TMCBLOG.com – Bro sekalian, hadir meliput di HDC membuat tmcblog memiliki kesempatan juga melihat seperti apa booth booth dari Para sponsor kegiatan Balap Honda ini. dan salah satu yang akan kita Bahas Kali ini adalah Sepasang CamShaft yang terlihat berbeda sendiri dan hadir di meja display Booth Musashi Indonesia . ..Β  TMCBLOG bilang berbeda karena Yang pertama adalah Camshaft ini sepasang dan yang kedua bentuknya Panjang dan berwarna Hitam sedangkan Camshaft lain yang di pajang berwarna logam biasa Yang cerah . .

Camshaft CBR250RR

Yap Camshaft sepasang ini mengartikan ada dua cam atau Double Cam dalam satu mesin dan ini artinya mesin tersebut menganut DOHC, lalu Camshaftnya panjang dimana setiap satu batang cam terdapat dua Pasang profil cam. Dari ciri ciri ini mengartikan bahwa Cam tersebut digunakan untuk mesin dua silinder segaris ( inline Twin ) tidak salah lagi itu adalah Camshaft dari Honda CBR250RR.

Camshaft CBR250RR – Manganese Phosphate Coating

Informasi pertama yang tmcblog peroleh dari Mushashi adalah Camshaft tersebut bahannya tidak diproduksi di Indonesia, Camshaft tersebut menurut mushashi di import dari Musashi jepang dalam bentuk batangan kasar, Namun sudah ada profil Lobe nya. Entah kenapa Cam ini belum di produksi di Indonesia, apa karena Mushashi Indonesia belum memiliki teknologi pembuatannya, atau Materialnya belum ada ?

contoh camshaft K15

Nah Yang dilakukan Oleh Musashi Indonesia adalah melakukan proses penghalusan dari semua sisi Cam tersebut dengan machining CNC tentunya, lalu membuat Lubang lubang Oli untuk melumasi banyak hal seperti misalnya Metal duduk yang berfungsi sebagai bearing, lalu melakukan finishing di Bagian Press Plug di poros tengah dari Camshaft . .

Selain itu Mushashi Indonesia melakukan finishing yang dinamakan Manganese Phosphate Coating . . Proses coating menggunakan Garam Mangan, asam fosfat dan akselerastor dengan tenperatur yang sangat tinggi ini memang merupakan hal umum dilakukan di part part kontak seperti misalnya Camshaft CBR250RR ini . .

Hasilnya adalah warna hitam. Kegunaan dari Coating Mangan-fosfat ini adalah untuk mencegah Korosi, menambah durabilitas di Part Part kontak seperti kita ketahui Lobe dari Camshaft akan bersentuhan baik lansgung maupun Via Rocker Arm dengan Part dari Valve . . . so Jadi ini lah salah satu detaol treatment special yang dilakukan di jeroan mesin CBR250RR, No wonder mesin ini sanggup dan durable di betot sampai Ke RPM tinggi . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

21 COMMENTS

    • si paid=pahit…paidi mo ngomong apelagi???????

      hidupnya pahit sesuai namanyaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
    • jadi inget masa kuli di bengkel bubut wak.. bukan bikin noken as, tpi CNC nya buat grenedel pintu πŸ˜‚

      mantap 250rr.. insaalloh proyek jebol otw dewi sartika

      Guest
  1. musashi pabrik disini punya, sama AHM deket. tapi kenapa kalo masalah sponsor balap milihnya honda malaysia yak bukan AHM

    Guest
    • Karena honda malaysia emang sebagian ada saham mushashi jg kayaknya.. Makanya namanya MUSHASHI BOON SIEW HONDA.

      Guest
    • Comment:lukira metalurgi stancion fork sepeda mtb buatan fox racing yg mahaaaal ituuu..
      vanila chating jg keren sih bro, kyk punya brand marzocchi..

      Guest
  2. Produksi di indonesia? BIG NO!!
    mending mahal dikit tapi dapet barang kualitas jepang daripada produksi lokal, kualitasnya ala ala tapi harganya tetep mihil

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.