tidak tahu . . . Beda lagi ketika Gigi Dall Igna saat ditanya soal Mapping 8 ini . . ia menjawab bahwa Mapping 8 adalah sebuah ” Kode ” seperti yang direportase oleh Julian Ryder di timeline Twitternya dengan referensi ke apa Yang dikatakan Gigi ke TV Italia . . namun begitu biarlah data yang ebrbicara  . . . coba deh lihat data berikut ini :

Yap kita mungkin tidak akan perrnah tahu sebenarnya apa yang dimaksud oleh ” Mapping 8 ” . . namun jika kita melihat data Laptime Jorge Lorenzo . . . setelah Lap 14 dimana ia menerima Pesan dashboard tersebut . .  Laptimenya langsung Drop dari 2:13 ke 2:14 sementara laptime Dovi masih berada di 2:13 di lap ke 16 dan 17 . . . apakah data ini bisa berbicara dan menjadi Bukti arti sebenarnya dari arti ” Mapping 8 ” ? . . namun jikapun itu kode untuk ‘memperhalus throttle” tetap saja Zarco dan Marquez nggak bisa mengejar performa GP17 . . Mungkin itu sebab kenapa Insiden ini tidak terlalu bikin heboh dan reaksi berlebihan dari kompetitor terutama repsol Honda, Marc Marquez pun terlihat Legowo jika pun itu merupakan kode team order antara Lorenzo dan Dovi . . Marc Sepertinya sangat sadar dan mengerti jikapun itu merupakan kode team order . . ini jelas kedewasaan tersendiri dari seorang Marc Marquez

Selain itu Satu yang mungkin terlupa adalah bagaimana Hebatnya Danilo Petrucci ( yang juga menggunakan GP17 di race sepang . . . Saat Sighting Lap, Motor Petrucci bermasalah dan diparkir dipinggir Track, ketika ia sudah kembali ke Pit-box lampu Pitlane sudah merah dan membuat ia harus start warm Up dari pitlane dan Start race dari Posisi paling belakang . . . namun begitu ia berhasil Finish di posisi 6 sob . ..  hmmm nggak tahu deh Jikalau Danilo ini bisa start dari posisi normalnya . . Mungkin bisa jadi masalah juga buat Marc Marquez . ..

Melihat Komplitnya Perfroma Ducati Di akhir Musim 2017 ini, Sepertinya walaupun unggul 21 Point menjelang race Valencia, Marc Marquez harus tetap waspada, karena apapun bisa terjadi, Never say Never . . . Bukan hanya Dovi lawannya di Valencia . . ada Lorenzo, Petrucci dan lain lain . . silahkan dikunyah kunyah sob

Taufik of BuitenZorg

133 COMMENTS

    • Secara diatas kertas akan silit Marquez finish diluar 12 besar, semoga besok bisa jadi race yg menarik banyak overtake, ga kya sepang, membosankan. 😪

      Guest
    • Aaah Segernya Pagi” Baca Artikel Sambil Ngopi + Cium Ketek Ducati sebelum sebar brosur,,
      Lirik Pensboy Suling Bambu,,,ekeke 😘

      Guest
    • ekekekekk

      jogoin ducati juara dunia 2017
      pokok jangan honda zaza

      😂😂😂

      Guest
    • Kaum Mental Mentok njumbul euy…. 😀
      Jagoin Ducati? Naik Mbit & Keong Racun serasa ngebut pke Peningpale y 😂

      Guest
    • mapping 8 => m8 => mate
      Shorthand for mate, m8 is used in chat as a way of saying friend, member, or partner. Fix ducati main team order.. 😀

      Guest
    • Team order selanjutnya di valencia :
      Danilo Petruci & Scott redding ditugaskan utk nyenggol marquez sampai dlosor..

      Guest
    • ekekekek

      dan kambing2 zaman now
      menganggap pedroza amvazzz
      mending pedrozonk pensiun zaza
      daripada gak dianggap ama fbh

      😂😂😂

      Guest
    • Sudah sudah jgn di cela kasian mang itu bkn salah rossi dia tdk tampil kompetitif wajar krn dia pake motor amvaz susah memang mesin angkot lawan mesin lamborghini tp ya apa mu dikata punya modal pas pasan mu ngembangin mesin v engine gk ada duit ilmuwan nya kurang paham jln satu”a yaa menutupi dgn skill rossi tp berhubung rossi sdh tua tentunya skill menurun dn sudah saatnya yfr dgn mesin angkotnya ngambil pembalap msa dpn di wss300 mdh”an taun dpn yfr tetap solid dn setia jadi keset HRC 😊

      Guest
  1. Gegara ducati, race diakhir lap jadi enek.

