TMCBLOG.com – Bro sekalian, tmcblog telah menguji konsumsi bahan bakar All New Honda PCX 150 MY 2018 . .. Metoda yang tmcblog gunakan kali ini adalah metoda khas tmcblog How far Can You Go with 1 Liter Of petrol . . dan untuk kali ini bbm yang tmcblog pilih adalah bahan bakar Pertamax Ron 92 . . . Segala Koridor pengetesan dibuat sama dengan pengetesan metoda yang sama di motor motor lain , jalur sama jalan soleh iskandar plus masuk ke dalam kota bogor bermacet macet dengan kondisi jalan natural apa adanya, pengetest sama Taufik bb 61 kg tinggi 161 cm . ..

Proses pengetesan dilakukan antara jam 10-11 pagi hdan alat ukur jarak menggunakan odometer dan trip meter OEM dari Motor Honda PCX 150 MY 2018 sendiri . . plus juga dibandingkan nanti dengan alat ukur MID fuel consumption meter Honda PCX.

Yang pertama tmcblog lakukan adalah mengosongkan bensin di Fuel Tank Honda PCX 150 dengan dua kali selang ( besar dan kecil ) lalu di uji nyala sampai motor Honda PCX 150 mati sendiri karena kehabisan bensin.

Setelah Motor dipastikan kehabisan bbm di dalam tangki yang ditunjukan dengan tidaknyalanya Motor saat distarter Lalu setelah itu ukur 250 ml ( 1/4 liter ) bbm Pertama Ron 92 menggunakan gelas ukur kimia yang akurat dan tmcblog lakukan 4 kali dan tentunya dimasukkan ke Fuel tank Honda PCX 150

tripmeter dan fuel consumption meter Honda PCX 150 di-reset dan diabadikan tentunya

Honda PCX 150 pun di bawa riding harian yang bisa obat simak di Vlog dengan jalur dua kali Bogor – telaga kahuripan plus masuk ke jalan pajajaran dan terakhir masuk ke daserah bangbarung Bogor . Lalu setelahbeberapa waktu pengujian Honda PCX 150 mulai batuk batuk dan pada satu saat benar benar kehilangan tenaga, nggak bisa lagi mengeluarkan power ketika Thortel gas dibejek . . Artinya tidak ada lagi bensin yang disemprotkan ke ruang bakar . . dan Mesin pun mati plus tidak bisa di starter lagi dan ini lah yang tmcblog diagnosa sebagai kondisi dimana bahan bakar 1 liter telah habis dipakai riding.

Yap menurut trip meter, tmcblog telah menyusuri jalan sejauh 52,8 km untuk menghabiskan 1000 ml atau 1 liter bensin Pertamax Ron 92 . . Yang artinya secara empirik Honda PCX yang telah tmcblog pakai berhasil diukur konsumsi bahan bakarnya sebesar 52,8 km/liter . . . Sedangkan pada saat yang bersamaan pembacaan MID dari Honda PCX150 adalah 55,0 km/liter . . ada perbedaanya yakni sekitar 2,2 km/liter untuk setiap 52,8 . . atau sekitar 4,2% . . . Demikian hasil pengujian komsumsi bbm ala tmcblog sob, silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

94 COMMENTS

    • Spdometeer pcx ngibul iritnya

      tapi di ukur realnya lebih borosss

      beda dgn NMAX malah pembacaan boros tapi Realnya Irit…

      hayayayayay

      Guest
    • Mana ada bro..ni di itung bego2an ya…nmax cc lebih besar 5cc dr pcx… klep lebih banyak 2 buah dr pcx…mana ada bisa lebih irit dr pcx? Nmax itu lebih boros dr pcx.. pcx itu lebih lemot dr nmax…sebanding lah mau irit y lemot mau kencengya boros. Apalagi nmax punya 2 katup variabel…kalo vva aktif pake katup yg lebih gede..usara masuk slebih gede ya harus di bakar bensin lebih banyak. Dan dr dulu yamaha itu lebih kenceng dr honda. Dan jonda lebih irit drpada yamaha.

