TMCBLOG.com -Bro Seklaian, Saat proses pengetesan Internal dari BMW RG Series, BMW MOtorrad tercyduk menggunakan Roda Ban yang cukup aneh bentuk fisiknya. Mungkin Awalnya kita memperkirakan Roda ban dengan Bentuk yang aneh tersebut adalah Roda ( Velg ) Yang akan dipakai di Versi produksi massalnya . . Namun ternyata Bukan Bro, Roda tersebut tidak lebih dari sebagai alat ukur saja

Di Dunia Instrumentas Pengukuran / Metrologi kita mengenal ada yang namanya ‘ Strain Gauge ‘ nah di bawah ini adalah bentuk umum dari strain gauge Yang biasannya ‘ditempel ‘ pada logam atau apapun benda yang mau diukur. Boleh dibilang strain Gauge ini sebagai Sensor

Pada dasarnya bentuk Strain Gauge di atas bisa fleksibel mengikuti bentuk dari ‘inang’ Yang ditempelinya. Strain gauge sendiri merupakan sebuah ‘ resistor  Variabel ‘ yang memiliki Nilai resistansi berubah ubah bergantung pada bentuk dari Grid Resistornya  . ..

Nah dari gambar di atas bisa sobat ketahui Bahwa Nilai Resistansi ( satuan Ohm ) berubah. Jika ‘melar ‘ maka resistansi bertambah. Jika ‘ Mengerut ‘ maka nilai resistansinya berkurang. Begitu Juga mengenai Lateral Force Yang merubah nilai resistansinya  . .

Cara nempel Strain Gauge di Velg mirip seperti ini sob :

Via MCN Menurut Michael Heimrath – General Manager of Pre-Development BMW Motorrad . . . apa yang terjadi Di Roda Ban Motor dapat mewakili semua dinamika dan Gaya yang bekerja di Sepeda Motor.

Menurutnya Di Roda Kita bisa mendeteksi Gaya longitudinal, Gaya lateral , Efek Pengereman, Efek Handling dari stir, efek perubahan dari perputaran ban dan Lain lain ( kalo sobat nggak ngerti Variable ini skip saja, dan gpp asal tahu saja 😀 )

Oleh Karena itu BMW menggunakan Roda ban sebagai Laboratorium berjalan pengembangan dari Motor. Roda Khusus pengetesan dengan strain Gauge ini dibuat Oleh BMW sangat spesifik terhadap Motor apa yang mau mereka Test. Salah satu COntohnya seperti yang bisa sobat lihat di Foto foto artikel ini.

Roda ( wheel ) ban yang dipakai sudah memiliki sistem pengukuran berupa strain Gauge seperti yang sudah sama sama Kita pelajari di awal artikel ini. Mengenai Onkos pembuatan sistem Pengukuran Menggunakan Strain Gauge di Roda ini MCN menginfokan bahwa tidak kurang dari 200 ribu Euro dibutuhkan untuk memperoduksi sepasang Roda pengetesan yang sudah dipatentkan Oleh harley Davidson termasuk sistem elektroniknya.  Dan dengan ini BMW mengetahui dengan lebih tepat karena data data Yang diperoleh pun makin banyak. Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

17 COMMENTS

  1. pdhl kawasaki udah ada implementasi..
    pantas z sih produknya jd ujung tombak sbg motor terkentjang bahkan setara prototype motogp

    Guest
    • Hilih kint**l, apaan yg setara prototype. Kalau memang memiliki sumberdaya yg hebat dan kuat bisa bikin motor terkencang kenapa minggat dari MotoGP ?
      dari pada kaoskaki, lebih respek Suzuki yg berani terjun.

      (domba) Goat berkulit hijau

      Guest
    • justru kawasaki tunggu pabrikan lain mampu gk pencundangi zx10R ?
      kalo ada yg mampu pst kawasaki mulai dg proyek prototype ZX-R untuk terjun ke motogp…

      so ngapain terjun ke motogp dg zx-R, dg zx10R z dah bs rcv, m1 , gp18 terbirit birit dikejar masspro ninja

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.