TMCblog.com – Sesi uji coba pra-musim sub-kelas MotoGP yakni Moto2 dan Moto3 berlanjut setelah pada pekan sebelumnya diadakan di trek Ricardo Tormo, Valencia. Kali ini sirkuit Jerez De la Frontera jadi lokasi test selama 3 hari sejak 12-14 Februari 2018 dimana puluhan motor 1 silinder 250 cc Moto3 dan puluhan mesin Moto2 mencoba spek motor terupdate dari masing-masing team dan pabrikan/manufaktur, dan menarik untuk melihat kesiapan mereka menghadapi musim kompetisi yang akan kick-off tengah bulan depan. Cuaca masih menjadi faktor penentu sukses tidaknya sesi uji coba, karena di Eropa masih mengalami peralihan musim dingin ke musim semi, jadi trek Jerez sesekali diguyur hujan.

Moto2

Francesco ‘Pecco’ Bagnaia membuktikan bahwa kelas Moto2 seslalu menarik perhatian dan pada hari pertama dirinya membuktikan bahwa ketertarikan Ducati kpadanya untuk sebuah slot di kelas MotoGP memang tepat. Catatan waktu Pecco impresif di hari pertama tes Moto2 di Jerez, pembalap yg tergabung dalam team Sky Racing VR46 menduduki posisi puncak, yang dia dapat pada saat kondisi trek masih kering sebelum diguyur hujan pada sesi kedua tes, karena lepas sesi makan siang aspal menjadi sedikit basah karena hujan ringan di trek. Namun mampu dipertajam lagi di sesi 3 test pada sore harinya dan menutup hari sebagai yang tercepat.

Francesco Bagnaia SKY VR46 Team

Lalu ada Alex Marquez dari Marc VDS Moto2 Team, yang kembali menunjukkan perfomaterbaiknya pada pre-season test, mengakhiri hari pertama test Jerez dengan motor Kalex Marc VDS selisih 0,166 detik lebih lambat dari Bagnaia, dan di depan Mattia Pasini dengan Kalex Italtrans team terpaut 0.064 detik darinya.

Pembalap Portugal, Miguel Oliveira keluar sebagai pembalap KTM tercepat, 0.264 detik lebih lambat dari Bagnaia dan bertengger di posisi 4 timesheet hari pertama. Lorenzo Baldassarri yang menguasai tes Valencia pekan lalu menyelesaikan Jerez test Senin kemarin di posisi ke lima dengan waktu 1:42.687 sec atau selisih gap 0.357 dari Bagnaia. Sementara pembalap debutan dari negeri jiran kita, Zulfahmi Khairuddin tidak mengikuti sesi test di Jerez ini sedangkan di sisi lain Sam Lowes yang baru ikut Jerez Test kali ini mampu tampil bagus dengan motor anyarnya, KTM Moto2 dengan finish hari pertama di posisi 14.

Swiss Innovative Investors Moto2 Racing Team – KTM

Sebagai catatan terpisah, pembalap ‘turunan’ dari kelas MotoGP sepertinya masih berjuang dengan ketatnya persaingan di Moto2 yang sangat rapat, jauh lebih rapat ketimbang MotoGP, tambah lagi dengan motor yang relatif sama antara pembalap menjadikan Sam Lowes atau Hector Barbera perlu ekstra kerja keras demi tampil kompetitif di intermediate class ini.