      Guest
    • @ddy

      kurang nendang ngibulnya bro
      sekalian aja bilang NMAX tembus 100 km/l.
      Ane klo cuma nulis sih bisa aja bilang NMAX tembus 600 km/l.
      Hahahaa…

      Guest
    • Wak haji kayak nya pernah test NMA iritnya hampir nyentuh 60 km/ liter tanpa SSS / ISS dan gass Polll

      Guest
    • @ mex

      ngitungnya gak sesederhana itu…
      CC lebih kecil blm tentu irit…

      wak haji pernah test gas poll Nmax non SSS/ ISS lebih irit dr pcx…

      Guest
  1. Eh, wak haji ternyata ada peningkatan. Dulu sepertinya pernah nyebut tb160cm dan bb 60kg, hari ini mjd 161cm dan 61kg

    Guest
  2. Wak haji harus bikin buku/vlog tutorial bagaimana menyekolahkan tangan agar bs irit dalam membetot gas πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Guest
  3. Andai throttle gas ada di kiri, apakah wak Haji bisa seirit ini…?😁

    #tangan kanan wak Haji memang econo-powerπŸ˜πŸ‘πŸ‘

    Guest
  4. inilah salah satu kebohonan Honda

    katanya cuma 40 km/L..ternyata sampai 50 km/l

    Picex saya mentok di 49,7 km/l

    Guest
  5. iritan Nmax dong, saya dulu juga pernah ngebandingin, gak tau sih ini sebanding atau kaga, antara jupter z sma supra fit, supra fitnya 48km/lt jupiternya 58km/liternya jadi menurut saya sekarang tiap produk punya plus minus masing masing, dan image honda paling irit juga sudah nggak pas lagi, pcx menang fitur dan kenyamana, n max buat manuver joss gandoss plus minus lah

    Guest
    • ngitungnya ngawur nih, masa supra fit 100 cc cuma 48 km/l wong supra 125 karbu ane aja bisa 50 an km/l.

      Guest
    • Gak kebalik itu ngitungnya mas? Masa supra 48km/l dan jupiter 58km/l.. aku jg pengguna suprafit bisa diatas 50km/l. Dan jg punya jupiter th 08 rata2 45km/l dan lebih boros dr kharisma..

      Guest
  6. udh bli shock ohlins bwat pcx blm wa?
    oia wa haji mh sibuk jga smpt buat vlog pcx,d sblh red painemnya gx d review tuh,,,,, jgn2 dh d jual lg.

    Guest
  7. Ternyata lebih irit nmax… sesuai dg uji yg TMCBLOG sblumnya, pcx 52 km/ltr. Nmax 57km/ltr… mmg teknologi vva gak bohong…

    Guest
    • Nmax milik yimm vs pcx milik pribadi
      Nmax lebih ringan vs pcx lebih berat
      Nmax velg 13″ ban 130 vs pcx velg 14″ ban 120

      Kesimpulan : tangan kanan wak haji lebih irit #ehganyambung πŸ˜€

      Guest
  8. Gmn nih..shock belakangnya..wak?
    Buat para konsumen biar mkin plong..
    Coba di ulas wak sbg konsumen biasa..

    Guest
  9. Apakah tdk berisiko mengkosongkan tanki bbm wak? Mengingat sistem injeksi. Cuma denger2 saja sii. Maaf saya sendiri ga paham mesin

    Guest
    • ahahhahah πŸ˜€
      itu mah doktrin masa lalu dan kerjaan nya sales,
      akang coba dengerin deh pas motor injeksi awal kunci on pasti ada bunyi dulu kan ???
      nah itu pompa bensin yg nyedot ke injektor, jadi kalau kehabisan ya gpp tinggal isi trus pompa bensin nyedot, yg bikin masalah itu itu kalau pompa bensin rusak atau error

      Guest
    • mungkin maksudnya,

      kalu pompa bensin itu sedot udara aja, nah itu kan bia rusak pompanya kalu nyala lama, sama kaya pompa air ja, kalu angin doang yg disedot, motor panas.