    Bukan karna yahaha gak ikutan podium (kecuali zarco) tapi karna balapan terkesan gotong royong.

    Guest
  2. iya ya. sekarang Ducati udah bukan ga bisa belom lagi. tapi ga bisa d salip. hahahaha semoga aja Teknologinya Turun ke Motor Produksinya yg ga hanya bsa straight doang dan Mesin cepat Panas macam Oven

    Guest
    • Nah inilah peluang bisnis bung, siapkan aluminium foil, dab anda bisa membuat kue ketika mesin panas

      Salam dahsyat!

      Guest
    • sampean beruntung punya mesin seperti itu bro. kalo ingin ngemil pokorn tinggal ditaroh di atas mesin pancinya. pengen nasgor tinggal naroh wajan. pengen ngopi tinggal naroh poci.
      ducati memang mesin revolusioner. ducati cook corse. ekekekekekkk

      Guest
    • Lorenzo blom bsa menang. dia hanya menang spek Motor. dan selama sesion ini ga pernah ada Adegan salip menyalip dr lorenzo.. blom bsa dia ngendaliin ducati buat overtake extrem

      Guest
    • Segala kemungkinan bisa terjadi. Ducati itu team yang besar, Lorenzo pembalap yang hebat.

      Coba kita melihat perkembangan pesat dari Desmo GP semenjak 2015, apalagi progress dari 2016 ke 2017 yang sangat signifikan.
      Di 2016 Desmo GP adalah motor pemenang seri, tapi 2017 Desmo GP motor penantang gelar juara dunia.

      Editor
    • tetep berat dan tidak mudah kalo dari pengamatan pribadi inyong. pengamat motogp prediksinya 100% akurat pada musim ini, karena pertarungan pada akhirnya antara honda vs ducati. yamaha otomatis ketendang dari kompetisi secara langsung.

      musim depan pun, kompetisi bisa jadi lebih semakin ketat. jangan lupakan ktm, aprilia, suzuki. tergantung masing2 pabrikan mengembangkan racikan tunggangannya.

      perlu diingat juga, potensi teknologi engine konfigurasi v bigbang-nya honda masih luas untuk dikembangkan. bisa dilihat progresnya dari awal musim sampe akhir musim. sangat impresif & signifikan.

      Guest
    • @rdy
      Katanya rossi dewa motogp sering mainin kompetitornya pake M1 yg masih sempurna pula,kok ngehindarin dan ninggalin anak bau kencur kemaren sore yg pake motor celeng mudah jatoh,lemot,rawan mleduk NGGAK BISAAAA????
      Tolong beri penjelasannya kalo punya otak!!!

      Guest
    • Bagaimanapun frustasinya, seorang atlit panahan yg kalah tidak akan mengarahkan panahnya ke saingannya…
      Seorang pembalap motor jg tidak akan menjulurkan jari tengah dan bahkan menggunakan kakinya buat menendang menjatuhkan pembalap lawannya….

      Guest
  3. Akan sulit bagi MM93, karna pasti akan di keroyok pasukan merah, dan sepertinya baru kali ini terjadi ego pabrikan mengalahkan ego negara. Mungkin ini sbg balas budi JL99 buat tim merah yg udah ngasih gaji tinggi sementara prestasinya kalah sama Dovi04

    Guest
  4. Sayangnya kalo yg melakukan ini tim merah dunia rasanya lebih permisif, beda cerita kalo ini terjadi pada tim biru ato tim orange. Mungkin karna kasian karna tim merah ud lama gak juara

    Guest
  5. Semua sudah dikalukasi dengan matang oleh Marquez, otak Marquez lebih cerdas daripada FBY & FBR. Makanya Marquez tidak terlalu ngoyo di race Sepang, dapat 13 poin sudah bagus. Race Valencia nanti akan sulit buat Dovi untuk bisa podium1, bukan hanya melawan Marquez tapi juga harus melewati JL, Pedrosa, Rossi, Vinales. Belum lagi type sirkuitnya yg berlawanan dengan jarum jam. Dovi klo mau menang di Valencia harus bisa nginthil raja Valencia si Lorenzo terus sepanjang race, baru di 2 lap akhir nungguin Lorenzo dikasih kode dari Dall’Igna

    Guest
    • Otaak cerdas gk jaminan di sukai…..