Hasil Jerez 1 Pre-season Test Moto2 2018

1. Francesco Bagnaia |SKY Racing Team VR46 (Kalex) | 1m 42.330s
2. Alex Marquez | EG 0.0 Marc VDS (Kalex) | 1m 42.496s
3. Mattia Pasini | Italtrans Racing Team (Kalex) | 1m 42.560s
4. Miguel Oliveira | Red Bull KTM Ajo (KTM) | 1m 42.594s
5. Lorenzo Baldassari | Pons HP40 (Kalex) | 1m 42.687s
6. Luca Marini | SKY Racing Team VR46 (Kalex) | 1m 42.732s
7. Simone Corsi | Tasca Racing Scuderia Moto2 (Kalex) | 1m 42.780s
8. Xavi Vierge | Dynavolt Intact GP (Kalex) | 1m 42.851s
9. Isaac Vinales | Sag Team (Kalex) | 1m 42.860s
10. Hector Barbera | Pons HP40 (Kalex) | 1m 42.939s
11. Brad Binder | Red Bull KTM Ajo (KTM) | 1m 42.983s
12. Romano Fenati | Marinelli Snipers Team (Kalex) 1m 43.072s
13. Danny Kent | Beta Tools Speed Up Racing (Speed Up) | 1m 43.161s
14. Sam Lowes | Swiss Innovative Investors (KTM) 1m 43.193s
15. Joan Mir | EG 0.0 Marc VDS (Kalex) 1m 43.317s
16. Fabio Quartararo | Beta Tools Speed Up Racing (Speed Up) | 1m 43.328s
17. Jorge Navarro | Federal Oil Gresini Moto2 (Kalex) | 1m 43.411s
18. Marcel Schrotter | Dynavolt Intact GP (Kalex) | 1m 43.454s
19. Tetsuta Nagashima | IDEMITSU Honda Team Asia (Kalex) | 1m 43.598s
20. Eric Granado | Forward Racing Team (Suter) | 1m 43.702s
21. Joe Roberts | NTS RW Racing GP (NTS) | 1m 43.721s
22. Remy Gardner | Tech 3 Racing (Tech 3) | 1m 43.767s
23. Steven Odendaal | NTS RW Racing GP (NTS) | 1m 43.790s
24. Bo Bendsneyder | Tech 3 Racing (Tech 3) | 1m 43.869s
25. Iker Lecuona | Swiss Innovative Investors (KTM) | 1m 43.999s
26. Khairul Idham Pawi | IDEMITSU Honda Team Asia (Kalex) | 1m 44.114s
27. Andrea Locatelli | Italtrans Racing Team (Kalex) | 1m 44.144s
28. Dominique Aegerter | Kiefer Racing (KTM) | 1m 44.570s
29. Federico Fuligni | Tasca Racing Scuderia Moto2 (Kalex) | 1m 44.622s
30. Jules Danilo | NASHI ARGAN SAG Team (Kalex) | 1m 44.724s
31. Stefano Manzi | Forward Racing Team (Suter) | 1m 44.946s

Moto3

Pada kelas Moto3, Jorge Martin kembali menduduki puncak timesheets pada hari pertama tes Moto3 di Jerez. Pembalap Gresini Honda Moto3 tersebut memulai sesi dengan sangat baik dan menunjukkan kekuatannya pada sesi pagi hari dalam kondisi trek kering dan juga di sore hari, kondisi sama dengan sesi test Moto2 dimana saat jam makan siang Jerez diguyur hujan dan lintasan cukup basah.

Jorge Martin – Del Conca Gresini

Jorge Martin mengakhiri hari pertama test lebih cepat dari Tony Arbolino dengan gap yang sangat tipis, 0.066 detik. Arbolino ini kalau sobat tau, dia rider yang mengambil alih slot Marinelli Snipers Team Honda di Moto3 yang ditinggalkan Romano Fenati karena hijrah ke Moto2 musim ini.

Niccolo Antonelli – SIC58 Squadra Corse

Niccolo Antonelli finish di posisi ketiga pada Senin 12 Feb, 0.106 detik lebih lambat dari Martin dan tampaknya performanya menjadi lebih baik sejak beralih dari KTM Moto3. Albert Arenas dari tim Ángel Nieto Team Moto3 merupakan pembalap KTM teratas pada hari pertama test Jerez dengan tempat di posisi ke empat.

