TMCBLOG.com – Bro Sekalian, Via Crash.net Juara Dunia 9 Kali Valentino Rossi yang sempat membalap dan jadi juara Dunia baik di era 2 tak dan 4 tak mengatakan bahwa pada dasarnya Balap Kelas Primer MotoGP saat ini level antara pembalap sangat dekat jika dibandingkan dengan 15 tahun yang lalu ( era GP500). Beberapa hasil race dan Hasil Kualifikasi seperti hasil Assen dimana ada 175 Kali aksi saling Overtake dan sekitar 5 pembalap bergantian memimpin race sangat menunjukan hasil tersebut . .

Valentino Rossi merupakan satu satunya pembalap Di grid MotoGp 2018 ini yang merasakan seperti apa rasanya Membalap di era Romantisme Motor 4 silinder 2 tak 500 cc dan merasakan bahwa Level profesionalisme Pembalap saat ini sangat Jauh berbeda. Perbedaan paling signifikan berada pada prespektif, cara pandang dan pendekatan Pembalap terhadap set-up Detail Motor Baik mesin, suspensi maupun elektronik. Saat ini peningkatan speed, akselerasi tiap Corner, bahkan slide sekecil apapun jadi bahan catatan penting tiap teknisi entah itu akan berguna di satu Track, atau mungkin malah tidak bermanfaat. . .  every little detail matters . .

Selain pendekatan terhadap setup motor, pendekatan pembalap terhadap Sesi Latihan Pun berbeda. Saat ini kasarnya semua pembalap ‘sudah memulai balap’ saat FP hari Jumat . . dan sobat bisa lihat sendiri dalam beberapa pembahasan beruntun tmcblog, Marc Marquez tercyduck sudah Sangat Fokus melakukan Riset Persiapan ( pemilihan ) ban race semenjak FP2 di hari Jumat setelah melihat tingkah lakunya di dua race terakhir Assen dan Sachsenring. Jelas MotoGP Saat ini menurut Rossi seperti tidak kembali membiarkan pembalap merasakan terlalu dalam soal Feel Motor, Saat ini Pembalap harus kerja kerja dan Kerja  . . dan memang ya, Hasil tidak pernah menghianati Usaha . . Semoga jadi bacaan pagi yang bisa memberikan semangat dan inspirasi  . . salam dari Buitenzorg yang indah

taufik of BuitenZorg

51 COMMENTS

    • .asih ada yg bawa2 guna elektronik? Jelas2 itu teknologi yang dibutuhkan saat ini lain jaman era500 yg bisa jadi belum diketemukan. Lucu aja kalo ada orang beropini pake elektronik sikil dibawah era 2tak..lha bujtinya yg ngerasaain era 2 rak sekarang puasa gelar? Piye jall…buka otakmu..jgn terbelwnggu masa lalu..dan berandai2..ekekek..aku kalo marqesot emang lagi ngetop2nya..ingat semua ada masanya..sekali lagi jgn berandai2 dan melihat masa lalu..liat masa depan viar jualan moncer..buang BC mu..promoin keeunggulan produkmu..ekekekwk

    • Intinya kalo nuntut gausah ada elektronik yaa brati ganti juga hp yang kalian pegang ke nokia 3110 itu elektronik simpel paling era 500 elektroniknya juga simpel

    • Rossi : Level Profesional MotoGP meningkat dibanding Era GP500 @meningkat sudah pasti.. Dan lo baru sadar kalo level lo gak selevel ///93 ✨ ?
      ?
      ??
      ???
      ????
      ??
      ???
      ????
      ?????
      ???
      ????
      ?????
      ??????
      ???????