      Guest
  10. Kalo soal irit ga usah ditanya, hari ini, tadi pagi boncengan istri cengkareng palmerah lancar bisa dapet 52,4kmpl (jarak tempuh 15km), lanjut dr palmerah ke mega Kuningan macet parah turun jadi 42kmpl (nambah 5km perjalanan).

    Nah yg jadi masalah urusan shock bengkok gimana ni? Punya saya 1000km pertama ga masalah, sekarang jalan hampir 1400 keliatan bengkok dikit yg kanan.
    Ga yakin sih ahaem bakalan fair n announce ke publik, paling kalo udah jelas banget baru deh silent recall.

    Guest
    • klw AHM recal lumayan besar biayanya tuh sob,

      1. ganti chasis yg ga simetris penyebab shock bengkok puluhan ribu unit.

      2. aganti arm puluhan ribu unit.

      3. dibiarkan saja sama AHM tetapi perakitan di bulan mei 2018 ini di perbaiki. tanpa recall yg sudah terjual biarin aja

      hehehehe
      anda pilih mana???

      Guest
    • mau ngak mau ahm wajib recall …
      masih proses investigasi katanya, kita tunggu saja bagaimana tanggung jawab ahm… xixixi

      Guest
    • recall lah wajib, cuma tau sendiri kan astra?? paling diem2 bae . . . .
      makanya dari dulu saya fans boy honda, bukan astra . . .

      Guest
    • Tapi giliran “majikannya” kena omongan pedes dikit langsung di cap blogger amplopan
      #cocot_standar_mleyot

      Guest
  11. Kemewahan pcx sangat mempesonakan.
    Irit itu nomor sekian. Tapi juga jadi nilai plus. Pas buat para eksekutif dan orang2 yg sdh mapan kehidupan duniawinya.
    Di desa asal saya aja sdh banyak yg pake. Bahkan yg cbu. Dan mereka itu bukanlah warga desa seperti saya.

    Guest
  12. Agak ga percaya sama tangan kanan wak haji. Susah buat diikutin..
    Hampir semua motor yg dites wak haji hasilnya irit

    Guest
  13. Sepertinya blog-blog ternakan selalu dipantau oleh tim majikan dalam membuat artikel, setor dulu artikel ke majikan sebelum di publikasikan untuk menghindari typo / menyindir produk majikan.

    Blog otomotif = jasa ketik iklan

    Guest
  14. menurut saya kasus shock melengkung karena penempatan kaliper rem belakang kurang sesuai (horizontal terhadap as roda) dan atau desain swing arm kurang rigit ditambah dudukan shock breaker tinggi (ini satu kesatuan sistem).

    ilustrasinya ketika dikendarai dan rem belakang bekerja menghentikan laju roda, swing arm mendapat gaya keatas-depan (melintir), disaat bersamaan ada gaya rebound shock kebawah membuat shok new pcx150 sebelah kanan lama-kelamaan melengkung.
    coba saja bandingkan desain swingarm nmax 155 dan new pcx150.

    Guest
    • Jelas semua faktor berpengaruh terutama sasis miring, awalnya suspensi kanan yang bengkok kemudian suspensi kiri terkena imbas, gw sdh sering lihat suspensi pcx lokal bengkok, gw berani sumpah klw gw bohong gw rela bloger ternakan hahaem bangkrut

      Guest
    • lom pernah ngukur posisi dudukan shock yang di atas ya?
      beda 2 axis tuh.. malah uda ada yg upload videonya waktu ngukur..