      Miris FBM cm jas jes jos,, monton d sepang kgk..

      Modal kek kyk FBR 😝😝😝😝

      Guest
    • fans nya sendiri aja ngakuin idolanya nggak lebih cerdas dari marquez,waduuh fans macam apa ini?

      Guest
    • Hahaha …
      kocak nonton di empang,,
      Gw jadi penasaran 5 thn kdepan apakah FBR masih ngibarin bendera ga yaa?? Klo masih mirip orang indo yg norak klo nonton dangdut yg berkibar bendera slank ato OI

      Guest
    • Miris liat fbr macam jimoo hnya nonton di zamban 😆😆😆😆😆😆😆😆😆😆😆 lebih miris lagi rossi di kasih motor spek bala” 😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂

      Guest
    • Masih ada kok. Harapannya si oranye jatuh. Bukan berharap jagoannya juara. Ngah ngah ngah…

      Guest
    • Sudah mas jgn ngomongin motor amvas yg lain aja yg L engine sama V engine utk motor bermesin angkot nanti aja di omongin nya yah mas klau skrg” yg ada bikin ngakak buat motor ko coba coba 😆😆😆😆😆😆😆

      Guest
  6. Iannone aja bilang setelah sampe di pit dia liat bannya masih kinyis2 kayak baru saking licinnya track,padahal aspal masih baru bukannya malah lebih abrasif dan kasar

    boleh nggak sih zarco/tech3 milih antara m1 lansiran 2016 atau M1 2017 update test valencia,atau itu udah fix nggak bisa diganggu gugat harus pake m1 2017?

    Guest
    • Belum pasti bro, tapi kemungkinan besar sih Zarco tetep pakai M1 2016.
      M1 2017 ini sampah banget, bener-bener under-performance banget.

      Tp lain cerita ya kalau Zarco bawa M1 2017 eh tau2 bisa juara di race Valencia besok..

      Guest
    • iya juga mungkin di test valencia besok dia baru ngebandingin antara m1 2017 apa 2016,tapi boleh apa enggak belum tau,boleh kali ya ducati aja ada yg pake seri ducati 2 tahun lebih tua
      Atau zarco bakal disuruh pake MY2018,jadi test rider kayak kraclo dan petrux

      Guest
    • ya itu tergantung dr pihaj yfr, biasanya klo melihat performance pebalapnya oke, kemungkinan besar bisa saja dikasih paketan m1 2017, tp mngkin dengan beberapa subtitusi part paket 2016 sesuai masukan dr ridernya

      Guest
    • di GPone Rossi sendiri aja berkelakar bilang kayaknya zarco nggak bakal mau deh pake M1 2017 apalagi liat hasil di sepang ini

      Guest
  7. kalo lorenzo ngelakuin kebalikannya udh kebayang kan kayak gimana,yg punya otak normal pasti tau konsekwensinya,menangnya nggak seberapa demi mengungguli rekor rossi di ducati tapi efek buruknya bisa saja dia anak tiri kan feedback nya nggak bakal didenger,bakal diingat dan dibenci oleh seluruh fansboy ducati dan pegawai(tau kan betapa fansboynya pegawai ducati sampe rela tato logo atau yg berkaitan dengan ducati di tubuhnya) dan seluruh unsur bakal mendorong petinggi ducati untuk mendepak lorenzo apapun hasil yg dia berikan ke ducati

    Guest
    • Iya,pernah baca di pecinogp mereka itu fansboy nya ng kayak disini yg ngejelek2in brand atau produk sebelah,mereka lebih mengagungkan produk2 ducati tanpa hrs ngejelekin produk brand lain dn pastinya dibeli nggak cuma jasjesjos,di perkiran pegawai dipabrik ducati ja sejauh mata memandang isinya ducati semua kebanyakan ducati monster sama panigale