    • hehe.. perkembangan jaman memang sesuatu yg ‘mengerikan’ untuk diterima mbah rossi..
      yah biarlah dia sedikit bernostalgia..

      rossi memang suka ‘benyanyi’ mulai dari yg ‘melo’ sampai ‘hardcore’ juga bisa.. ya itu mungkin sisi negatifnya juga mngkin ciri khas nya

      tapi, sulit juga buat mata juga otak penikmat moto gp untuk mencoba lupa, kalo di usia nya yg sekarang , dia masih tampil kompetitif dengan berbagai cara adaptasinya..

      hate the player, not the play..

    • @Calutax
      ente kelihatan tabiat efbeye banget.
      Gak usah liat 1 orang kl mau cari sisi inferiornya Honda.
      Liat 2 orang pembalap kawakan dimana yg satunya itu sdh “legend” tp udah terpontal-pontal narik trottle yamaha…

  1. Hal paling aneh saat lomba makan adalah kau tidak bisa merasakan makanannya, begitupun balap sekarang munurutnya…

    • Kenyataannya saat ini honda lago tip2nta…jangan suka berandai2..infat ga kasus CBR25Rr mau diospek malah zonk kayak pendrosa…ngah ngah ngah..tanggalkan swdikit kesombonganmu mo…ngah ngah ngah

    • Ini efek post power sydrome…makain tua kekuatan makin menurun..akhirnya gampang baper….psywar..ngomong sana ngomong sini…nyinyir..bahhh..F1 jan schummy ga nyinyir dah???

  2. balapannya mungkin sudah lebih profesional tapi kelakuan beberapa tim dan pembalap masih kurang profesional.

    • saling caci maki cuma di Dumay,kalo di dunia nyata palingan cuma senyam senyum
      paling ga ga kayak suporter bola,yg kalo nonton bola otaknya ditaroh rumah dulu,orang ga salah yg kendaraannya berplat daerah suporter saingannya tetiba dilemparin ??

  3. sekarang ngerasain feel motornya ya pas winter test dan private test
    apalagi tahun tahun mendatang jatah test makin dikurangin,pusing dah tuh
    makanya kalo ga ada peran “super test” atau apalah namanya jd kurang maksimal sekarang

    • Super test ada karena keadaan dr regulasi race…sebenarnya kompetitif nmun apes atau kurang bruntung kurang optimal dianggap masih kurang atau sebagian netisen anggap kalah..

      dan Tim2 Satelit alibi dapat Motor kompetisi pdahal bisa dijadikan Super test pabrikan atau hasil Super Test namun Yamaha dan Ducati tidak terlalu kearah sana porsinya Tim Satelitnya di Level Kompetisi bukan Super Test…makanya tim VDS gk kuat dan Cruclow mencak2 ditambah ditikung sama Lorenzo…

  4. sekarang fotografer dan mentor yg ngawasin di tikungan aja perannya cukup penting
    bahkan pelatih motocross kayak Martinez di kubu Marquez juga dibawa bawa setiap race
    yg membawa cukup banyak hal baru di MotoGP sekarang emang kebanyakan ya si alien satu itu

  5. Yach itu tadi factor elektronik, dulu yg penting gimana atur bukan gas berdasarkan feelling ajah, namun semakin maju Power, dibutuhkan bantuan teknologi dlm mengatur, karena tdk semua bisa di handel oleh feelling manusia. Kalu apa apa bilang teknologi ngak guna, yach kita sekarang mungkin blm bisa ketik komen di mareh. 20 thn lalu aja blm.

  6. Kok tumben ya, kayak ada muatan politik di artikel ini. Kayak ada jargon politik kelompok tertentu, tapi yg mana ya? Apa cuma imajinasi saya saja? ???

  7. Rossi : Level Profesional MotoGP meningkat dibanding Era GP500 @meningkat sudah pasti.. Dan lo baru sadar kalo level lo gak selevel ///93 ✨ ?
    ?
    ??
    ???
    ????
    ??
    ???
    ????
    ?????
    ???
    ????
    ?????
    ??????
    ???????