      Guest
  15. Bisa irit mungkin karena 2 klep, coba klo 4 klep mungkin sama borosnya dengan produk sebelah…🀣🀣🀣🀣

    Guest
  16. ahh seriuss itu Wak? buset dah, Honda mah bener2 dah klo bikin mtr selalu bisa irit gilak… bahkan sekelas CBR250RR aja masih bisa jadi yg teririt di kelas nya, malah sekaligus terkencang… ane salut sama Honda di sektor ini nih…
    Maap jangan ada yg baper sama komen gw, karna gw beneran salut sama keiritan Honda.. toh gw bukan muji keseluruhan motor nya kog.. kan toh setiap motor bukan cm di nilai dr keiritannya doank,, setiap pabrikan ada kelebihan dan kelemahan masing2 yg pasti..

    Guest
    • Produk bener aja dinyinyirin… Apalagi produk gak bener. Habislah. Tapi kalau FBH dikasih produk gak bener gak bakalan klaim kok. Malah belain abis abisan pabrikannya. Beruntung skali pabrikan kayak AHM punya konsumen luar biasa kayak gt ya!?

      Guest
  17. pengen PCX ini wak, tpi Nmax ane masih 1 tahun & sejauh ini puas bgt makenya. Irit jga kok dipake komuter harian, ngisi full kurang lebih sebulan cuman 3 – 4x.

    Guest
  18. Hasil test wak haji
    Pcx 52,8/ltr vs nmax 57,1/ltr
    Pcx fitur melimpah plus shock banana, nmax power besar dan lbh hemat

    Guest
  19. bagaimana jika tenyata tensile strength, atau rigiditas material rangka yang kurang?
    Gak heran sih, CB juga beberapa kali baca ada kasus rangka patah.
    sepertinya ini lebih karena
    Pertama, material rangka yang kurang keras. Kedua, desain/rancang bangun sasis yang kurang pas dalam menahan gaya dan beban.
    Mungkin karena unitnya gak di test di kondisi jalanan umum seperti produk lain, jadi unsur stress dan dinamika terrain/medan kurang terdeteksi.

    Guest
  20. hah, kalah sama Satria FU Fi
    PCX yang notabene bukan performance oriented koq kalahirit sama motor yg performance oriented.
    tmcblog telah menyusuri jalan sejauh 18,4 km untuk menghabiskan 250 ml bensin / 1/4 liter bensin sehingga jika kita ekstrapolasi, maka akan diperoleh rata rata penggunaan bensin sekitar 73,6 km/liter pertamax . . . ini jelas irit, amazin, Suzuki Satria F150 yang gear 5 red linennya bisa tembus 135 km/jam ini ternyata bisa banget diajak irit sampai angka 73,6 km/liter sob

    Guest
  21. IRIT BANGET KANG KONSUMSI NYA tapi sayang u urusan kontroversi tidak seirit konsumsi BBMnya. MULAI Top Speed Racelogic, Knalpot Akrapovic-Yoshimura, Shockbreaker melengkung dan yg paling terakhir Sasis yg gak simetris.

    Guest
  22. Wak, bikin artikel tech talk tentang shock pcx yg ga simetris dong, soalnya kasusnya lumayan masive di masyarakat, smpe tiap liat pcx saya liatin shocknya dan memang miring, apa ada indikasi penyebabnya karna maksa β€œditempel” rear disc brake? Ditambah statement dr petinggi ahm kalau itu produk sudah lolos QC, tapi kasusnya lumayan banyak, ga cmn beberapa aja
    Terimakasih

    Guest
  23. lbh irit ktimbng nmax, 35-38km/ltr eco ride kota, klo jalan lurus kosong bsa lbh irit 2km.. diliat dri konsumsi rata2 di menu dashboard

    Guest
  24. itu para komentator mohon berpikir yang cerdas dulu sejenak. sejak kapan konsumsi bbm bisa dibandingkan dengan lintasan yang berbeda? kalau bisa begitu ya udah drag race nanti dlaksanakan di tempat berbeda

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.