      Guest
    • itu yg namanya profesionalitas kerja bro. jolor digaji layaknya karyawan, meskipun statusnya sbage rider. karyawan wajib & harus tunduk dg SOP perusahaan (tim ducati corse). nglawan tinggal dipecat & denda.
      kecuali jolor tim independen sperti karel abraham, bisa seenak wudelnya meskipun pake motor sama2 dukatrok. tidak akan gubris dg kode2 warkop dukatrok. contohnya redding dg santainya nyalip dovret di ausie. sesama user dukatrok loh padahal. ekekekekekkkk

      Guest
  8. ekekekek

    divalensia para pembalap berburu
    93njik buat dipanggang
    hati2 kau nakkk tim merah akan membakarmu ….

    ngahhh… ngahh….

    😂😂😂

    Guest
  9. ekekekek

    valencia akan jadi tempat
    mahkota juara jatuh ketangan ducati
    yg menghalangi bakarrr zaza

    wow merindiiiing !!!

    😂😂😂😂

    Guest
  10. Mau tanya wak,,itu team satelit make mesin sasis lama. Itu produksi taun lalu (mesin sasis sisa factory team th 2016), atau model lama diproduksi sekarang?
    Kalo disuruh milih th 2018, zarco pasti pilih m1 2018 sekalian atau m1 2016 sekalian

    Guest
  11. “.. Marc Marquez pun terlihat Legowo jika pun itu merupakan kode team order antara Lorenzo dan Dovi . . Marc Sepertinya sangat sadar dan mengerti jikapun itu merupakan kode team order . . ini jelas kedewasaan tersendiri dari seorang Marc Marquez” ..
    – pace duo ducati emg unggul di sepang
    – karena sebenrnya JL hanya menunda gelar mm kok, lbh asik ngerayain jurdun di valencia drpda sepang yg bnyk aksi ‘booing’ oleh valeban. hehe

    Guest
    • “Marc nyadar dia bisa juara dibantu seluruh pembalap Spanyol.” Kata komen di atas. “Besok Marc bakal dikeroyok seluruh pembalap.” Kata komen lainnya.
      “Marc cuma butuh 5 poin untuk memastikan juara dunia yg tdk terlalu sulit buat Marc.” Kata gue.

      Guest
  12. Motor desmo gp17 power gede, mapingnya terasa.

    Yg knlpot tumpuk , 36 hp!!

    Sok maping maping beda cm 1 hp???

    Di guyu lorenzo😂😂😂😂

    Guest
    • motor prototype 1000cc 4 cly full part performance(spek blap) sklas motor klas motogp kok d bandingin ma motor maspro 250cc 2cly,…. untuk monyet gak bisa baca tulisan manusia, klau tadiny monyet bisa baca dan ngerti tulisan manusia hbis d ketawain lo_…

      Guest
    • ane bookmark komentar lu,R25 kan kabarnya pake traction control,rbw,riding mode
      Power palingan berapa sih,onwheel palingan nggak sampe 40hp

      Guest
    • Goood monyeet jugaa tau maping di 250 cc 36 hp gk guna!!

      Situ juga memahamii..

      Artinya???😜😜😜😜😜😜

      Guest
    • jimomban cah goblok permanen cukup inyong guyu ae. ekekekekekekkkk

      Guest
  13. Dulu yahaha di tinggal ROSIKIN masih bisa jurdun
    Sekarang yahaha ditinggal JL empot2an
    Berarti VR & JL bagusan mana…???

    MuUuuehehehehe………..

    Guest
  14. Blpn sepang kmren bs jd pljran berhrga buat mm93.

    Semua sportif kgk da yg gngguin luu!!

    Tunjukin attitude yg baik naak 93!!

    Soalnya akbt ulah lu,, lu skr jd kgk pntng di motogp..

    Paling jg juara dunia di sorakin ,, huu huu huuuu huuuu😜😜😜😜😜😜😜

    Guest
    • yg nyorakin huu huu huu itu punya otak gak??? masih ada rasa malu ny gak???
      sperti kata orang bijak ” jangan membenarkan kebiasaan tapi biasakan lah benar”,… jdi kebiasaan fbr tidak terima klau rival rossi yg menang adlah sebuah kebiasaan dri orang2 yg kurang wawasan….