  8. Banyak yg percaya rossi adalah rider hebat kalo motor motogp tanpa elektronik(stoner yg bilang ya) tapi kenapa sekarang motor motogp banyak pake elektronik rossi jadi jarang menang…kan harusnya lebih gampang pake elektronik

    • Elektronik MEMPERMUDAH ‘anak-anak’ motoGP zaman now untuk balapan..

      Logikanya kalo setelan dulu (yg susah) aja jago, harusnya ketika dipermudah jadi lebih jago.

      Kesimpulannya : pabrikan Yamaha belum menguasai teknologi elektronik terkini.

      Kalo Yamaha udah menguasai, dijamin Rossi lebih jago dari siapapun saat ini, karena dia not obsolete and will never be obsolete. He is now and always will be PEOPLE CHAMPION ?

      Bro Profit pasti setuju ni

    • MM93 kan memang sudah jadi legenda karena mengoleksi juara dunia 6x di usia termuda.

      Mengalahkan rekor Rossi sebelumnya.

      Kalo sepak terjangnya konsisten ke depannya, ya mau gimana lagi.

      Sebagian orang menilai terlalu prematur untuk katakan MM93 adalah legenda, karena usianya yg masih sangat muda (walaupun koleksi kemenangannya memang banyak), dan nama besar Rossi yg membayanginya karena mereka berdua bertemu di era yg sama; era MotoGP modern.

      Buat saya, fakta adalah fakta. Menang ya menang, kalah ya kalah. Pemenang fenomenal yg mematahkan rekor-rekor kemenangan oleh pembalap sebelumnya (suka tidak suka) memang pasti bakal jadi legenda. Yg bikin rumit adalah karena saat ini yg mematahkan dan yg dipatahkan bersaing langsung dalam satu sirkuit. Kebayang kalo lu jadi MM atau VR pasti awkward banget ?

  9. Ya jelas beda sama dulu.. ibaratnya dulu sangat bergantung sm skill pebalap. Kalo dia jago bgt, syukur2 sampe bs freestyle kaya wawan tembong tentu sangat membantu utk menang race. Kalo punya skill standar2 aja ya bakal standar2 aja finishnya. Skrg semua serba data analyst, semua kondisi dan gerakan motor maupun track tercatat dan diolah secara komputerisasi untuk input motor & pebalap saat race. Semua jd hampir merata kondisi yg dialami para pebalap saat balapan..tinggal motor mana yg paling pas setelannya yg menang.. mau skill pas2an pun ttp bisa rebah sampe helm gasrut aspal. Coba kalo dulu, skill pas2an rebah sampai tiduran bs crash..

    • Skill pas2an gimana? Dia pembalap termuda yang pernah menang di kejuaraan dunia (16 tahun) yang Marquez pun gak bisa kalahin rekor dia. Bakat alami dia bagus, cuma sayangnya dia orang Inggris. Kalau dia dari Spanyol mungkin dia udah punya gelar lebih banyak dari Marquez. Di Moto2 keliatan banget persaingan dia vs Marquez mirip persaingan pasukan bambu runcing vs pasukan senapan canggih. pas dia rookie disuruh pakai RC1000V sama RC213V-RS yang acakadut tapi poin dia cuma beti sama team-mate dia kala itu. Di Pramac dianak tiriin karena tim lebih suka Petrucci yang sama-sama italiano. Akhirnya skill dan bakat dia kebuang percuma di Aprilia, tim yang digawangi Albesiano, pengganti Gigi Dall’Igna tapi kemampuannya bak bumi dan langit sama Dall’Igna, cuma bisa nuduh skill pembalap tanpa introspeksi RS-GP gak ada perkembangan berarti dari riset tinggalan Dall’Igna

  10. Ya udah sma2 dinikmatin aja ,toh waktu awal mau pake ecu seragam honda yg paling sewot n sempet ngancam mau cabut dari motogp .berarti mereka merasa yg paling dirugikan dong .
    Kalo sekarang honda masih terus juara itu jelas hasil kerja keras mereka .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here