Hasil Jerez 1 Pre-season Test Moto3 2018

1. Jorge Martin | Del Conca Gresini Moto3 (Honda) | 1m 46.857s
2. Tony Arbolino | Marinelli Snipers Team (Honda) | 1m 46.923s
3. Niccolo Antonelli| SIC58 Squadra Corse (Honda) | 1m 46.963s
4. Albert Arenas | Ángel Nieto Team Moto3 (KTM) | 1m 46.976s
5. Aron Canet | Estrella Galicia 0.0 (Honda) | 1m 47.011s
6. Marco Bezzecchi | PruestelGP (KTM) | 1m 47.035s
7. Fabio Di Giannantonio | Del Conca Gresini Moto3 (Honda) | 1m 47.172s
8. Lorenzo Dalla Porta | Leopard Racing (Honda) | 1m 47.210s
9. Enea Bastianini | Leopard Racing (Honda) | 1m 47.290s
10. Philipp Oettl | Südmetall Schedl GP Racing (KTM) | 1m 47.336s
11. Alonso Lopez | Estrella Galicia 0.0 (Honda) | 1m 47.341s
12. Andrea Migno | Ángel Nieto Team Moto3 (KTM) | 1m 47.470s
13. Gabriel Rodrigo | RBA BOE Skull Rider Team (KTM) | 1m 47.496s
14. John McPhee | CIP – Green Power (KTM) | 1m 47.543s
15. Tatsuki Suzuki | SIC58 Squadra Corse (Honda) | 1m 47.597s
16. Makar Yurchenko | CIP – Green Power (KTM) | 1m 47.664s
17. Dennis Foggia | SKY Racing Team VR46 (KTM) | 1m 47.860s
18. Darryn Binder | Red Bull KTM Ajo (KTM) | 1m 47.887s
19. Livio Loi | Reale Avintia (KTM) | 1m 48.068s
20. Kaito Toba | Honda Team Asia (Honda) | 1m 48.082s
21. Marcos Ramirez | Bester Capital Dubai (KTM) | 1m 48.117s
22. Jakub Kornfeil | PruestelGP (KTM) | 1m 48.122s
23. Kazuki Masaki JPN | BOE Skull Rider Team (KTM) | 1m 48.236s
24. Nakarin Atir Atphuvapat | Honda Team Asia (Honda) | 1m 48.354s
25. Nicolo Bulega | SKY Racing Team VR46 (KTM) | 1m 48.398s
26. Jaume Masia | Bester Capital Dubai (KTM) | 1m 48.414s

17 COMMENTS

  1. Kayaknya 3 orang nih yg jadi kontender juara musim yaitu peco,Alex,dan miguel,
    Untung luthi ditarik Ama VDS kalo nggak bisa2 malah lebih berat perjuangan Alex,bisa puasa gelar Marc VDS,tapi di Moto3 keknya canet juga masih jadi kontender

    Guest
  2. 4 dari 6 mantan juara dunia moto3wc “nongkrong” d klas moto2 wc musim ini, 1 nyemplung ke wss600 dan hanya 1 doang yg tembus ke klas motogp dan mampu bersaing,… dan secra keseluruhan alumni moto3 wc, hanya miller dan vinales doang yg bisa juara seri d klas motogp!!
    bukti spek moto3 skrg terlalu jauh kah gap perfermany?? kenpa gak d ubah jdi 300cc 2cly, mungkin akan banyak pabrikan yg melirik kelas ini klau d rubah jadi 300cc 2cly(tpi jangan haraplah si ijo mau ikut)

    Guest
  3. tean skr vr 46 dua pembalapnya masuk 10 besar, sepertinya akan saingan dengan team KTM dan marc vds untuk tahun 2018

    Guest
  4. alonso lopez itu runner up cev moto3 thun lalu ya?? potensial juga nih alonso lopez, bisa lebih cepat dri denniz foggia yg merupkan juara cev moto3 2017 dan kazuki masaki yg merupkan juara rbrc 2017,.. sayang yah, gak ada pmblap indo yg main d moto3 ataupun. moto2,…
    diantra galang hendra, andi gilang, gerry salim, adenanta dan mario sa,kira2 siapa ya yg akan lebih dulu ATAU siapa yg akan mencicipi ajang grand prix(moto3atau moto2 wc)?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here