      Guest
    • heleehgh,umur lu berapa sih pake bilang ”nak” ke marquez,palingan abg micin nonton motogp aja baru kemarin sore

      Guest
    • nah ini 1 lagi, gandengannya si rdy udah koar koar, mohon yang keluar masuk kandang sales, pager kandang harap dikunci biar ga nyampah di kolom komentar, itu perkara udah 2 tahun lalu, pembalapnya juga udah damai2 aja saling respect 1 sama lain, situ kok masih gong gong, yg model2 kaya situ yang bikin malu fans rossi, mo, mo………nyusu mo biar naik dikit IQ.

      Guest
    • Rossi malu punya fans macam ente mo.
      Bahkan Rosi sndiri ngaku Marquez sulit dikalahkan

      Eh fans Rossi ayan idolanya ga bisa ngalahin Marquez

      Honda dilawan
      Orra isso choiyy..

      Guest
    • yamompreng jg punya kode khusus yaitu ” MLEMPEM 0″. ekekekekekkkk

      Guest
    • Menghibur diri ni org 😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂 suruh juragan ente buat motor yg bener jgn bisa nya cuma bikin sasis lagi sasis lagi tau dpn sosis aja yah 😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😉😉😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂 menyedihkan bkn di saat org lain dag dig dug ngu jagoan nya juara ehk jagoan ente plus motor kebanggaan ente hnya jadi sampah di motogp di wsbk di mxgp di supermoto di arrc di irs paling kelas capung 155cece 😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂 sisa ampuaassss

      Guest
  15. ko ada rossi wak dirace sepang ?
    bukannya balapan sepang yang ikut cuma 4 orang ? dovi, lorenzo, zarco sama marquez doank ?

    Guest
  16. marquez mah biasa aja gak juara dunia di sepang. sehabis race malah cengar cengir kaya biasanya.
    karena apa ? karena dari jauh” hari marquez udah bilang juara dunia itu ditentukan di valencia, sepertinya dia udah tau apa yang terjadi.

    Guest
  17. ada yang unik dari perebutan juara dunia marquez tahun ini. ini merupakan kedua kalinya marquez menentukan juara dunia di valencia.
    2013 valencia, 2014 jepang, 2016 jepang dan 2017 valencia. hanya ada 2 sirkuit yang bisa menentukan juara dunia motogp marquez.

    Guest
    • karna selisih poin dengan lorenzo di 2013 lebih tipis dibanding 2017 ini,makanya dia nggak terlalu nervous tapi tetep waspada

      Guest
  18. selain memang untuk team order bisa saja untuk mengisaratkan ke lorenzon biar menghemat ban denga mengurangi tingkat degfradasi ban yang imbasnya tenaganya sedikit terkebiri … eh ujung-ujungnya team order juga yak … 😀

    Guest
  19. beberapa percaya bahwa Dovi menang dengan usaha sendiri tanpa dipengaruhi oleh kode team order dari Ducati. beberapa mengatakan bahwa Lorenzo memang kepayahan di Sepang berdasarkan pengalaman di seri-seri terdahulu.

    Suka tidak suka. Ternyata memang Ducati memberikan team order dan Lorenzo tahu akan hal itu. Bisa terlihat dari reaksinya di parc ferme yang terlihat sedikit memaksa tersenyum dan turut bergembira. Padahal di dalam hati mungkin nyesek.
    Itu satu-satunya kesempatan terbesar dia untuk menang bersama Ducati. sekaligus untuk melampaui catatan tahun pertama the doctor di ducati. Tapi mau tak mau harus ia relakan demi tim.

    Guest
    • buah simalakama yah….itulah kerja bro…kadang ada yang harus dikorbankan….setdiaknya orang skrg dah bisa menilai karakter jl skrg, gak kaya dlu…lbh dewasa…prestasinya juga lumayan di duc tahun pertama

      Guest
  20. Terlihat memang FBR bener bener blm move on dari Sepang clash 2015, makanya begitu bencinya sama Mm93

    Hanya seorang MM93 yang bisa memporakporandakan rekor Rossi.

    Mm93 adalah Mm93 dan dia bukan the next Vr46.

    Thanks wak untuk ulasannya CHANGE MAPPING 8

    Guest
  21. Lets assume at valencia ricardo tomo besok finish form nya
    dovi p1
    Jl p2
    Rossi p3
    Vinales p4
    Pedro p5
    Petrux p6
    Zarco p7
    Crutch p8
    Marqez p9

    Itu sdh cukup alesan bagi Fbh utk bilang
    Ga usah bertele tele

    Wkwk

    Guest
    • yang bkin deg2an adalah kalao ada team lain yang gak suka mm jurdun, pasti segala cara dilakukan….ngeri kan, atau ada kenapa2 ama si MM

      Guest
  22. yah kita lihat aja ntar di valencia, setidaknya si dorna dibuat heppy valencia bakal tetep rame penonton, gak garing,,,, gak kerasa dah mo akhir session aja yah… mudah2an next year VR bisa didepan lagi, m1 2018 lebih baik lagi

    Guest
  23. Saya yakin team order. Map 8 kemungkinan bikin motor lebih liar / kurang ideal di kondisi basah. Tiba” lap time melorot, dan tikungan terakhir sempat mau jatuh, dan saat adu tarikan keluar tikungan, JL yg wheelie (fairing ga fungsi?). Itu juga di parc ferme, JL sampe dipeluk “khusus” oleh Gigi Dall Igna..
    Benar” skenario team order yg berjalan baik..

    Guest
  24. Berhubung di atas masih ada yg ngungkit2 permusuhan rossi – marquez, berikut ini pendapat saya (memihak marquez) mengenai clash marc vs rossi 2015.

    Setelah seri motegi marc yg sudah tidak mungkin jurdun motogp 2015, dia mungkin membalap hanya untuk bermain2 dengan lawan2nya dan menghibur penonton tp kemudian rossi beranggapan lain sehingga saat prescon di sepang dia melontarkan pernyataan menuduh marc telah menghambatnya di PI, tentu saja marc kesal dan menunjukkan di saat race sepang gini loh kalo gw menghambat lw tuh ross! Dan akhirnya terjadilah sepang clash dan RD menyatakan rossi yg bersalah

    Dan terakhir di seri valencia marc yg sudah bermusuhan dengan rossi itupun memutuskan menjadi pengawal lorenzo mungkin dia berfikir yg penting bukan rossi(musuh) yg jurdun.

    Guest
    • rosidin sudah dipatenkan dg fitur pancal bocah otomatis bro. fb yellow army yamompreng mana ngerti dg mode paten pancal rosidin.
      satu2nya the legend motogp of tukang pancal bocah cuma rosidin.

      ekekekekekkk

      Guest
    • di valencia itu lebih kayak menghujamkan pesan tersirat dari marquez ” nasib lu itu bergantung juga ama gue,lu pake ngomong yg enggak enggak di philip,sebenernya gue bisa sih nyalip lorenzo tapi buat apa omongan lu nggak enak gitu” terbukti kata2 lebih menyakitkan dan susah sembuhnya dibanding perbuatan fisik

      Guest
  25. istilah e dukatrok apik “maping 8”. lah sebelah istilah e “melempem 0”. ekekekekekekkkk

    Guest
  26. 13 November, Morbidelli dan Luthi langsung gabung ama tim Motogp Marc VDS untuk test pra musim 2018. Begitupun yg pindah tim..

    Berarti mesin RC213V 2018 udh siap nih, kira2 apa yg berubah ya dari RC213V 2018 nanti

    Guest
  27. yg bener2 kenceng di Valencia itu kuartet Spanyol
    1. Lorenzo
    2. Vinalez
    3. Pedrosa
    4. Marquez

    (imho) klo si Rossi cuma terkencang ke- 4 hingga ke-7 di Valencia. Bahkan di masa jayanya si Rossi jarang menang disini.
    Anggap JL mendukung Dovi dan kondisi trek saat sunday race berlangsung kering, Dovi masih harus melawan 3 rider spanyol lainnya yg disebut di atas.
    Bagaimana klo Rossi atau Vinalez nabrakin diri ke Marquez dengan sengaja ?? sepertinya tidak mungkin, mereka di gaji gede bukan untuk “bunuh diri” lagipula Yamaha masih ada target mengejar poin konstruktor tim dan motor.

    Uniknya ada FBR yg ngomong tentang “karma”. Yah kita lihat apa yg akan terjadi di Valencia. Jika Marquez tetap aman dan Jurdun berarti yg di atas memang memberkati Marquez untuk Jurdun 2017.
    Jika memang Marquez sang “Bad Guy” disini, seharusnya di Sepang kemarin Petrux ga ada kendala motor saat mau start. Karena klo Petrux ga ada kendala motor, bisa aja si Petrux ngerecoki posisi 4-nya Marquez di Sepang kemarin.
    Jika memang Marquez sang “Bad Guy” disini, seharusnya di Sepang kemarin balapan kering. Balapan yg overall kering saat Moto3 dan Moto2 berubah menjadi basah saat MotoGP. Klo race kering Duo Movistar Yamaha kemungkinan besar bisa ngerecoki Marquez juga lho di Sepang kemarin.
    Tapi nyatanya ?? Balapan berlangsung kering dan Petrux ada kerusakan motor sebelum start.
    Koq bisa kebetulan begitu ya ??

    Nyatanya siapa yg kakinya kejepit motor saat Motegi 2016 dan siapa pula yg kakinya retak eh patah saat musim 2017. Apakah kedua kejadian tersebut bukan hukuman untuk rider berkaki “nakal” ? atau lagi2 cuma kebetulan kah ?

    Guest
    • ralat :
      Tapi nyatanya ?? Balapan MotoGP di Sepang tidak berlangsung kering dan Petrux ada kerusakan motor sebelum start.
      Koq bisa kebetulan begitu ya ??

      Guest
    • Semua rider di track maen strategi, lejen 46 maupun Marc. Dan Cal bilang pas GP Brno Marc mind games, yahh… dia kan belajar dari ahlinya, suhu yg dipanggil lejen. Yang kelewat dari Rossi tentang Marc adalah dia menyepelekan mental Marc. Dianggap dia anak kemaren sore yg bisa digertak di Phillip Island 2015, trus manu2 aja, ngangguk2 disuruh bantuin di Sepang. Dia lupa kalau MM rider cerdas, dan sering dijuluki “sponge” karena mudah menyerap ilmu2 dari senior2nya.
      https://twitter.com/matoxley/status/882237841987837953

      Guest
  28. ralat :
    Tapi nyatanya ?? Balapan MotoGP di Sepang tidak berlangsung kering dan Petrux ada kerusakan motor sebelum start.
    Koq bisa kebetulan begitu ya ??

    Guest
  29. Lorenzo Profesional….
    Balapan di Sepang 2017 bisa menjadi ajang pembuktian bagi Lorenzo bahwa dia tidak buruk & bisa mengangkangi Rossi yg gagal di pabrikan asal negaranya sendiri, Ducati Italia.

    Rossi belum pernah sekalipun meraih podium pertama, apalagi juara dunia bersama Ducati.
    Di Sepang kemarin Lorenzo berpeluang juara bersama Ducati, namun entah mengapa tiba-tiba semua berubah dan Lorenzo finish podium 2.

    Guest
  30. Monggo rider motor Italia ikut gotong royong semua : Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo, Danilo Petrucci,
    Alvaro Bautista,
    Scott Redding, Karel Abraham, Loris Baz, Hector Barbera, Sam Lowes
    Aleix Espargaro, pas 10…Semoga MM tetap jurdun…

    Guest
    • berpura2 nggak tau atau emang nggak tau nih,squad italia di motogp itu cuma rossi,dovi,ian,petrux,(ada pirro tapi kayaknya nggak bakal dikeluarin di valencia)
      Selebihnya yg ente sebutin itu rider spanyol,inggris,perancis,dan ceko

      Guest
  31. juara konstruktor motogp thun ini sudah d segel honda d sepang kemarin,…. hanya juara tim lah yang masih ada kesempatan ymha movistar untuk merebutny, itupun dengan syarat duo repsol honda finis d luar 15 besar(crash atau finis tanpa poin) dan duo movistar ymha harus finis pos 1st dan pos 2nd, krna jarak poin repsol honda ke movistar ymha 44 poin sedangkan poin tim maksimal tinggal 45poin,…. jdi klau salah satu rider repsol honda meraih 1 poin sja d valencia nnti mka glar juara tim akan jtuh ketangan repspol honda walapun duo ymha factory finis pos 1dan 2, krna jika slah satu rider repsol honda meraih poin pluss duo ymha faktory finis 1dan2,mka poin tim repsol honda dan movistat ymha akan sama tpi honda unggul d jumlah kemenangan seri dan jumlah podium,….

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.